Friday, January 27, 2012

Kertalangu


Sebagai orang yang tinggal dan besar di Bali, saya memang termasuk yang kurang up to date kalo masalah tempat wisata yg baru2.. Maklum main nya ke tempat makan sama mall aja.. hehehe.. Kertalangu ini saya tau waktu ada presentasi di kampus.. Jadi kita disuruh buat laporan tentang hotel2 dan tempat wisata.. Saya dan kelompok saya waktu itu buat review tentang Grand Hyatt Sanur, dan ada teman saya yg membuat laporan tentang Kertalangu ini.. 

Singkat waktu, ketika liburan, saya bingung mau pergi kemana.. Akhirnya ingat tentang Kertalangu ini.. Saya google alamat nya katanya di daerah Tohpati dan menurut teman saya, pokoknya pas sebelum masuk ke Jalan Bypass IB Mantra.. Ga taunya nyasar, ga ketemu2, dan setelah muter2 dan tanya2 penduduk, akhirnya nemu juga.. Ternyata masih di Jalan Bypass Ngurah Rai.. Kalau dari Sanur, setelah lampu setopan yg kedua dari KFC Sanur.. Kalau dari Gatsu Timur, sebelum masuk ke putaran Bypass IB Mantra..

Jadi Kertalangu ini merupakan desa budaya yang memang dikembangkan oleh pemerintah dan masyarakat dalam rangka memperkenalkan budaya Bali.. Tempatnya luas banget, menurut informasi sekitat 70 hektar dan diresmikan pada tahun 2007.. Banyak aktivitas menarik yg bisa kita lakukan di Kertalangu.. Selain disediakan panggung terbuka yg bisa digunakan untuk pentas budaya atau acara lainnya, di sini juga disediakan tempat2 untuk pengunjung yang ingin melihat langsung dan belajar tentang kerajinan Bali, seperti proses pembuatan gerabah, pengukiran kayu, cooking class, dll.. Tapi yang paling menarik minat pengunjung adalah jogging track, outbound, dan kolam pancing nya..





area di dalam Kertalangu
ini di sebelah kanan dan kiri adalah 
tempat2 untuk belajar kerajinan Bali

 ini area sekitar restaurant dan kolam pancing
waktu itu memang lagi ada preparation untuk suatu acara


Saya sendiri suka datang pagi2 kesini untuk jogging.. Jadi jogging track nya itu berada di tengah2 sawah, jadi suasana nya masih asri dan udara nya masih segar.. Jogging track nya tidak terlalu panjang, kalau running mungkin untuk 1 putaran sekitar 15 menit.. Cuma memang jogging track nya agak sempit.. Kalau hari Minggu atau liburan biasanya ramai yg jogging pagi..

 

 ini di area start nya Jogging Track

 Jogging Track
walaupun agak sempit, tapi seru karena menyusuri sawah2


 jarang2 bisa lihat sawah begini di Denpasar



Aktivitas saya selanjutnya setelah jogging adalah memancing.. Disini ada kolam pancing yg lumayan besar.. Kolam nya sih dibagi menjadi 3 bagian.. Kolam pertama yang berisi ikan lele, dan kolam kedua serta ketiga isinya ikan nila dan patin.. Pancing nya pun bisa sewa disini kok, umpan jg bisa dibeli.. Kalau penggemar lele, gampang banget dapet lele disini.. Ga sampai 5 menit pasti sudah dapat.. hehehe.. Berhubung saya dan keluarga tidak suka lele, maka kita memilih memancing nila, syukur2 dapet patin, walaupun memang lebih lama.. Jadi nanti ikan yg kita tangkap, akan dimasukkan ke tempat khusus, tapi tetap dimasukkan ke dalam air, agar ikan tetap hidup, selanjutnya ikan akan ditimbang, dan sudah tertera harga ikan per kg nya.. Ikan yang sudah kita dapat, bisa kita bawa pulang, atau dimasak langsung disana.. Kalau mau makan langsung, kita tinggal pesan ikan nya mau diapakan, dan ini kena charge untuk membersihkan ikan dan pengolahan nya, walaupun lumayan murah juga.. Ikan nya bisa dibakar dan digoreng, mereka juga menjual menu2 pendamping nya, kayak sayur, sambal, dll.. Atau yang malas mancing, jg bisa langsung pesan ikan ke restaurant nya.. Harga nya jg terjangkau kok.. Waktu itu saya berempat, sewa pancing 2, plus umpan nya, ikan nila 2, nasi 4, sayur kangkung 1, minum 4, sekitar 100rb..



 

 Mancing
(melatih kesabaran, hehehe)


 ini kolam yang isinya Nila dan Patin
(ga pernah dapet ikan patin tapi)


 kalau siang2 begini, siap2 gosong
(itu gazebo2, terakhir kesana udah lenyap)


 makan hasil tangkapan sendiri, beda lho rasanya
hehehehe

Mengenai outbound, yang saya liat cuma ada Flying Fox sama berkuda aja.. Itupun flying fox nya ga tinggi2 amat.. Oh ya, selain restaurant, disini jg ada stand2 yg jual jajanan2 khas Bali.. Saran saya, kalau mau kesini, mending pagi atau sore sekalian.. Kalau siang2, panas nya ga tahan, kecuali memang mau menggosongkan diri.. hihihi.. Masuk ke Kertalangu ini ga bayar kok, cuma perlu bayar parkir..

No comments:

Post a Comment