Monday, July 25, 2022

Gua Maria Pohsarang Kediri


Salah satu tempat ziarah umat Katolik yang terkenal di Jawa Timur adalah Gua Maria Lourdes Pohsarang (Puhsarang).. Gua Maria ini terletak di Desa Puhsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.. Di tempat ini, selain Gua Maria terdapat juga kompleks Gereja yang sudah berdiri sejak tahun 1936.. Sebenarnya di tempat ini terdapat dua Gua Maria.. Gua Maria yang asli adalah yang terletak di sebelah kanan Gereja lama..  Karena ukurannya yang terlalu kecil, maka pada tahun 1998 dibangun Gua Maria di luar kompleks Gereja dengan ukuran yang jauh lebih besar.. 
 
 
 
 
 

 

Saat ini, Gua Maria Pohsarang menjadi salah satu Gua Maria favorit yang didatangi peziarah yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.. Bahkan tak jarang Gua Maria ini juga dikunjungi oleh umat non-Katolik yang ingin berwisata, karena memang lokasinya yang berada di pegunungan dan lingkungan sekitarnya yang asri.. Informasi dan detail lebih lanjut tentang Gua Maria Pohsarang ini bisa dibaca di sini dan sini..

 

 


Gua Maria Pohsarang ini bagi saya pribadi, memiliki tempat yang spesial di hati saya.. Ada dua Gua Maria favorit saya di Indonesia, satunya di Pohsarang ini dan satunya lagi Gua Maria Kerep di Ambarawa, Jawa Tengah.. Perkenalan pertama saya dengan Gua Maria Pohsarang ini terjadi di akhir tahun 2020.. Sebenarnya sudah sejak lama, saya mendengar tentang Gua Maria Pohsarang ini, hanya saja entah kenapa belum memiliki kesempatan untuk berkunjung.. Kesempatan itu akhirnya datang, ketika kami terpaksa harus ke Surabaya karena ada keluarga yang meninggal dunia.. Sebelum pulang ke Bali, saya dan keluarga menyempatkan untuk ke Kediri dan menuju Gua Maria Pohsarang.. Waktu itu saya hanya berbekal Google Maps dan mobil sewaan, untungnya bisa sampai dengan selamat walaupun sempat nyasar berkali-kali.. hehe.. 

Sejak pertama kali menginjakkan kaki di tempat ini, feels atau kalau sekarang orang menyebutnya "vibes"-nya, itu sudah sangat berbeda.. Jangankan di dalam gua-nya, baru memasuki area Gua Maria-nya saja, mata saya langsung berkaca-kaca, dan ini tetap terjadi bahkan di kunjungan-kunjungan saya selanjutnya.. Merinding sih tidak, tapi ada perasaan haru yang tiba-tiba muncul di hati setiap kali memasuki area Gua Maria.. Mungkin kalau dideskripsikan, ibarat kita sudah lama tidak pulang ke rumah, dan akhirnya bisa pulang ke rumah.. Jadi campuran antara rasa terharu, senang, dan seperti berada di "rumah".. 

 

 
 

 
 
 

 

Di sini kita juga bisa mengambil air suci langsung dari sumber mata air yang tersedia di samping Gua Maria.. Kunjungan pertama saya ke Gua Maria Pohsarang ini juga berkesan karena dengan doa yang saya panjatkan di Gua Maria ini, Tuhan menjawabnya dengan berkat dan anugerah yang luar biasa, yang mengubah hidup saya.. Detailnya bisa dibaca di postingan saya tahun lalu (read here)..
 

 


Sampai saat ini, sudah tidak terhitung beberapa kali saya berkunjung ke tempat ini.. Kunjungan saya yang terakhir di bulan Mei kemarin dalam rangka Bulan Maria.. Nyetir selama 5 jam (pulang pergi) sungguh tidak terasa melelahkan buat saya, karena yang saya dapatkan justru sukacita di dalam hati.. Walaupun sebenarnya kalau boleh jujur, susah-susah gampang mengajak keluarga saya ke Kediri.. Alasannya karena saya nyetir mobil itu ngebut, jadi mereka yang di belakang pada olahraga jantung.. hahaha..

Selain Gua Maria dan Gereja, di kompleks ini juga terdapat area pendopo, pemakaman, columbarium (tempat penitipan abu), Jalan Salib, dll.. Ada juga warung-warung yang menjual makanan dan minuman, dan di sini juga tempat favorit saya untuk membeli perlengkapan & souvenir seperti salib, patung, rosario, dll.. 


 



 

 

 

 

Tak jauh dari Gua Maria Pohsarang, juga mulai bermunculan cafe-cafe yang bisa dijadikan tempat singgah sebelum dan sesudah berziarah.. Lama perjalanan dari Surabaya menuju Gua Maria Pohsarang ini sekitar 2.5 jam tergantung kondisi lalu lintas.. Setelah ziarah, kita juga bisa mampir ke kota Kediri yang terkenal dengan tahu dan produk olahan tahu-nya..

Ada yang punya Gua Maria favorit? Please share on comment section below ^_^



Gua Maria Lourdes Pohsarang Kediri

Sukorame, Puhsarang, Semen, Kediri Regency, East Java 64161

Whatsapp number for information  :  +62 852 3352 8181

Entrance  :  free


No comments:

Post a Comment