Sunday, October 11, 2020

2020 Trip ~ Ho Chi Minh City ~ Jalan-Jalan & Makan-Makan di Saigon

Second day di HCMC, kami awali dengan breakfast di hotel.. Seperti 2 tahun lalu, breakfast di Avanti Hotel ini selalu memuaskan.. Dari segi menu memang terbatas, tapi rasanya enak-enak semua.. Service-nya juga oke.. Agenda kami hari itu tidak banyak.. Enak juga sih traveling seperti ini.. Jadi tidak diburu-buru waktu.. Apalagi sekarang papa mama saya juga sudah semakin tua.. Tentu secara fisik, mereka tidak sekuat dulu..
 
 
 
 
 
breakfast @ Avanti Hotel
 
 
 
 
 
 
 
 
  
 
 
 
Pertama-tama kami mampir ke City Hall dan Ho Chi Minh Statue Park.. Ya untuk sekedar berfoto-foto.. Dua tahun lalu, kami mampir saat malam hari, jadi kali ini biar dapat foto versi pagi harinya..hahaha.. City Hall dan Ho Chi Minh Statue Park ini adalah salah satu landmark dan tourist attraction yang wajib dikunjungi di kota HCMC.. Di sekitarnya juga banyak toko-toko, cafe, dan shopping mall yang bisa sekalian dikunjungi juga.. 

 
 City Hall

 
 
 
Ho Chi Minh Statue Park
 
 
 
 
Setelah itu kami lanjut menuju Highlands Coffee di Nguyen Du.. Vietnam memang terkenal akan coffee-nya, dan perlu saya akui bahwa memang Vietnamese Coffee itu the best.. Di rumah saya saja, sekarang minumnya kopi Vietnam.. Apalagi Mama saya, sudah tidak mau lagi minum kopi merk Ex**lso atau St**bucks..hahaha.. Untuk brand yang paling enak, versi saya adalah Trung Nguyen.. Hanya saja karena kemarin sudah pernah ke outlet-nya Trung Nguyen, jadi sekarang mencoba Highlands Coffee, another coffee chain yang juga famous di Vietnam..
 
 
 Highlands Coffee @ Nguyen Du
 
 
 
 
 
 
Di Highlands Coffee, saya memesan Cappuccino dan Tea with Peach Jelly.. Kalau dari segi rasa kopinya, masih lebih enak Trung Nguyen.. Tapi memang untuk varians menu dan harga, menang Highlands.. Bayangkan saja, harga minumannya starts from 35k VND atau 22k saja.. Saya juga coba beli kopi bubuknya, yang pack 200gram harganya 30k IDR saja..
 
 
 
 
 pilihan coffee & merchandise @ Highlands Coffee
 
 
Cappuccino (69k VND)
 
 
 Tea with Peach Jelly (55k VND)

 
Dari Highlands Coffee, kami lanjut jalan kaki menuju Notre-Dame Cathedral dan Central Post Office.. Cathedral-nya masih sama seperti 2 tahun lalu, masih under-renovation.. Jadi kami hanya bernarsis ria di sini..hehehe.. Setelah itu, kami menuju Vincom Center.. Di sini kami shopping baju sedikit dan kemudian lanjut belanja groceries di Vinmart.. Yang dibeli ya kopi-kopi Vietnam untuk dibawa pulang ke Bali.. Brand kopi favorit kami adalah G7 dari Trung Nguyen dan Café Viet dari Nescafe..
 
 
 
 
 Notre-Dame Cathedral
 
 
 
 
 Central Post Office
 
 
Last destination siang itu adalah Ben Tanh Market.. Jadi boss besar alias papa saya, masih belum puas belanja di Ben Tanh Night Market.. hahaha.. Bagi yang skill tawar-menawar-nya kurang lihai, di Ben Tanh Market ini ada toko-toko yang dikelola pemerintah dan harganya fixed price.. Mendingan belanja di toko-toko ini daripada kena tipu kan ya.. Kalau saya, hanya mampir ke toko makanan favorit saya.. Namanya Vissan dan yang dijual aneka makanan dan cemilan khas Vietnam.. Di sini yang wajib dibeli adalah Kacang Lotus dan Pia Durian.. Kali ini sudah tidak sekalap dulu sih..hahaha.. Lebih tepatnya karena membayangkan bakalan nenteng pia durian lintas 4 kota..hahaha.. 
 
 
 
 
 Ben Tanh Market
 
 
 
 
 
 
 toko pemerintah yang saya maksud
staff-nya semua memakai seragam warna biru muda

 
 Vissan @ Ben Tanh Market

 
Untuk makan siang, kami memilih mencoba satu restaurant di sebelah Avanti Hotel yang selalu ramai.. Jadi nama restaurant-nya adalah Com Tam Cali dan signature dish mereka adalah Com Tam..Com Tam ini ibaratnya nasi campur-nya orang Vietnam..hehehe.. Jadi Com Tam ini adalah broken rice yang disajikan dengan grilled meat.. Broken rice ini sebenarnya nasi putih biasa, hanya saja dibuat dari beras yang hancur atau tidak utuh.. Secara rasa sih sama saja.. Di Com Tam Cali ini ada 2 pilihan broken rice, yang original atau yang dimasak sehingga luarnya menjadi berkerak.. Pilihan topping-nya juga bervariasi.. Kemarin saya pilih yang Com Tam Special dengan 7 Toppings dengan harga 85k VND per porsinya.. Untuk topping-nya sendiri terdiri dari BBQ Pork Chops, Pork Pie, Shredded Pork Skin, Quail Egg Omelette, Shrimp Crispy Beancurd, Chinese Sausage, dan Sour Sausage.. Untuk rasa, sebenarnya masih acceptable, walaupun kurang sesuai untuk lidah Indonesia saya..Tapi yang jelas, Com Tam Cali ini ramai banget siang itu dan mereka sudah punya banyak cabang di Vietnam lho.. Oh ya, bagi yang sensitive sama MSG, harus banyak minum kalau habis makan di Com Tam Cali ini..hahaha.. 
 
 
 
 
 Com Tam Special with 7 Toppings (85k VND)

 
 Com Tam with Pork Belly & 7 Toppings (90k VND)
 
 
Spring Rolls (35k VND)


Broken Rice in Claypot (75k VND)
 
 
Malam harinya, kami benar-benar clueless mau makan di mana.. Malam itu sebenarnya saya mau menuju Bahn Mi Huyn Hoa.. Tapi papa mama saya kurang suka Bahn Mi.. Jadi harus cari tempat makan malam yang proper.. Saya dan adik saya sampai google tempat makan recommended di District 1.. Yang keluar ya itu-itu lagi.. Sudah mulai eneg lihat Pho dan Spring Rolls..hahaha.. Mau cari McDonalds or KFC, jauh banget lokasinya.. Salut lah sama nasionalisme orang Vietnam..hahaha.. Akhirnya kami coba cari makan di Saigon Center.. Setelah keliling-keliling, pilihan jatuh ke Kichi-Kichi.. Kichi-Kichi ini Japanese restaurant dengan konsep AYCE.. Tapi AYCE-nya pakai konsep conveyor-belt.. Saya kurang suka sih makan AYCE dengan konsep begini.. Resto-nya lumayan ramai, jadi belum tentu dapat yang kita mau, karena sudah keburu diambil pengunjung lain.. Mana jalannya cepat banget, jadi harus konsentrasi tingkat tinggi.. Apalagi banyak item yang entah apa itu.. Jadi berpikir dulu sebelum diambil.. hahaha.. 
 

 Kichi-Kichi @ Saigon Center

 
 
 
 
 
Overall sih cukup oke rasanya.. Mereka juga punya area buffet yang isinya aneka sushi, salad, gorengan seperti nugget dan pangsit, grilled meat, nasi goreng, dan masih banyak lagi.. Untuk harga per pax-nya, karena ini dinner jadi harganya 279k VND, sedangkan kalau lunch di 199k VND saja.. Ada kejadian lucu di sini, yang kalau diingat-ingat sekarang bisa ketawa sendiri.. Jadi mama saya kan rada picky-eater.. Nah kalau makan shabu-shabu begini, palingan dia hanya bisa bakso-bakso-an atau udang.. Nah udangnya itu keluarnya jarang banget.. Mana isi per plate-nya cuma 1 biji..Mama saya berbekal kata “udang” hasil translate-an dari google translate, ditunjukinlah ke mbak-mbak- nya.. Eh langsung dibawain 1 piring udang.. Isinya 10 biji..hahaha.. Keenakan, mama saya minta lagi dong.. Mbak-nya hanya diam, dan kali ini dibawainnya lama banget.. Tapi tetap sih dibawakan 1 piring lagi.. Mungkin mbak-nya mikir, ini ibu lama-lama “ngelunjak”..hahaha.. 
 
 
 
 
 
 
 
 
Dari Saigon Center, kami menuju ke Bahn Mi Huyn Hoa.. Belum ke Vietnam namanya kalau belum mencoba Bahn Mi ya kan.. Favorit saya ya Bahn Mi Huyn Hoa ini.. Bukanya mulai pukul 14.30  sampai 23.00.. Harganya memang lebih tinggi dibandinkan Bahn Mi lainnya.. Di sini harganya 47k VND, sedangkan saya lihat di jalan-jalan ada yang jual 10k VND..hahaha.. Tapi ini ukurannya memang jumbo dan isinya berlimpah.. Meat lovers seperti saya bakalan suka.. Idealnya sih 1 Bahn Mi bisa dimakan berdua.. Saya sih sendiri ya.. Kapal lagi makan Bahn Mi enak..hahaha.. 
 
 
 
 
 
 
 Bahn Mi Huyn Hoa
 
 
 
 
 Bahn Mi Huyn Hoa (47k VND)

 
 
 
 
 
Keesokan harinya, pukul 06.00 pagi kami sudah check-out dari Avanti Hotel untuk menuju Tan Son Nhat International Airport.. To be honest, airport yang satu ini, not really my favorite.. Alasannya adalah karena makanannya mahal-mahal.. Jadi teringat pengalaman 2 tahun yang lalu.. Saya sengaja menyisakan sedikit VND saja.. Eh ternyata harga makanannya mahal-mahal.. Dan akhirnya harus bayar pakai USD.. Fries-nya Burger King yang small saja USD 2,5.. Spring Rolls 3 biji USD 5,5.. Beli di luar airport bisa dapat 15 biji.. hahaha.. Tapi di luar harga makanannya yang mahal, airportnya sih oke, modern, dan bersih.. Walaupun masih pagi, tapi airportnya cukup ramai.. Hati-hati yang suka bawa uang cash banyak, di sini pemeriksaannya agak ketat.. Kemarin kami semua kena check.. Kami memang bawa uang cash agak banyak, secara kami mengunjungi 3 negara yang berbeda.. Tapi jumlahnya sih tidak banyak.. Mungkin dilihat amplopnya tebal, jadi kena check deh.. hahaha.. Boss di kantor saya juga pernah kena denda, gara-gara dia pas masuk Vietnam tidak declared kalau membawa uang cash lebih dari USD 5000.. Nah pas mau keluar Vietnam, kena ciduk deh.. Lumayan lho bayar dendanya..  
 
 
 
 
 
 
 
 
Flight kami menuju Bangkok departed pukul 09.00 dan kali ini kami memilih mencoba maskapai Vietjet.. Sebenarnya no choice, karena mereka yang melayani rute SGN-BKK paling pagi.. Dan saya juga harus landing di BKK, bukan di DMK (Don Mueang Airport).. Rada deg-deg-an juga terbang dengan Vietjet karena mereka super ketat untuk masalah cabin baggage.. Jadi waktu itu saya memilih beli bagasi saja..Benar saja, setiap kali boarding, pasti setiap tas yang dibawa ke cabin ditimbang satu-satu.. Banyak yang overweight dan mereka di-charge extra baggage yang pastinya lebih mahal dibandingkan beli di website.. Lucunya ada 1 bule yang baju-bajunya dipakai berlapis-lapis dan barang-barangnya dimasukin ke kantong celanannya,.. Ketahuan sama petugasnya, jadi disuruh buang atau bayar extra charge.. Akhirnya dibuang ke tong sampah sama dia.. Ada baju, sepatu, dll..hahaha.. 


 
 
 
 
 
 
Untungnya flight VJ 801 kami, departed tepat waktu.. Pesawatnya menggunakan tipe A321 yang gress.. Jadi bersih banget.. Penumpangnya pun sedikit dan pramugara-nya ganteng-ganteng..hahaha.. Untuk harga tiketnya, kemarin saya dapat di harga 670k per orangnya.. So far, recommended kok VietJet ini.. Hanya perlu extra hati-hati untuk masalah cabin baggage.. Apalagi mereka juga sudah punya direct flight DPS-SGN vv dan CGK-SGN vv..
 
 
 
 
 
 
 
 

 

to be continued..
 
 
 



Avanti Hotel Saigon
188, 186 Lê Thánh Tôn, Bến Thành
District 1, Ho Chi Minh City, Vietnam
Phone  :  (+84) 8 3822 8066 
Email  :  info@avantihotel.vn
 
 
Ho Chi Minh City Hall
Số 86 Lê Thánh Tôn, Bến Nghé
Quận 1, Hồ Chí Minh 710212, Vietnam 
 
 
Highlands Coffee Nguyen Dyu
75 Nguyễn Du, Bến Nghé
District 1, Ho Chi Minh City, Vietnam
Opening Hours  :  07.00  -  22.00 
 
 
Notre-Dame Cathedral Basilica of Saigon
01 Công xã Paris, Bến Nghé
Qun 1 H Chí Minh, Vietnam
Opening Hours  :  08.00 – 17.00
(since it’s currently under renovation, you can visit outside area 24 hours)

 
Saigon Central Post Office
S 125 Công xã Paris, Bến Nghé
Qun 1, H Chí Minh 710009, Vietnam
Opening Hours  :  07.00 – 19.00 (08.00 – 18.00 on Sun)

 
Ben Thanh Market
Chợ, Lê Lợi, Phường Bến Thành
Quận 1, Hồ Chí Minh 700000, Vietnam
Opening Hours  :  06.00 - 18.00 
Night Market  :  18.00 - 23.00
 
 
Com Tam Cali
236 Lê Thánh Tôn, Bến Thành
District 1, Ho Chi Minh City, Vietnam
Opening Hours  :  06.30  -  21.00
 
 
Saigon Center (Takashimaya)
65 Lê Lợi, Bến Nghé
District 1, HCMC, Vietnam
Opening Hours  :  09.30 - 21.30
http://www.saigoncentre.com.vn/
 
 
Banh Mi Huynh Hoa
26 Lê Thị Riêng, Phường Phạm Ngũ Lão
Quận 1, Hồ Chí Minh 700000, Vietnam
Opening Hours  :  14.30 - 23.00
 

Tan Son Nhat Airport
Trường Sơn, Phường 2
Tân Bình, Hồ Chí Minh, Vietnam


No comments:

Post a Comment