Monday, July 30, 2018

Hotel Review ~ Avanti Hotel Saigon, Ho Chi Minh City, Vietnam


Sejak pertama kali browsing hotel untuk tempat menginap selama di Ho Chi Minh City (HCMC) atau Saigon, saya langsung tertarik dengan Avanti Hotel Saigon ini.. Alasannya sederhana, Avanti Hotel Saigon ini berlokasi persis di belakang Ben Thanh Market di District 1.. Traveling ke HCMC, memang paling pas kalau menginap di District 1.. District 1 ini adalah district paling populer di kalangan travelers.. Berbagai tempat wisata terkenal di HCMC juga terletak di District 1.. Hotel-hotel mulai dari hotel berbintang lima sampai hostel kelas backpacker banyak bertebaran di sekitar District 1.. Dari segi keamanan pun, District 1 relatif lebih aman karena banyak Tourist Security yang patroli.. Tapi bukan berarti District I bebas dari kriminalitas ya.. Justru travelers yang biasanya dijadikan target bagi para pelaku kejahatan..

Walaupun lokasinya sangat strategis, saya sebenarnya kurang suka dengan konsep kamar di Avanti Hotel Saigon.. Jadi kalau dilihat-lihat di website resmi hotel dan situs booking hotel, konsep bahtroom-nya terpisah antara shower dan toilet.. Jujur saya agak trauma dengan konsep serupa setelah menginap di Wh*z Hotel di Yogyakarta.. Jadi niatnya sih ingin cari hotel yang lain saja.. Tapi nyatanya, setelah browsing sana-sini akhirnya memutuskan untuk tetap booking di Avanti Hotel Saigon.. hahaha..

Saya booking Avanti Hotel Saigon ini via Booking.com dan sangat beruntung mendapatkan rate yang murah karena ada promo member.. Saya memilih kamar tipe Superior Queen Room, kamar termurah yang ada di Avanti Hotel Saigon.. hahaha.. Untuk 3 malam dan 2 kamar, saya membayar sekitar 3.7 juta IDR.. Bagi yang punya budget lebih, bisa memilih tipe kamar di atas Superior Queen Room, seperti Deluxe Double/Twin Room dan Premier Double Room yang memiliki view langsung ke arah Ben Than Market.. 


Avanti Hotel Saigon
 

Kami tiba di Avanti Hotel Saigon sekitar pukul 16.00 setelah seharian menempuh perjalanan dari Phnom Penh.. Untungnya proses check-in berjalan lancar dan kami mendapatkan kamar di lantai 2.. Bagian lobby sayangnya tidak langsung berada di street-level, jadi tamu hotel harus menaiki beberapa anak tangga untuk mencapai bagian receptionist.. Not a big problem, tapi agak susah juga buat tamu hotel yang sudah berumur.. Kami saja kalau pas capek habis jalan jauh, lihat anak tangga ini langsung lemas dan pengen "ngedumel".. hahaha.. Area lobby-nya sendiri tidak terlalu luas dan di belakang receptionist terdapat lounge dan restaurant yang sekaligus menjadi tempat breakfast bagi para tamu hotel..


the hotel entrance


lobby is on second floor


receptionist


lounge & restaurant area


Karena sebelumnya sudah request dua kamar yang bersebelahan atau setidaknya berdekatan, jadinya kami mendapatkan dua kamar di lantai 2 yang tidak bersebelahan sih, tapi hanya selang 2 kamar saja.. Walaupun sama-sama tipe Superior Queen Room, kamar saya dan adik saya memiliki layout yang berbeda dengan kamar mama-papa saya.. Kamar saya dan adik saya persis seperti foto yang saya lihat di website hotel, dimana shower dan toilet-nya terpisah.. Sedangkan kamar papa-mama saya shower dan toiletnya jadi satu, seperti konsep bathroom hotel pada umumnya.. hehehe..




Overall sih kami puas dengan kamar kami di Avanti Hotel Saigon ini.. Terlepas dari konsep bathroom-nya yang kurang saya sukai, selebihnya oke kok.. Bathroom-nya bersih kinclong.. Towel dan bedsheet putih bersih (penting, lol).. Fasilitas lengkap.. Hairdryer, coffee/tea maker, TV, safety box, mini bar, dll, semuanya ada.. Bed-nya juga sangat nyaman.. Satu-satunya downside mengenai kamar kami adalah "jendela".. Kamar kami sebenarnya memiliki jendela, tapi ketutup dengan bangunan di sebelah hotel.. Jadi suasana kamarnya rada temaram dan agak aneh saja karena tidak tahu apakah hari sudah terang atau sudah gelap, lagi hujan atau lagi panas.. hehehe.. Tapi ini karena saya memilih kamar yang paling murah ya.. wkwkwk.. Jadi kalau kalian tidak terbiasa menginap di kamar tanpa jendela, bisa memilih tipe kamar di atas tipe Superior Queen Room.. Pastinya rate-nya juga akan lebih mahal.. hehehe..



shower & wash-basin


toilet


very comfy bed




Next thing we loved from this hotel is the breakfast.. Apalagi breakfast-nya complimentary, jadi sudah include di room rate.. Untuk hotel bintang 3, breakfast di Avanti Hotel Saigon ini lumayan banget lho.. Dari segi varians tidak banyak memang, tapi rasanya enak-enak dan kualitasnya juga oke.. Untuk juice saja mereka menyajikan juice buah asli, bukan juice dalam kemasan.. Favorit saya adalah juice semangkanya.. Untuk makanan, pilihannya ada Pho, Salad, Bread & Pastry, Buah, dan Buffet yang terdiri dari menu khas sarapan seperti Scrambled Egg, Sausages, Bacon, Potato Wedges, Wonton, dll.. 


breakfast - coffee, tea, and juices


breafkast -pho, salad, and fruits


breakfast - bread & pastry


very delicious breakfast


yoghurt-nya enak dan juice semangka-nya asli 100% (bukan kemasan)



Selain Ben Thanh Market yang berada persis di depan hotel, beberapa tempat wisata terkenal juga berada tak jauh dari hotel.. Mau jalan kaki bisa, atau kalau lagi malas bisa naik Grab dan bayar sekitar 15k IDR.. hehehe.. Bagi yang doyan wista kuliner, di sekitar hotel juga banyak terdapat tempat makan yang layak untuk dicoba.. Dijamin kondisi perut akan sangat terjamin.. hahaha.. Yang namanya minimarket, ATM, money changer,  juga berebaran di sekitar hotel.. 


Ben Thanh Market & Night Market are just across the street



The service was also excellent.. Semua staff mulai dari receptionist sampai waiter/waitress di restaurant sangat ramah dan helpful.. Karena menginap selama 3 malam, kami mendapatkan voucher berupa free lunch/dinner di Dao Place, Vietnamese restaurant yang berada di dekat hotel.. Surprise juga lho secara rate yang kami bayar sudah sangat murah.. hehehe..

Avanti Hotel Saigon might not be the best hotel in HCMC, but it offers very good value for money.. Definitely recommended and Avanti Hotel Saigon will always be my first choice when I visit HCMC in the future..



Avanti Hotel Saigon
188, 186 Lê Thánh Tôn, Bến Thành
District 1, Ho Chi Minh City, Vietnam
Phone  :  (+84) 8 3822 8066 
Email  :  info@avantihotel.vn
Facebook  :   click here
TripAdvisor  :  click here
Booking.com  :  click here
AirAsiaGo  :  click here
Agoda  :   click here


Location  :  ✮✮✮✮✮
Room  :  ✮✮✮✮☆
Service  :  ✮✮✮✮☆
Value  :  ✮✮✮✮☆
Cleanliness  :  ✮✮✮✮☆


My Review on TripAdvisor :

In the beginning, I chose Avanti Hotel Saigon because of its location which is very close to the Ben Thanh Market.. Turned out Avanti Hotel Saigon offers more than just a strategic location.. We have a very pleasant 3 nights-stay at this hotel.. I booked two Superior Queen Room.. The room has no window but not really a big deal for me & my family.. If you prefer a room with window, just book their Deluxe/Premier room.. Room was clean, comfy, and well-equipped.. One of our room got a bathroom with separate toilet&shower which is not my favorite.. Staff were friendly and check-in + check out process went smoothly.. Another favorite things about this hotel is their breakfast.. It may have  limited options but everything tasted delicious.. Due to its perfect location, we can walk to many tourist attractions in District 1.. Ben Thanh Market & Ben Thanh Night Market are just across the street and plenty of eateries located stone's throw away from the hotel.. Definitely will stay here again on our next visit to HCMC.. 



No comments:

Post a Comment