Friday, November 8, 2013

Universitas Terbuka ~ Finally A Graduate


Moment yang di tunggu2 akhirnya tiba juga.. Setelah menempuh 4 semester yang menegangkan, akhirnya pertengahan September kemarin saya membaca pengumuman di website Universitas Terbuka, tentang calon wisudawan yang di undang wisuda di UT Pusat pada tanggal 08 Oktober 2013.. Ga lama setelah itu, saya menerima SK Kelulusan beserta undangan untuk wisuda di UT Pusat via pos.. 

Rasa nya unbelievable banget.. Jangankan pernah membayangkan bisa wisuda di UT Pusat, bisa lulus tepat waktu dengan IPK cukup memuaskan saja, sudah cukup bagi saya..

Jadi saya memulai segala sesuatu nya di tahun 2011.. Setahun setelah saya lulus S1 Manajemen dari Universitas Udayana, saya memutuskan kuliah kembali.. Kali ini jurusan yang saya pilih adalah D3-Perpajakan.. Semua semata2 karena saya memang ingin mendalami ilmu perpajakan yang berkaitan dengan pekerjaan saya sekarang..

Beruntung UT menawarkan fasilitas alih kredit, sehingga mata kuliah yang sudah pernah saya ambil, tidak perlu lagi saya ambil di UT.. Jadi lumayan menghemat waktu serta biaya..

Kuliah di UT memang gampang-gampang susah.. Semua akan bergantung kepada diri kita sendiri.. Seberapa aktif kita belajar secara mandiri.. Seberapa rajin kita membaca modul dan mengerjakan tugas di Tutorial Online.. Saya tidak tahu dengan mahasiswa2 yang lain, tapi saya dan adik saya (yang juga mahasiswa UT), kami tidak pernah absen mengikuti Tutorial Online secara aktif, dan punya modul is A MUST.. hehehe..

Kalau kata orang, cari nilai di UT itu susah.. Ada bener nya juga sih.. Kalau dulu saya terbiasa dengan nilai A.. Di UT saya harus terbiasa dengan nilai C.. Tapi saya cukup beruntung bisa lulus dengan IPK yang kalau menurut predikat kelulusan, kira2 ada di kategori "sangat memuaskan".. Sungguh beruntung bila dibandingkan rekan2 saya.. Bahkan ada dari mereka yang sudah memasuki tahun ke-5 dan bahkan tidak tahu kapan bisa lulus..

Anyway, thank you so much Universitas Terbuka.. Suatu saat saya pasti akan kuliah lagi di Universitas Terbuka.. Entah untuk program master atau program sarjana lainnya.. Karena saya percaya, belajar itu tidak mengenal usia, jadi jangan pernah berhenti belajar...


Cheers..


PS : sekarang bingung kalau nulis gelar di belakang nama.. wkwkwkwk..



5 comments:

  1. halo.. salam kenal, aku jadi lebih mantap untuk kulliah di UT.
    btw, waaahhh.. congratulation ya kaa :)

    aku masih bingung dengan program di UT, hehehe
    oya, aku baru lulus sekolah 2013 lalu, niatnya tahun ini aku mau lanjutin belajar di UT, aku pengen ambil jurusan sosiologi. hehehe

    aku mau tanya, untuk belajar di UT agar cepat-cepat lulus dan di wisuda kayak kk itu gimana? hehe masalahnya aku takut malah di persulit untuk lulus T_T mohon sarannya ya ka ;)

    Terima kasih ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi there.. thank you buat congratz nya.. ^_^

      well, kalau msh bingung, mending lsg dtg ke UPBJJ di kota kamu.. jadi nanti akan di jelas2in sama pegawai dan dosen2 di sana..

      pendaftaran di UT setahun 2x.. dan januari ini UT menerima pendaftaran mahasiswa baru..

      masalah cara belajar, trust me.. UT itu sama sekali ga mempersulit.. malah sangat2 efisien dan efektif bila dibandingkan dengan kuliah konvensional.. tips saya, TUTON is a must.. banyak mahasiswa UT tidak mempedulikan yang nama nya TUTON.. tapi bagi saya, tuton adalah penyelamat saya.. di saat nilai UAS saya jeblok, nilai TUTON akan membantu nilai kita.. satu lagi, modul juga wajib dibeli.. semua bahan mata kuliah akan ada di modul tersebut, termasuk tugas dan latihan bagi kita sebelum menempuh UAS.. Kalau sudah begini, dijamin IPK ga akan jeblok dan bisa lulus tepat waktu..

      cheers

      Delete
  2. wahh selamat kak :)
    aku baru mahassiswa semster 1 nih, udah ikut TTM, apa bisa ikut TUTON yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank u.. kalau sy sih kemarin lebih milih ikut tuton, bukan TTM.. karena lebih fleksibel aja.. jd semua diskusi dan tugas dikerjakan via internet.. dan Tuton juga membantu nilai UAS kita kok..

      Delete
  3. Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang CARA CEPAT LULUS KULIAH berikut artikel yang terkait tersebut di CARA CEPAT LULUS KULIAH 3 TAHUN DENGAN MEMUASKAN

    NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya ini bukan spam saya ketik sendiri komentarnya, kita saling membantu saja...kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin

    ReplyDelete