Sunday, August 9, 2015

Mendadak Mudik ~ Trip to Malang ~ Part 2


Seteleh me-review hotel tempat menginap saya di Malang, kali ini di part 2 cerita trip saya ke Malang, saya akan berbagi cerita mengenai tempat-tempat yang sempat saya kunjungi.. Cerita Natinbali pastinya tidak lengkap kalau tidak membahas masalah kuliner.. Kali ini saya mau coba review beberapa tempat makan yang saya coba selama berada di kota Malang..

Tidak banyak sebenarnya tempat-tempat yang saya kunjungi selama di Malang.. Mama saya otomatis harus setiap hari standby di rumah sakit atau rumah duka.. Kami bertiga pun harus setiap hari bolak balik antara hotel dan RS / Rumah Duka, serta di sela-sela waktu tersebut, kami tak lupa mencoba beberapa tempat makan di seputaran kota Malang.. Karena nenek saya di rawatnya di RS Panti Nirmala atau Tiong Hwa Ie Sia dan setelah itu beliau disemayamkan di Rumah Duka Panca Budhi, jadi rute kami tiap hari ya ke 2 tempat itu.. hehe..







Tempat-tempat lainnya yang sempat saya kunjungi, antara lain :


1. Gereja Katolik Hati Kudus Yesus - Kayutangan

Salah satu gereja tua yang ada di kota Malang.. Berlokasi di tengah kota Malang dan tidak jauh dari Amaris Hotel membuat kami memutuskan untuk mengikuti misa harian di gereja ini.. Saya suka dengan arsitektur dan interior gereja nya yang minimalis tetapi tetap elegan.. Misa harian di gereja ini adalah setiap pagi (Senin - Jumat) pukul 05.30 WIB..

Gereja Hati Kudus Yesus - Kayutangan
Jl. Mgr. Soegijopranoto 2, Malang 65119
Telp: (0341) 323938  









2. Mall Olympic Garden (MOG)

MOG jadi mall favorit kedua saya di Malang setelah Matos.. Di MOG ada Payless juga ternyata, dan model2 sepatunya rada beda dengan yang di Bali, sayang yang discount cuma sedikit..Selain Payless, toko2 lainnya standard lah seperti mall2 yang lain..

Mall Olyimpic Garden (MOG)
Jl. Kawi No. 24 Malang





3. Malang Town Square (Matos)

Nah kalau yang ini sih adalah mall favorit saya.. Favorit karena Matahari nya besar, lengkap, dan banyak diskonan nya.. Tempat kuliner nya pun lengkap.. Ada Mie Kudusan, Yoshinoya, dan ada food court dengan makanan yang enak2 dan bervariasi.. Apalagi waktu kami menginap di Swiss Bel-Inn, ke Matos ini cuma perlu jalan kaki aja.. Di antara Swiss Bel-Inn dan Matos, ada MX Mall.. MX Mall ini memang tidak seramai Matos.. Sekilas saya hanya melihat beberapa tempat makan seperti XO Suki, Baker King, dll..

Malang Town Square (Matos)
Jl. Veteran No 2 Malang


pict taken from Google



4. Pabrik Oleh2 Bu Noer

Saya enemukan Pabrik Oleh2 Bu Noer dengan tidak sengaja.. Berawal dari browsing2 di internet untuk menemukan penjual kripik tempe yang ingin saya jadikan oleh2 untuk teman2 di Bali.. Nah ketemulah dengan Bu Noer yang katanya orang enak dan kebetulan lokasinya tidak jauh dari Amaris Hotel.. Berbekal GPS, akhirnya saya menemukan juga lokasi Bu Noer walaupun ternyata harus masuk ke gang segala.. Tapi tenang, di dalam ternyata parkiran nya luas..

Dan tidak disangka, ternyata kripik tempe nya Bu Noer enak lho.. Saya amazed juga pas tahu kripik tempe nya itu varians rasa nya buanyak banget.. Yang original saja pilihan nya banyak.. Ada yang daun jeruk, daun bawang, kucai, seledri, sampai ketumbar.. Belum lagi yang pakai bumbu, ada yang rasa Bakso Bakar, Blackpepper Steak, Spaghetti, BBQ, Ayam Bawang, Burger, Seaweed, dan masih banyak lagi.. Kebayang dong bingung milih nya.. Kalau saya sih saya lebih prefer yang original aja.. Itu pun sudah macam2 herbs nya..

Selain kripik tempe, di Bu Noer juga ada berbagai macam cemilan dan oleh2 khas Malang.. Ada aneka kripik buah yang jarang ditemui di tempat lain.. Ada pisang sale, aneka krupuk, pia, sampe bumbu pecel pun ada.. Ada juga yang unik seperti Pie Temple (tempe + apple) dan Brownies Tempe.. Senengnya lagi, harganya masih tergolong murah meriah.. Belanjaan kita juga bakalan langsung di packing dengan rapi.. Jadi ga perlu susah2 packing lagi..

Pabrik Oleh2 Bu Noer
Jl. Ciliwung Gang 2, No.2 Malang
0341 - 470108










5. Loka Supermarket

Kalau yang ini, saya tahu dari tante saya yang di Surabaya.. Awalnya sih kami bingung mau kemana lagi setelah berhari2 di kota Malang.. Loka Supermarket ini berlokasi di Malang City Point.. Malang City Point ini adalah mall baru atau mall belum selesai ya? haha.. Yang jelas toko2 nya masih sedikit, dan masih banyak yang belum finish konstruksi nya.. Ga masalah sih sebenarnya karena tujuan kami kan memang mau ke Loka nya.. Selain Loka ada beberapa tempat makan di bagian bawah seperti Rice Bowl, Ta Wan, Jco, Wendys, dll..

Loka sendiri adalah supermarket dengan konsep modern dan unik bila dibandingkan dengan supermarket2 lainnya.. Contoh kecil adalah trolley nya yang berwarna warni.. Ada yang hijau, biru, merah, sampai pink dan ungu pun ada.. Bisa dibayangin kan, saya aja excited dan selalu pilih trolley yang matching dengan warna baju saya.. wkwkwk.. Kalau secara produknya, Loka menjual aneka barang produksi dalam negeri maupun luar negeri.. Kalau di Bali mungkin mirip seperti Papaya, Pepito, Bali Deli, dll.. Saya paling suka dengan fruit dan veggies section mereka dimana buah dan sayuran yang dijual itu unik2 dan dari segi harga masih standard lah.. Harga apel import masih mirip dengan Hypermart namun dengan quality dan kesegaran yang lebih baik..

Saya yang supermarket lover, sudah pasti kalap kalau kelamaan di Loka.. Produk2 impor nya pun lengkap banget.. Saya paling suka beli aneka minuman import nya yang aneh2.. Kalau ke Loka, jangan lupa mampir ke Bakerhood nya.. Roti nya enak2..

Loka ~ Malang City Point
Malang City Point Ground Floor – 6,
Jl Raya Dieng 31, Malang






--------------------------


Next, mari kita bahas tempat kuliner di kota Malang.. Malang adalah kota yang terkenal dengan kulinernya.. Kuliner nya yang enak tidak hanya terbatas pada bakso dan cwi mie nya.. Tidak berlebihan rasanya kalau saya bilang, semua makanan di Malang itu enak2, at least lebih enak dari standard di Bali lah.. wkwkwk..

Berikut beberapa tempat makan yang pernah saya singgahi selama 9 hari di kota Malang (sisanya nyambung di Part 3 ya) :


1. Soto Ayam Lombok

Soto Ayam terenak yang pernah saya makan adalah Soto Ayam di tempat ini.. Setiap kali ke Malang, soto yang satu ini selalu menjadi incaran utama saya dan keluarga.. Berlokasi di Jalan Lombok, tempat ini sudah buka sejak zaman mama saya masih kecil.. Bisa dibayangin kan betapa legendaris nya soto ini.. wkwkwk.. Seporsi Soto Ayam Lombok paling pas dinikmati dengan krupuknya yang berukuran jumbo.. Jika anda beruntung, biasanya anda akan berlanjut ke mangkok soto kedua.. hehe.. 

Rating : 10  /  10







2. Bakso Pak Meh

Bakso Pak Meh memang tidak se-famous bakso-bakso lain di kota Malang, seperti Bakso Kota Cak Man, Bakso President, Bakso Gun, dll.. Tapi Bakso Pak Meh ini selalu punya tempat di hati saya karena sambal nya yang tiada duanya.. Sambal ini favorit saya dan adik saya, dan sudah kami idam2kan sejak sebelum keberangkatan kami ke Malang.. 1 toples kecil sambal harganya 50k.. Selain untuk teman makan bakso, sambal ini cocok dimakan dengan apa saja, baik mie, nasi goreng, dll.. Untuk lokasi, kemarin saya nemunya yang di dekat Pasar Besar..

Rating : 8  /  10





3. Food @ MOG

Selain tempat belanja, di MOG juga banyak terdapat tempat makan yang sayang untuk dilewatkan.. Yang kemarin saya coba adalah Mie Kudusan dan Ote-Ote Porong.. Lama ga makan Ote-Ote Porong, eh nemunya malah di MOG.. Rasanya : enak banget pastinya.. Tempatnya di lantai paling atas, di Resto Porong Wei, yang sebelahan sama outlet nya Mie Kudusan.. Nah kalau Mie Kudusan, mie ini sukses menjadi the best noodles i ever had in Malang.. Berhubung nantinya saya makan juga di outlet nya yang di Matos, jadi review lengkapnya akan saya bahas di next post..

Rating : 9  /  10




4. RM Prambanan Sari

Setelah beberapa kali mendapatkan kiriman Ayam Goreng & Sate Komoh dari tante dan om saya di Malang, akhirnya kemarin saya bekesempatan nyobain langsung di tempatnya.. RM Prambanan Sari ini berlokasi di Jalan Bromo.. Menu yang paling ngangenin dari RM Prambanan Sari ini adalah Ayam Goreng dan Sate Komoh nya.. Selain 2 menu tersebut, sebenarnya ada banyak menu yang tidak kalah enaknya.. Ada ayam, bebek, jeroan, daging, ikan, tahu tempe, dan sebagainya.. Sayurnya juga banyak pilihan nya.. Saya 2x makan di sini, ya hitung2 biar ga kangen sate komoh nya dan harus merepotkan om tante saya untuk ngirimin ke Bali.. wkwkwk..

RM Prambanan Sari
Jl. Bromo No 37 A Malang

Rating : 9  /  10











5. Depot 21

Depot 21 ini sudah pernah saya review sebelumnya (http://natinbali.blogspot.com/2014/01/depot-21-malang.html) .. Yang satu ini sudah pasti tidak mungkin terlewatkan oleh saya dan keluarga.. Kami 2x dinner di Depot 21 ini.. Pilihan kami tidak jauh berbeda, seakan2 sudah menu wajib nya Depot 21.. Pesanan kami di antaranya Nasi Goreng Kepiting, Kamar Bola, Swie Kee Goreng Kering, Capcay, Ang Sio Hi Bien, dan Swie Kee Saos Inggris.. 

Depot 21
Jl. Brigjend Slamet Riyadi 94A (Oro2 Dowo)
Malang - Jawa Timur

Rating : 9  /  10






Nasi Goreng Kepiting (40k)



Kamar Bola (45k)



Swie Kee Goreng Kering (50k)



Capcay Goreng (38k)



Ang Sio Hie Bien (50k)



Swie Kee Goreng Saos Inggris (52k)




to be continued..


Edisi Dibuang Sayang : 


sunset @ Negara ketika kami dalam perjalanan menuju Pelabuhan Gilimanuk


di dalam ferry yang membawa kami menyebrangi Selat Bali


view from our room @ Amaris Hotel


view from our room @ Swiss Bel-Inn





No comments:

Post a Comment