Saturday, August 22, 2015

Mendadak Mudik ~ Trip to Malang ~ Part 3


Di part 3 atau part terakhir ini mari kita lanjutkan membahas tempat2 kuliner di kota Malang yang sempat saya kunjungi kemarin..


1. Kedai Mie Sutoyo
Diawali dengan Kedai Mie Sutoyo (KMS) yang sebelahan persis dengan Amaris Hotel.. Sudah tidak terhitung berapa kali saya dan keluarga makan di sini.. Mulai dari nyobain 1 porsi, sampai pesan 15 porsi juga pernah.. Dari yang sehari bisa kesana 2x, sampai kami ditolak karena sudah ga ada meja yang kosong pun pernah.. wkwkwk.. KMS ini simply jadi penyelamat kami.. Karena lokasinya yang di dekat hotel, jadi kalau pengen makan tapi males pergi jauh, langsung ke KMS aja.. Menu di KMS variants nya banyak banget.. Untuk mie nya saja beraneka topping nya, bahkan mie nya sendiri ada 2 variant nya, original dan keriting.. Selain mie, ada juga bihun, misua, nasi goreng, bakmi, dan menu chinese food lainnya.. Kalau menu favorit saya di sini adalah Cwie Mie Ayam Katsu nya.. Cwie Mie saja sudah enak, apalagi kalau dapat bonus ayam katsu.. wkwk.. Nasi Capcay dan Bakwan Campur nya juga enak.. KMS ini konon sudah mulai ada sejak 1942.. Mama saya yang asli Malang dan tante saya yang tinggal di Malang malah ga tau tentang KMS ini.. Dan sekarang mereka malah doyan banget makan Cwie Mie nya KMS.. wkwk.. Anyway, mereka juga jual Cwie Mie yang dalam kemasan frozen.. Jadi dalam 1 paket, sudah ada mie, bumbu, dan ayam nya.. Praktis banget ya.. Cuma kemarin karena harus berangkat pagi2 ke tempat kremasi, jadi ga sempat beli ini untuk dibawa pulang ke Bali..



Cwie Mie Ayam Katsu (22.5k)


Bakwan Campur (20k)



Nasi Capcay (28k)



Kedai Mie Sutoyo
Jl. Letjend Sutoyo No 41 A Malang
(sebelah Amaris Hotel)
0341-403666
IG & FB: kedaimiesutoyo

Rating : 9  /  10




2. Depot Gang Djangkrik

Depot yang satu ini sih sudah pernah saya review sebelumnya (http://natinbali.blogspot.com/2013/12/depot-gang-jangkrik.html).. Cabang nya bahkan sudah buka juga di Bali.. Tapi makan di tempat asli nya sudah pasti lebih gimana gitu ya.. Apalagi kalau inget tangga ke lantai 2 nya yang mungil dan melingkar itu.. Naiknya jadi tantangan tersendiri.. wkwkwk.. Dari segi rasa, sudah pasti enakan asli nya daripada cabang nya yang di Bali.. Dari segi harga pun lebih murah yang di Malang.. hehehe.. Kemarin sih kami pesan nya kebetulan Cwie Mie semua.. Cwie Mie nya sih kalau dibandingin dengan Mie Kudusan atau Kedai Mie Sutoyo, entah kenapa sekarang kalah enak.. Cwie Mie nya agak kurang rasa, walaupun bagi saya masih tergolong oke lah di lidah..











Es Sehat


Es Puding Almond


Tahu Ikan (27k)


 Cwie Mie Pangsit Bakso (30k) 


Cwie Mie Pangsit Siobak (34k)


Cwie Mie Pangsit Baikut (32k)


Depot Gang Djangkrik
Jl. Kawi Atas No 26 Malang

Rating : 9  /  10



3. Sate Ayam Pak Siboen
Sate Ayam terenak yang pernah saya makan ya Sate Ayam Pak Siboen ini.. Berlokasi persis di sebelah Depot Gang Djangkrik di Jl Kawi Atas, tempat yang satu ini ga pernah sepi.. Bahkan sampai jam 9 malam, tempat ini masih saja ramai.. Satu porsi sate ayam terdiri dari 10 tusuk sate daging ayam (tanpa kulit) yang dibakar dengan sempurna.. Tidak overcooked dan gosong.. Bumbu nya yang minimalis semakin menambah kenikmatan si sate.. Top banget pokoknya.. Beda banget kalau makan sate di Bali, selalu lah harus berkali2 bilang ga pakai kulit dan ketika jadi tetep aja dapat kulit ayam.. hehehe.. Recommended..







Sate Ayam Pak Siboen
Jl. Kawi Atas No 27 Malang

Rating : 10  /  10




4. Yoshinoya
Beberapa kali membaca review Yoshinoya membuat saya pengen banget nyobain.. Tapi apa daya, Yoshinoya belum ada outlet nya di Bali.. Ketika tahu ada outlet Yoshinoya di Matos, saya langsung memutuskan untuk nyobain.. Karena baru pertama kali nyobain jadi milih menu nya pun cap cip cup.. Kemarin saya pilih yang Paket Puas, dimana 1 paket itu udah termasuk Rice Bowl, Ocha (free flow), dan Gorengan.. Untuk Rice Bowl, ada beberapa pilihan dan saya pilihnya yang Original Beef & Teriyaki Chicken.. Untuk Gorengan ada pilihan Ayam atau Udang.. Harga 1 paket sekitar 40 ribuan..

Untuk rasa sih menurut saya sih oke, walaupun tidak istimewa.. Sayang Rice Bowl nya yang Original Beef ternyata tasteless.. Dicampur chili sauce dan chili powder nya baru terasa enak.. Kalau lihat sekeliling sih kebanyakan pada pesen yang Yakiniku Beef.. Salah pesen ceritanya ini.. hehehe.. Untuk yang Teriyaki Chicken, bumbu Teriyaki nya sih enak, sayang chicken nya rada amis.. Gorengan nya no complain walaupun ga special2 amat.. Kalau Ocha nya sih enak, dingin dan free flow.. wkwkwk..

Sayang seribu sayang, rasa makanan nya yang lumayan itu tidak didukung dengan service nya.. Jadi ceritanya kami kan bertiga, saya, adik saya, dan papa saya.. Ketika saya dan adik saya antri pesan makanan, papa saya mau duduk duluan, karena kemarin itu kami bawa kantong belanjaan yang cukup banyak.. Tapi tahu ga, papa saya ternyata tidak diperbolehkan duduk.. Jadi harus selesai order dulu, bawa makanan, baru boleh duduk.. Ya elah, kayak kita cuma numpang duduk aja di sana.. grgr.. Esmosi saya kemarin.. Pertama, orang kalau capek, disuruh ikut antri gitu.. Kedua, memang nya ada orang duduk di sana, tapi ga pesan makanan.. Ketiga, kalau semua orang ikut antri, apa ga tambah panjang itu antrian.. Sudah pelayan dan kasir nya lelet2.. Kemarin aja lumayan bete ngantri nya.. Nah pas giliran saya, saya langsung complain dong ke kasir nya.. Kasirnya cuma jawab, memang peraturan nya di sini seperti itu mba.. Ada manager nya pula, dia cuma ngelirik tanpa mengeluarkan sepatah kata pun.. Sorry seribu sorry, makanan seenak pun, kalau service nya seperti ini, peraturan nya aneh2, ga bakalan saya datangi lagi.. #maafemosi hahaha..






 Paket Puas Original Beef (44k)


 Paket Puas Teriyaki Chicken (40k)





Yoshinoya
Malang Town Square (Matos) Lt. Atas
Jl. Veteran Malang

Rating : 7  /  10  ~  service : 3  /  10



5. Mie Kudusan
Dari sekian mie yang saya coba selama di Malang, Mie Kudusan ini ada di peringkat 1 which means yang paling enak.. Saya suka dengan type mie nya dan bumbu nya yang minimalis tapi pas banget.. Saya kalau menilai Cwi Mie atau Mie Pangsit atau apalah, selalu melihat dari kuah (soup) nya.. Kalau kuahnya aja sudah tasty, bisa dipastikan mie nya juga enak.. Nah kuah nya Mie Kudusan ini bisa habis duluan sebelum mie nya lho, saking enaknya.. Ga amis, ga asin, perfect lah.. hehehe.. Beberapa menu yang sempat saya dan keluarga saya coba antara lain Pangsit Mie Ayam Jamur, Pangsit Mie Kisi Sapi, Pangsit Mie Szechuan, Lo Mai Gai, dan Bakso Mix... Semuanya enak pakai banget.. Harganya pun murah, apalagi mengingat tempatnya yang di dalam mall.. Seporsi Mie harganya mulai dari belasan ribu.. Di Bali mah mana dapat harga segitu.. hehehe..




 Pangsit Mie Ayam Jamur


 Pangsit Mie Kisi Sapi


 Pangsit Mie Szechuan



Lo Mai Gai


Mie Kudusan
Jl. Bondowoso 11 Malang
Matos Lt. Atas, Malang
MOG Lt. Atas, Malang
Jl. Letjen S.Parman 101, Malang 

Rating : 10  /  10

 

6. Snack @ Matos & MX
Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, di Matos itu pilihan makanan nya banyak banget.. Begitu juga di MX Mall (sebelahnya Matos).. Di Matos ternyata ada juga Korean Ice Cream yang lagi nge-trend itu.. Kemarin saya kebetulan belum nyobain yang ada di Lippo Mall Kuta Bali.. Jadi nyobain nya malahan di Malang.. wkwk.. Saya kemarin beli yang ukuran standard, sayang pilihan ice cream nya cuma ada vanila dan chocolate, ga ada yang green tea.. Secara tampilan memang unik banget ini ice cream.. Begitu juga dengan rasanya yang unik karena cone nya yang terbuat dari jagung.. Di Matos juga ada PresoTea dan Calais, both are my favorites..





Nah kalau di MX, ada satu booth namanya Chubby Taiwan Street Snack.. Saya nyobain chicken fillet yang rasa garlic & spicy.. Enak kok walaupun saya lebih prefer ga dikasi bumbu aneh2.. Dan yang paling penting, di Bali belum ada..  Terakhir makan kayaknya di Surabaya bertahun2 yang lalu deh.. wkwk.. Anyway, selain chicken fillet, ada dori fillet juga.. 

Di MX ada juga Baker's King (kemarin lihat juga di MOG).. Kami nyobain Macaroons, Donut, dan Cookies nya.. Dan ternyata semuanya enak.. Macaroons nya enak, tapi jangan dibandingin dengan Laduree atau The Harvest ya, harganya aja jauh lebih murah.. wkwkwk.. Donut nya enak, begitu juga dengan cookies-nya..








Malang Town Square (Matos) & MX
Jl. Veteran Malang

Rating : 8  /  10 



7. Tahu Campur Zainul Arifin
Tahu Campur ini dulu seingat saya rasanya enak banget.. 2 porsi pun sanggup saya habiskan.. hehe.. Tapi entah kenapa, pas kemarin saya dan keluarga ke sana, rasanya tidak seenak dulu.. Apalagi kuahnya ternyata tidak panas... Lokasinya ada di Jl. KH Zainul Arifin, buka nya dari sore hingga malam hari.. Kalau ke daerah KH Zainul Arifin, sekalian aja mampir ke Ronde Titoni atau nyobain Nasi Goreng nya Kee Tjie yang sayang untuk dilewatkan.. 









Tahu Campur Zainul Arifin
Jl. KH Zainul Arifin
Malang

Rating : 7  /  10



8. RM Kerta Sari

Selain Kedai Mie Sutoyo (KMS), tempat yang satu ini juga jadi tempat makan yang paling sering kami kunjungi.. Lokasinya yang berada di Jalan Letjend Sutoyo dan persis berada di seberang Amaris Hotel, membuat kami doyan banget makan di RM Kerta Sari ini.. RM Kerta Sari ini termasuk rumah makan yang legendaris di kota Malang.. Menu nya di dominasi oleh makanan khas Indonesia, dan semuanya enak pakai banget.. Menu favorit saya di sini adalah Nasi Campur, Sate Komoh, dan Aneka Pepes nya.. 1 porsi Nasi Campur harganya 27,5k, eit jangan salah, lauk nya buanyak banget.. Kalau beli take away pun, dikotakin dengan cantik.. Sate Komoh-nya 16k per tusuk, tapi mantap banget.. Aneka pepes nya juga sayang untuk dilewatkan, favorit saya adalah Pepes Udang dan Pepes Telur Ikan nya.. Waktu bayar di kasir, jangan sering2 noleh ke etalase yang ada di belakang kasir ya.. Ujung2nya nanti seperti saya, ga bisa menahan diri untuk beli dendeng, kering tempe, kering kentang, dll yang dipajang di sana.. hahaha.. 








 Tahu Petis (5k)


Nasi Ayam Goreng (27.5k)


Sate Komoh (16k / tusuk) - Nasi Rawon (27.5k)


Nasi Campur (27.5k)


Aneka Pepes (15k)


Sop Buntut Sapi (49k)



RM Kerta Sari
Jl. Letjend Sutoyo No 78-80
Malang
Telp : 0341-493291
 
Rating : 9.5  /  10



9. Rujak Cingur & Gado2 Kaliurang

Rujak Cingur dan Gado2 nya Kaliurang ini saya nobatkan sebagai Rujak Cingur & Gado2 terenak yang pernah saya makan.. Bersyukur banget sempat nyobain makan di tempat ini walaupun untuk menemukan tempatnya harus pakai GPS segala.. wkwkwk.. Saya suka banget dengan Rujak Cingur nya.. Pertama, karena cingur nya bersih.. Saya paling trauma dengan cingur yang tidak benar2 dibersihkan.. Makanya saya paling malas kalau makan Rujak Cingur di Bali.. Cingur nya ga bakalan saya makan.. Kalau Rujak Cingur nya Kaliurang beda.. Kelihatan banget bersih dan dikasih nya juga berlimpah.. Belum lagi bumbu nya yang memang sengaja dibikin ga terlalu halus, petis nya pun pas.. Enak banget pokoknya.. Gado2 nya sendiri ternyata tidak kalah enak juga.. Saya suka bumbu nya yang gurih dan sayuran nya yang bermacam2.. Recommended lah tempat yang satu ini.. 




Es Campur


 Gado-Gado


Rujak Cingur



Rujak Cingur & Gado2 Kaliurang
Jl. Melati No 42 Malang
0341 - 7029940

Rating : 10  /  10



10. RM Tongas Asri

RM Tongas Asri ini adalah salah satu tempat makan yang saya rekomendasikan kalau lagi menempuh perjalanan darat Bali - Surabaya / Malang.. Biasanya saya kalau jalan subuh dari Denpasar, pagi nya bisa mampir di Asembagus di RM.. Atau bisa juga mampir di Ayam Goreng Pemuda di.. Nah siang nya bisa isi perut di RM Tongas Asri.. Sayangnya kemarin saya jalan sore, jadi nanggung banget jam makannya.. Sampai Jawa sudah malam.. Ngelewatin Ayam Pemuda, eh udah tutup.. Berhenti di salah satu tempat makan di Pasir Putih, kami ditolak karena mereka lebih mengutamakan penumpang bus dan travel.. Akhirnya sampai Besuki, kami baru makan.. Itu pun makan sekedarnya, Nasi Rawon yang sebenarnya ga enak tapi terasa enak karena kami kelaparan.. wkwkwk.. Nah pas balik ke Bali, kebetulan kami bisa mampir ke RM Tongas Asri.. Trust me, makanan nya masih lebih mending dibandingka RM2 yang lain.. Pilihan menu nya banyak, walau harga nya bisa dibilang lumayan pricey untuk tempat makan sekelas RM Tongas Asri.. Apalagi kemarin itu, tempat nya full banget.. Lantai kotor, di meja pun berserakan piring kotor yang belum dibersihkan oleh pelayan nya.. Mau bayar ngantri, pokoknya semrawut lah.. Kemarin kami makan Nasi Krengsengan, Nasi Rawon, Nasi Sayur Asem + Empal, trus bungkus Ayam Goreng nya.. Yang recommended adalah Nasi Rawon nya.. Nasi Krengsengan nya sekarang ga enak.. Sayur Asem dan Empal nya lumayan sih.. hehe..




 Nasi Krengsengan (18k)


 Nasi Rawon (18.5k)


 Nasi Sayur Asem Empal (25.5k)


RM Tongas Asri
Jl. Raya Tongas KM 84
0335 - 511007

Rating : 8  /  10



Mari kita akhiri cerita perjalanan saya ke Malang dengan foto2 beberapa makanan dan minuman yang saya kalau tidak dipublikasikan.. hehe.. See you guys again on another travel diary of mine.. Lots of love ~ Nat.. 

















9 comments:

  1. Hai.. dikasi kok.. cuma kemarin pas di foto dijadiin satu sama donut nya.. hehe.. thanks sdh mampir dan comment ya.. ^_^

    ReplyDelete
  2. Thx for sharing.. jadi ga sabar mau ke malang besok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Chubbymama.. you're welcome.. have a great time in Malang.. 😊

      Delete
  3. Kak bakersking itu bisa delivery apa g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sy cm pernah beli lsg di outlet nya.. jd ga tau bs delivery atau ga.. hehe.. salam..

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Kyk nya tempatnya recommended semuam aku yg tnggal dimalang trus aja ada beberapa yg baru tau, terutama rujak vingur itu kyknnya enaak

    ReplyDelete