Saturday, October 10, 2015

Pasar Kedonganan ~ Fish Market & Grilled Seafood


Kenikmatan seafood bakar khas Jimbaran Bali memang tidak perlu diragukan lagi.. Mulai dari wisatawan lokal, wisatawan asing, sampai masyarakat Bali sendiri, semuanya berlomba2 menikmati sajian grilled seafood yang memang mantap tersebut.. Ini dibuktikan dengan cafe2 dan resto2 di sepanjang Pantai Muaya dan Pantai Kedonganan yang ga pernah sepi pengunjung.. 

Baru2 ini saya, adik saya, dan sahabat saya memutuskan untuk menikmati seafood bakar khas Jimbaran.. Tapi karena kami orang nya anti-main-stream, kami ke Pantai Kedonganan nya, tapi bukan ke cafe2 nya macam Menega Cafe, Melasti Cafe, dll, melainkan ke Pasar Ikan nya.. hahaha.. Sebenarnya udah dari dulu saya dengar bahwa kita bisa beli ikan di Pasar Ikan Kedonganan, kemudian bawa ke warung2 di sekitar pasar yang menyediakan jasa pengolahan ikan, kemudian ikan yang sudah dibakar tersebut bisa dinikmati di tempat langsung atau dibawa pulang.. Dan dengar2 sih harganya jauh lebih murah bila dibandingkan dengan di cafe dan rasanya sama enaknya.. Entah kenapa baru kemarin itu kami kepengen nyobain.. hahaha..

Pasar Ikan Kedonganan berada di ujung Pantai Kedonganan, jadi selama perjalanan kita akan melewati cafe2 dan resto2 yang menawarkan sajian grilled seafood.. Pasar nya sendiri buka dari pagi hingga sore menjelang malam.. Ga kebayang deh pasar ikan itu seperti apa.. Dan ternyata tempat nya bau ikan, becek, dan sempit (ya iyalah, hahaha).. Tapi seru juga ternyata.. Ikan nya itu banyak banget macam nya, belum lagi udang2an, cumi2an, dan masih banyak lagi.. Mulai dari ikan yang baru beberapa jam yang lalu mati, sampai yang udah baunya ga karuan, semua ada di sana.. hahaha.. Sayang seribu sayang, harganya ternyata ga semurah yang kami bayangkan.. Apa karena kami ga bisa nawar dan tampang tourists ya?? wkwkwkwk..





Kami sampai bolak-balik keluar masuk pasar, nelpon orang tua kami, nanyain harga ikan itu berapa sih rata2nya, harga udang berapa. saking ga pernahnya ke pasar.. hahaha.. Tapi ya gitu, ga murah2 banget.. Udang yang paling kecil sekitar 60k per 1/2kg .. Ikan Baronang kami beli 65k per kilo.. Cumi 70k per kilo.. 


 ini foto nya ambil dari google, biar kebayang suasana pasarnya seperti apa, lol


Urusan belanja seafood kelar, next adalah mencari tempat bakar.. Di sekitar pasar memang ada beberapa warung yang menyediakan jasa bakar seafood.. Jadi nanti seafood kita bakalan ditimbang, per kg nya harus bayar 20k.. Itu sudah include bumbu dan sambal.. Untuk nasi, sayur, dan minum, beda lagi.. Tapi sayang kemarin kami datang sekitar jam 6an, dan 2 warung yang kami datangi sudah mau tutup karena bumbu nya sudah habis.. Akhirnya setelah keliling, saya menemukan 1 warung yang ada di dalam gang depan pasar yang masih buka.. 

Berhubung cuma 1 warung ini yang masih buka, otomatis warung ini diserbu orang.. Kami menunggu sekitar 1 jam-an di temani asap pembakaran.. Jadi pulang2 baju dan rambut kami bau asap semua.. wkwkwk.. Unfortunately, the grilled seafood was not as good as we expected.. Bumbu nya ga berasa, dan si seafood gosong semua.. Apa mereka bakarnya kurang bagus karena saking ramai nya ya, jadi cepet2 gitu?? Ikan nya masih ada yang bau di daerah perut, cumi nya dipotong besar2 dan ga ada bumbu nya, dan udang nya sedikit kering.. Akhirnya sahabat saya minta sambal yang agak banyak, dan itu ikan kami lumuri dengan sambal biar sedikit ada rasanya.. wkwkwk..












What an experience.. Disuruh balik lagi?? No, thanks.. wkwkwk.. Memang betul ya, ada harga ada kualitas.. Kalau punya uang lebih mending makan di Menega atau di Subak aja.. Tapi ga juga sih, makan di Ikan Bakar Alas Purwo beda dikit kok harga nya.. Misal ikan di sana per kg nya 70k, di pasar 65k.. Beda 5k doang dan yang di pasar kan belum ongkos bakar nya.. hahaha.. 


Pasar Ikan Kedonganan
Jl. Pantai Kedonganan
Jimbaran - Bali


Taste  :  ✮✮☆☆☆
Price  :  ✮✮✮☆☆
Service  :  ✮✮☆☆☆
Recommended : Grilled Seafood





No comments:

Post a Comment