Saturday, May 7, 2016

Sate Babi Bawah Pohon Legian


Hi guys.. What's up?? Hope you are doing good.. Setelah melihat-lihat isi folder tempat makan yang akan di-review di NatInBali, saya baru nyadar kalau ada tiga tempat makan yang menjual makanan non-halal alias pork yang lagi antri untuk di-publish.. hahaha.. Saya bukan penggemar berat babi sih.. Tapi tinggal di Bali membuat saya sering sekali berjumpa dengan olahan makanan yang satu ini.. hehehe.. So, welcome to NatInBali Pork Review Series. hahaha.. Maaf sebelumnya jika postingan ini kurang berkenan bagi sebagian dari pembaca setia NatInBali.. 

For NatInBali Pork Review Series #1, here you go, probably the most well-known pork satay or skewers in Bali, Sate Babi Bawah Pohon.. Sebelumnya saya pernah membahas tentang Sate Babi khas Bali yang terkenal akan kelezatannya dan penjualnya dapat ditemui hampir di setiap sudut Pulau Bali ( read here ).. Sate Babi khas Bali adalah salah satu makanan olahan babi favorit saya.. Bumbunya yang manis, pedas, dan gurih menjadikan Sate Babi ini makanan favorit semua orang.. 

Sate Babi Bawah Pohon sendiri sudah saya kenal sejak belasan tahun yang lalu, bahkan sebelum terkenal seperti sekarang ini.. Saya ingat dulu ketika masih kinyis2 (abaikan), sekitar 12-14 tahun yang lalu, saya dan keluarga punya member untuk swimming pool access di salah satu hotel di Kuta.. Dan ketika pulang, kami akan melewati penjual Sate Babi ini.. Bisa dipastikan bahwa kami sering mampir ke tempat ini untuk snacking setelah berenang berjam2.. hehehe..

Setelah jarang ke Kuta, penjual Sate Babi langganan saya beralih ke penjual Sate Babi di Jalan Pattimura.. Soal rasa sih sama enaknya.. hahaha.. Balik lagi ke Sate Babi Bawah Pohon, karena tempat ini sudah semakin touristy, saya terkadang malas juga mampir ke tempat ini.. Belum lagi ketika long weekend atau musim liburan di Bali, antriannya sudah kayak antrian sembako aja..

Anyway, beberapa waktu yang lalu saya sempat kembali mampir ke Sate Babi Bawah Pohon ini.. Tempatnya sekarang sudah lebih oke dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, walaupun masih di bawah pohon dan di lapangan parkir.. hahaha.. Kebetulan kemarin saya tiba di TKP sekitar pukul 4 sore, walaupun tergolong long weekend, saya ga perlu antri sama sekali.. Harganya sekarang 20k per porsi, dan sudah termasuk nasi / tipat (ketupat).. 








Rasanya masih sama seperti dulu, enak.. Satu hal yang suka dari Sate Babi Bawah Pohon ini adalah kehadiran si lombok dan garam yang juga disajikan bersama si sate dan si tipat.. Bagi saya, perpaduan antara lombok dan garam ini jauh lebih nikmat dibandingkan dengan sambal yang lebih banyak digunakan oleh penjual sate babi lainnya..






Anyway, untuk jam buka (opening hours) Sate Babi Bawah Pohon ini, saya tidak menemukan jam buka yang pasti.. Ada sumber yang mengatakan 09.00-18.00.. Ada yang 11.00-22.00 dan ada yang 10.00-20.00.. Saya sendiri biasanya selalu datang ketika sore hari, sekitar pukul 14.00 - 18.00.. Selain Sate Babi, mereka juga jual Soto Babi, Pepes Ikan, dan aneka cemilan khas Bali..

Verdict : bagi teman2 penggemar babi, kuliner yang satu ini sayang sekali jika dilewatkan.. Posisinya yang strategis di Legian, menjadikan tempat ini mudah untuk dikunjungi ketika berlibur atau ketika sedang berada di kawasan Legian / Kuta.. Bagi saya sendiri, penduduk Bali, saya lebih prefer penjual sate babi lainnya yang banyak dijumpai di Denpasar dan di tempat2 lainnya.. Selain karena tempatnya yang lebih less touristy, harga nya juga lebih terjangkau dan dengan rasa yang sama enaknya..




Sate Babi Bawah Pohon
Jl. Patih Jelantik
Parkir Lapangan Trisakti Legian
Legian - Bali
Telp : 081 999 053 032 / 081 805 467 305



Taste  :  ✮✮✮✮✮
Price  :  ✮✮✮☆☆
Service  :  ✮✮✮✮☆
Recommended  :  Sate Babi (of course)



2 comments:

  1. Hallo Nat

    Minta informasi lebih dong tentang tempat jual sate babi lainnya di Bali? Aku suka banget sama makanan babi2an hehehe...

    ReplyDelete
  2. Sate babi sih banyak banget di Bali.. yg paling terkenal ya yg sate babi bawah pohon ini sm yg di jalan patimura dkt GOR itu.. Di jl Patimura itu ada dua penjual sate babi yg sama2 enak.. Di Tanah Lot, Pantai Sanur juga ada..

    ReplyDelete