Tuesday, May 31, 2016

Babi Guling Pak Malen


Update December 2018 : read here

Hai.. Jumpa lagi di NatInBali Pork Review Series #3.. Tenang, ini seri terakhir yang membahas tentang kuliner non-halal di Bali kok.. hehehe..Untuk NatInBali Pork Review Series yang paling terakhir ini, the privilege was given to the one and only, Babi Guling Pak Malen.. Babi Guling Pak Malen ini adalah salah satu babi guling yang paling hits yang ada di Pulau Bali.. Bahkan beberapa orang mengklaim-nya sebagai babi guling terenak di Bali..

Babi Guling Pak Malen ini sebenarnya sudah pernah nongol di NatInBali, walaupun belum saya review secara total ( read here ).. hehehe.. Seperti yang sudah pernah saya mention sebelumnya, babi guling yang enak menurut NatInBali itu hanya ada 4 di Bali, yaitu Babi Guling Pak Malen, Babi Guling Candra, Babi Guling Sariastri, dan Babi Guling Bu Dayu yang merupakan NatInBali Pork Review Series #2 ( read here )..






Berhubung tempat kerja saya yang baru ini deket banget ke Jalan Sunset Road, jadi otomatis makin seringlah saya berkunjung ke Babi Guling Pak Malen ini.. Ditambah lagi, Babi Guling Pak Malen ini adalah satu2nya babi guling yang di-approve dan dikategorikan layak makan oleh papa saya.. Biasanya mah harus sembunyi2 kalau mau makan babi guling.. wkwkwk..




Sebenanrnya ga heran sih kenapa Babi Guling Pak Malen ini di-approve oleh papa saya dan ga heran juga kalau Babi Guling Pak Malen ini diburu oleh semua orang.. Hampir setiap hari dan setiap saat, warung yang satu ini ramainya kebangetan.. Yang makan mulai dari orang lokal Bali, tourist domestik, sampai tourist manca negara.. Pasti penasaran kan kenapa Babi Guling Pak Malen ini jadi favorit semua orang.. Kalau menurut saya, alasan utamanya adalah karena Babi Guling Pak Malen ini juara dalam hal kebersihan.. Bahkan saya belum pernah menemukan penjual babi guling yang sebersih ini, at least dalam hal kualitas makanan dan penyajiannya.. Apalagi kalau beli take away, packaging nya oke banget.. Selain pakai kotak, semua bagian dari seporsi babi guling akan diplastikin secara terpisah.. Jadi bumbu sendiri, krupuk sendiri, dan seterusnya.. Daging babi nya juga bakalan dibungkus dengan alumunium foil.. Jadi banyak tuh orang2 yang suka beli untuk dibawa ke luar kota..

Selain karena bersih, rasa babi guling nya sendiri memang juara.. Babi guling nya ga amis dan bumbu nya cukup authentic walaupun tidak sekeras dan sepedas babi guling lainnya.. Mungkin ini alasan kenapa banyak tourist manca negara yang suka makan di tempat ini.. Selain itu, kualitas babi guling nya memang oke banget.. Daging babi nya disajikan lean dan tanpa lemak.. Kulit nya tanpa bulu (penting banget) dan crispy.. Bumbu nya pun melimpah.. Ah, enak lah pokoknya.. hehehe..




Untuk pilihan menunya, Babi Guling Pak Malen menawarkan 3 jenis Nasi Babi Guling.. Ada yang Nasi Babi Guling Special Pisah, Nasi Babi Guling Special, dan Nasi Babi Guling Campur.. Saya sendiri hanya pernah makan di tempat (dine in) sekali doang.. Pesannya yang Nasi Babi Guling Special Pisah, dan waktu itu harganya belum 65k.. hehehe.. Akhir2 ini saya lebih sering belinya bungkus atau take away.. Lha tempat makannya ramai begitu.. Mending beli bungkus dan makan di rumah.. hehe.. Untuk yang Nasi Babi Guling Special & Nasi Babi Guling Campur kalau di take-away, bedanya yang special itu pakai kotak / box dan yang campur itu cuma dibungkus pakai kertas nasi.. Oh ya, waktu itu pernah nitip OB kantor, dan ternyata dibeliin yang 25 ribuan (di luar menu).. Porsinya sama aja sih dengan yang 30k.. wkwkwk.. Selain jual menu nasi, mereka juga jual menu individual, misal kulitnya aja atau satenya aja atau dagingnya aja.. 
Nasi Babi Guling Special Pisah (65k)




Nasi Babi Guling Special (40k)


Nasi Babi Guling Campur (30k)

Nasi Babi Guling Campur (25k)


Anyway, Babi Guling Pak Malen ini recommended banget buat yang pengen makan babi guling dengan rasa yang enak tapi kebersihannya tetap terjaga.. Harganya memang sedikit di atas rata-rata, but it's well worth it.. hehehe..



Babi Guling Pak Malen
Jl. Sunset Road No. 554
Seminyak, Kuta - Bali
Telp : 085 100 452968 / 081 9999 88 512
Open : 09.00 - 18.00


Taste  :  ✮✮✮✮✮
Price  :  ✮✮✮✮☆
Service  :  ✮✮✮✮☆
Recommended  :  Nasi Babi Guling Special Pisah & Nasi Babi Guling Campur





3 comments: