Saturday, June 15, 2013

Singapore Getaway ~ Day 1

I finally had time to write down my holiday experience in Singapore last weekend.. Balik ke Bali hari Senin kemarin dan langsung balik ke pekerjaan yang menumpuk setelah ditinggal cuti.. Liburan yang cuma 3 hari 3 malem rasa nya kurang banget.. Apalagi setelah merasakan Singapore, balik ke Bali, rasa nya pengen tinggal di Singapore aja... wkwkwkwk..

Anyway, as i mentioned before on my previous posting, saya berangkat ke Singapore bareng 3 temen saya.. Dan kesimpulan saya adalah traveling bareng temen or keluarga is always better than traveling solo.. I'm grateful pergi dengan 3 temen saya ini, walaupun mungkin terkadang interests nya berbeda satu sama lain, kita bisa jalan bareng dan saling membantu satu sama lain.. Love you guys..

Flight kita ke Singapore jam 17.40.. Kita berangkat ke Ngurah Rai Airport jam 14.00, takut nya macet or ngantri imigrasi nya lama.. Kita nyampe sana, langsung check-in, cap imigrasi, dll.. Untung semua nya lancar dan ga pake antri panjang.. Ada 1 temen saya yg agak telat datang nya, dan akhirnya kejebak antrian yang cukup panjang.. Jadi mending dateng pagian.. Biasanya naik Air Asia ga pernah telat, eh flight kita malah telat hampir 30 menit.. Sempat deg-degan juga gara2 kita ga beli bagasi, jadi ngandalin bagasi cabin.. Udah ngukur2 dan nimbang2 sih sebelumnya.. Berat nya maks 7 kg, dengan ukuran maks 56 x 36 x 23 cm.. Cairan yang dibawa juga ga boleh lebih dari 100 ml per kemasan, dengan total maks 1 liter.. Jadi harus beli shampoo, sabun, pembersih muka, cairan softlens, dll dgn ukuran sekecil mungkin.. Untung semua nya lancar, dan ga pake di periksa sama sekali.. wkwkwk..

Boarding Pass & Passport

Penerbangan dari Bali ke Changi ditempuh selama hampir 2 jam 30 menit.. Berhubung flight nya pada saat jam makan malam, dan kita semua belum makan, akhirnya kita beli makanan di pesawat.. Lain kali kalo flight nya jam2 makan, mending beli pre-book meals deh.. Lebih murah dan lebih banyak pilihan makanan nya.. Saya akhirnya beli Nasi Lemak dan You C Orange Water, it costs me around 57k.. Rasanya not bad at all for plane meals.. Oh ya, saya juga beli Air Asia Red Cap pesenan papa saya, cuma 75k, tapi enak kok dipake nya.. Di pesawat, kita akan dibagiin Arrival Card.. Kartu ini mending langsung diisi karena akan diserahin waktu di imigrasi, dan yang Departure Card nya harus kita simpan, karena akan diminta sewaktu kita keluar dari Singapura.

on Runaway, before take-off

Nasi Lemak & Orange Water

Sampe Changi, kita langsung antri di imigrasi.. Baca2 di internet, katanya bakal ditanyain macem2, mulai dari tinggal berapa lama, hotel nya dimana, bawa uang berapa, dll.. Eh, ternyata jangankan ditanya, saya cuma dilirik sekali, dan petugas nya langsung balikin passport saya tanpa mengucapkan satu kata apapun... wkwkkwkwk..

Kelar imigrasi, langsung naik train ke Terminal 2, karena kita mau naik MRT ke hotel.. Sampai terminal 2, langsung ikutin direction ke MRT Station.. Di Singapore ga usah takut nyasar, karena sign, direction, dan map ada dimana2.. Sampe MRT Station di Changi, beli EZ-Link dulu seharga 12 SGD dan langsung di top up 10 SGD.. Ga butuh waktu lama, MRT nya akhirnya datang, dan kita langsung duduk manis.. Excited banget, secara baru pertama kali naik MRT.. Sempat amazed juga liat MRT yang dengan cepat nya bisa bawa kita kemana2.. Karena dari Changi, kita naik MRT yang jalur hijau, dan akan turun di Bugis MRT Station.. Hotel kita ini letaknya ada di tengah2 Bugis dan Little India MRT Station. Cuma karena dari Changi, biar lebih gampang, kita pilih turun di Bugis.. Dari Changi ke Bugis, ga butuh waktu lama, less than 30 mins..

escalator dari Terminal 2 ke MRT Station : tinggi banget

Changi MRT Station

Tempat Beli EZ-Link

Inside MRT

EZ-Link, tap sekali waktu masuk, dan mau keluar tap lagi

Tips buat yang baru pertama kali ke Singapore, mending pelajari dulu peta MRT.. Karena bakalan membantu, dibandingin harus liat2 peta dulu di MRT Station, wasting time.. Naik MRT juga ga selamanya bisa dapat tempat duduk, jadi harus siap2 berdiri.. Kita dari Changi, MRT nya masih sepi banget, jadi kita dapat duduk, eh dari Tanah Merah langsung rame aja.. Kita sampe terbengong2.. wkwkwk.. EZ-Link dijual seharga 12 SGD, dimana 7 SGD nya bisa kita pakai.. Selama di Singapore, kita muter2 dan pake acara nyasar 17 SGD itu ga habis2.. Masih sisa sekitar 4 SGD.. Bisa di-refund sisa nya, tapi EZ-Link nya ga bisa digunakan lagi.. Saya sih ga nge-refund.. Di simpen aja, dan sebagai motivasi untuk kembali ke Singapore.. wkwkwk..

Sampai di Bugis MRT Station, rencana nya kita mau naik bus, cuma memang ga ada bus yang bisa langsung nyampe hotel, tetep harus jalan.. Akhirnya kita memilih naik taxi.. Toh juga udah deket.. Ga tau nya, naik taxi di Singapore itu jauh lebih susah dibandingin naik MRT or Bus.. Pertama, karena taxi nya itu kebanyakan tulisan nya udh "hired" alias udah ada yang pakai.. Kedua, taxi di Singapore ga bisa berhenti sembarangan di jalan kecuali di Taxi Stand.. Kita berempat orang udik2 ini dengan pede nya nyetop2 taxi dan terheran2 kenapa ga ada yang mau berhenti.. hahaha.. Seriously, stress banget waktu itu.. Selain sudah malam, sekitar jam 11, taxi ga ada yang mau berhenti, bawa koper berat, nanya ke banyak orang, dan hasilnya none.. Ga kebayang deh kalau kemarin itu jadi traveling solo.. Mungkin yang ada langsung mewek kali ya.. wkwkwk..

Akhirnya kita jalan terus sambil geret2 koper.. Mana jalananan nya sepi banget dan gelap.. Sempat takut juga secara kita cewek2 berempat.. Sempat ketemu sama group bikers yang lagi nongkrong.. Untung nya English nya mereka bisa dimengerti.. Dan ternyata kita itu udah deket banget sama hotel kita.. Hahaha.. Kita beruntung banget, nyasar tapi ke arah yang bener.. wkwkwk..

Sampai di hotel kita yang di kawasan Little India sekitar jam 12.. Nama hotel nya Fragrance Elegance Hotel.. Booking hotel ini via Agoda.. Setelah browsing sana sini sama satu temen saya, kita akhirnya milih hotel ini.. Alasan nya cuma satu, it's strategic location.. Jadi hotel ini cuma perlu jalan kaki 10 menit dari Little India MRT Station.. Dari Bugis MRT Station cuma perlu jalan kaki 15 menit.. Dan ke Mustafa Center cuma perlu less than 10 mins.. Despite its positive and negative reviews di Tripadvisor, Agoda, dll, I fell in love with this hotel.. Hotel nya simple dan kecil.. Tapi bersih dan fasilitas nya bener2 lumayan untuk hotel di Singapore dengan harga segitu.. Kita dapat kamar yang di basement, sempat kuciwa, dan minta pindah.. Dijanjiin sama receptionist nya besok bakalan dipindahin ke kamar di lantai 1.. Tapi ternyata setelah masuk ke kamar nya, kamar nya spacious enough.. Ga seperti comment orang2 yang katanya kamar nya sempit.. Bathroom nya bersih dan luas.. Fasilitas nya juga lengkap, mulai dari cable tv, hairdryer, bathroom amenities, handuk, dan coffee / tea maker.. Nama nya manusia, sudah dikasih kamar yang bagus, malah minta pindah.. Jadi di malam kedua kita dipindahin ke lantai 1, dan kamar nya jauh lebih sempit.. Akhirnya malam ketiga kita pindah ke kamar kita yang awal.. wkwkwk..

Inside Our Room

The Bed Is Not Too Big, But Very Clean and Comfy

TV

Our Very Clean Bathroom

Setelah selesai urusan check in, 3 temen saya memutuskan untuk pergi ke Mustafa Center secara mereka buka 24 hours.. Saya yang lagi sakit memilih tinggal di hotel.. Secara waktu itu saya lagi lemes banget, ditambah 2x mimisan, di Ngurah Rai Airport dan di Changi.. Saya akhirnya ke 7-11 yang cuma perlu ngesot dari hotel.. Beli minuman2 dan sandwich.. Balik hotel dan langsung tepar..

To be continued..

Fragrance Elegance Hotel
63 Dunlop Street
Little India
Singapore 209391
Telephone : +65 6295 6888

1. Hai
    Juli ini gw mau ke singapore, jd berminat sama ini hotel.
    thanks yaw atas review nya.
    sama mo nanya kalau pergi nya 4 org, harus punya 4 kartu ezlink ato cukup satu aja? dan imigrasi itu dimananya ya?

1. Hi Juli..
      Thanks for leaving a comment..
      Hotel Fragrance Elegance ini memang strategis banget lokasi nya.. Kalo sy blg, antara Bugis dan Little India.. =D
      Kalau 4 orang, ya harus punya EZ-Link 4.. Bs dibeli di MRT Changi.. Seharga 12 SGD, dan 7 SGD yang bisa kita pakai..
      Kalau saya sih, keluar dari pesawat, karena naik air asia, jd di terminal 1, langsung ikutin petunjuk "train to T2".. Persis sebelum tempat trian nya, ada eskalator di sebelah kanan, turun, dan itu sdh imigrasi.. Keluar imigrasi, tinggal naik eskalator lagi ke tempat train untuk ke T2..