Sunday, June 23, 2013

Singapore Getaway ~ Day 4


Akhirnya sampai juga di episode terakhir postingan tentang jalan2 saya ke Singapore 2 minggu yang lalu.. Di hari yang terakhir ini, sebenarnya menurut itinerary, kita mau ke Bugis.. Cuma kemarin malam kita kan udah dari sana.. Jadi pagi nya kita mutusin untuk ke Mustafa Center.. Lagi2 Mustafa ya.. Total selama di Singapore, saya udah 2x ke sini, temen saya bahkan 3x.. wkwkwkwk..

Jalan ke Mustafa dari hotel, ga sampe 10 menit.. Di deket Mustafa, ketemu tempat makan yang jualan makanan India dan Melayu gitu.. Dari kemarin bener nya udah diajakin sama 1 temen saya untuk nyobain makanan India.. Cuma saya ga pernah mau.. Makanan India di Indo aja saya ga demen, apalagi yang asli India.. hahahaha.. Tapi berhubung cacing di perut sudah bangun semua, dan persediaan mie instant juga ga ada, akhirnya kita masuk juga ke tempat makan itu.. Btw, selama di Singapore, tiap pagi saya makan mie instant yang beli di Mustafa.. Mie cup gitu, buatan Korea.. Harga nya cuma 1.50 SGD tapi porsi nya gede banget dan rasa nya macem2.. Ada rasa Seafood, Tom Yum, Curry, Mie Siam, dll.. Bersyukur beli mie ini, secara saya lagi sakit, jadi makan mie dulu, terus minum obat.. Nanti setelah jalan, baru makan lagi.. hehehe..

Sempat susah berkomunikasi sama pelayan nya yang asli di import dari India.. Akhirnya owner nya yang dari Malaysia yang melayani mereka.. Karena masih pagi, jadi menu mereka belum lengkap.. Tengok tetangga kanan kiri, kebanyakan pesen sejenis roti prata.. Owner nya itu akhirnya suggest roti prata dengan egg dan cheese.. Katanya orang Indo suka nya begitu.. Terus bilang juga, harus pesen Teh Tarik.. Kita manggut2 aja.. Dan akhirnya temen saya terus dirayu untuk cobain ayam nya.. Masalah nya masih pagi, masa makan berat.. Roti nya disajikan sama kuah kari juga.. Saya cuma coba sedikit, udah ga tahan sama rempah2 nya..


 Teh Tarik (Milk Tea)


 Prata with Egg & Cheese


Makan roti prata sama teh tarik ternyata harga nya lumayan juga, sekitar 5.50 SGD per orang.. Kita lanjut masuk ke Mustafa, dan di situ perut kita satu per satu langsung mulai bereaksi.. Satu per satu dari kita giliran cari toilet.. wkwkwkwk.. Untung Mustafa masih sepi di pagi hari.. Dapat toilet yang bersih pula.. Sebenarnya belanja ke Mustafa enakan pagi2 gini.. Lebih sepi jadi lebih leluasa belanja nya.. Kalau tengah malem, lagi rame2 nya.. Bawa trolley aja susah secara lorong2 nya kecil banget..

Di Mustafa, saya beli tambahan beberapa oleh2.. Ada t-shirt Hang Ten yang murah tapi bahan nya adem, dan menyesal kenapa beli sedikit.. Beli Hersheys lagi, permen2 Haribo, kacang2 seperti almond, macademia, dll, dan aneka teh + kopi untuk papi saya..

Dari Mustafa kita naik taxi ke Bugis.. Pertama nya mau naik bus, tapi sampai Bus Stop ternyata ga ada rute nya.. Akhirnya stop taxi.. Sampai Bugis, kita minta di turunin di Albert Center.. Karena mikir di Bugis Junction juga ga nyari apa2 lagi.. Albert Centre ini persis di belakang nya Bugis Street.. Jadi kalau mau beli oleh2, masih bisa.. Saya sendiri langsung ke Albert Centre.. Di sana banyak banget stand2 yang jualan Bakcang.. 1 bakcang harga nya 3 SGD dan setelah nyobain sepotong di rumah, kurang suka aja..


 Bugis Street


Albert Centre






Sempat muter2, tapi ga beli apa2.. Akhirnya masuk ke food court nya, karena tadi pagi cuma makan roti dan kalau lunch di changi kok kayaknya mahal ya.. Beli Nasi Pork Roasted seharga 4 SGD.. Porsi nya gajah walaupun habis juga.. wkwkwk.. Beli Es Cincau (Grass Jelly) yang harga nya cuma 0.80 SGD dan enak.. Tergiur dengan temen yang beli Char Siu untuk bawa pulang ke Bali, saya akhirnya ngikut.. Beli 10 SGD dapat Char Siu dan Pork Roasted banyak banget.. Di Bali ga dapat segitu.. wkwkwk..


 Pork Roasted Rice (4 SGD)


Ga terasa udah hampir jam 12.. Flight kita itu yang jam 16.00.. Jadi kira2 jam 14.00 udah harus sampai di Changi.. Sampai hotel langsung lanjut packing.. Dan jam 12.30 kita udah di telepon sama receptionist nya untuk segera check out.. Padahal kemarin malem sudah deal kalau check out nya bisa jam 13.00.. 

Untuk ke Changi, setelah melewati perdebatan sengit (bercanda), kita akhirnya memutuskan untuk naik taxi aja.. Sempat takut biaya nya mahal, karena browsing di internet, katanya 28 SGD.. Ternyata cuma 13 SGD, plus biaya booking jadi 15.50 SGD.. Karena dibagi ber-4, ya masih lumayan lah, daripada tarik2 koper naik MRT.. 

 





Sampai Changi ternyata kita kepagian.. Secara perjalanan cuma 30 menit.. Dan di Changi, juga security check nya ga aneh2 kayak di Indo.. Masuk Terminal 1, sudah langsung ketemu counter check in Air Asia.. Langsung masukin bagasi, dan ke imigrasi.. Lagi2 imigrasi nya cuma bacain nama kita, ngambil Kartu Keberangkatan kita dan langsung nge-stamp passport kita.. Mana petugas nya ganteng lagi.. wkwkwkwk.. Habis itu cuma ada security check lagi sekali.. Itupun petugas nya cuma 1.. Ga heboh kayak di Indo..











Nah di Changi ini ada kejadian lucu yang ga mungkin saya lupain.. Jadi setelah masukin bagasi, tali sandal yang saya pakai tiba2 copot yang sebelah kanan.. Padahal sandal lain yang saya bawa plus sepatu rubi, semuanya ada di koper yang masuk ke bagasi.. Cuma beda beberapa menit aja.. Masuk Duty Free, eh tali yang kiri ikutan copot.. Bener2 kesel dan malu.. Masa nge-gembel di Changi?? wkwkwk.. Untung nya saya punya temen2 yang manis2.. Jadi saya tinggal duduk aja, dan mereka yang nyariin toko yang jualan sandal.. Sempat ketemu 1 toko yang jualan souvenir, ada sandal "i love sg".. Harga nya berapa?? 15 SGD.. Sempat berpikir mau pakai sandal yang tali nya udah kemana2 ini.. Akhirnya nemu counter Billabong.. Lihat sandal nya, yang termurah adalah 19 SGD.. Akhirnya dengan terpaksa, beli juga.. SGD di dompet cuma sisa 20 SGD.. Kayaknya memang udah disuruh menyiapkan uang untuk beli sandal ini.. T_T Ya setidak nya Billabong lah, daripada beli sandal abal2 harga 15 SGD.. wkwkwk.. 


Penampakan Si Sandal 19 SGD =D

SGD di dompet udah sisa recehan doang.. Akhirnya minjem sama temen lagi 5 SGD.. Demi beli makanan di Texas Fried Chicken.. Beli 1 paket bagi berdua sama temen saya.. Plus 1 tambahan, my favorite "mashed potato".. Kenapa di Indo ga ada ya.. Padahal mashed potato di siram gravy itu enak banget.. 

Habis makan liat jam, eh kok sudah jam 15.30.. Akhirnya kita langsung ngebut ke gate.. Kita kayak orang kesetanan.. Saya yang bawa trolley, langsung jalan tanpa toleh kanan kiri.. Bersykur banget di Changi ada banyak moving walkway (travelators). Jadi pakai moving walkway, tapi kita keep walking, jadi 2 kali lebih cepet.. Ga tau nya gate kita ada di paling ujung.. Temen saya yang lain ga tau dimana, yang jelas saya jalan lurus doang.. Sampai gate, langsung security check terakhir, dan ternyata flight nya delay 30 menit.. Langsung lap keringet dan duduk karena kecapekan.. Parah deh.. wkwkwk..




Di dalam gate ternyata ada water tap juga.. Tapi yang bikin ngeselin adalah ada beberapa orang yang cara minum nya, mulut mereka hampir menyentuh ke keran nya.. Mending kalau ga biasa, bawa botol, jadi air nya dimasukkan ke botol baru minum.. Saya yang kehausan, jadi segan ngambil air di sana, dan mending beli di pesawat..

Sampai di runway, pesawat belum bisa take off karena masih antri.. Kalau ga salah, yang lagi bareng ngantri, ada 6 pesawat.. Perjalanan balik ke Bali, seperti nya lebih lama dibandingkan Bali - Singapore.. Di pesawat sempat dibagikan Arrival Card dan form Custom Declaration.. Bagi kita yang kembali ke Indo, Arrival Card nya tidak perlu di isi, cukup mengisi Custom Declaration saja.. Sampai di Bali, sekitar jam 8.. Langsung terasa beda.. Airport nya jelas jauh berbeda.. Nunggu bagasi juga amit2 lama nya.. Belum lagi antri keluar harus melewati security check dan imigrasi lagi.. Security check nya antrian nya panjang pula.. Orang2 udah saling serobot, mana conveyor belt nya cuma dibuka 1.. Padahal di sebelah2 nya ada tuh conveyor belt nya yang nganggur.. Keluar pintu, langsung disambut dengan penuh sukacita oleh keluarga saya.. Ga jelas sih, mereka seneng gara2 kangen sama saya yang bandel ini atau karena penasaran saya bawa oleh2 apa aja.. Just joking.. wkwkwkwkwk..

Dan cerita perjalanan saya ke Singapore bareng temen2 berakhir di sini.. Holiday is always fun..  Kalau kata orang, ke Singapore cukup sekali.. For me, once is not enough.. Masih banyak yang belum di kunjungi dan di explore.. Next time mau balik lagi dan pengen nya bawa papi, mami, dan my sister.. ^_^



6 comments:

  1. Mba kirakira ngabisin biaya berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Allifia Karina.. Ini perjalanan saya ke Singapore Juni 2013.. Udah 2 tahun yg lalu.. Kalau mau di rinci :
      Tiket Air Asia : 400.000
      Airport Tax : 150.000
      Hotel : 1.000.000 (3 malam & 1 kamar berdua)
      Transport : SGD 22 x 7.900 = 173.800
      USS : 500.000 (kira2)
      Song Of The Sea : SGD 15 x 7.900 = 118.500
      Makan : SGD 5 x 8 x 7.900 = 316.000 (sekali makan SGD 5)
      Total = 2.658.300
      Itu per orang dan belum termasuk jajan + belanja + beli oleh2 ya..
      Dan itu juga masih pakai kurs 2013, SGD sekarang ada di sekitaran 9.600.
      Tapi masih bisa di atur sih, pinter2 berhemat, misal tidak usah masuk USS, keliling di Sentosa sudah cukup kok.. Tidur nya jangan di hotel, di hostel aja, dan bisa mengurangi biaya makan, karena biasanya di hostel dapat breakfast walaupun cuma roti..

      Thanks sudah mampir dan meninggalkan comment.. ^_^

      Delete
  2. Sis, kl bawa bee cheng hiang ditenteng atau masuk dalam koper? Ada yg bilang kl bawa bee cheng hiang pas di imigrasi suka disita... kira2 ada batasnya gk biar gak dibuang pas di imigrasi?

    ReplyDelete
  3. Kalau sy sih selalu masukin ke bagasi.. waktu di bea cukai ga pernah diperiksa kok.. kalau ditenteng spt nya ga masalah juga.. minta di vacuum aja waktu belinya, jd ga ada alasan ga blh dibawa ke cabin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di surat kedatangan perlu dicantumi gk kl kita bawa produk olahan?

      Delete
  4. Selama ini sy ga pernah declare apa2.. setibanya di airport tujuan pun ga pernah diperiksa sm sekali..

    ReplyDelete