Sunday, May 24, 2015

Hotel Review ~ Ibis Styles Hotel Jogja


Berhubung kemarin kurang puas menginap di Whiz Hotel, maka untuk liburan ke Jogja kali ini saya memilih menginap di Ibis Styles Jogja Hotel.. Whiz Hotel sebenarnya not bad, tapi saya kurang suka dengan konsep bathroom nya dan kebersihan nya yang kurang.. Nah 2013 kemarin, saya sebenarnya sempat bingung memilih antara Whiz Hotel dan Ibis Styles Jogja Hotel.. Cuma berhubung Ibis Styles letaknya di ujung belakang Jalan Dagen, maka saya lebih memilih menginap di Whiz Hotel yang hanya perlu jalan kaki beberapa langkah sudah bisa sampai ke Jalan Malioboro.. 

Saya booking 2 Superior Queen Rooms dengan rate per malam sekitar 750k untuk 1 kamarnya.. Saya beruntung booking jauh-jauh hari, karena mendekati hari H, hotel ini langsung sold out.. Kami tiba pertama kali di hotel ini sekitar pukul 1 siang.. Dari segi building, lumayan lah walaupun agak sedikit kusam dan out of date.. Ibis Styles di Bali jauh lebih keren.. Lobby nya pun biasa2 saja, dan jadi kayak pasar karena ada 1 rombongan yang menginap di hotel ini.. 











Ada sedikit kejadian yang kurang menyenangkan ketika kami check-in.. Hal yang sama yang selalu saya request ketika menginap di hotel manapun adalah meminta 2 kamar yang bersebelahan atau at least berdekatan lah.. Hal ini sudah saya konfirmasi via email dan telepon.. Ketika menelpon, saya sudah dijanjikan akan mendapat 2 kamar bersebelahan.. Saat kami check-in, ternyata kami diberi 2 kamar yang tidak berdekatan.. Saya complain ke bagian receptionist dan saya ditawari upgrade (berbayar) 1 kamar menjadi family room, dimana ada 1 family room yang letaknya persis di sebelah kamar pertama kami.. Tentu saya menolak, kami hanya berempat, sedangkan 1 family room di desain untuk 3 orang, sedangkan kami masih punya 1 kamar lagi untuk 2 orang.. Rugi di duit dan useless.. Solusi yang sangat tidak masuk akal menurut saya.. 

Akhirnya saya tetap bersikukuh meminta 2 kamar yang bersebelahan.. Awalnya sang receptionist tetap mengatakan kamar nya sudah occupied semua.. Tapi mungkin setelah nada suara saya sedikit meninggi dan memasang tampang galak, akhirnya sang receptionist memberi 2 kunci kamar bertuliskan no 520 dan 521.. Dan setelah saya naik ke lantai 5, ternyata dua kamar itu bersebelahan dan persis berada di depan lift.. Good news nya, 2 kamar ini dari segi design dan lainnya, jauh lebih bagus dibandingkan kamar sebelumnya yang berada di ujung lorong.. Ga rugi ngomel2.. wkwkwk..

Superior Queen Rooms kami sebenarnya cukup spacious dan nyaman.. Kebersihan nya juga oke walaupun masih kalah jauh dengan Ibis Solo Hotel.. Bedsheet ada sedikit noda.. Kamar orang tua saya sedikit berbau, walaupun punya saya dan adik saya fine2 saja.. Bathroom nya pun luas, walaupun penataan nya agak aneh.. Fasilitas lengkap, mulai dari tea/coffee maker, minibar, tv, deposit box, desk, semuanya lengkap.. Yang disayangkan adalah kurangnya kebersihan serta perawatan baik dari furniture maupun bangunan.. Di tembok banyak terdapat noda yang cukup mengganggu mata yang melihatnya.. Warna pintu nya pun sudah kusam dan beberapa bagian mengelupas.. Beberapa knob, shower button, dll ada yang berubah warna yang artinya sudah perlu dipensiunkan.. Keseluruhan masih oke walaupun dengan harga yang hampir 2 kali lipatnya Ibis Solo Hotel, harusnya 2 kali lipat lebih oke juga kan..








Satu hal yang saya paling suka adalah lokasinya Ibis Styles Jogja Hotel ini.. Walaupun terletak di ujung belakang Jalan Dagen, tapi masih dekat kemana2.. Dari Jalan Malioboro hanya perlu jalan sekitar 300 meter.. Tapi di sepanjang Jalan Dagen kan banyak hotel dan tempat makan.. Sampai malam pun kawasan ini masih ramai.. Mau borong Bakpia malah lebih deket dari belakang Jalan Dagen.. Cuma perlu jalan kaki 5 menit, sudah bisa sampai ke Pasar Pathok.. Kalau males jalan, bisa naik becak.. Di depan hotel ada beberapa becak yang mangkal dan kita bakalan dapat 1 voucher untuk free naik becak ke Malioboro.. 

Oh ya, hal lain yang saya suka adalah Rooftop Bar & Pool nya.. Mau malam atau siang hari, sama2 keren nya.. Sayang saya tidak punya cukup waktu untuk mencoba swimming pool nya.. Breakfast nya bagaimana? Hari pertama saya skip ambil breakfast karena lebih memilih sarapan Nasi Candra.. Hari kedua, karena harus catch our flight sebelum jam 6 pagi, jadi kita breakfast nya disiapkan di dalam box.. Ada 2 pilihan yaitu Nasi Goreng dan Roti.. Nasi Goreng nya lengkap pakai telur, ayam, dan sosis.. Roti nya enak2, dan dapat juice dalam bottle pula.. 













Overall, masih thumbs up lah untuk Ibis Styles Jogja Hotel ini.. Need improvement di sana sini, but hey, ga ada yang sempurna kan.. Ibis Styles Jogja Hotel masih jadi pilihan pertama saya kalau next time ada kesempatan liburan ke Jogja lagi.. ^_^


Anyway, maaf foto2 nya seadanya ya.. Saya pertama kali masuk kamar sudah malam dan kecapekan.. Jadi ngambil foto nya pun asal2an.. wkwkwk..



Ibis Styles Jogja Hotel
Jalan Dagen No. 109
Yogyakarta
Telp : (0274) 588889
http://www.accorhotels.com/gb/hotel-7460-ibis-styles-yogyakarta/index.shtml
http://www.ibis.com/gb/hotel-7460-ibis-styles-yogyakarta/index.shtml
http://www.booking.com/hotel/id/all-seasons-yogyakarta.id.html







1 comment: