Sunday, May 24, 2015

Labor Day Getaway ~ JogjaSolo ~ Day 3


Day 3, itu artinya kami harus meninggalkan kota Solo tercinta.. Pagi hari kami diawali dengan menikmati breakfast di hotel dan kemudian lanjut packing.. Jam 8 kurang kami sudah ready check-out karena sudah janjian dengan driver dari Sabila Transport jam 8 pagi.. 

Saya cerita sedikit tentang Sabila Transport.. Mengingat saya perlu menyewa satu mobil untuk hari ketiga ini, maka dari lama saya sudah mulai browsing-browsing mengenai tempat penyewaan mobil.. Dari beberapa website yang saya dapat, saya paling sreg nya ya dengan Sabila Transport ini.. Untuk sewa mobil New Avanza selama 12 jam termasuk driver + bbm, biaya nya sekitar 600k (exclude uang makan driver & biaya parkir).. Tapi harga segitu beda-beda ya, tergantung tujuan kita.. Karena kemarin kami minta dijemput dari Solo, kemudian ke Sendangsono dan ke Jejamuran yang tempatnya ternyata berjauhan, harga segitu sudah terhitung murah lah.. Apalagi kalau dibandingkan dengan harus naik kereta atau sewa mobil dari Solo ke Jogja.. Jadi Sabila Transport ini recommended banget, mobil nya bersih, driver nya pun baik dan sopan..

Tepat jam 8 kami mulai berangkat meninggalkan Solo yang saat itu lagi diguyur hujan deras.. Tujuan pertama kami adalah Candi Prambanan.. Konon kata mama papa saya, candi-candian di Jogja itu hampir semuanya sudah pernah saya kunjung... Kalau Candi Borobudur sih masih terbayang di memory saya, nah kalau Candi Prambanan ini yang ga kebayang sama sekali.. Jadi Candi Prambanan saya masukkan ke itinerary hari ketiga, toh juga bakalan dilewati dalam perjalanan dari Solo menuju Jogja.. 

Tiket masuk Candi Prambanan harga nya 30k per orang.. Karena hujan kami pun menyewa ojek payung seharga 5k per payungnya.. Payungnya lucu dan warna-warni gitu.. Masuk ke dalam, ternyata keren juga Candi Prambanan nya.. Saya malah lebih prefer Candi Prambanan daripada Candi Borobudur.. Areal sekitar Candi pun asri dan bersih.. Must visit lah candi yang satu ini..

















Dari Candi Prambanan kami sempat terjebak macet di daerah dekat Airport Adi Sutjipto.. Alhasil kami tiba di RM Ayam Goreng Suharti sudah siang banget.. Kelezatan Ayam Goreng Suharti memang sudah tidak perlu diragukan lagi.. The best lah.. Saya doyan banget sama ayam goreng nya yang well-seasoned.. Selain ayam goreng nya, kami juga nyobain Oseng Ceker, Cah Kangkung, Sayur Asem, dan Tempe Bacem nya.. Semuanya enak tapi yang paling juara adalah Ayam Goreng & Oseng Cekernya..






 Ayam Goreng (94k)

 Oseng Ceker (24,5k)


 Sayur Asem (12k), Tempe Bacem (3k), Cah Kangkung (30k)


Setelah lunch, saya minta diantarkan ke Ibis Styles Jogja untuk check-in terlebih dahulu, baru kemudian melanjutkan perjalanan ke Sendangsono.. Perjalanan ke Sendangsono memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit mostly dikarenakan macet.. Jogja sekarang jadi sering macet dimana-mana ya, atau karena kemarin lagi long weekend ya.. hehehe..

Kami tidak lama di Sendangsono, hanya berdoa sebentar di Gua Maria, keliling-keliling, dan membeli beberapa pernak-pernik rohani di salah satu toko.. Di Sendangsono, barang-barang yang dijual banyak banget macamnya, mulai dari patung, salib, rosario, air suci, semuanya ada.. Kualitasnya bagus, harganya pun murah..


















Dari Sendangsono kami melanjutkan perjalanan ke Jejamuran.. Awalnya saya kira Jejamuran ini terletak di dalam kota Jogja.. Saya tidak mengira Jejamuran ini berlokasi di daerah Sleman, sudah mengarah ke Jalan Magelang-Jogja.. Kami beruntung sekali mendapatkan driver yang baik hati dan tahu jalan-jalan pintas.. Jadi walaupun harus melewati jalan-jalan pedesaan, tapi kami bisa tiba dengan cepat di Jejamuran, ya setidaknya jauh lebih dekat dibandingkan lewat jalan utama..

Kami tiba di Jejamuran sekitar jam 4, dan walaupun bukan jam makan, ini tempat full banget.. Alhasil nunggu makanan keluar itu lama banget.. Dari yang lapar, sampai hilang laparnya.. wkwkwk.. Beberapa menu yang kami coba antara lain Sate Jamur, Rendang Jamur, Jamur Bakar Pedas, Tongseng Jamur,  Semur Edan Jamur, dan Karedok.. Semuanya enak banget.. Bahan nya semua memang dari jamur-jamuran, tapi kalau dimakan ga kerasa seperti jamur karena pengolahan nya yang pintar.. Yang juara adalah Sate Jamur dan Jamur Bakar Pedas.. Sate Jamur nya kalau dimakan 90 persen rasanya mirip sate ayam.. wkwkwk.. Selain makanan nya yang enak, minuman nya juga banyak yang recommended seperti Mint Tea, Honey Lime Tea, dan Wedang Jejamuran.. Selain makanan dan minuman yang bisa kita nikmati di tempat, di dekat cashier juga ada etalase yang menjual kripik jamur dan olahan jamur dalam kaleng.. Kripik jamur nya ada 3 varian, per 100gram dijual seharga 17k. Kemarin saya hanya membeli yang Kripik Jamur Kuping & Kripik Jamur Tiram, dua-duanya enak.. Untuk olahan jamur kalengnya, ada Rendang Jamur, Opor Jamur, Brongkos Jamur, Gulai Jamur, dll.. Per can harga nya antara 18-19k.. Saya baru nyobain 1 kemarin, enak kok walaupun isi nya sedikit banget.. 









 Honey Lime Tea (9k), Mint Tea (7k), Wedang Jejamuran (11k)


 Jamur Bakar Pedas (11k), Tongseng Jamur (11k), Rendang Jamur (13k)


 Sate Jamur (13k), Semur Edan Jamur (15k), Karedok (10k)





Karena waktu 12 jam penggunaan mobil sudah hampir habis, akhirnya setelah dari Jejamuran kami minta diantar langsung ke Ibis Styles Jogja Hotel.. Kami istirahat sebentar di kamar, kemudian kami jalan lagi menyusuri Jalan Dagen yang sudah kayak Poppies Lane kalau di Kuta.. Sebelumnya kami isi perut dulu di Special Geprek Mas Bowo.. Mas Bowo ini sewaktu saya ke Jogja 2013 kemarin, tempat ini belum ada.. Mas Bowo ini terletak persis di sebelah Gudeg Yu Djum dan Lesehan Raos Eco.. Karena penasaran, akhirnya kami mampir dan memesan Burung Dara, Ayam, dan Iga yang digoreng, digeprek / dipenyet,  kemudian dicampur dengan sambal yang pedas nya kebangetan.. Enak sih cuma terlalu pedas sambal nya kalau bagi saya.. Harga nya sih lumayan murah lah, 100ribu untuk 3 porsi makanan dan minuman.. Dan karena kepintaran saya, makanan nya ga ada yang kefoto.. wkwkwk..

Dari Mas Bowo kami lanjut ke Malioboro Mall.. Berhubung lagi malam minggu, ga mall, ga sepanjang Malioboro, semuanya full dengan lautan manusia.. Karena susah gerak dan saya memang ga terlalu suka dengan keramaian, akhirnya kami balik ke hotel setelah sebelumnya bungkus Nasi Gudeg Yu Djum.. Nasi Gudeg nya benernya sudah habis dan sudah mau tutup.. Hanya sisa sedikit gudeg dan krecek.. Kami beli 3 porsi, harganya cuma 7k itupun dikotakin dan dapat sendok plastik.. wkwkwk.. Murah banget.. 





To Be Continued




 

Sabila Transport
Jl. Perintis Kemerdekaan Jogja
0274-8311101
www.sabilatransport.com


Candi Prambanan
Jl. Jogja-Solo Km. 16 Prambanan
0274-496401


Ayam Goreng Ny Suharti
Jl. Adi Sucipto No 28 Jogja
0274-484522-484512

Ibis Styles Jogja Hotel
Jalan Dagen No 109 Yogyakarta
0274-588889 
http://www.accorhotels.com/gb/hotel-7460-ibis-styles-yogyakarta/index.shtml
http://www.ibis.com/id/hotel-7460-ibis-styles-yogyakarta/index.shtml
http://www.booking.com/hotel/id/all-seasons-yogyakarta.id.html

Sendangsono
Desa Banjaroyo - Kulon Progo
http://www.sendangsono.info/
 
Jejamuran
Niron, Pandowoharjo, Sleman, Jogja
0274-868170

Mas Bowo
Ruko Dagen 2B (Malioboro) - Jogja

Gudeg Yu Djum
Jl. Dagen No.2C - Jogja
0274-8564848

Malioboro Mall
Jl. Malioboro - Jogja
0274-551888  
http://www.malmalioboro.co.id/





2 comments:

  1. hmmmm..... warung makan jejamuran sangat reccomended.
    rasa jamurnya seperti bukan jamur,
    mantap banget

    ReplyDelete