Tuesday, May 12, 2015

Labor Day Getaway ~ JogjaSolo ~ Day 1

Berhubung Labor Day atau Hari Buruh di tahun 2015 ini jatuh di hari Jumat, jadi buruh satu ini beserta keluarganya memutuskan untuk rehat sejenak dari rutinitas.. Tujuan liburan kami kali ini masih di dalam negeri saja.. Kemarin waktu beli tiket, sempat bingung memutuskan antara Bandung, Jogja, atau Surabaya.. Semuanya sudah pernah kami kunjungi, tapi akhirnya pilihan jatuh ke Jogja, dengan catatan akan mampir ke Solo juga.. September 2013 kemarin, saya ke Jogja nya bareng adik saya dan teman2 kantor.. Ada yang kurang kayaknya kalau tidak mengajak papa mama saya.. Kemarin pas saya dan adik saya lagi jalan2 di Malioboro, adik saya nyeletuk "ce, coba papi mami ada di sini bareng kita ya".. 2 tahun kemudian tidak disangka-sangka balik juga kami.. Kali ini dengan formasi lengkap.. hehehe.. #GodIsGood

Saya beruntung sekali mendapatkan tiket Air Asia DPS-JOG-DPS yang cukup murah, per orang jatuhnya 600k.. Untuk urusan hotel, sudah pasti mengandalkan Booking.com kesayangan saya.. Untuk hotel di Solo, pilihan sudah fix pasti jatuh ke Ibis Solo Hotel.. Untuk hotel di Jogja, berhubung kemarin kurang puas menginap di Whiz Hotel, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba Ibis Styles Jogja yang masih sama-sama di Jalan Dagen Malioboro.. Berhubung pekerjaan di kantor lagi banyak-banyak nya, itinerary akhirnya disusun seadannya saja.. Malam terakhir mau berangkat aja, saya masih harus lembur, padahal harus bangun jam 2 pagi.. T_T

Kami mengawali liburan kami di tanggal 30 April.. Jadwal penerbangan kami adalah pukul 6 pagi, tapi tengah malamnya saya mendapatkan sms dari Air Asia yang menginformasikan bahwa penerbangan di re-schedule menjadi pukul 7 pagi.. Saya check di website, jadwal kok belum berubah.. Alhasil kami tetap berangkat ke airport sesuai jadwal semula.. Kami sampai di airport as always KEPAGIAN.. Masih jam 4, dan bener aja, ternyata semua penerbangan memang di re-schedule menjadi jam 7 dikarenakan ada perbaikan di runway.. Untung Airport Ngurah Rai sekarang bagus ya, toiletnya pun bersih..#penting

Berhubung semua flight di re-schedule jadi jam 7, otomatis itu pesawat semua pada antri untuk take-off.. Kirain mobil aja yang bisa kejebak macet di jalanan, sempat amazed juga lihat antrian pesawat yang mau take-off.. wkwkwk.. Penerbangan menuju Jogja memakan waktu sekitar 1 jam.. Berhubung kita ambil penerbangan pagi dan subuh2 sudah harus berangkat ke airport, saya memesan pre-book meals.. Yang kemarin saya pesan ada Nasi Padang which is my favorite, Vegetarian Fried Rice, dan Assorted Sandwich.. Semuanya enak..

Nasi Padang Uda Ratman (40k), Vegetarian Fried rice (40k), Assorted Sandwich (30k)

Sekitar pukul 08.30 akhirnya pesawat Air Asia yang kami tumpangi berhasil landed juga di Adi Sutjipto Airport setelah mutar2 ga jelas di udara.. Sepertinya lagi nunggu giliran landing, secara Adi Sutjipto Airport nya kecil banget.. Cuma bisa muat beberapa pesawat saja.. Keluar dari Airport, saya langsung menuju ke Stasiun Maguwo yang berada di seberang Airport.. Lihat-lihat jadwal kereta kok jadwal kereta berikutnya lagi 2 jam ya.. Di dekat Stasiun sebenarnya banyak juga yang nawarin mobil untuk ke Solo.. Setelah tawar menawar, akhirnya deal di harga 225k untuk ke Solo.. Mama saya memang jago dalam tawar menawar.. Masa 2 tahun lalu saya malah kena di harga 250k.. wkwkwk..

Perjalanan ke Solo memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit.. Sebenarnya harga 225k itu murah banget ya.. Saya naik taxi ke Ngurah Rai Airport yang ga sampai 15 menit sudah kena 80k.. Ini 1 jam 30 menit, belum lagi supir nya harus balik ke Jogja lagi..

Sesampainya di Solo, saya meminta diantarkan ke Ibis Solo Hotel terlebih dahulu.. Review mengenai Ibis Solo Hotel akan saya tulis di postingan berikutnya ya.. Dari Ibis Solo Hotel saya minta di drop di Soto Ayam Gading.. Soto Ayam Gading ini salah satu tempat makan yang menjadi target nya Papa saya, gara2 konon katanya Soto Ayam Gading ini adalah soto favoritnya Bapak Presiden.. Lokasinya ada di dekat Pasar Gading, tidak jauh dari Alun-Alun Kidul (Selatan) Keraton Surakarta..

Tempatnya sendiri, ramai banget.. Cari tempat untuk duduk saja susah.. Satu porsi Nasi Soto seharga 8k, hadir dengan kuah nya yang bening dan porsinya yang mungil.. Kalau untuk saya, 1 porsi itu serasa appetizer.. wkwkwk.. Tapi yang saya suka dari tempat ini adalah banyaknya menu pendamping yang disediakan.. Mulai dari Tempe, Tahu, Ote2, Sate Telur Puyuh, Sate Ati Ampela, Sate Sapi, Sosis Solo, semuanya ada.. Verdict, walaupun tidak seenak yang dibilang orang2, tapi tetap worth a try kok..

Nasi Soto Ayam Gading (8k)

Dari Soto Ayam Gading kami melanjutkan perjalanan ke arah Keraton Surakarta Hadiningrat.. Dari segi jarak sih sebenarnya tidak terlalu jauh.. Tapi panasnya itu yang ga ketolongan.. Jalan sebentar kulit saya sudah merah-merah dan perih.. Di Keraton, kami tidak masuk, hanya foto-foto sebentar dan melanjutkan perjalanan ke Alun-Alun Lor yang sekarang lagi dibangun tempat berjualan untuk pedagang-pedagang eks Pasar Klewer.. Dari Alun-Alun, kami langsung menuju ke arah belakang BTC (Beteng Trade Center).. Kalau saya pribadi sih lebih senang belanja batik atau kain2 di BTC atau di PGS (Pusat Grosir Solo) yang sebelah-sebelahan itu.. Harganya bisa ditawar dan tidak harus berdesak-desakan seperti dulu di Pasar Klewer..

Ke BTC atau PGS itu sebenarnya rawan banget lho, rawan kantong jebol.. wkwkwk.. Siapa yang ga kalap lihat baju, batik, kain, daster, dll yang harga nya murah dan kualitas nya bagus.. Harga nya jauh lebih murah kalau dibandingkan dengan di Bali..

Dari PGS, saya mencari taxi untuk ke Toko Orion.. Nah ini juga sama, tempat kalap kedua.. Lihat kue2 dan snack2 sebanyak itu siapa yang ga tertarik ya.. Kue-kue basah nya macem2.. Yang banyak dicari orang biasanya Roti Mandarin nya.. Cuma karena mengingat liburan kami masih lama, jadi kali ini saya skip beli Roti Mandarin.. Oh ya, hati-hati kalau beli kue2 di Toko Orion ini ya.. Kemarin kami hampir kena tipu.. Gara2nya papa saya beli Kue Lumpur kalau mereka bilang sih Pudding Kentang.. 1 Plastik isi 5 biji, itu di input kasirnya 5 x 16.000.. Jadi total 80rb.. Gila kue apaan harganya 80k.. Setelah di complain ternyata 1 plastik harga nya 16k.. ckckck.

Dari Toko Orion, masih dengan taxi yang sama, saya minta di antarkan ke Serabi Notokusuman.. Serabi nya turns out enak sekali.. Harganya pun murah, cuma 2ribuan.. Favorit saya yang coklat.. Di Serabi Notokusuman ini juga banyak dijual kue-kue dan snack yang harganya jauh lebih murah daripada di Toko Orion..

Dari Serabi Notokusuman kami minta diantarkan ke Sate Kambing Tambaksegaran Putra di Jl. Gajah Mada.. Ini sih idam-idaman nya adik saya.. Tahun 2013 kemarin kita juga makan di sini.. Yang recommended di sini adalah Sate Buntel, Tongseng, dan Sate Daging nya.. Sate nya sama sekali ga bau prengus.. Sate nya dibakar dengan sempurna.. Saya yang ga pernah mau makan daging kambing, cuma di tempat ini saya mau makan kambing.. wkwkwk.. Berhubung mama saya sama seperti saya, bukan penggemar kambing, akhirnya saya pesankan Kupat Tahu persis di sebelah tempat Sate Kambing Tambaksegaran Putra ini.. Seporsi cuma 8k, tapi enak banget.. Recommended.. Pokoknya kalau ke daerah Jalan Gajah Mada (dekat Masjid Solihin) ini, dapat nya makanan-makanan enak.. Ada sate kambing enak, kupat tahu enak, dan es puter enak.. Bapak es puter nya mangkal persis di antara tempat kupat tahu dan sate..

Sate Kambing (45k) & Tongseng (35k)

Kupat Tahu (8k)

Kelar urusan perut, kami akhirnya balik ke hotel.. Baru beberapa jam di Solo, bawaan kita sudah nambah 1 dus.. wkwkwk.. Setelah istirahat dan menikmati kamar nya Ibis Solo Hotel yang cozy, malamnya kami kembali beredar.. Tujuan kami kali ini adalah RM Kusuma Sari dan Solo Grand Mall..

Saya penasaran dengan RM Kusuma Sari, terutama dengan Selat Solo & Ice Cream jadul nya.. Sebenarnya Selat Solo yang lebih terkenal adalah Selat Solo Mbak Lies.. Awalnya sih saya berniat nyobain Selat Solo Mbak Lies, cuma tempatnya yang nyempil dan masuk gang membuat saya lebih memilih nyobain Selat Solo di RM Kusuma Sari.. RM Kusuma Sari ini letaknya di Jalan Slamet Riyadi yang notabene hanya perlu jalan kaki dari hotel kita.. Sekitar 1.2km lah.. Salah satu yang saya sukai dari Solo adalah jalanan nya.. Jalan Slamet Riyadi jam 7an itu sudah sepi banget. Walaupun sepi, tetap aman kok.. Jalanan nya bersih, pedagang2 semua teratur, dan di pinggir2 jalan itu ada bagian yang bisa digunakan untuk berjualan maupun untuk pejalan kaki seperti kami..

Beberapa menu yang kami coba di RM Kusuma Sari antara lain Steak Galantine, Selat Segar, Chicken Meuniere, Steak Lidah, dan Ice Cream Kusuma Sari.. Tempatnya sendiri lebih mirip resto tapi dengan harga yang masih belasan ribu.. Yang recommended menurut saya adalah Selat Segar, Steak Galantine, dan Ice Cream Kusuma Sari nya.. Steak Galantine nya enak, dan kalau mau versi yang lebih segar, bisa pesan yang Selat Segar.. Steak Lidah nya sama saja dengan Steak Galantine, beda di isian lidah dan galantine nya saja.. Mini Snack nya terdiri dari risoles dan kroket.. Sayang mini snack nya kemarin itu terlalu oily dan kroket nya sendiri menurut saya lebih mirip ke arah Bitterballen.. Chicken Meuniere nya terlalu biasa.. Ice Cream Kusuma Sari nya top banget.. Ada 5 rasa dalam 1 bowl, dan semuanya enak.. Minuman nya juga oke2 ternyata dan pastinya murah.. Es Lemon Tea cuma 5k, Juice Jambu cuma 8k, Es Lychee cuma 9k.. Di Bali, Es Teh Tawar aja kadang 5k.. wkwkwk..

Juice Jambu (8k), Es Lemon Tea (5k), Es Lychee (9k)

Mini Snack (10k)

Chicken Meuniere (15k)

Steak Galantine (15k)

Selat Segar (13k)

Steak Lidah (16k)

Ice Cream Kusuma Sari (14k)

Dari RM Kusuma Sari kami naik taxi ke Solo Grand Mall.. Bisa jalan kaki sebenarnya, hanya perlu menyusuri Jl. Slamet Riyadi, sekitar 3km lah.. Tapi berhubung kami sudah terlalu capek, jadi prefer naik taxi.. Toh cuma kena argo minimal, 25k.. Ngomong2 soal taxi, saya masih trauma dengan 1 merk taxi yang pernah saya ceritain 2013 kemarin.. Walaupun taxi ini mangkal persis di depan Ibis Solo Hotel, tapi kami rela jalan dulu ke depan Novotel ke tempat mangkal nya Gelora Taxi..

Solo Grand Mall isinya ya gitu2 aja sebenarnya.. Malah kami belum sempat explore.. Keluar dari Hypermart, lho kok sudah pada gelap.. Sudah tutup rupanya.. Padahal baru jam 9.30.. Jadi ceritanya kami dipaksa pulang.. wkwkwk.. Dari Solo Grand Mall kami akhirnya jalan kaki menuju hotel.. Pegel sih, tapi dapat bonus menikmati keindahan kota Solo di malam hari..

To be continued..

Information Might Be Useful :

Bambang Transport
081 22 88 55 700
Near Stasiun Maguwo

Soto Ayam Gading
Jl. Brigjen Sudiarto 75 Solo
(near Pasar Gading / Alun2)

Beteng Trade Center (BTC)