Sunday, July 10, 2016

Pondok Kuring


Untuk birthday dinner adik kesayangan saya tahun ini, pilihan tempat makan malam kami jatuh ke Pondok Kuring.. Pondok Kuring adalah restaurant Sunda yang cukup terkenal dan terletak di kawasan Renon.. Ini bukanlah kunjungan pertama kami ke Pondok Kuring.. Seingat saya, saya pernah berkunjung saat Pondok Kuring pertama kali buka.. Dan waktu itu makanannya terlalu biasa buat saya sehingga menyebabkan saya enggan balik ke restaurant yang satu ini..




.

Kami datang sekitar pukul 19.00 dan saat itu hanya ada 1 meja yang terisi.. Jadi serasa restaurant pribadi saking banyaknya meja yang kosong.. Memang kami datang saat weekdays, tapi apa segitunya ga ada yang makan sama sekali ya.. Karena sudah lihat di mbah google menu2-nya Pondok Kuring, jadi begitu waitress-nya datang langsung order..














Pilihan kami malam itu antara lain Mie Goreng Jawa, Buntut Balado, Sop Buntut, Karedok, Tempe Mendoan, Gurami Goreng, dan Gurami Pesmol.. Untuk nasi-nya, ada beberapa pilihan mulai dari Nasi Putih, Nasi Merah, sampai Nasi Liwet dan Nasi Timbel.. Untuk minumnya, pilihan kami adalah Es Nyi Iteng dan Es Bungsu..

Oh ya, seperti kebanyakan restaurant Sunda, Pondok Kuring juga menyediakan satu meja yang berisikan lalapan dan aneka sambal.. Lalapan yang saat itu tersedia hanya timun & kol (kubis).. Sedangkan sambal-nya ada 2 macam dan sebotol kecap manis.. Sambal-nya sih lumayan, tapi sayang sayurannya sudah tidak dalam keadaan fresh..

Makanan tersaji lumayan lama.. Walaupun menu yang kami pesan banyak, kan hanya ada 2 meja termasuk kami.. Untungnya waitress2-nya super ramah dan cekatan.. Kami minta korek untuk menyalakan lilin kue ulang tahun, langsung disediakan dengan cepat.. Waktu menunggu makanan saya gunakan untuk keliling restaurant.. Ternyata di bagian belakang terdapat area outdoor yang bisa digunakan untuk acara2 pesta atau gathering, termasuk ruang VIP yang bisa digunakan untuk meeting dan sebagainya..

Untuk minuman pilihan kami, Es Nyi Iteng dan Es Bungsu-nya cukup dapat dinikmati.. Untuk makanan, mari dimulai dari Nasi Liwet dan Nasi Merah pilihan kami.. Walaupun Nasi Liwet-nya hadir dengan cantik beserta panci-nya, sayang nasi dan ikan teri-nya tidak se-flavorful Nasi Liwet-nya resto ikan terkenal itu.. Begitu juga dengan Gurami Goreng dan Gurami Pesmol-nya.. Sorry to say, kalah jauh.. Tapi bukan berarti Gurami-nya Pondok Kuring ga enak ya.. Ikan-nya cenderung kurus, walaupun saya sudah pesan yang ukuran 600gram.. Ikan-nya juga kering dan bumbu-nya pun flat aja tanpa ada yang special.. Tempe Mendoan dan Mie Goreng Jawa-nya ternyata tidak lebih baik daripada Gurami-nya, dua2nya too oily.. Untungnya gerombolan buntut dan Karedok-nya masih lebih baik.. Sop Buntut, Buntut Balado, dan Karedok-nya cukup enak dan menjadi highlight dari dinner kami malam itu..


Es Nyi Iteng (24k) & Es Bungsu (20k)




Nasi Beras Merah (9k) & Nasi Liwet (9k)




Tempe Mendoan (8,5k)


Karedok (17,5k)


Mie Goreng Jawa (32,5k)


Buntut Balado (50k)


Sop Buntut (65k)


Gurami Goreng 600gr (66,5k)


Gurami Pesmol 600gr (70k)





Overall, makanan2 di Pondok Kuring ini bisa saya nikmati.. Hanya saja belum ada keistimewaan yang bisa membuat saya ingin kembali berkunjung ke Pondok Kuring.. Lagian dengan rasa dan harga yang ditawarkan, masih banyak restaurant lain di kawasan Renon yang jauh lebih unggul..^_^



Pondok Kuring
Jl. Raya Puputan No. 56
Denpasar - Bali
Telephone : 0361 - 234122

Opening Hours : 10.00 - 22.00
Website : http://www.pondokkuring.baliklik.com/


Taste  :  ✮✮✮☆☆
Price  :  ✮✮✮☆☆
Service  :  ✮✮✮✮✮
Recommended  :  Sop Buntut, Karedok, dll





2 comments:

  1. Hy mba nat slm knl.bs minta alamat emailnya?ada yg mau sy tanyakan ttg trip2 pk pswt.thx mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. bs email sy di trs.nat@gmail.com ya.. 😊

      Delete