Monday, August 8, 2016

Ayam Betutu Warung Laba


Salah satu makanan khas Bali yang mungkin paling dikenal banyak orang adalah Ayam Betutu.. Betutu sendiri adalah olahan ayam (terkadang ada yang pakai bebek) yang dicampur dengan bumbu dan rempah2 khas Bali.. Betutu yang asli, cara pengolahannya adalah dengan cara disekam (dipanggang di dalam sekam/padi).. Kalau sekarang, mungkin lebih banyak menggunakan cara yang lebih modern..

Betutu atau Ayam Betutu yang paling terkenal di Bali adalah Ayam Betutu Khas Gilimanuk.. Gilimanuk sendiri adalah sebuah desa atau kelurahan di Kabupaten Jembrana, yang merupakan sebuah pelabuhan.. Jadi kalau dari Pulau Jawa via darat, pasti akan menyebrangi Selat Bali dan masuk ke Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk.. Di Gilimanuk sendiri, banyak terdapat penjual Ayam Betutu, dan favorit saya adalah Betutu Men Tempeh "Ferry" di Terminal Gilimanuk.. Di Denpasar sendiri ada beberapa penjual Ayam Betutu favorit saya, salah satunya adalah Betutu Men Tempeh di Krisna Gallery & Resto..

Beberapa waktu yang lalu, salah satu kenalan mama saya menawarkan Ayam Betutu.. Beliau kebetulan mulai membuka usaha Ayam Betutu.. Tapi tunggu dulu, tulisan ini saya buat bukan karena diminta untuk promosi ya.. Saya review karena memang rasanya enak dan sesuai dengan selera saya.. hehehe..




Anyway, Ayam Betutu dari Warung Laba ini memang beneran enak.. Saya yang pulang kantor dan kelaparan, langsung sukses nambah nasi berkali2 gara2 Ayam Betutu yang satu ini.. Yang saya suka dari Ayam Betutu Warung Laba ini adalah bumbunya yang well-balanced.. Pedasnya pas dan saya suka tambahan sayur singkong yang dimasak bersama si ayam.. Yang lebih bikin wow adalah kemarin mama saya pesan Ayam Betutu yang bukan menggunakan ayam kampung, tapi ayamnya tetap enak, ga amis, dan ga berlemak.. Sambal matah-nya juga enak, sayang kemarin dapatnya sedikit.. wkwkwk..




Setelah baca brosurnya, saya baru ngeh kalau suami teman mama saya ini alah ex chef di salah satu hotel bintang 5 di Nusa Dua.. Jadi ga heran kalau masakannya oke.. hahahaha.. Bahkan sahabat saya, yang saya pesankan 1 porsi Ayam Betutu, bilang rasanya enak.. Oh ya, dari segi harga, Ayam Betutu-nya Warung Laba juga termasuk murah lho.. Harganya 60k untuk 1 ekor ayam yang ukuran 1kg dan 80k untuk yang ukuran 1.5kg.. Selain Ayam Betutu mereka juga menerima pesanan Nasi Bungkus / Box, Ayam Panggang, Sate Lilit, dll..







Warung Laba
Ayam Betutu Khas Bali + Sambal Matah + Daun Singkong 
ala Chef Ketut Sukarta - ex chef Grand Hyatt Nusa Dua
Telp : 0812 3836 311  /  0361 844 3655



Taste  :  ✮✮✮✮☆
Price  :  ✮✮✮✮✮
Service  :  ✮✮✮✮☆
Recommended  :  Ayam Betutu




4 comments:

  1. Wah ternyata doyan Be-tu2 juga... Pdhl kalau di-baca artikel2 sebelumnya km ini sepertinya nda gitu suka makanan pedas dan sepengetahuan sy ayam be-tu2 ini lumayan pedas. Tp justru pedasnya itu yg bikin nagih. Pengen nyoba juga nih tp bisa delivery ngga yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. Saya memang ga terlalu kuat makan makanan yg pedas.. Kemarin sy jg delivery.. Lbh jelasnya bs contact ke no yang tercantum di atas..

      Delete
  2. Ahh ntar cobain ahhh kalo pas kesitu...hehehe...Nat meet up yukkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ci.. boleh, Ci2 ada rencana ke bali kapan?

      Delete