Monday, June 19, 2017

Round The Malaysia Trip ~ #8 Last Eve in Penang (Chowrasta Market & Gurney Plaza)

Puas jalan2 keliling Georgetown, kini saatnya shopping time.. hehehe..  Masih dengan Bus CAT kami pun menuju Pasar Chowrasta.. Pasar Chowrasta ini adalah tempat terbaik untuk mencari oleh2 khas Penang.. Mau itu baju, pernak-pernik, sampai makanan, semuanya ada di pasar ini.. Biarpun namanya pasar, tempatnya cukup bersih & nyaman.. Harganya juga murah meriah.. hehehe.. Tahun 2015 kemarin kami juga sempat mampir ke Pasar Chowrasta ini (read here)..

Sebelum masuk ke dalam Pasar Chowrasta, kami mampir dulu ke Ban Heang yang berada persis di pertigaan Lebuh Campbell.. Ban Heang ini adalah toko yang menjual makanan atau local snack khas Penang.. Outlet-nya banyak dan tersebar di berbagai penjuru Pulau Pinang..  Ada yang di Gurney Plaza, Gurney Paragon, Jalan Macalister, dan termasuk di Penang International Airport.. Ban Heang terkenal akan Tau Sar Pheah & Heong Pheah-nya, yang sayangnya kurang saya sukai.. Tapi selain pia / biscuit, Ban Heang juga menjual aneka kopi, the tarik, manisan, dan snack2 lainnya yang sayang untuk lewatkan.. Kalau saya, yang wajib dibeli adalah the tarik, kopi o, white coffee, durian coffee, chicken floss (abon ayam), frugurt, dan snack nori-nya.. Dari segi harga, masih terjangkau banget.. Kopi O satu bungkus besar (isi 15 sachet) harganya RM 9.90.. Penang The Tarik satu bungkus besar harganya RM 15.90.. Staff-nya juga helpful dan ramah..

Ban Heang on Penang Road (near Chowrasta Market)

Berhubung beli oleh2nya saya putuskan pas di hari2 terakhir saja, jadi di Pasar Chowrasta saya hanya mampir ke toko langganan (baru masuk di sebelah kiri), untuk membeli bumbu tom yum, terasi atau kalau orang Malaysia menyebutnya belacan, dan minyak urut papa saya.. hahaha.. Ya beginilah kami.. Saking anti main-stream, jadi yang dibeli ya terasi.. hahaha.. Tapi beneran terasi Malaysia itu enak.. Kalau di Indonesia, yang lumayan palingan hanya terasi merk Ny. Siok.. Kalau terasi Malaysia ini ga seberapa bau-nya, ga asin, dan warnanya natural alias ga merah menyala seperti beberapa terasi di sini.. Btw, ini kok jadi ngomongin terasi ya.. hahaha..

Pasar Chowrasta
(kemarin lupa foto, ini foto dari tahun 2015,
tapi sekarang pasarnya sudah di-renov, jadi lebih bersih & modern)

Kelar belanja, kami berjalan kaki menuju Lebuh Keng Kwee yang untungnya hanya beberapa meter dari Pasar Chowrasta.. Sudah jauh2 sampai di Penang, serasa ada yang kurang kalau ga mampir ke Penang Road Famous Teochew Chendul.. Untungnya pas kami datang, antrian ga terlalu panjang.. Berhubung bawaan lagi banyak, ya sudah di bungkus saja.. Buat yang mau makan di tempat, bisa makan sambil berdiri atau masuk ke Joo Hooi Café.. Katanya sih makanan di Joo Hooi Café ini oke2 juga, sayang saya ga pernah nyobain.. hehehe.. Penang Road Famous Teochew Chendul ini selain memiliki beberapa outlet di Penang, juga memiliki outlet di kota2 lain di Malaysia seperti di KL, Johor Bahru, Perak, dll..

Penang Road Famous Teochew Chendul

Perjuangan ternyata masih belum selesai.. Kami masih harus jalan kaki menuju hotel kami yang kira2 masih berjarak  800 meter dari Lebuh Keng Kwee.. Mana isi naik turun jembatan penyebrangan.. Kalau sudah begini, tiba2 langsung kangen Bali dimana saya bisa nyebrang jalan sesuka hati.. hahaha.. Sebenarnya bisa naik Bus CAT juga dan turun di Komtar.. Tapi dari Komtar tetap harus jalan kaki lagi.. Ya hitung2 bakar kalori.. Dan kalori yang dibakar pastinya double karena kami jalan kaki pas siang bolong.. hahaha..

Setelah tidur2 cantik di kamar hotel kami yang nyaman, sore harinya kami sudah siap untuk jalan2 lagi.. Sebenarnya ga ada agenda khusus buat sore itu.. Jadi akhirnya kami memutuskan untuk ke Gurney Plaza saja..  Untuk menuju Gurney Plaza, cari paling gampang adalah naik Bus Rapid Penang dari Komtar.. Naik yang no 103 dan nanti pulangnya ke Komtar juga naik bus yang sama.. Dari sekian banyak shopping mall di Penang, Gurney Plaza ini adalah favorit saya.. Pilihan toko / outlet-nya banyak, mulai dari yang exclusive brands sampai yang kelas menengah semuanya ada.. Tempat makan apalagi.. Dari kelas resto, food court, semua jenis makanan ada sepertinya.. Ada supermarket Cold Storage juga di lantai B1.. Gurney Plaza juga punya akses langsung menuju Gurney Drive (Persiaran Gurney).. Jadi pengunjung mall bisa langsung menuju Gurney Drive Hawker Center yang tidak saya rekomendasikan itu atau bisa jalan2 santai di pinggir laut.. Sayang sore itu, cuaca lagi tidak bersahabat.. Mendung dan sempat turun hujan juga..

dapat bus tingkat (double decker)

Gurney Plaza

Kami yang tanpa arah dan tujuan ini akhirnya keluar masuk toko.. Dari yang niatnya ga pengen belanja, malah jadi belanja ini itu.. Tapi lumayanlah, dapat banyak diskonan di Parkson (department store).. Kami juga mampir ke outlet-nya Fipper.. Sebenarnya harganya 11-12 sama di Indonesia.. Tapi enakan beli langsung di negeri asalnya ya.. hahaha..

Fipper @ Gurney Plaza

Puas belanja, kami menuju lantai B1 dimana lantai B1 ini adalah gudangnya makanan.. hahaha.. Pertama2 mampir dulu ke Bee Cheng Hiang.. Sedih ketika tahu outlet Bee Cheng Hiang di Jalan Penang dekat Komtar itu sudah tutup.. Tapi untunglah masih ada yang di Gurney Plaza ini.. Mampir juga ke Auntie Anne’s yang saking rakusnya makan, lupa untuk difoto.. hahaha.. Tiga varians favorit saya di Auntie Anne’s adalah Cheese Nuggets, Jumbo Cheese, dan Eclairs. . Sampai2 pas mau pulang bela2in antri di Auntie Anne’s di KLIA2.. hehehe..

Bee Cheng Hiang @ Gurney Plaza

Next kami mampir ke Empire Sushi.. Empire Sushi ini adalah outlet yang menjual sushi dengan konsep quick-service kiosks.. Kalau biasanya pergi ke toko roti tinggal tunjuk ini itu sama mbak2nya, nah di Empire Sushi sama konsepnya.. Tinggal tunjuk sushi ini sushi itu ke mba atau mas-nya karena setiap sushi dijual per pcs.. Yang bikin special adalah varians sushi-nya yang buaannyakkk.. Konon ada 70 lebih varians sushi yang ditawarkan Empire Sushi ini.. Senangnya lagi, harganya lho murah meriah.. hahaha.. Harganya mulai dari RM 1.10.. Dijamin kalap.. hahaha.. Untuk condiment, bisa dibeli sesuai kebutuhan.. Kalau pengen pakai soyu dan wasabi, silakan ambil dan bayar saat di kasir.. Kebetulan2 sushi2 yang kemarin saya beli sudah enak dimakan gitu aja.. Memang dari segi rasa, sushi2 Empire Sushi ini lebih “bold” rasanya dibandingkan sushi2 yang biasa saya makan.. Kalau saya doyan2 aja, walaupun ada beberapa yang menurut saya kebanyakan mayonnaise.. Empire Sushi ini juga Muslim-friendly, jadi bebas alcohol, pork, lard, dan mirin.. Selain di Gurney Plaza, outlet Empire Sushi juga bisa ditemukan di Gurney Paragon, 1st Avenue, dan shopping mall di kota lain seperti Kuala Lumpur, Putrajaya, Alor Setar, dll..

Empire Sushi @ Gurney Plaza

Walaupun sudah nyemil ini itu, untuk dinner kami menuju Kenny Rogers Roasters yang berlokasi di area outdoor Gurney Plaza.. Kenny Rogers Roasters (KRR) memang sudah ada di beberapa kota di Indonesia.. Tapi kami yang tinggal di Bali kan belum pernah nyobain.. hehehe.. Papa saya yang pertama kali tertarik untuk nyobain KRR semenjak melihat outlet-nya di Queensbay Mall kemarin..

area outdoor-nya Gurney Plaza

Kenny Rogers Roasters @ Gurney Plaza

Kami memesan paket Kenny’s Wholesome Meal, Garlic Toasties, dan Beef Bolognaise.. Paket Kenny’s Wholesome Meal-nya sendiri terdiri dari Roasted Whole Chicken, 3 porsi Side Dishes, 2 Country-style Chicken Soup, 2 Home-made Muffins, dan 1 Jug Iced Lemon Tea.. Untuk muffin ada 3 pilihan, yaitu Chocolate, Banana, dan Vanilla.. Untuk side dishes, pilihan kami adalah BBQ Baked Beans, Aromatic Rice, dan Chunky Veggie.. Service-nya KRR Gurney Plaza ini rada lambat padahal kondisi restaurant tidak terlalu ramai.. Makanan yang dihidangkan juga ada yang sudah dingin.. Dari segi taste, not bad sebenarnya roasted chicken-nya, tapi sangat tasteless menurut lidah saya.. Bahkan saya minta chili sauce dengan harapan bisa membantu, ternyata kami malah dikasi saos sambal sachet-an yang lebih dominan rasa manisnya dibandingkan rasa pedasnya.. hahaha.. Sebenarnya ayam-nya sendiri bagus kualitasnya kok, di-roasted dengan sempurna.. Dan sebenarnya much better dari ayamnya Le Poulet Roti yang kami makan di Colmar Tropicale.. Tapi dibandingkan dengan Nando’s, saya lebih prefer Nando’s..

Home-made Muffins (Chocolate, Banana, and Vanilla)

Country-Style Chicken Soup & Garlic Toasties

Beef Bolognaise

Roasted Whole Chicken

Kenny’s Wholesome Meal

Untuk dinner di KRR ini kami harus membayar sekitar RM 125 atau IDR 380k.. Pricey atau tidaknya relatif ya.. Cuma yang saya sayangkan, kami lagi di Penang yang notabene surganya makanan, kami malah makan yang beginian dan ujung2nya tidak sesuai ekspektasi.. hahaha..

Selesai makan dan karena hari sudah semakin gelap, kami meninggalkan Gurney Plaza dan menunggu bus 103 di bus stop yang terletak persis di seberang Gurney Plaza (Jalan Kelawai).. Ini adalah malam terakhir kami di Penang.. Ah sedih rasanya.. Dua hari ga terasa sama sekali.. Kami juga harus tidur lebih awal karena keesokan harinya kami akan menempuh perjalanan darat untuk menuju destinasi selanjutnya..

Hotel Neo+ Penang tampak dari kejauhan

Penang Road Famous Teochew Chendul
27 Lebuh Keng Kwee, Georgetown
10100, Pulau Pinang, Malaysia
Opening Hours  :  10.30 – 19.00 (Mon-Fri) & 10.00 – 19.30 (Sat-Sun)
Other outlets in Penang  :
Prangin Mall, Gurney Paragon, Gurney Plaza, Queensbay Mall, etc

Komtar (Kompleks Tun Abdul Razak)