Sunday, June 24, 2018

Hotel Review ~ Lavanya Boutique Hotel, Phnom Penh, Cambodia



Setelah membeli tiket Kuala Lumpur – Phnom Penh (KUL-PNH), saya langsung browsing mengenai hotel-hotel di Phnom Penh.. Memilih hotel itu saya ibaratkan seperti memilih jodoh.. Harus dilihat bibit bebet bobot-nya.. hahaha.. Faktor utama yang menentukan bagi saya adalah lokasi.. Saya orangnya sedikit pelit kalau urusan transportasi.. Jadi dengan memilih hotel yang lokasinya strategis, tentu akan menghemat biaya transportasi.. Selain lokasi, saya juga rada picky dengan konsep hotel.. Saya suka yang konsepnya modern.. Ada beberapa orang malah suka yang konsepnya vintage.. Selera kan ya.. Tapi di luar faktor-faktor tersebut, saya tetap harus mempertimbangkan rate/harga-nya supaya tetap terjangkau di kantong saya.. Sayangnya rate/harga  itu biasanya akan selaras dengan fasilitas dan kelebihan yang ditawarkan hotel.. Semakin banyak fasilitas yang ditawarkan atau semakin strategis lokasi hotel tersebut maka rate-nya juga akan semakin mahal.. Jadi untuk urusan hotel memang susah-susah gampang.. wkwkwk..



Awalnya saya tertarik dengan G Mekong Hotel, tapi seiring dengan berjalannya waktu, tiba-tiba saya menemukan Lavanya Boutique Hotel ini.. Lavanya Boutique Hotel ini merupakan salah satu hotel baru di kota Phnom Penh.. Soft opening-nya saja baru di bulan October 2017 kemarin.. Kebayang kan pasti semuanya masih gress dan dalam keadaan bersih.. hehehe.. Selain itu, Lavanya Boutique Hotel ini lokasinya lebih dekat ke Central Market (Phsar Thmei) dibandingkan G Mekong Hotel..


Lavanya Boutique Hotel ini berlokasi di 136th Street, sekitar 150 meter dari Central Market.. Selain itu, tempat-tempat wisata terkenal seperti Wat Phnom, Phnom Penh Night Market, The Riverfront (Sisowath Quay), Royal Palace, Samdech Chuon Nath Statue, Independence Monument, Orussey Market, dll, bisa diakses dengan berjalan kaki atau naik tuk-tuk dari hotel.. Karena berada di pusat kota, area di sekitar hotel juga cukup ramai.. Mulai dari pagi hingga malam hari, banyak penjual makanan yang bisa ditemukan di seputaran hotel.. Kondisi perut pasti terjamin kalau menginap di Lavanya Boutique Hotel.. hehehe..










Saya booking Lavanya Boutique Hotel ini via AirAsiaGo.. Alasannya karena harganya lebih murah bila dibandingkan Booking.com.. Di Lavanya Boutique Hotel ini ada 6 jenis kamar, yaitu Superior Double Room, Comfort Double Room with Balcony, Deluxe Double Room, Deluxe Twin Bed Room, Deluxe King Room, dan Corner Suite.. Untuk published rate-nya berkisar antara 50-80 USD.. Saya memilih Deluxe Double Room dan mendapat rate sekitar IDR 520k per malam per kamar-nya.. Harga yang menurut saya sangat terjangkau mengingat lokasinya yang sangat strategis.. Sebelum saya berangkat, seperti biasa saya email dulu untuk memastikan reservasi saya sudah ada di list/database mereka.. Sayang komunikasinya agak tidak nyambung karena kendala Bahasa Inggris.. Saya tidak mengerti English mereka, dan mereka mungkin juga tidak mengerti maksud saya.. wkwkwk..



Saya dan keluarga sampai di Lavanya Boutique Hotel sekitar pukul 08.00.. Kalau biasanya saya sukses diperbolehkan early check-in di hotel-hotel lain yang pernah saya inapi, kali ini kami tidak beruntung.. Padahal kami semalaman tidak tidur karena menghabiskan malam di pesawat dan transit di KLIA2.. Oleh receptionist kami dijanjikan kamar akan ready pada pukul 14.00.. Sekembalinya dari Central Market, ternyata kamar kami belum ready juga padahal waktu sudah menunjukkan pukul 13.45.. Wah sepertinya hotel ini sangat strict mengenai jam check-in ya.. Untungnya saya kembali happy ketika mendengar bahwa salah satu kamar kami di-upgrade menjadi Corner Suite.. Sebagai anak yang berbakti, kamar tersebut saya berikan ke kedua orang tua saya.. hehehe.. Sayangnya walaupun saya sudah request jauh-jauh hari, tetap saja kami mendapatkan 2 kamar di lantai yang berbeda..  Kamar saya dan adik saya berada di lantai 2 sedangkan mama papa saya berada di lantai 3..







Let’s start with my parent’s room, the Corner Suite.. Corner Suite ini adalah kamar dengan rate paling mahal di Lavanya Boutique Hotel.. Kamarnya memang paling luas dan berada di bagian corner bangunan (makanya dinamakan Corner Suite) dengan banyak jendela besar menghadap ke area depan hotel.. Sedangkan saya dan adik saya mendapatkan Deluxe Double Room.. Kamar saya ini memang lebih kecil dibandingkan kamar mama-papa saya, tapi masih tergolong spacious untuk ukuran hotel.. Apalagi kalau dibandingkan dengan kamar hotel di Singapore.. hahaha.. Tapi anehnya, saya justru lebih suka dengan kamar Deluxe Double Room ini.. Alasannya adalah karena balcony.. Di Corner Suite malah tidak ada balcony-nya.. Balcony ini berguna banget lho.. Selain bisa untuk menikmati udara dan pemandangan kota Phnom Penh, balkon ini juga berguna untuk menjemur baju.. hahaha.. Maklum traveling-nya sama ibu-ibu.. hahaha..



Corner Suite










Deluxe Double Room










Kedua kamar kami ini dilengkapi dengan fasilitas yang sangat lengkap.. Mulai dari LCD TV, minibar (kulkas), tea/coffee maker, hairdryer, dll, semuanya tersedia.. Bahkan disediakan bathrobe segala lho.. hahaha.. Oh ya, colokan listrik dan cermin/kaca juga disediakan banyak.. Jadi pas dandan ga ada yang berebut cermin.. hahaha..


Staff di hotel ini memang tidak banyak.. Jadi jarang ketemunya.. Tapi  beberapa yang kami temui, ramah-ramah kok.. Anehnya juga, selama 2 malam kami di hotel ini, tidak pernah papasan dengan tamu lain.. Kecuali beberapa orang yang kami temui saat mau check-out.. Saat breakfast pun kami tidak pernah bertemu dengan tamu lain.. Tapi menurut si receptionist, katanya hotelnya full (curiga)..


Selain  Meridiem Coffee Bar yang berada persis di samping lobby hotel, Lavanya Boutique Hotel juga memiliki restaurant yang terletak di lantai 5.. Selain restaurant, di lantai 5 juga terdapat mini swimming pool lengkap dengan beberapa sunbed.. Sayang saya tidak berkesempatan mencoba kolam renangnya.. Maklum itineray di Phnom Penh padat merayap.. hahaha.. Di dekat swimming pool juga terdapat area duduk-duduk yang nantinya akan dibangun rooftop bar/lounge.. 




rooftop swimming pool








Ngomong-ngomong soal breakfast, di Lavanya Boutique Hotel ini breakfast sudah include di room rate.. Breakfast-nya available mulai dari pukul 06.30 - 10.30 dan disajikan bukan dengan sistem buffet tetapi memilih dari daftar set menu yang sudah disiapkan.. Untuk pilihan menunya cukup beragam, mulai dari Western sampai Asian.. Beberapa set menu yang pernah kami coba antara lain English Breakfast, Bai Sach Chrouk, Eggs Benedict, Pancakes, dan Waffles.. Rasanya cukup enak, apalagi semuanya disajikan fresh di open kitchen mereka.. Walaupun karena alasan tersebut, kami harus menunggu lumayan lama.. Semua set menu tersebut juga disajikan dengan sepiring buah potong dan pilihan beverages seperti tea, coffee, dan orange juice..


the restaurant






English Breakfast


Bai Sach Chrouk (Pork+Rice) & Eggs Benedict


Pancakes & Waffles (ini bentuk waffle versi Kamboja kali ya? lol)


breakfast set menu




Overall we had a pleasant stay at Lavanya Boutique Hotel.. Dengan lokasi yang strategis, kamar yang bersih dan nyaman, rate yang terjangkau, what else can you ask for?? Definitely will stay here again on our next visit to Phnom Penh..




Lavanya Boutique Hotel
21, 136th Corner 49th Street
Daun Penh, Phnom Penh, Cambodia
Telp  :  023 221 276
Website  :  Lavanya Boutique Hotel
Instagram  :   @lavanyaboutiquehotel
TripAdvisor  :  click here
Booking.com  :  click here
AirAsiaGo  :  click here
Agoda  :   click here


Location  :  ✮✮✮✮✮
Room  :  ✮✮✮✮✮
Service  :  ✮✮✮✮☆
Value  :  ✮✮✮✮☆
Cleanliness  :  ✮✮✮✮☆

My Review on TripAdvisor :
I and my family stayed in this beautiful hotel during our visit to Phnom Penh two weeks ago.. We booked two Deluxe Double Room.. Lucky us, one of the room was upgraded to Corner Suite although the rooms were ready at 14.00 (we arrived in PNH @ 08.00).. Everything was perfect, we love the room so much as it was very clean and comfy.. We personally think the Deluxe Double Room is better than the Corner Suite as it has balcony and bigger bathroom.. The room is well equipped, they even provide sandals and bathrobes as well.. WIFI worked great and the staffs are also very helpful and attentive.. Breakfast is great although we have to choose from the set menu list.. Another best thing about this hotel is the location.. It is within walking distance to many tourist attraction in Phnom Penh.. Not to mention Central Market which located only few hundred meters away and great eateries are located next door.. We had a pleasant stay at Lavanya Boutique Hotel and will stay here again on our next visit to Phnom Penh..



   

2 comments:

  1. Swimming poolnya mini banget. Tapi lucu juga karena lokasinya rooftop. Belum pernah nyobain swimming pool rooftop. Jadinya itu swimming pool indoor atau outdoor?
    It is great to read that you had a pleasant stay there..

    Is there any boutique in the hotel? Ot the boutique is just a name? Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Intan.. swimming pool-nya outdoor.. pool-nya mungkin lebih cocok dijadikan tempat berendam dibandingkan berenang.. hehehe..
      the hotel is too small to have boutiques in it.. hahaha..

      Delete