Yang mengikuti #NatTravelDiaries
pasti tahu kalau saya dan keluarga punya hotel favorit di Kuala Lumpur,
Malaysia.. Bagaimana tidak favorit, dari pertama kali ke KL sampai kunjungan
terakhir kami di tahun 2017, kami selalu menginap di hotel ini.. Kalau dihitung-hitung,
sudah 4x kami menginap di hotel ini.. Hotel ini tak lain adalah Izumi Hotel
Bukit Bintang yang review-nya sudah seringkali nongol di blog ini.. hahaha..
Bagi yang penasaran, monggo bisa dibaca di sini
dan sini..
Berawal dari penurunan kepuasan
kami setelah menginap di Izumi Hotel Bukit Bintang pada tahun 2017 yang lalu,
saya langsung bertekad untuk mencari hotel lain ketika akan berkunjung ke KL
lagi.. Dikarenakan sudah terbiasa menginap di Izumi Hotel Bukit Bintang yang
lokasinya benar-benar strategis, maka dari itu saya cukup kesulitan menemukan
hotel lain yang juga memiliki lokasi yang strategis.. Sebenarnya ada banyak sih
hotel-hotel di seputaran Bukit Bintang, tapi as you know already, saya cerewet
banget kalau untuk urusan hotel.. hahaha.. Pengennya sih dapat hotel yang
lokasinya strategis, design-nya modern & bersih, dan rate-nya masih
terjangkau.. Setelah sekian lama melototin aplikasi Booking.com di handphone
saya, pilihan akhirnya mengerucut menjadi Wolo Bukit Bintang, Holiday Inn
Express Kuala Lumpur City Centre, Hotel Capitol, dan Ansa Kuala Lumpur..
Sebenarnya kalau dilihat dari lokasinya, maka yang menjadi juara adalah Wolo
Bukit Bintang dan Ansa Kuala Lumpur.. Ini mah kalau ke mau ke shopping mall
terkenal di Bukit Bintang, tinggal ngesot doang juga sampai.. hahaha.. Yang
namanya Monorail Station, Bus Stop, dan MRT Station juga langsung kelihatan
dari pintu hotel.. Tapi dari sekian banyak keunggulan tersebut, ada hal yang
membuat saya urung memilih hotel ini.. Kalau untuk Wolo Bukit Bintang, saya
kurang suka design bed-nya yang ala-ala Japanese jadi mattress/kasurnya
diletakkan langsung di atas lantai.. Apalagi saya traveling bareng papa mama
saya yang sudah tidak muda lagi dan pastinya bakalan kesusahan kalau dapat bed
model seperti itu.. Sedangkan untuk Ansa Kuala Lumpur, rate yang ditawarkan di
atas budget saya.. Mungkin karena saat itu sedang long-weekend jadi rate-nya
sudah hampir 1 juta rupiah per kamar per malam.. Dikarenakan saya kurang sreg
dengan design kamar di Hotel Capitol yang menurut saya rada “jadul”, akhirnya
dengan penuh kemantapan hati, pilihan jatuh ke Holiday Inn Express Kuala Lumpur
City Centre.. hahaha..
Holiday Inn Express Kuala Lumpur
City Centre ini terletak di Jalan Raja Chulan.. Secara lokasi, Holiday Inn
Express KLCC ini memang paling jauh dari pusat Bukit Bintang bila dibandingkan
dengan tiga hotel lainnya yang tidak jadi saya pilih.. Tapi jauh di sini bukan
berarti jauh banget ya, kalau jalan kaki jaraknya hanya sekitar 650meter..
hehehe.. Yang malas jalan kaki, bisa memanfaatkan fasilitas gratis yang
disediakan pemerintah KL, yaitu GoKL Bus.. Nah kebetulan di seberang dan
samping hotel, ada bus stops yang dilewati oleh GoKL Bus.. Jadi dari hotel kita
bisa naik bus ini dan turun di Bukit Bintang, begitu juga pulangnya.. Selain
Bukit Bintang, bus ini juga bisa membawa kita menuju tempat-tempat terkenal di
KL seperti Petaling Street, Central Market (Pasar Seni), Petronas Twin Towers, Suria
KLCC, KL Sentral, Chow Kit, Dataran Merdeka, dll.. Dan sekali lagi, bus-nya
gratis.. hahaha.. Yang malas naik bus, bisa mencoba naik monorail.. Nah
kebetulan, Raja Chulan Monorail Station ini juga letaknya dekat banget dengan
hotel, kalau jalan kaki mungkin sekitar 5menit saja.. Di samping hotel juga
terdapat minimarket dan beberapa café serta restaurants.. Komplit lah
pokoknya.. hehehe..
Holiday Inn Express Kuala Lumpur
City Centre
Kami tiba di Holiday Inn Express
KLCC ini sekitar pukul 18.00.. Proses check-in berjalan cukup cepat, apalagi
karena saya memang sudah booking dan bayar melalui AirAsiaGo.. Rate yang saya
dapat sekitar 660k per malam per kamar, rate yang menurut saya sangat
terjangkau untuk ukuran hotel bintang 3 di pusat KLCC.. Holiday Inn Express
KLCC ini, sesuai namanya yang ada embel-embel “express”-nya memang di-design
secara minimalis.. Jadi kurang cocok buat keluarga atau honeymoon-ers, secara
swimming pool saja tidak ada.. hehehe.. Tapi buat saya dan keluarga yang
sekedar numpang tidur, Holiday Inn Express KLCC ini sudah lebih dari cukup..
Hanya ada dua tipe kamar di hotel ini, yaitu Standard Room dan Standard Room with
Sofa.. Jadi perbedaannya hanya terletak di tambahan sofa dan luas kamar saja..
the lobby area
the reception are
trolley ini bisa digunakan saat check-in dan check-out
di hotel ini sistem-nya self-service, jadi jangan harap ada bell-boy
yang membantu (lol)
Kamarnya sendiri cukup imut-imut,
secara luasnya hanya 172 ft2.. Mau jalan papasan saja susah karena space yang
tersisa antara bed dan tembok sudah sangat minim.. hahaha.. Tapi secara
keseluruhan, kamar kami tetap oke dan nyaman kok.. Keuntungan/kelebihan menginap
di hotel yang termasuk dalam salah satu hotel chain/group adalah standarisasi
dalam hal service dan facility.. Setiap group company pasti akan menetapkan SOP
yang sama yang berlaku di semua hotel yang berada dalam group atau jaringan
mereka.. Apalagi IHG saat ini adalah salah satu hotel groups terbesar di
dunia.. Bed yang disediakan sangat nyaman sehingga membuat saya malas untuk
bangun setiap pagi.. hehehe.. Mereka bahkan menyediakan 2 macam bantal (soft
& firm).. Bedhseet-nya juga bersih, putih, dan kinclong.. hahaha..
Masing-masing kamar juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini
refrigerator, coffee/tea maker, LED TV, hair dryer, slippers, meja kerja, dll..
Yang paling keren adalah mereka juga menyediakan Ipod Docking Station dan Smartphone..
Smartphone ini bisa kita gunakan selama menginap dan dilengkapi juga dengan free
layanan data (internet) dan free calls ke beberapa negara, termasuk Indonesia..
How cool is that..
our room
Ipod Docking Station dan Smartphone
Untuk urusan bathroom juga no
complain at all.. Handuk putih bersih, toilet bersih, shower juga oke.. Yang
sedikit menganggu mungkin adalah karpet warna biru tua yang kebetulan di kamar
kami terdapat sedikit noda.. Tapi seriously, warna karpet ini yang juga dipasang
di seluruh koridor dan hallway hotel malah membuat kesan gelap dan spooky..
hehehe.. Satu hal lagi yang menjadi downside dari hotel ini adalah urusan
lift.. Liftnya ada 6, tapi yang beroperasi hanya 4.. Dengan jumlah kamar 383
yang terbagi menjadi 20 lantai, 4 lift ini sepertinya kurang berhasil
mengakomodir para tamu hotel.. Alhasil setiap akan naik ke kamar atau turun ke
lobby, kami harus menunggu cukup lama.. Tapi saya salut juga dengan para
security yang ditempatkan di lantai dasar dan di dekat lobby.. Ketika ada tamu
hotel yang berjalan mengarah ke lift, mereka sudah terlebih dahulu memencet
tombol lift untuk meminimalisir waktu tunggu.. Overall, service para staff di
Holiday Inn Express KLCC ini perlu saya acungi jempol.. Mulai dari security, receptionist,
sampai housekeeping, semuanya attentive, helpful, dan ramah..
bathroom
view from our room
Walaupun di Holiday Inn Express
KLCC ini tidak tersedia swimming pool, tapi mereka punya fasilitas lain seperti
24-hours Fitness Room, Self-Service Laundry, dan Pay & Go Counter.. Mereka
bahkan menyediakan beberapa vending machine di area lobby.. Cocok banget buat
saya yang selalu gatal tangannya kalau lihat vending machine.. hahaha.. Fitness
Room-nya sendiri tidak terlalu besar.. Beberapa alat bahkan kondisinya tidak
bisa digunakan saat itu.. Seorang Nat ke Fitness Room hotel?? Nah ini harusnya
jadi pertanyaan besar.. hahaha.. Sebenarnya malam itu, saya, mama saya, dan
adik saya memutuskan untuk memanfaatkan fasilitas Self-Service Laundry.. Ya
hitung-hitung daripada cucian menumpuk saat sampai di Bali, lebih baik dicuci
sekarang kan ya.. hehehe.. Untuk bisa memanfaatkan fasilitas ini, tamu hotel
harus membeli coin di receptionist.. Satu coin harganya 10 RM.. Karena kami
harus menggunakan 2 mesin (washer & dryer), jadi kami menukar 2 coin..
Persoalan muncul ketika saya memasukkan salah satu coin.. Jadi tempat
memasukkan coin itu ada 2, yaitu di sebelah kiri dan sebelah kanan.. Karena
tidak teliti membaca intruksi, akhirnya saya malah memasukkan coin pertama ke
sisi yang digunakan untuk menjalankan dryer.. Apesnya, dryer-nya tidak bisa di-pause
atau dimatikan dan ujung-ujungnya saya harus kembali ke lobby untuk membeli 1
coin lagi.. Rugi 10 ringgit jadinya.. hahaha.. Sembari menunggu cucian, kami
akhirnya menuju ke Fitness Room yang lokasinya sebelah-sebelahan dengan Laundry
Room.. hehehe..
24-hours Fitness Room
saat itu hanya treadmill-nya saja yang bisa digunakan
washer & dryer
setrika-nya gratis ga perlu pakai coin (lol)
Dikarenakan breakfast sudah
include di room rate, saya cukup penasaran dengan breakfast yang ditawarkan di
Holiday Inn Express KLCC ini.. Apalagi saya terakhir kali menginap di hotel
dalam group IHG itu belasan tahun yang lalu di Lombok.. hahaha.. Mungkin karena
konsepnya “express” jadi pilihan breakfast yang tersedia juga tidak banyak..
Sedikit kecewa sih, apalagi kalau dibandingkan dengan hotel kami sebelumnya di
Vietnam atau hotel-hotel dalam group Accor yang secara bintang juga setara
dengan Holiday Inn Express KLCC ini.. Ada station bakery, yang terdiri dari
aneka roti dan pastry, lengkap dengan pelengkapnya seperti butter, jams, peanut
butter, dll.. Kerennya mereka punya toaster/warmer yang bentuknya unik sehingga
saya bisa makan croissant hangat sepuasnya.. hahaha.. Selain bakery, mereka
juga menyediakan aneka buah-buahan yang terdiri dari melon, semangka, dan apel
hijau.. Untuk makanan utamanya sendiri, terdiri dari srambled egg yang rasanya
spongy dan ga enak banget, nasi goreng/mee goreng, baked beans, dan
sausages/ham.. Selain varians-nya yang kurang, rasa makanannya juga tasteless
alias hambar.. Untungnya di masing-masing meja disediakan salt, pepper,
ketchup, dan chili sauce yang sangat membantu untuk mengoreksi rasa.. hehehe.. Kemudian
ada station tea, coffee, milk, yoghurt, dan cereal.. Untungnya soya milk,
yoghurt, dan croissant-nya enak sehingga perut saya cukup terpuaskan setiap
paginya.. hehehe..
jam 06.30 dan restaurant-nya sudah ramai
soya milk-nya beneran enak
fruits
bakery
breakfast
(ini day 1, jadi semua masih dicoba, lol)
Di samping beberapa downside yang
sebutkan, Holiday Inn Express KLCC ini cukup berhasil meninggalkan kesan yang
menyenangkan untuk saya dan keluarga.. Dengan rate yang terjangkau, lokasi yang
strategis, dan kamar yang bersih + nyaman, membuat hotel ini menjadi salah satu
hotel yang saya rekomendasikan untuk teman-teman yang akan berkunjung ke Kuala
Lumpur.. Saya sendiri, selama belum ada hotel baru yang layak dicoba di
seputaran Bukit Bintang, mungkin akan kembali menginap di Holiday Inn Express
KLCC ketika berkesempatan berkunjung ke KL lagi..
Holiday Inn Express Kuala Lumpur City Centre
84, Jalan Raja Chulan
50450 Kuala Lumpur, Malaysia
Phone : +60 3 2028 8888
84, Jalan Raja Chulan
50450 Kuala Lumpur, Malaysia
Phone : +60 3 2028 8888
Email : info.kulcc@ihg.com
Website : click here
TripAdvisor : click here
Booking.com : click here
AirAsiaGo : click here
Agoda : click here
Location : ✮✮✮✮☆
Service : ✮✮✮✮☆
Room : ✮✮✮✮☆
Value : ✮✮✮✮☆
Cleanliness : ✮✮✮✮☆
My Review on TripAdvisor :
this was our first time staying at Holiday Inn Express KLCC.. overall I and my family had a pleasant experience staying at this hotel.. although the room is quite small, but it is very cozy and clean.. i love how the room is well-equipped, there is even a phone that you can use and carry during your stay.. the self-service laundry is also a good point of this hotel.. the location of this hotel is superb and in fact the reason why i chose to stay at this hotel.. Holday Inn Express KLCC is located right at the heart of KLCC.. bus stops are located at the front of the hotel while monorail station is only couple minutes away.. not to mention, famous places such as Pavilion, Bukit Bintang, Petronas, Suria KLCC, dan Alor Street are within walking distance as well.. the only minus thing that i noticed are the lift which is too slow and the breakfast which can be improved as well..
No comments:
Post a Comment