Saturday, February 21, 2015

Malaysia Trip ~ Day 6 ~ Last Day, Sampai Jumpa Malaysia

Akhirnya sampai juga di postingan tentang last day saya di Malaysia.. #pheww Menulis travel stories seperti ini sama sekali ga gampang.. Selain memerlukan memory yang bagus, mood yang bagus juga sangat diperlukan.. Kalau ga, ya seperti saya.. Masa perjalanan 6 hari, baru kelar ditulis setelah 2 bulan lebih.. Tolong dimaklumi dan dimaafkan ya.. wkwkwk..

Berhubung last day, jadi sebenarnya sudah tidak ada lagi tempat yang harus kita kunjungi.. Memang khusus untuk last day saya tidak pernah buat itinerary yang fix, karena ini adalah waktunya final packing dan nanti pasti ada tempat yang ingin kita datangi lagi, atau ada oleh-oleh yang belum kebeli, dan sebagainya.. Ditambah lagi kita belum terlalu mengenal medan pertempuran kita malam ini, yaitu KLIA2.. wkwkwk.. Seram saja baca cerita blogger-blogger lain yang harus lari-larian ke gate atau ketinggalan pesawat karena saking jauhnya jarak antara departure hall ke gate.. Sampai-sampai di setiap sudut KLIA2 itu sudah disediakan petunjuk jarak tempuh dan waktu yang diperlukan untuk sampai ke gate.. Ditulisnya sih antara 20-30 menit.. Ya kalau jalannya rada pelan bisa lebih dari 30 menit.. wkwkwk..

Sekitar jam 11-an kita check out dari hotel setelah sebelumnya menitipkan tas-tas kita di receptionist.. Selanjutnya kita ke Petaling Street untuk membeli beberapa t-shirt oleh-oleh dan lanjut ke KLCC.. Kali ini kita tidak ke Suria KLCC nya, tapi ke seberangnya, yaitu ke AvenueK Mall.. AvenueK ini tidak seramai dan sebesar Suria KLCC.. Tapi yang saya suka adalah di sini banyak disediakan bench atau tempat duduk.. Jadi kita duduk-duduk sebentar di sana sambil menikmati live music.. Di AvenueK juga ada Cotton On yang buessaarr banget.. Barang nya banyak yang promo juga.. Dan karena tidak kuasa menahan iman, saya pun sukses menenteng tas berisikan 2 pasang sepatu keluar dari Cotton On.. wkwkwk.. Di basement nya AvenueK juga ada Presto Supermarket.. Walaupun tidak terlalu besar, tapi harganya lumayan murah dan ada beberapa barang incaran saya seperti Milo Less Sweet yang tidak saya temukan di supermarket lain.. Dari KLCC kita akhirnya kembali ke hotel dengan menggunakan Bus GoKL.. Sebelum ke hotel, saya mampir dulu di McDonalds Bukit Bintang.. Belum afdol rasanya kalau belum nyobain.. hehehe.. Saya pesan salah satu paket yang berisikan fries dan 2 ayam.. Ayam nya sendiri saya lebih suka yang di Malaysia dibandingkan di Indonesia.. Ayam nya lebih crispy dan lebih tasty juga.. Fries nya juga enak.. Yang ga enak cuma sambalnya.. Seperti sambal-sambal lain di Malaysia, rasanya cenderung manis dan kurang pedas.. 1 Paket tersebut harganya RM 11..

Rencana awal saya untuk menuju KLIA2 adalah dengan menggunakan KLIA Ekspres.. Untuk itu kita harus ke KL Sentral terlebih dahulu.. Saya sempat bertanya ke receptionist hotel tentang taxi fare ke KL Sentral, katanya berkisar antara RM 30 sampai RM 40.. Menurut saya sih lumayan mahal, apalagi mengingat harga tiket KLIA Ekspres adalah RM 35.. Jadi kalau ditotal bisa mencapai angka RM 180.. Papa saya kemudian iseng bertanya ke salah satu supir taxi di sana.. Ternyata oh ternyata, untuk ke KLIA2, supir taxinya hanya minta RM 85.. Wew, itu mah jauh lebih murah.. Dan tanpa ragu, kita akhirnya memilih naik taxi.. Selain lebih murah, toh lebih praktis, mengingat bawaan kita yang lumayan banyak..

Perjalanan dari Bukit Bintang ke KLIA2 memakan waktu sekitar 1 jam lebih.. Perjalanannya terasa lama karena hanya melalui jalan tol atau highway tanpa ada pemandangan yang menarik.. Dengan perjalanan selama itu, dengan harga RM 85 ternyata murah banget.. Jadi keingat taxi yang kita naiki dari Pudu Sentral.. Cuma beberapa kilometer, mintanya RM 25.. Ini berkali-kali lipat jauhnya.. Tuhan memang baik, kita selalu dibukakan jalan dan diberikan yang terbaik.. #grateful

Sesampainya di KLIA2, tentunya kita kepagian dong.. Jadwal pesawat kita masih 4 jam lagi.. wkwkwk.. Amazed banget lihat KLIA2 ini.. Ramai banget.. Counter check in nya Air Asia yang jumlahnya sudah puluhan itu, masih panjang antriannya, menandakan jumlah penumpang yang juga banyak banget.. Setelah document verification dan drop baggage, kita langsung menuju ke dalam untuk clear immigration.. Berhubung masih banyak waktu akhirnya kita dinner dulu di The Chicken Rice Shop.. Surprisingly, Chicken Rice nya enak.. Bahkan lebih enak dibandingkan dengan Chicken Rice di Jalan Alor.. Recommended lah.. Dan saya juga baru nyadar kalau The Chicken Rice Shop ini outlet nya udah banyak banget di Malaysia.. Ketemu dan nyobain nya malahan di airport.. wkwkwk..

Ruang tunggu di setiap gate yang ada di KLIA2 ini di desain dengan gaya minimalis.. Untungnya kursi nya nyaman.. Hal ini berbeda jauh dengan toilet atau restroom.. Untuk yang bagian yang satu ini, saya harus acungi jempol untuk Ngurah Rai Airport.. Setiap kali saya traveling, selalu ketemunya dengan toilet yang bersih dan harum.. Atau itu karena saya selalu ambil first flight dan last flight ya, jadi saat kondisi airport lagi sepi-sepinya.. Ga heran juga sih, selama di Malaysia, saya belum menemukan toilet yang bersih dan harumnya mengalahkan toilet nya Changi Airport.. Bahkan mall-mall kelas atas, toiletnya masih berbau..

Sebelum kami boarding, Kuala Lumpur lagi diguyur hujan yang cukup deras.. Untungnya hal ini tidak mempengaruhi penerbangan kami.. Berhubung besok pagi harus kembali bekerja dan ini adalah penerbangan tengah malam, saya akhirnya memutuskan untuk tidur.. Dan ketika saya terbangun, pesawat Air Asia yang saya tumpangi sudah siap untuk landing di Ngurah Rai International Airport..

Akhirnya, sampailah kita di akhir cerita tentang perjalanan saya dan keluarga saya ke Melaka & Kuala Lumpur.. Setiap perjalanan bagi saya selalu meninggalkan pengalaman, kesan, dan pelajaran yang berharga.. Thank you God for this opportunity.. Thank you to my best travel companions : My Sister, My Mom, and My Dad.. And thanks to you yang sudah mengikuti dan membaca travel stories ini..  Next kemana ya?? #grin

1. Hi Mba..
    thank you buat sharingnya..
    jadi ada tambahan referensi buat jalan sendiri nanti..
    hehe

1. Hai.. sama2.. wah mau jln2 sendiri kah? Salut deh.. sy malah blm brani solo traveling..

2. Hai.. sama2.. wah mau jln2 sendiri kah? Salut deh.. sy malah blm brani solo traveling..

3. rencananya bgtu, tdnya mau jalan ber 2 tmn, tapi dia cancel.. daripada sayang tiket yaudah jalan sendiri ajalah.. hehe
      saya first time juga sih solo traveling.. hehe

4. Oh begitu.. malaysia overall sangat aman utk solo traveling.. hehe.. stay safe & have fun ya.. ^_^