Sunday, May 17, 2015

Labor Day Getaway ~ JogjaSolo ~ Day 2


Hari kedua liburan di Solo kami awali dengan mengikuti Misa Pagi di Gereja St. Antonius Purbayan.. Gereja St. Antonius ini adalah Gereja Katolik pertama di Solo.. Gereja ini terletak di Jalan Arifin yang dekat banget dengan Pasar Gede.. Misa harian nya ada dua kali di pagi hari, yaitu jam 05.30 dan 06.15.. 





Walaupun Gereja St. Antonius ini adalah Gereja pertama di Solo, surprisingly bangunan dan interior nya tidak menunjukkan usia bangunan nya, mengingat Gereja ini dibangun sekitar tahun 1916.. Saya suka desain bagian dalam Gereja yang minimalis dan elegan.. Misa Jumat Pertama di Gereja ini berlangsung cepat, ga sampai 30 menit sudah selesai..





Dari Gereja St. Antonius kami berjalan ke arah Pasar Gede untuk mencari sarapan.. Tujuan kami adalah Timlo Sastro yang berada tepat di belakang Pasar Gede.. Walaupun berdasarkan pengalaman 2 tahun lalu saya kurang cocok dengan timlo ini, tapi rasanya ada yang kurang kalau ke Solo tanpa mencicipi Timlo.. Dan ternyata kali ini rasanya lebih tidak cocok lagi di lidah saya.. Rasanya terlalu biasa dan sorry to say, peralatan makan nya pada bau lap.. Padahal itu masih pagi dan kondisi tempat makan nya masih sepi.. Selain itu, harga nya pun lumayan pricey makanan yang notabene isinya hanya sosis solo dikasi kuah..






 Nasi Timlo (18k)



Thank goodness, ketika kami keluar dari Timlo Sastro, kami melihat satu penjual makanan yang ramai banget.. Ternyata ada mbah-mbah (nenek) lagi jualan Nasi Liwet di emperan toko.. Kerennya, walaupun jualan nya di emperan, yang makan banyak banget.. Kami akhirnya tertarik juga untuk mencoba.. Seporsi Nasi Liwet harganya cuma 6k, dan rasanya enak banget..





 Nasi Liwet (6k)


Sudah sarapan 2 porsi, saatnya mendatangi incaran saya lainnya di Pasar Gede, apalagi kalau bukan Dawet Bu Dermi.. Sayangnya saya mungkin memang tidak berjodoh dengan dawet ini.. Setelah di tahun 2013 gagal menemukan lokasi dawet ini, kali ini, Bu Dermi nya yang ga jualan.. Hiks..

Dari Pasar Gede kami akhirnya balik ke hotel mengingat hari masih pagi.. Siangnya kami pergi ke Hartono Mall.. Ini sih misi khusus demi nyobain Mok Go Ta Go.. Ice cream ala Korea yang lagi booming di Ig.. Gila ya, dari Bali jauh2 ke Solo demi nyobain ini.. wkwkwk.. Ice cream nya Mok Go Ta Go sendiri memang unik-unik.. Ada ice cream yang dicampur popcorn dan ada juga yang di atas ice cream nya dikasi cotton candy yang guede banget.. Hartono Mall nya sendiri ga begitu menarik isinya..





 Monster Ice Cream (15k)


 Snow Ball (20k)


Dari Hartono Mall kami akhirnya jalan ke The Park, mall lain nya yang terletak persis di sebelah Hartono Mall.. Nah, The Park ini jauh lebih keren.. Selain konsep nya yang keren karena ada bagian indoor dan outdoor nya, tenant atau outlet nya juga keren2 terutama f&b nya.. Di The Park ini ada Killiney, ada juga Old Town White Coffee.. Di Bali mana ada.. hehehe.. Di Food Park nya kami juga nyobain Nasi Bakmoy & Selat Solo nya yang ternyata lumayan enak..




 Nasi Bakmoy (18k) & Selat Solo (21k)


Dari The Park, kami lanjut naik taxi ke Sate Kambing Bu Hj Bejo yang berlokasi tidak jauh dari BTC & PGS.. Sate Bu Hj Bejo ini konon termasuk yang terenak dan terkenal di kota Solo.. Kami sampai tepat saat jam makan siang, dan OmG itu tempat full banget.. Kami akhirnya dapat tempat di bagian belakang yang gelap, tanpa sirkulasi udara, plus bonus asap pembakaran sate.. Selain tempatnya yang tidak nyaman, penjual nya pun judes nya amit-amit.. Mama saya pesan sate dan minta tanpa lemak, eh dijawab dengan ketus.. Makanan keluar nya lama banget.. Itu pun setelah mama saya nungguin di depan tempat bakar satenya.. Sate nya disajikan dengan kondisi banyak lemak dan ga matang dengan sempurna.. Rasanya? Biasa saja.. Tongseng nya sendiri lumayan lah.. Sorry, tapi Sate Kambing ini tidak seenak yang dibilang orang, dan tidak recommended pastinya..  Sate TambakSegaran yang di Jl. Gajah Mada jauh lebih enak.. 


 Sate Kambing (37.5k) & Tongseng


Selain makan siang kami yang kurang memuaskan, keluar dari tempat sate, kami dapat bonus hujan deras banget.. Kami nekat aja hujan-hujanan, toh PGS tujuan kami cuma berjarak 300 meter dari Sate Kambing Bu Hj Bejo.. Di PGS kami cuma belanja sebentar karena PGS lagi ramai-ramai nya.. Maklum sih, tanggal 1 Mei kan pada libur semua.. Dari PGS kami kembali ke hotel untuk beristirahat.. Tapi sebelum masuk kamar, kami makan dulu di RM Padang Sari Bundo yang terletak persis di depan Ibis..

RM Padang Sari Bundo ini ternyata recommended banget.. Tempat makan nya bersih dan nyaman.. Lebih mirip resto sih daripada rumah makan.. Makanan nya pun murah2.. Ada yang sistem paketan gitu, 15 ribuan sudah dapat Nasi + Ayam + Sayur + Es Teh.. Murah meriah kan.. wkwkwk.. Makanan nya pun enak-enak.. Ga nyangka juga ketemu masakan Padang yang enak di Solo.. 


 Paket Nasi Ayam (15k) + Soto Padang (13.5k) + Kikil (22.5k)


Malam harinya, tidak disangka-sangka gusi saya meradang dan bengkak.. Sebenarnya dari pagi nya sudah sakit sih, cuma masih bisa ditahan.. Malamnya sakitnya semakin parah.. Jadi saya cuma tidur di hotel, sedangkan papa mama saya yang keluar hotel untuk cari obat dan makan malam.. Setelah minum obat penahan sakit dan antibiotik, sakit nya pun mulai berkurang.. Malam itu kami akhirnya makan malam di kamar hotel dengan Bakso Kadipolo dan Nasi Liwet Yu Djambol.. Bakso Kadipolo nya beli di dekat Ibis, tepatnya di Jl. Ronggowarsito (depan RS Muhammadiyah).. Bakso nya enak, seporsi cuma 13k.. Menyesal tidak makan di tempat, karena selain bakso, ada juga menu-menu lainnya.. Kalau Nasi Liwet Yu Djambol, letaknya persis di depan Ibis.. Seporsi cuma 11k.. Ini enak juga.. Pertamanya mama saya beli 3 porsi, karena enak, mama saya jalan lagi dan beli tambahan 4 porsi lagi.. wkwkwk..


 Nasi Liwet Yu Djambol (11k)



To Be Continued..




Gereja St. Antonius Purbayan
Jl. Arifin No. 1 Ps. Kliwon Solo
(0271) 636324


Hartono Mall
Jl. Ir. Soekarno Solo Baru


The Park
Jl. Ir. Soekarno Solo Baru


Sate Kambing Bu Hj. Bejo
Jl. Sebakung 10 Lojiwetan Solo
(blkg Supermarket Luwes Sangkrah) 


Pusat Grosir Solo (PGS)  
Jl. Mayor Sunaryo Solo 
http://pusatgrosirsolo.com/ 


RM Padang Sari Bundo
Jl. Gajah Mada No 36 Solo
(depan Ibis Solo Hotel)





1 comment: