Sunday, August 2, 2015

Mendadak Mudik ~ Trip to Malang ~ Part 1

Kali ini saya mau berbagi cerita tentang liburan saya ke malang pas Lebaran kemarin.. Bukan liburan sih, lebih tepatnya perjalanan.. Kenapa judulnya mendadak mudik?? Ceritanya panjang.. wkwkwk.. Singkatnya sih, nenek saya tiba2 sakit dan harus dilarikan ke rumah sakit.. Perkembangan terakhir yang kami dengar, nenek saya sudah koma akibat pendarahan di otaknya.. Otomatis mama dan papa saya harus berangkat ke Malang secepatnya.. Sore itu saya langsung booking 2 tiket Citilink Denpasar - Surabaya untuk papa mama saya.. Tengah malamnya saya dapat sms dari Citilink yang menginformasikan bahwa penerbangan DPS-SUB di-cancel karena erupsi Gunung Raung.. Oleh pihak Citilink, kami diberi pilihan mau refund atau re-schedule.. Awalnya mama saya memutuskan untuk re-schedule menjadi keesokan harinya.. Dan entah siapa yang punya ide, kami akhirnya memutuskan berangkat berempat (saya, adik saya, papa, dan mama) ke Malang via jalan darat.. Pertimbangan kami kemarin sih takut kalau penerbangan besok masih di-cancel lagi (dan terbukti memang di cancel lagi).. Selain itu, saya dan adik saya juga kepengen lihat dan jenguk nenek di Malang..

Akhirnya dengan persiapan minim yang hanya 4 jam, kami memulai perjalanan sekitar pukul 3 sore.. Karena naik mobil, jadi packing nya pun lebih gampang.. Baju asal masuk aja.. Begitu juga dengan perlengkapan lainnya.. Sempat was-was karena kami berangkat di saat orang banyak yang mau mudik juga.. Tapi thanks God, semuanya lancar jaya.. Sampai Pelabuhan Gilimanuk, mobil kami bisa langsung masuk ke kapal ferry, tanpa perlu antri sama sekali.. Perjalanan darat dari Banyuwangi ke Malang pun lancar, walaupun kami sempat kelaparan karena tempat makan banyak yang tutup.. Perjalanan balik ke Bali pun kami lalui tanpa kendala yang berarti.. Penyebrangan lancar, macet pun hanya di daerah Malang - Purwosari..

Kenapa saya bilang perjalanan ini bukan liburan, karena waktu kami lebih banyak dihabiskan di rumah sakit.. Namanya juga jenguk keluarga yang sakit.. Jadi selama 9 hari kami di Malang, kami, terutama saya, adik saya, dan papa saya cuma kulineran di sekitar kota Malang.. Tapi ga menyesal kok, karena kami pada akhirnya bisa bertemu dengan nenek saya sebelum beliau menghembuskan nafas terakhirnya.. 9 hari di Malang kemarin adalah saat-saat yang penuh emosional.. Tapi saya lega dan bersyukur karena masih bisa bertemu beliau dan bisa mengikuti semua acara termasuk proses kremasi.. T_T

Di Part 1 ini, saya mau review 2 hotel yang menjadi tempat menginap saya dan keluarga selama di Malang.. Sedangkan di part 2 dan part 3 mau berbagai info mengenai kuliner di Malang yang sempat saya coba.. Kalau biasanya saya booking hotel selalu berbulan2 sebelumnya, kali ini booking hotel nya hanya beberapa jam sebelumnya.. wkwkwk.. Sempat stress karena harga hotel di Malang yang melambung tinggi dan banyak yang sudah sold out.. 2 hotel yang menjadi rumah sementara saya selama di Malang adalah Amaris Hotel Malang dan Swiss Bel-Inn Malang..

1. Amaris Hotel Malang

Hotel yang satu ini saya pilih karena rate nya yang murah dan lokasi nya yang dekat dengan Rumah Sakit tempat nenek saya dirawat.. Ga dekat banget sih, tapi at least masih lebih dekat bila dibandingkan dengan hotel-hotel lainnya.. Di Jl. Letjend Sutoyo memang banyak banget terdapat hotel-hotel seperti Santika, Atria, Amaris, Ibis Styles, Savana, MaxOne, dll..

Saya dapat rate sekitar 350 ribu dan naik menjadi 400 ribu ketika masuk ke hari Lebaran.. Untuk rate segitu, pengalaman menginap saya sungguh sangat menyenangkan.. Untuk hotel bintang 2, pelayanan dan fasilitas yang disediakan Amaris Hotel Malang melebihi ekspektasi.. Saya suka kamar nya yang kecil tapi tidak terkesan sempit.. Saya suka bed nya yang nyaman.. Saya suka bathroom nya yang bersih.. Saya suka WIFI nya yang kenceng banget.. Saya suka breakfast nya yang bervariasi dan enak2.. Saya suka pelayanan nya yang ramah dan helpful.. Lebih dari itu, saya paling suka dengan lokasinya yang strategis banget karena ada banyak tempat makan di sekitar hotel.. Yang paling sering saya kunjungi adalah Kedai Mie Sutoyo yang terletak persis di samping hotel dan RM Kerta Sari yang berada di seberang hotel..

Untuk budget hotel, Amaris Hotel Malang recommended banget lah.. Perfect untuk business maupun leisure, ramah di kantong pula.. wkwkwk..

Amaris Hotel Malang
Jalan Letjen Sutoyo No. 39
Malang - Jawa Timur
(0341) 419191

2. Swiss Bel-Inn Malang
Swiss Bel-Inn saya booking untuk malam keempat saya dan keluarga di Malang.. Menurut rencana awal, harusnya ini adalah malam terakhir kami di Malang sebelum kembali ke Bali.. Berhubung saya cuma reserved kamar di Amaris untuk 3 malam, untuk malam keempat saya harus cari hotel lagi.. Waktu itu, rate nya Swiss Bel-Inn ini ga beda jauh dengan rate nya Amaris.. Jadi saya lebih memilih booking di Swiss Bel-Inn karena secara bintang, Swiss Bel-Inn adalah hotel bintang 3 (Amaris hotel bintang 2).. Ya hitung2 nyobain hotel baru dan suasana baru.. hehe..

Kemarin saya kena rate nya 450an per kamar.. Hotelnya sendiri berada di Jalan Veteran, dan berada persis di belakang MX dan di sebelah Matos (Malang Town Square).. Proses check-in nya cepat, dan kami bisa early check in walaupun baru 1 kamar yang ready..

Kamarnya sendiri, saya suka banget.. Ga sempit dan suasana nya nyaman banget.. Padahal saya rada picky kalau masalah kamar hotel.. Dan saya perlu waktu penyesuaian untuk bisa beradaptasi.. Kalau yang ini beda, langsung betah rasanya.. wkwkwk.. Bed nya sendiri nyaman banget.. Lantainya berkarpet.. Fasilitas lengkap, mulai dari mini fridge, personal safe, coffee / tea making facilities, semuanya ada.. Cuma sayang, kalau hairdryer harus contact dulu ke receptionist.. Channel tv lumayan lengkap, cuma WIFI nya aja yang lelet banget.. Apa karena kemarin fully booked ya hotelnya..

Berhubung lokasinya yang berada di dekat 2 mall, mau kemana2 gampang dong.. Mau cari makan tinggal ngesot ke mall aja.. Di Matos ada Mie Kudusan yang enak banget, dan ada food court yang lumayan lengkap dan bervariasi makanan nya.. Perlu kebutuhan sehari2, di Matos juga ada Hypermart.. Mau belanja, Matahari nya ngadain sale besar2an lho, begitu juga dengan butik2 dan toko2 nya..

Sayang kemarin kami cuma semalam menginap di sini.. Karena untuk the next day nya, mereka sudah sold out.. Ya sudah, akhirnya kami kembali ke Amaris.. wkwkwk..

Swiss Bel-Inn Malang Hotel
Jl. Veteran No 8 Malang
(0341) 550368

CONCLUSION
Kali ini lagi2 saya tidak salah dalam urusan pilih-memilih hotel.. Baik Amaris maupun Swiss Bel-Inn, dua-dua nya keren, top banget, dan recommended.. Kalau saya ke Malang lagi, masih bingung sih mau nginep dimana, mungkin dibagi aja ya, misal 2 malam di Amaris dan 2 malam Swiss Bel-Inn.. hehehe.. Sebenarnya tergantung tipe traveling kita sih.. Kalau lebih banyak kegiatan di luar hotel dan masih oke dengan hotel yang tipe nya budget hotel, then Amaris is the one.. Kalau lebih pengen leyeh2 dan menikmati fasilitas hotel macam berenang, ya Swiss Bel-Inn yang harus dipilih..

1. Hallo Nat... tengkyu yah untuk mengupload blognya. Saya suka banget baca blog nya, soalnya dapet banyak info2 penting tentang Bali khususnya kulinernya. Aku mau tanya Nat, kamu tau nggak kalo naek bemo di daerah Sanur itu harganya berapa? Dan apakah anak2 juga harus bayar per trip nya? Trims banyak yah, sori kalo pertanyaannya beda topis sama blog kamu :) :) :)

1. Hallo juga.. wah, thanks ya sdh jd readers nya natinbali.. hehe.. klo bemo jujur udh sedikit banget di Bali.. di sanur sih msh ada.. klo harga tergantung jauh deket.. skali naik 5rb.. klo anak2 byr jg, kecuali msh bs di pangku,, kalau mau ke daerah nusadua, gwk, kuta, dll mending naik bus sarbagita aja.. skali naik cm 3.500.. krn ada bemo2 pengumpan, jd bemo nya ini yg masuk ke daerah2 utk ngambil penumpang, utk dibawa ke halte bus sarbagita.. yg ini free kok, byr bus nya aja.. semoga membantu ya.. ^_^

2. Tengkyu Nat untuk replynya... cepet banget gak sampe sejam udah direply hehehe... Sebenernya aku cuman mau cari info untuk bemo di daerah Sanur aja sih... Kalo misalnya mau pergi ke Sanur night market dari daerah Sanur Selatan (hotel Mercure), mendingan naek bemo atau taksi. Biasanya aku ke Bali sama 2 anak kecil, umur 7 dan 3 tahun. Mungkin untuk total 4 kepala, mendingan naik taksi kali yah, secara jatuhnya mungkin lebih murah daripada naik bemo (4 x 5 ribu = 20 ribu), kalo taksi palingan 10 ribu? Betul nggak hehehe...

2. Hehe.. kebetulan lg online.. oh klo berempat gtu mending naik taxi.. cm byr argo minimal aja (25rb klo ga slh).. naik taxi jg bakalan lbh nyaman dan ga perlu nunggu lama..