Saturday, January 2, 2016

Nat's Top 10 Non-English Romance Movies


Kurang lebih tiga bulan yang lalu, saya membuat list atau daftar yang terdiri dari 20 film paling favorit versi saya.. Buat list semacam itu sebenar nya ga gampang lho, karena film yang saya suka jumlah nya lebih dari 20 pastinya.. Belum lagi film2 baru bermunculan yang pasti nya punya kans menjadi favorit saya juga.. Anyway, saat ini berhubung film2 Hollywood yang di-release hampir ga ada yang genre nya romance, jadi saya lebih suka nonton film2 lepas nya Hallmark Channel.. 

Film nya Hallmark Channel ini memang favorit saya banget dari dulu.. Apalagi dekat2 Natal kayak gini, film nya pun ikut2an bertema Natal.. Ah perfect banget kalau menurut saya, film romantis dengan tambahan Christmas Tree, salju, dan holiday seasons.. hihihi.. Cuma ya gitu, lama2 bosan juga.. Lha plot nya selalu sama.. wkwk.. Si wanita ketemu sama si pria, mereka jatuh cinta, konflik terjadi, terus mereka baikan, happy ending deh.. hahaha.. Tapi beberapa film yang saya tonton, banyak yang bagus juga lho.. Judul film nya pun oke2 dan catchy, seperti Crown For Christmas, A Nanny For Christmas, Merry Matrimony, Christmas At Cartwrights, Love At Christmas Table dan masih banyak lagi..

Selain beralih ke film2 nya Hallmark Channel, saya sekarang juga lagi senang nyobain nonton film2 romance tapi yang Non-English, ya seperti film2 berbahasa Spanyol, Italy, French, bahkan Tagalog (Philippines).. Bagi saya seru juga nonton film dengan berbagai bahasa, bisa belajar beberapa kosakata baru, walaupun tetap harus ada subtitle Bahasa Inggirs atau Bahasa Indonesia nya ya.. hahaha.. Beberapa film yang saya tonton, surprisingly very good.. Bahkan banyak yang lebih baik dari film2 Hollywood.. 

Dari sekian banyak film dengan bahasa Non-English yang saya tonton, berikut adalah 10 film yang menjadi favorit saya.. Dari 10 film, empat di antara nya sudah pernah masuk ke list Nat's All-Time Favorite Movies.. Untuk list lengkap nya bisa dibaca di link ini (read here)..



1. The Love Affair

Country : Philippines
Language : Tagalog & English
Wikipedia : click here
IMDB :  click here




On top, there's The Love Affair, my first ever Philippines movie.. Awalnya ketika membaca judul nya saya tidak begitu tertarik untuk menonton film ini.. Tapi kemudian saya coba baca synopsis-nya, dan akhirnya saya memutuskan untuk menontonnya.. Dan ternyata, saya suka banget dengan film ini.. Banyak orang yang mengidolakan 2 pemain utama nya yaitu Richard Gomez dan Dawn Zulueta (CharDawn).. Tapi saya pribadi malah lebih suka scene antara Richard Gomez dan Bea Alonzo nya.. The Love Affair ini bercerita tentang cinta segitiga antara Vince (Richard Gomez), Patricia (Dawn Zulueta), dan Adie (Bea Alonzo).. Vince mengetahui, istri-nya Patricia berselingkuh dengan teman baik nya.. Vince pun murka dan ingin bercerai dengan Patricia.. Di saat yang bersamaan, beberapa kejadian membuat Vince kerap bertemu dengan Adie, seorang lawyer yang juga diselingkuhi oleh tunangan-nya sendiri.. Vince dan Adie akhirnya saling jatuh cinta.. Vince pun bingung memilih antara istri dan keluarga-nya atau Adie yang membuat-nya bahagia dan melupakan persoalan rumah tangga nya.. Walaupun bukan cerita baru, tapi film ini sukses membuat saya menangis, tertawa dan senyum2 sendiri.. Apalagi melihat main casts nya yang merupakan nama aktris dan aktor terkenal di Philippines.. Dan untung nya, it's a happy ending.. hehe..


Adie & Vince



2. A La Mala

Country : Mexico
Language : Spanish & English
Wikipedia : click here
IMDB :  click here




A La Mala ini berada di posisi 9 untuk Nat's All-Time Favorite Movies, jadi ga perlu dijelaskan lagi kenapa film ini jadi favorit saya ya.. hahaha..




3. I Fine Thank You Love You

Country : Thailand
Language : Thai & English
Wikipedia : -
IMDB : click here




Sama seperti A La Mala, I Fine Thank You Love You ini juga masuk di daftar Nat's All-Time Favorite Movies, tepatnya di posisi 12.. This movie is extremely funny, recommended lah..




Di posisi 4 & 5, ada A Little Thing Called Love dan Kuch Kuch Hota Hai yang berada di posisi 17 & 18 untuk Nat's All-Time Favorite Movies.. Dua2 nya lucu tapi di satu sisi juga romantis banget.. wkwkwk..



4. A Little Thing Called Love (First Love)

Country : Thailand
Language : Thai
Wikipedia : click here
IMDB : click here






5. Kuch Kuch Hota Hai

Country : India
Language : Hindi
Wikipedia : click here
IMDB : click here






6. Priceless (Hors De Prix)

Country : France
Language : French
Wikipedia : click here
IMDB : click here




When it comes to French movie, my most favorite one would be this movie.. Saya suka dua main cast-nya Audrey Tautou & Gad Elmaleh.. Jean yang diperankan Gad Elmaleh jatuh cinta kepada Irene yang diperankan oleh Audrey Tautou, sayang nya Irene adalah seorang wanita gold-digger yang berkencan dengan pria2 tua.. So sweet nya, si Jean rela ngejar Irene, menghabiskan uang nya untuk Irene, dan bahkan ia juga berkencan dengan wanita yang lebih tua demi tetap dekat dengan Irene.. Oh ya, selain plot nya yang menurut saya menarik, kita juga bakalan dapat kursus Bahasa Prancis gratis ketika menonton film ini.. wkwkwk..




7. 200 Pounds Beauty

Country : South Korea
Language : Korean
Wikipedia : click here
IMDB : click here




Serial Korea favorit saya banyak, tapi kalau ngomongin film lepas-nya, hanya satu yang menjadi favorit saya, 200 Pounds Beauty.. Film-nya lucu banget dan ost (soundtrack) nya juga bagus2 lho.. 200 Pounds Beauty menceritakan tentang Kan Han Na (Kim Ah Joong), seorang wanita overweight yang menjadi ghost-singers untuk penyanyi pop terkenal (Ammy) yang sebenarnya tidak bisa bernyanyi.. Suatu hari Ammy menghina Han-Na di depan semua orang termasuk pria yang disukai Han-Na.. Sempat berpikir untuk bunuh diri, Han-Na akhirnya memutuskan untuk menjalani operasi plastik..




8. Ex With Benefits

Country : Philippines
Language : Tagalog & English
Wikipedia : click here
IMDB :  click here




Ex With Benefits adalah film Philippines kedua yang masuk dalam daftar film favorit saya ini.. Ex With Benefits ini menceritakan tentang Arkisha dan Adam yang bertemu dan jatuh cinta ketika sama2 bersekolah di medical school.. Karena satu hal, Arkisha dan Adam berpisah.. Adam tak pernah tahu kenapa Arkisha tiba2 menghilang dan 10 tahun kemudian mereka kembali bertemu.. Banyak kejutan2 yang tak terduga, sempat mengira tidak happy ending, tapi saya girang sekali ketika pada akhirnya, it's a happy ending.. Despite their age gap yang lumayan banyak antara 2 main casts-nya, tapi bagi saya mereka berdua cocok dan so sweet banget.. hahaha..




9. Fasten Your Seatbelts (Allacciate Le Cinture)

Country : Italy
Language : Italian
Wikipedia : click here
IMDB :  click here




Setelah Philippines, Mexico, Thailand, India, Prancis, Korea Selatan, sekarang gilirannya Italia.. Dan ternyata film Italia yang satu ini, ga kalah lho dengan film2 dari negara lain.. Film nya dibuat tidak biasa, karena akan diwarnai dengan beberapa scene berupa flashbacks dan flashforwards..  Dari yang awal-nya saya kira cuma film romance biasa, ternyata film ini menawarkan lebih dari sekedar romance movie.. Elena dan Antonio adalah 2 orang yang sungguh berbeda.. Walaupun sudah sama2 memiliki pasangan, mereka akhirnya jatuh cinta.. Setelah itu, diperlihatkan bagaimana kehidupan pernikahan Elena dan Antonio, bahkan perjalanan Elena yang di-diagnosa terkena kanker payudara.. Di bagian akhir film, penonton disuguhkan adegan flashbacks, bagaimana Elena dan Antonio akhirnya bisa bersama dan sampai menikah.. Sayang, ending-nya sedikit gantung, karena di akhir scene, hanya diperlihatkan Elena dan Antonio ketika awal2 bertemu dan jatuh cinta.. Dua main casts film ini adalah Kasia Smutniak yang cantik banget dan persis banget dengan Natalie Portman, serta Francesco Arca yang cool dan ganteng itu.. hehe.. 




10. Love Me If You Dare (Jeux d'enfants)

Country : France
Language : French
Wikipedia : click here
IMDB : click here




Mari kita tutup Nat's Top 10 Non-English Romance Movies ini dengan film Prancis yang berjudul Love Me If You Dare.. Kayaknya banyak yang sudah ga asing dengan film ini ya, bahkan saya pernah lihat ftv jiplakan-nya di salah satu statisun tv swasta di Indonesia.. Saya sebenar-nya ga terlalu suka film dengan plot cerita seperti Love Me If You Dare, apalagi ending-nya.. Tapi banyak hal yang menurut saya romantis banget dari film ini, dan sayang banget untuk dilewatkan.. Apalagi pemeran utama film ini, Guillaume Canet dan Marion Cotillard, they are perfect for each other dan hubungan mereka pun berlanjut di off-screen sampai saat ini..



So that's it, the complete list of Nat's Top 10 Non-English Romance Movies.. Bagi teman2 yang punya rekomendasi film Non-English yang bagus, please let me know by leaving the comments below.. ^_^






1 comment: