Sunday, March 20, 2016

Solo Pancen Ngangeni ~ To Ambarawa & Bawen We Go


Hari kedua di Solo, saya dan keluarga pergi ke Ambarawa untuk mengunjungi our ultimate destination, Gua Maria Kerep Ambarawa (GMKA).. GMKA ini adalah alasan kenapa kami kembali ke Solo.. Ambarawa sebenarnya lebih dekat ke Semarang, dibandingkan ke Solo.. Cuma karena Air Asia belum menyediakan flight Bali – Semarang, jadi saya memilih jalur Solo.. Lagian kami juga suka dengan kuliner dan suasana kota Solo..

Untuk mencapai Ambarawa dari Solo, sebenarnya bisa naik angkutan umum.. Saya yang terbiasa naik angkutan umum kalau lagi di Malaysia atau Singapore, biasanya langsung ciut nyali nya ketika disuruh melakukan hal yang sama di Indonesia.. Kenapa?? Tahu sendiri kan gimana kondisi transportasi umum di Indonesia, belum lagi informasi nya yang serba ga jelas.. Berdasarkan info yang saya dapatkan dari browsing dan blog-walking, untuk ke Ambarawa, bisa naik bus umum jurusan Semarang, turun di Bawen, dan ganti ke angkutan umum yang menuju ke Ambarawa.. Saya sudah berusaha cari info seperti jadwal bus dan sebagainya, tapi ga nemu2 info yang pasti.. Kalau boleh membandingkan, bus2 di Singapore dan Malaysia, info lengkap nya semua sudah tersedia di website nya.. Mulai dari no bus, rute, sampai biaya nya..

Dengan pertimbangan efisiensi dan lain hal, akhirnya saya dan keluarga memutuskan untuk sewa mobil saja.. Kalau di Jogja, ada Sabila Transport yang recommended banget, nah di Solo karena baru pertama kali sewa mobil, jadi ga tau tempat rental mobil yang bagus.. Setelah tanya sana sini, kayaknya semua yang muncul di Google, saya sms-in satu2.. hahaha.. Ketemulah dengan Ixo Transport.. Ixo Transport ini menawarkan harga yang paling murah, dan paling cepat response nya.. Orang nya pun sopan dan helpful banget.. Akhirnya saya dan Pak Titus dari Ixo Transport, deal di harga 550k untuk pemakaian mobil New Avanza selama 12 jam.. Harga segitu sudah include BBM & fee driver.. Yang belum include adalah biaya parkir dan uang makan driver.. Uang makan driver menurut Pak Titus, 10rb per sekali makan.. Tapi kalau mau kasi lebih, boleh juga..

Overall, puas banget dengan service nya Ixo Transport.. Selain Pak Titus nya yang helpful, driver yang kami dapat, Pak Eko, juga super sopan dan nyetir nya enak.. Cepat tapi ga ngawur.. Sehari sebelumnya, Pak Titus sudah sms nama driver dan no hp driver.. Pas hari H, Pak Eko sudah stand-by di Ibis Styles Solo 30 menit sebelum waktu penjemputan yang saya minta.. Pak Eko juga tipe driver yang saya suka.. Ngomong seperlunya dan bukan yang hobby ngomong dan malah menjurus ke annoying.. Dan Pak Eko ini saking sopan nya, ga pernah mau kalau diajakin makan.. hahaha..

Perjalanan dari Solo menuju ke Ambarawa, ditempuh sekitar 1,5 jam.. Bukan 2,5 jam seperti yang saya lihat di Google Maps.. Padahal udah ngebayangin bakalan boring ring ring selama perjalanan.. hahaha.. Jalanan yang dilewatin pun, semi tol gitu, jadi jalanan nya lebar2.. Ga ada macet, paling ketemu sama rombongan truck aja.. Sampai Ambarawa, sebelum ke GMKA, kami mampir dulu ke Rawa Pening..

Rawa Pening adalah sebuah danau yang menjadi salah satu objek wisata air di Ambarawa.. Menurut legenda, Rawa Pening terbentuk dari air yang mengalir dari bekas cabutan lidi yang dilakukan oleh Baru Klinthing.. Kemarin Pak Eko sempat menceritakan tentang legenda ini... Bagi yang penasaran bisa baca di sini .. 

Kemarin saya memilih masuk ke area Rawa Pening melalui Kampoeng Rawa.. Kampoeng Rawa adalah tempat wisata di Rawa Pening yang dibuka di tahun 2012 kemarin.. Selain bisa menikmati keindahan danau, fasilitas yang ada di Kampoeng Rawa ini lumayan lengkap.. Pengunjung bisa mencoba berbagai fasilitas yang disediakan seperti rumah makan apung, kolam pancing, perahu motor, bebek air, becak air, dan berbagai wahana permainan lainnya.. 






 
















 

Kami tiba di Kampoeng Rawa sekitar pukul 09.00, karena kepagian jadi masih sepi banget.. Kami hanya perlu bayar 5k untuk parkir mobil.. Kami hanya foto2 di sekitar danau dan langsung capcus dan melanjutkan perjalanan menuju GMKA.. Jarak nya dekat banget kok, kira2 10 menitan juga sampai.. Jalan masuk ke GMKA berada di seberang Terminal Ambarawa.. Jadi kalau naik angkutan umum, bakalan turun di terminal ini, dan harus jalan kaki lagi beberapa ratus meter untuk mencapai GMKA.. 


 

Persis di ujung jalan masuk menuju GMKA, ada 1 penjual pecel yang terkenal banget, nama nya Pecel Mbok Kami.. Warung nya sederhana banget, tapi hebatnya warung ini ga pernah sepi.. Yang makan mulai dari warga lokal, wisatawan domestik, sampai wisatawan asing.. Berhubung baru saja breakfast porsi jumbo di Ibis Styles Solo, saya cuma icip2 aja di sini.. Nasi Pecel nya sendiri, enak banget.. Lauk pendamping nya pun banyak pilihan nya.. Apalagi gorengan nya, menggoda banget dan rasa nya memang enak.. Dua porsi Nasi Pecel, 2 plastik gorengan, sate kerang, dan aneka cemilan, kami hanya perlu membayar 40k.. 







Sampai di GMKA yang lumayan ramai hari itu karena ada acara pengobatan gratis, pertama2 kami menuju ke patung Bunda Maria, yang terletak tak jauh dari area parkir mobil.. Patung Bunda Maria Assumpta ini diresmikan pada bulan Agustus 2015 kemarin dan disebut-sebut sebagai patung Bunda Maria tertinggi di dunia.. Patung ini adalah hasil karya seniman patung dari Ambarawa dan memiliki ketinggian 42 meter.. 






GMKA sendiri dibangun di tahun 1954 dan sudah beberapa kali di-renovasi sampai akhirnya menjelma menjadi salah satu Gua Maria favorit para peziarah dan juga wisatawan yang ingin berkunjung.. Saya suka banget dengan tulisan yang terpampang di gerbang masuk GMKA.. "Per Mariam, Ad Jesum" yang artinya "Trough Mary, To Jesus" atau "
Melalui Bunda Maria, Menuju Yesus".. 




 

Setelah melewati gerbang GMKA, kami singgah ke dalam kapel untuk berdoa sejenak.. Kemudian melanjutkan ke area Gua Maria.. Di sekitar Gua Maria disediakan kursi2 plastik yang dapat digunakan peziarah.. Setelah meletakkan bunga dan lilin yang kami beli di area parkir GMKA, saatnya berdoa.. Yang saya rasakan ketika berada di sana adalah suasana yang sakral sekaligus tenang dan bikin hati adem.. Ga sedikit orang-orang yang berdoa sambil meneteskan air mata.. Suasana nya sulit kalau dijelaskan dengan kata-kata.. Seakan-akan Bunda Maria memang hadir di sana.. Saya pernah ke Gua Maria Sendangsono, tapi di sana suasana nya beda dengan di GMKA.. Di dekat Gua Maria juga ada sumber air suci yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit..

















Setelah berdoa, kami menuju ke area taman di GMKA, yang menurut map yang saya temukan, disebut Taman Doa.. Taman Doa ini adalah taman cantik yang selain bisa memuaskan indra penglihatan, kita juga bisa berkeliling dan foto2 dengan aneka replica yang menggambarkan beberapa kejadian yang ada di Alkitab.. Misalnya seperti Makam Yesus, Danau Galilea, Mujizat di Kana, Yesus dibaptis, dan sebagainya.. Overall, GMKA is beyond my expectation.. If you're Catholics, GMKA is defintiely a must visit.. If you're not, GMKA is still a worth visit since it has a beautiful garden and many instagrammable spots.. 





















Acara foto2 dan eksplorasi kami di GMKA harus terhenti karena hujan mulai turun.. Kami pun langsung bergegas menuju mobil, dan melanjutkan perjalanan ke Bandungan.. Bandungan, mungkin ibarat nya Bedugul nya Bali atau Batu nya Malang..  Perjalanan dari Semarang ke Bandungan dapat ditempuh selama 1,5 – 2 jam.. Kalau dari GMKA, dekat banget, sekitar 20-30 menit saja.. Sayang ketika kami keluar dari GMKA, hujan ternyata semakin deras.. Akhirnya kami memutuskan untuk membatalkan kunjungan kami ke Bandungan.. Toh kami sudah pernah mengunjungi Bandungan, walaupun itu sepertinya 10 tahun yang lalu.. hahaha..


 nemu ini di Indomaret Ambarawa (lol)


Batal ke Bandungan, kami pun lanjut ke next destination.. Kami menuju Bawen, karena kami ingin ke Cimory On The Valley.. Ga jauh kok dari GMKA, kurang lebih 30 menit saja.. Cimory On The Valley atau Cimory Bawen, ini saya ketahui secara ga sengaja.. Tahu nya dari blog tetangga pas saya cari2 info tujuan wisata di sekitar Ambarawa.. Biasanya saya cuma bisa mupeng kalau ada orang yang posting foto2 Cimory Riverside di Puncak sana.. hahaha..



Sayang ketika kami sampai disana, hujan masih awet aja.. Rencana jadi gagal semua.. Sudah sampai Cimory, tapi ga bisa ngapa2in.. Ga bisa explore, ga bisa foto2 cantik.. Hiks.. Akhirnya kami langsung menuju ke restaurant nya.. Berhubung Kanzler itu salah satu produk nya Cimory, jadi kebanyakan menu nya didominasi oleh sosis / sausage nya Kanzler.. Sausage nya pun jumbo2 dan kelihatannya enak2.. Selain sausage, ada juga berbagai menu western dan Indonesia.. Beberapa menu yang kami coba kemarin antara lain Zuppa Chicken Cream Soup (ga kefoto ~ 25,5k), Potato Wedges & Melted Cheese, Ring Sausage, Burger Steak, Banana Fresh Milk & Taro Jelly, dan Strawberry Yoghurt.. Kalau dari makanan, ranking dari yang paling enak sampai yang ga, adalah seperti ini : Ring Sausage, Potato Wedges & Melted Cheese, Burger Steak, dan Zuppa Chicken Cream Soup.. Favorit saya tentunya si Ring Sausage yang memang enak banget sausage nya.. Minuman nya juga enak2.. Service nya sendiri oke banget di tempat ini.. Harga juga masih oke, makan ber4, kelas resto, masih di bawah 200k.. 








 Ring Sausage (44k)


 Burger Steak (45k)


 Potato Wedges & Melted Cheese (27,5k)


 Banana Fresh Milk & Taro Jelly (11k) -  Strawberry Yoghurt (25k)


Selain Cimory Restaurant nya, kalau ke Cimory Bawen, jangan lupa mampir ke Chocomory, which is Cimory’s latest products.. Dari namanya udah ketebak kan kalau yang dijual adalah aneka olahan coklat.. Chocomory sendiri berarti chocolate forest kalau dalam Japanese.. Tapi beneran deh, kalau masuk ke store nya dijamin langsung kalap.. Sayang kalau untuk saya pribadi, mereka hanya menang di packaging.. Untuk rasa, masih ga sesuai sama harga nya yang cukup pricey.. Matcha atau green tea chocolate yang menjadi andalan mereka, saya malah ga doyan.. Matcha yang dipakai sepertinya bukan matcha yang good quality.. Kalau untuk dark chocolate dan milk chocolate-nya menurut saya masih ok.. Berikut sedikit informasi untuk perkiraan harga produk Chocomory :
Matcha Chocolate Thin : 15k
Cashew / Almond / Rice Bubble Milk Rocher : 10-13k
Belgian Dark Bar : 38k
Belgian Coffee Cookies : 17,5k
Hot Chocolate Button : 45k 









Selain store nya Chocomory, di bagian depan Cimory Bawen juga ada store yang menjual aneka produk Cimory, seperti yoghurt, fresh milk, soya milk, sausage, dan aneka cemilan.. Sayang untuk fresh milk dan fresh yoghurt, semua nya tersedia dalam ukuran yang cukup besar.. Dan kata mbak2nya, cuma bisa tahan di luar chiller / kulkas 3-4 jam aja.. Mengingat perjalanan kami masih panjang, jadi saya mengurungkan niat untuk membeli aneka susu dan yoghurt.. Saya hanya membeli Soya Milk (7k) dan Almond Tuille (25k)..



Dari Cimory Bawen kami meminta Pak Eko untuk mengantarkan kami kembali ke Solo.. Beginilah enaknya kalau ada yang nyupirin.. hahaha.. Kami berempat bisa tidur.. Eh, tapi ga ding.. Yang tidur papa, mama, dan adik saya.. Saya nya ga tidur, kan kasian Pak Eko nya.. Kalau dia ikutan ngantuk gimana.. hahaha..

Kami sampai di Solo sekitar pukul 16.00.. Rencana ke PGS kami batalkan, takut kalap lagi.. hahaha.. Jadilah kami mampir ke Matahari Dept. Store di Pasar Singosaren.. Biar namanya pasar, tapi Matahari nya besar banget.. Matahari di Bali mah kalah jauh.. Matahari Dept Store di Tunjungan Plaza Surabaya yang awalnya saya kira udah besar banget, ternyata kalah besar sama yang di Solo.. Selain besar, discount nya juga gila2an.. Baju 1 keranjang harganya 50k semua.. Yang namanya discount, bukan 20% lagi.. Tapi minimal 50%, bahkan ada yang 75%.. Saya sampai bingung mau bongkar keranjang baju yang mana.. hahaha..

Setelah sedikit shopping di Matahari Singosaren, akhirnya kami memutuskan untuk menyudahi acara kami hari itu.. Sebenarnya waktu sewa mobil masih tersisa sampai jam 7 malam, sedangkan kami keluar dari Matahari sekitar pukul 3 sore.. Tapi sebelum diantar balik ke hotel, kami minta Pak Eko mengantar kami ke Sate Tambak Segaran Putra yang kemarin masih tutup itu.. Jadilah kami makan (lagi)..

Saya memang baru nyobain 2 tempat sate di Solo, tapi kalau ditanya sate mana yang paling enak di Solo, saya pasti akan langsung recommend Sate Tambak Segaran Putra ini.. Sate nya beneran jempolan.. Menu wajib kalau makan disini adalah Sate Buntel & Tongseng nya.. Biasanya kami pesan nya yang mix, jadi dapat Sate Buntel + Sate Daging.. Sate nya dibakar perfectly.. Matang merata, tapi ga gosong.. Soalnya mereka kalau bakar sate itu telaten banget, walaupun agak lama jadinya.. hahaha..

Hanya di Sate Tambak Segaran Putra inilah saya mau makan kambing.. Soalnya kambing nya beneran ga berbau.. Bumbu nya pun enak, apalagi tongseng nya.. #LapIler.. Dan kemarin kami juga nyobain gule nya yang ternyata enak.. Harganya memang sedikit di atas rata2, tapi karena rasanya enak dan porsinya besar, jadi harga segitu masih oke buat saya.. hehehe..


 Sate Buntel + Sate Daging (50k)


 Tongseng (40k)


 Gule (40k)


Kelar makan sate, yang mungkin bikin driver kami kebingungan, ini satu keluarga dari tadi makan melulu kerjaan nya, kami pun balik menuju Ibis Styles Solo.. Malam hari nya kami ga kemana2.. Menikmati hotel ceritanya.. hahaha.. Sekitar jam 7an, papa mama saya keluar beli makan.. Beli makan nya cukup di seberang hotel aja.. Menu makan malam kami adalah Nasi Padang & Martabak nya Sari Bundo, plus tambahan Nasi Liwet Yu Djambol.. Porsi double ceritanya.. wkwk.. Menu favorit saya di Nasi Padang selain ayam gulai / ayam bakar nya, adalah kikil sapi nya.. Kikil nya bersih dan empuk.. Nasi Liwet Yu Djambol nya juga jempolan.. Harganya masih sama seperti tahun lalu, 11k aja.. Pokoknya kalau udah di Solo, kerjaan kami ya makan, makan, dan makan.. hahaha..


 Nasi Liwet Yu Djambol (11k)



To be continued..




Ixo Transport
Jl. Dr. Supomo No. 78
Solo - 57132 
Telp :0822 33378910 / 0857 78910777
support@ixotransport.com
http://www.ixotransport.com


 
Ibis Styles Solo
Jl. Gajah Mada No 23
Solo - 57131
Central Java - Indonesia
+62271 724555


Kampoeng Rawa
Jl. Lingkar Selatan Km.03 Ambarawa
Kab. Semarang - Jawa Tengah

Telp : 085100170152
info@kampoengrawa.com
http://www.kampoengrawa.com


Gua Maria Kerep Ambarawa (GMKA)
Jl. Tentara Pelajar, Kerep, Ambarawa
(Jl. Gua Maria Kerep - depan Terminal Ambarawa)
Kab. Semarang - Jawa Tengah
Telp : +62298 592085
http://www.guamariakerep.org/


Cimory On The Valley 
Jl. Raya Soekarno Hatta KM 30
Bawen, Kab. Semarang, Jawa Tengah
Telp : +6224 6921818
http://cimory.com/
 


Matahari Dept. Store Singosaren
Jl. Gatot Subroto No. 27-28 Singosaren
Solo - Jawa Tengah


Sate Tambak Segaran Putra
Jl. Gajah Mada No. 93
Solo - Jawa Tengah
Telp : 081 802500110



RM Padang Sari Bundo
Jl. Gajah Mada No 36 Solo
(depan Ibis Styles Solo Hotel)
+62271 6376991


Nasi Liwet Yu Djambol

Jl. Gajah Mada 
Solo - Jawa Tengah
(depan Ibis & Novotel Hotel)











2 comments: