Thursday, April 28, 2016

Budaya Oleh-Oleh






Oleh-oleh, kata yang satu ini akan sering saya dengar ketika orang di sekeliling saya mengetahui bahwa saya akan traveling.. Dari yang cuma kenal2 aja sampai yang kenal dekat, semuanya berkata "jangan lupa oleh-oleh nya ya".. Entah sejak kapan budaya minta oleh-oleh ini mulai muncul di tengah masyarakat Indonesia.. Well, I’m not generalizing, but this is what I see from people in Indonesia..




Saya kurang tahu di negara lain seperti apa.. Yang jelas tidak banyak yang seperti orang Indonesia, yang di luar negeri terkenal kaya raya karena doyan belanja dan ngeborong.. Yang dibeli sebagian besar ya oleh-oleh dan titipan kerabat serta teman2 mereka.. Beberapa kenalan saya yang non-Indonesian, mereka jarang sekali membeli oleh-oleh ketika kembali ke negara mereka.. Begitu juga ketika mereka datang ke Indonesia.. Paling banter oleh-oleh yang pernah saya terima adalah gantungan kunci atau boneka koala kecil atau minuman yang dibeli di duty free.. 


Semenjak rutin traveling, semakin sering kata-kata minta oleh-oleh ini terngiang di telinga saya.. Saya bukan orang yang anti dimintain oleh-oleh.. Tapi kalau prosesnya menyulitkan saya, tentu itu memberatkan saya.. Hal ini yang akhirnya membuat saya males publikasi bahwa saya akan traveling, kecuali ke sahabat dan keluarga saya.. Karena justru orang2 terdekat saya ini tidak pernah merepotkan saya dengan yang namanya oleh2 dan titipan barang..


Minta oleh-oleh sebenarnya sah2 saja, tetapi harusnya jangan sampai membebani orang tersebut.. Belum lagi kalau mintanya yang aneh2, banyak, dan yang mahal2.. Tidak semua orang punya budget ekstra untuk membeli oleh-oleh.. Tidak semua orang punya cukup waktu untuk membelikan oleh2 dan barang titipan.. Belum lagi kalau naik pesawat, bisa2 orang tersebut kelebihan bagasi, dan harus membayar biaya tambahan.. 


Saya sendiri TIDAK PERNAH meminta oleh-oleh kepada keluarga atau teman yang akan bepergian.. Saya tahu diri bahwa tidak selamanya orang yang bepergian itu sanggup dan mampu untuk membelikan oleh-oleh buat saya.. Justru mereka yang selalu bertanya "Nat, mau dibelikan atau dibawakan apa?" dan akan selalu saya jawab dengan "terimakasih, tidak perlu repot2".. Walaupun biasanya mereka akan tetap membawakan oleh-oleh untuk saya.. hehehe..


Seperti yang sudah saya katakan, saya bukan orang yang anti dimintain oleh-oleh.. Saya malahan senang kalau bisa membawakan sesuatu buat orang lain.. Dulu awal2 traveling, saya suka sekali membelikan oleh-oleh.. Bahkan terkadang uang dan waktu saya habis untuk membeli oleh-oleh tersebut.. Salah satu contohnya adalah ketika saya ke Jogja.. Saya bela2in bawa 1 kardus besar berisikan bakpia pathuk yang kalau dirupiahin hampir 800ribu itu.. Saya dan adik saya berdua gantian ngangkat itu kardus di tengah teriknya matahari Jogja.. 1 kardus bakpia itu sengaja saya beli untuk oleh-oleh keluarga dan teman2 saya.. Kejadian tersebut berulang beberapa kali dan kerap kali saya tidak menikmati liburan saya karena lebih fokus membeli oleh2 dan mencari barang titipan orang.. 








Sampai akhirnya satu sahabat saya mengatakan kepada saya, "liburan itu harusnya dinikmati, have fun, bukannya pusing ngurusin oleh2 dan titipan orang".. Setelah saya pikir2, bener juga ya.. Semenjak itu saya mulai mengurangi urusan beli oleh2 dan menolak titipan orang2.. Terlebih lagi, terkadang saya bete juga menerima permintaan oleh2 yang terkadang aneh2 itu.. Berikut beberapa pengalaman saya :


1. Minta oleh-oleh tapi MAKSA
Ada nih kenalan saya.. Saya update status lagi di airport, dia bbm, bukan untuk mengucapkan safe flight, tapi mengingatkan saya untuk membawakan oleh-oleh untuknya.. Pulang liburan, saya masuk kantor, belum juga duduk, sudah datang dan menanyakan mana oleh-olehnya.. Yang begini sih bikin saya tambah males untuk membawakan oleh-oleh.. hehehe.. Pernah suatu ketika, saya pulang ke Malang karena nenek saya meninggal, ketika saya kembali bekerja, ada lho yang nenanyakan oleh-oleh kepada saya.. wkwkwkwk..


2. Minta oleh-oleh tapi banyak maunya
Yang begini juga banyak.. "Eh Nat, kamu mau ke Singapore ya? Oleh2 ya.. Tapi jangan gantungan kunci atau yang murah2.. Baju merk ABC aja, katanya di Singapore murah".. Yang begini nih yang pengen ditabok rasanya.. Sudah minta, milih lagi.. Yang liburan aja belum tentu beli baju merk itu.. Hahaha..


3. Minta oleh-oleh, ketika dibelikan, tidak dihargai
Kejadian ini belum pernah saya alami secara pribadi sih, atau lebih tepatnya tidak terjadi di depan mata saya ketika mereka menerima oleh2 dari saya.. Kejadian ini terjadi di kantor saya.. Ada satu rekan kerja saya, beliau pergi ke Vietnam, dan ketika pulang membawa beberapa makanan khas Vietnam.. Kebetulan jumlahnya banyak dan dibagikan kepada semua penghuni kantor.. Ternyata ada beberapa rekan saya yang menilai makanan tersebut tidak enah di lidah mereka, dan akhirnya si makanan berakhir di tong sampah.. Dan ditutup dengan omelan mereka yang mengeluh kenapa tidak dibelikan barang lain saja.. hmmm.. 


4. Nitip sih, tapi..........
Nah kalau yang ini, judulnya NITIP.. Tapi ada tapi-nya.. Tapi yang pertama, nitip tapi ga mikirin orang itu mau liburan atau khusus kesana nyariin pesanan nya dia doang.. Mending kek nanyain nya, "Nat, kamu ada ke mall DEF ga? Kalau sempat, bisa tolong belikan barang ini?".. Yang ada, "eh, aku mau titip barang ini dong, tokonya ada di mall DEF".. Lha kalau orang nya ga ada tujuan ke mall itu, berarti khusus dong kesana demi membelikan barang tersebut..
Tapi yang kedua adalah "Aku titip beli tas XYZ ya, ntar foto nya aku bbm, uang nya aku ganti pas kamu pulang".. Hello, dikira belinya pakai daun ya.. Iya kalau harganya SGD 10.. Kalau harganya jutaan.. Belum lagi kalau tas nya ukuran nya besar.. Saya yang biasanya traveling pakai backpack pasti akan kesulitan membawanya.. Sahabat-sahabat saya, terkadang juga minta tolong dibelikan sesuatu ketika saya traveling.. Tapi mereka selalu tanya ke saya, saya ada ke tempat2 yang menjual barang yang ingin mereka beli ga.. Kalau iya, mereka akan survey harga nya, dan kasi uang nya (dalam mata uang negara tujuan saya) beberapa minggu sebelum saya pergi.. Dan mereka tahu diri.. Kadang nitipnya pun dalam jumlah sedikit, karena mereka takut kalau saya kesulitan bawanya.. Ya kalau begini sih, saya dengan senang hati membelikan barang2 titipan mereka plus sedikit oleh2.. hehehe..


Oleh-oleh itu sebenarnya ga buruk kok.. Berbagi kebahagiaan dan memory dengan orang2 di sekitar kita pastinya merupakan hal yang positif.. Tapi ketika minta oleh-oleh menjadi suatu budaya dan kewajiban yang terkadang membebani si traveler, saya pikir sudah saatnya mengurangi kebiasaan untuk meminta oleh-oleh.. Don't get me wrong, saya suka kok ketika diberi oleh-oleh, tapi saya akan selalu berusaha untuk tidak memintanya.. Dari pada sibuk meminta oleh-oleh, lebih baik mendoakan perjalanan liburan teman atau keluarga kita berjalan dengan lancar dan menyenangkan.. Anggaplah oleh-oleh itu sebagai bonus dan jangan kecewa ketika tidak mendapatkannya..  ^_^


Salam hangat dari Bali.. ~Nat~






2 comments:

  1. minta oleh oleh dengan kata2 halus
    tasseminar/www.yakifaelegantas.com

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete