Tuesday, April 12, 2016

Green School Bali


"Welcome to the Greenest School on Earth", kata-kata inilah yang pertama kali muncul ketika saya membuka website Green School.. Awalnya saya hanya tahu bahwa Green School itu semacam sekolah international dengan konsep go-green dan back-to-nature.. Dan ternyata adik sahabat saya, Ce Yuli, adalah seorang teacher di Green School.. Saya dan adik saya ditawari untuk free tour kesana.. Kami sudah pasti mengiyakan tawaran tersebut.. hehehe.. Secara kalau mau ikut tour, ada tour contribution nya.. Untuk Domestic Visitor, contribution-nya 100k per orang.. Tapi contribution-nya ini, 100% akan dipakai untuk Local Scholars Programme (beasiswa untuk murid lokal).. 

Green School terletak di Desa Sibang Kaja, Abiansemal, sekitar 30 menit dari kota Denpasar dan Ubud.. Rute nya cukup tricky karena masuk ke pedesaan, tapi pakai Waze atau Google Maps pasti sampai kok.. Berhubung kami bawa teacher nya Green School yang notabene sudah tahu seluk beluknya jalanan di sana, maka kami sampai dengan selamat di Green School.. hehehe..




Kami berempat tiba di Green School sekitar pukul 10.00.. Kebetulan hari itu sedang tidak ada jadwal tour.. Jadi kami bisa bebas, sepertinya visitors-nya hanya kami berempat dan hanya ada beberapa staff yang terlihat.. Di pintu masuk, kami dibagikan kalung id card yang bertuliskan "visitor".. Tujuan pertama kami di Green School adalah toilet.. hahaha.. Bukan kebelet atau apa, kami bertiga (selain Ce Yuli) selalu penasaran ketika Ce Yuli cerita tentang toilet di Green School yang natural banget.. Jadi dalam satu ruang toilet ada 2 macam kloset.. Satu untuk buang air kecil, dan satu untuk buang air besar.. Di sini ga ada sistem air atau flush atau shower.. Yang ada adalah tumpukan daun kering.. Jadi kalau udah selesai urusan alam, langsung deh ditutupi dengan dedaunan kering (tanpa disiram).. Nantinya akan ada yang ngambilin dedaunan dan teman2 nya itu untuk dijadikan pupuk kompos.. Saya sih cuma foto2 aja, tapi ga nyobain.. Ga kebayang deh.. hahaha..












Banyak hal menarik yang saya temui di Green School.. Semua bangunan dibangun dari bambu dan bahan2 alami lainnya.. Walaupun dari bahan yang sederhana, tapi arsitektur dan design nya keren abis.. Saya paling suka dengan bangunan utama-nya.. Bangunan paling besar di Green School ini, terdiri dari dua lantai.. Visitors yang berkunjung ke Green Shcool bisa memberikan donasi, dan nama mereka akan diukir atau ditulis di bambu2 yang terletak di bangunan utama ini.. 




















Fasilitas yang ada di Green School juga lengkap banget.. Mereka punya Art Studio, Music Room, Yoga Studio, Kitchen / Cafetaria, dll.. Di sini juga ada Begawan Foundation, suatu organisasi yang fokus dan peduli terhadap penangkaran dan konservasi burung Jalak Bali atau Bali Starlings..  Di dekat tempat penangkaran Jalak Bali, juga terdapat mud pool atau kolam lumpur.. Sayang kemarin karena lagi kemarau, jadi kolamnya rada kering..






Kami juga berkunjung ke beberapa classroom (ruang kelas) yang ada di Green School.. Green School ini menerima siswa / murid untuk pre-kindergarten, kindergarten, primary (grade 1-5), middle (grade 6-8), dan high school (grade 9-12).. Walaupun konsep nya back to nature, jangan salah, fasilitas di kelas nya komplit banget.. Ga kebayang kalau sekolah di tempat ini.. Belajarnya di hutan dan view yang didapat adalah hijaunya pepohonan dan jernihnya air sungai yang mengalir di samping kelas.. 










Dengan segala kelebihan yang ditawarkan oleh Green School, pasti penasaran kan dengan school fee nya.. Sempat shock juga sih waktu lihat daftar fee nya.. Untuk registration fee nya aja sudah mencapai setengah ratus juta.. Belum lagi tuition fee nya.. Kalau yang high school, per tahun sepertinya mencapai angka 200jutaan.. wkwkwk..

Selain hal2 yang sudah saya mention di atas, masih banyak hal-hal menarik dari Green School.. Biar foto yang menjelaskan ya.. hehehe.. Two words for Green School, Unique & Cool.. Ga kebayang ada sekolah yang keren seperti ini.. Bagaimana seorang anak, semenjak dini sudah diajarkan untuk lebih mencintai dan menghargai alam ini.. Semoga semakin banyak sekolah dengan konsep seperti ini, tapi minus konsep toilet-nya ya.. hahaha.. Thanks to Green School for the inspirational life-lesson, and thanks to Ce Yuli & Ce Erni for the free tours..  ^_^





















Green School Bali
Banjar Saren, Jalan Raya Sibang Kaja
Abiansemal, Badung
80352 – Bali

Phone : +62361 469875 
http://www.greenschool.org/





3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. menakjubkan
    tasseminar/yaakifaelegatas.com

    ReplyDelete
  3. terima kasih atas comment2nya.. ^_^

    ReplyDelete