Thursday, May 11, 2017

Round The Malaysia Trip ~ #3 A Long Way To Langkawi




Setelah 1 jam mengudara, pesawat Air Asia AK6412 yang kami naiki akhirnya mendarat dengan selamat di Penang International Airport.. Tapi Penang bukanlah tujuan kami sebenarnya.. Di Penang kami hanya transit selama beberapa jam dan sorenya kami akan terbang lagi menuju Langkawi.. Dari Johor Bahru menuju Langkawi memang belum tersedia direct flight, khususnya untuk Air Asia.. Opsi yang bisa diambil adalah rute yang saya ambil ini, Johor Bahru - Penang - Langkawi atau bisa juga ambil rute Johor Bahru - Kuala Lumpur - Langkawi.. Saat memesan tiket, saya hanya kepikiran rute yang pertama.. Sayangnya jadwal flight Air Asia untuk rute ini ternyata tidak banyak.. Alhasil kami harus transit cukup lama di Penang.. Kalau memilih rute Johor Bahru - Kuala Lumpur - Langkawi, pilihan flight yang tersedia cukup banyak, jadi kita tidak perlu transit lama2, walaupun jika dilihat dari durasi penerbangan akan sedikit lebih lama dibandingkan rute yang saya pilih..


approaching Penang





Penang International Airport



Kami punya waktu transit sekitar 4 jam di Penang.. Sayang sekali kalau hanya dihabiskan di airport.. Maka dari itu saya memilih untuk menghabiskan waktu di shopping mall terdekat.. Shopping mall yang letaknya paling dekat dengan Penang International Airport di Bayan Lepas ini adalah Queensbay Mall.. Queensbay Mall ini adalah mall terbesar yang ada di Penang jadi pilihan outlet dan tempat makannya pastilah sangat banyak..

Dari Arrival Hall kami menuju ke tempat pemberhentian Rapid Penang Bus.. Transportasi publik di Penang adalah salah satu yang terbaik di Malaysia.. Walaupun Penang tidak punya Monorail atau MRT, tapi bus Rapid Penang-nya top banget.. Rute-nya banyak, harganya murah meriah, armada bus-nya banyak, dan pastinya bus-nya dalam kondisi bersih dan dingin.. Harga tiket bus-nya mulai dari RM 1.40 atau sekitar IDR 4k.. Selain bus Rapid Penang yang berbayar ini, Penang juga punya Bus CAT yang beroperasi di seputaran Georgetown dan hebatnya GRATIS.. hehehe..





Bus Rapid Penang






Dari Penang International Airport, kami menaiki bus no 306 (atau 401E) untuk menuju Queensbay Mall.. Sampai di mall, pertama2 kami menuju ke counter-nya Digi untuk membeli sim card Malaysia.. Ini adalah kedua kalinya saya membeli sim card local setelah sebelumnya pertama kali membeli sim card di Thailand.. Sebelum2nya saya tidak pernah membeli sim card.. Kali ini "terpaksa" beli sim card local karena kami akan menyewa mobil sehingga memerlukan internet untuk meng-akses Google Maps dan Waze Kenapa Digi yang saya pilih?? Menurut sumber yang saya dapatkan, konon Digi signal-nya lebih kuat terutama untuk daerah2 terpencil.. Ya ibarat kalau di Indonesia, T*lkom*el.. hehehe.. Selain Digi, masih ada Maxis, Celcom, dll.. Ada dua jenis sim card Digi yang bisa dipilih, yaitu Digi Prepaid Live dan Digi Prepaid Best.. Saya memilih Digi Prepaid Best yang harganya RM 8.. Untuk proses aktivasi akan dibantu oleh staff Digi, yang hanya meminta passport saya untuk proses pendaftaran.. Untuk paket internet, saya memilih paket 1 bulan dengan kuota 3+4GB dengan harga RM 28.. Untuk 10 hari di Malaysia dengan penggunaan yang cukup intens, paket internet ini sudah lebih dari cukup.. Bahkan sudah dipakai streaming dan download pun kuota-nya masih sisa banyak.. Hal ini yang membuat saya sedikit curiga dengan paket internet dari operator local di Indonesia..




Queensbay Mall






Digi Sim Card & Paket Internet




Urusan sim card beres, kami pun mencoba untuk mengelilingi Queensbay Mall.. Sayang karena membawa ransel, jadi jalan2nya menjadi kurang nyaman.. Sebenarnya saya sudah mencari info tentang baggage storage counter atau locker di Penang International Airport, sayang hasilnya nihil.. Jadi terpaksa si backpack kami bawa jalan2.. hehehe.. Kami juga sempat mampir ke counternya Hokkaido Baked Cheese Tart.. Maklum di Bali belum ada, jadi penasaran pengen nyobain.. wkwkwk.. Kemarin kebetulan ada promo buy 5 get 1 free dengan 3 jenis Cheese Tart yang bisa dipilih, yaitu Original, Chocolate, dan Durian.. Harganya RM 5.80 untuk yang Original dan Chocolate, dan RM 6.60 untuk yang Durian..


Hokkaido Baked Cheese Tart










Setelah itu kami mampir ke Aeon Supermarket untuk membeli air mineral dan buah2an, dan kemudian menuju Seoul Garden untuk makan siang.. Seoul Garden ini memang menjadi incaran saya dan adik saya.. Baca review-nya di internet katanya recommended.. Jadilah kami penasaran dan memutuskan untuk lunch di Seoul Garden..


Seoul Garden @ Queensbay Mall



Seoul Garden ini adalah restaurant franchise dari Singapore dengan konsep buffet atau All You Can Eat (AYCE).. Pengunjung bisa menikmati makanan dengan style BBQ dan Stemboat, dan ada lebih dari 100 pilihan ingredients yang bisa diambil sesuka hati.. Untuk Weekday Lunch harga per orang-nya adalah RM 37.. Harga ini belum termasuk soup base dan minuman yang kalau untuk 4 orang dikenakan RM 23.. Soup base yang kami pilih adalah Baby Abalone Soup.. Ketika masuk ke dalam resto, saya cukup heran karena hanya ada 2 orang mba2 yang sedang santap siang.. Mungkin karena weekdays pikir saya.. Tapi restaurant lain di sebelah Seoul Garden perasaan juga ga sepi2 amat.. #suspicious

Pilihan makanannya cukup banyak, mulai dari daging2an (sapi, ayam, ikan, dan kerang), sayur2an, aneka bakso, aneka gorengan (kentang goreng, dumpling, dan chicken wing), nasi putih, buah2an segar, ais kacang, ice cream, dan minuman soda.. Sayang semua makanan tersebut walaupun varians-nya banyak, terlihat kurang fresh dan kualitasnya kurang baik.. Begitu juga dengan peralatan makan yang terlihat ada beberapa yang kurang bersih.. Ikan fillet yang kami ambil juga kurang fresh dan entah jenis ikan apa yang dipakai karena rasanya tidak enak (amis dan berlemak).. Pot untuk steamboat dan tempat BBQ juga terlalu kecil, sehingga menyulitkan proses masak-memasaknya.. Overall, saya dan keluarga sungguh kecewa dengan makan siang kami di Seoul Garden ini.. Apalagi harga yang kami bayar juga tidak murah.. Tapi setelah keliling ke kota lain di Malaysia, sepertinya kami salah pilih outlet Seoul Garden.. Karena outlet Seoul Garden yang kami lewati semuanya ramai dan kelihatan pilihan makanannya juga lebih oke..






















Setelah makan siang, kami memutuskan untuk kembali ke airport.. Sebenarnya kami bisa saja naik bus Rapid Penang, tetapi bus akan memutar dulu ke kota sebelum kembali ke airport.. Dengan alasan efisiensi akhirnya saya memilih untuk naik taxi online.. Ini juga merupakan salah satu alasan kenapa saya memutuskan untuk membeli sim card local.. Supaya lebih mudah kalau perlu order taxi online.. Perjalanan dari Queensbay Mall ke Penang International Airport ditempuh selama kurang lebih 20 menit, jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan naik bus.. Biaya yang kami keluarkan sekitar RM 20 karena kami memesan Uber XL.. Jadi selama di Malaysia, saya selalu memesan Uber XL atau Grab 6-Seater.. Saya masih trauma ketika pesan yang reguler dan datangnya city car yang imut2 itu.. Bayangkan saja, kami berempat sudah jumbo2.. Belum lagi kalau bawa backpacks atau belanjaan.. Jadi untuk amannya sekalian pesan mobil yang besar.. Daripada pesan yang kecil terus ditolak sama driver-nya.. hahaha..

Singkat cerita, akhirnya kami tiba di Penang International Airport dan terbang dengan maskapai kesayangan, Air Asia, menuju Langkawi.. Langkawi adalah sebuah kepulauan yang termasuk dalam negara bagian Kedah.. Kepulauan Langkawi ini terdiri dari 104 pulau, dimana Pulau Langkawi adalah pulau yang terbesar.. Langkawi dikenal sebgai “Jewel of Kedah” atau “Permata Kedah” dan terkenal akan keindahan alam-nya yang menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke Langkawi.. 

Langkawi ini sebenarnya salah satu destinasi di Malaysia yang sudah ingin saya kunjungi sejak lama.. Sayang timing-nya selalu tidak tepat.. Dan akhirnya kesempatan itu datang juga.. Awalnya kami berencana untuk stay di Langkawi selama 3 hari.. Tapi setelah browsing sana-sini, sepertinya tidak banyak yang bisa dilakukan di Langkawi, terutama buat saya dan keluarga yang bukan “anak pantai” dan pecinta alam.. Jadilah stay 3 hari itu di-revised menjadi 1 hari 1 malam.. Sebagai akibatnya, saya pun harus membeli tiket ulang tiket Langkawi – Penang.. Untung yang dibuang tiket harga 9 ringgit ya.. Kalau mahal kan rugi bandar saya.. hahaha.. 

Perjalanan dari Penang menuju Langkawi hanya berdurasi 35 menit.. Ini merupakan salah satu penerbangan tersingkat yang pernah saya alami.. Sepertinya pesawat baru saja meninggalkan Penang dan sekarang tiba2 sudah mendarat saja di Langkawi International Airport.. Langkawi International Airport ini ternyata super mungil.. Bila dibandingkan dengan Adi Sucipto Airport jaman dulu saja masih kalah.. hahaha.. Memasuki arrival hall kami langsung disambut dengan teriakan dari para staff counter sewa mobil yang berjejer di arrival hall.. Segala macam teriakan dan panggilan ditujukan ke setiap orang termasuk kami.. Saya pun mendatangi counter2 tersebut karena saya sudah memesan mobil sewaan ke salah satu counter..



maskapai favorit ^_^


Langkawi International Airport


welcome to Langkawi


counter sewa mobil + tour di Arrival Hall




Langkawi memang belum memiliki sarana transportasi public yang memadai.. Jadi satu2nya pilihan buat wisatawan adalah naik taxi atau sewa kendaraan (mobil / sepeda motor).. Dari dua opsi tersebut, saya tentu memilih menyewa kendaraan.. Karena kami berempat, jadi akan jauh lebih hemat dan nyaman jika menyewa mobil.. Apalagi Langkawi itu puaanaass.. hahaha.. Dari sekian banyak perusahaan yang menawarkan jasa rental mobil, saya menjatuhkan pilihan pada Kasina Rent Car.. Kasina Rent Car ini berdasarkan review yang saya baca, sangat recommended.. Saya mencoba menghubungi mereka via website, meminta quotation, dan langsung direspons dengan cepat.. Untuk harga, mungkin harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan perusahaan lain.. Tapi selisihnya tidak banyak.. Proses pemesanan juga bisa dilakukan via online.. Saya hanya perlu memberikan rincian kartu kredit saya, dan saat tiba diminta untuk menunjukkan passport, SIM Indonesia, dan kartu kredit untuk proses pembayaran.. Untuk durasi 21 jam, saya membayar RM 146 (sudah termasuk insurance).. Kartu kredit saya di-block sebesar RM 500 sebagai deposit.. Dan nantinya bila tidak ada kerusakan atau kekurangan saat mobil dikembalikan, jumlah RM 146 saja yang akan dibebankan ke saya.. 


Kasina Counter


Kasina Website




Setelah proses administrasi selesai, kami diantar menuju area parkir airport, dimana sudah menanti mobil mungil pesanan saya.. Saya memesan mobil Perodua MYVI 1.3 Manual, mobil mungil yang sangat praktis untuk dibawa keliling Langkawi.. Saya wanti2 ke staff-nya Kasina agar disediakan mobil yang manual karena saya tidak terbiasa menyetir mobil matic.. hehehe.. Oleh staff-nya, kami dijelaskan mengenai kondisi mobil, apakah ada goresan yang memang ada sebelumnya, jenis bahan bakar yang digunakan dan isi tangki bahan bakar saat serah terima.. Kebetulan saat itu, bahan bakar yang tersisa adalah 1/2 tangki, jadi besok saat pengembalian, kami harus mengembalikan mobil dengan isi tangki bahan bakar yang sama.. Fair enough..


mobil sewaan kami (recommended)




Kebetulan yang mendapatkan "privilege" untuk menyetir adalah saya.. hahaha.. Adik saya kebagian menjadi pemandu karena dia yang paling ahli membaca peta.. Sedangkan papi mami kebagian duduk manis di kursi belakang.. hehehe.. Untuk 4 orang, mobil ini sangat pas.. Backpack kami sudah tersusun rapi di bagasi belakang mobil.. Mungkin kalau untuk 5 orang, masih muat.. Kondisi jalanan di Langkawi juga cukup ramah bagi tourists macam kami.. Jalannya lebar2 dan kondisi jalan sepi2 saja.. Destinasi pertama kami tentu hotel kami yang terletak di Pantai Cenang.. Perjalanan dari Airport menuju Pantai Cenang hanya memakan waktu sekitar 15 menit.. 

Pantai Cenang adalah kawasan pantai yang paling ramai dan “happening” di Pulau Langkawi.. Di kawasan ini banyak terdapat hotel, resort, restaurant, duty free, dan toko2 yang sekilas mengingatkan saya dengan kawasan Kuta atau Legian di Bali..



Sesampainya di Pantai Cenang kami langsung check-in di Cenang Plaza Beach Hotel yang review-nya akan saya tulis terpisah.. Setelah berberes sebentar, kami ke luar hotel dan langsung menuju pantai yang berada persis di belakang hotel.. Ah, rasanya luar biasa ketika melihat tulisan "Langkawi : Permata Kedah" itu secara langsung.. Akhirnya saya berhasil juga mengunjungi Langkawi.. wkwkwk.. Sekilas pantainya cukup bersih.. Pasirnya putih dan ombaknya juga tidak terlalu besar.. Pecinta watersport juga bisa menikmati aneka watersports seperti jetski dan parasailing di pantai ini.. Sayang sore itu cuaca sedikit mendung jadi kami tidak berlama2 di pantai..

Pantai Cenang / Cenang Beach







Setelah sedikit bernarsis ria di Pantai Cenang, kami berangkat menuju kota Kuah.. Kuah adalah kota utama di Pulau Langkawi.. Kuah ini merupakan arrival point bagi pengunjung yang datang ke Langkawi via jalur laut.. Sebenarnya selain Pantai Cenang, Kuah juga merupakan salah satu daerah di Langkawi yang menjadi favorit para tourist untuk menginap.. Sayang dari sekian banyak hotel di Kuah, belum ada yang sreg di hati.. hehehe.. 

Alasan kami menuju Kuah malam ini karena kami ingin mengunjungi Pasar Malam Kuah (Kuah Night Market) yang terletak di dekat MyHotel.. Pasar malam di Langkawi akan berpindah2 lokasinya setiap hari.. Dan kebetulan di hari Rabu, lokasinya beradai di kota Kuah ini.. Perjalanan menuju kota Kuah memakan waktu sekitar 45 menit.. Kebetulan jalur yang saya ambil saat itu adalah jalur tercepat yang menyusuri pinggiran pulau Langkawi.. Jadi jalannya naik turun dengan lampu penerangan yang sangat minim.. Untung kami berangkat saat hari belum gelap.. Pulangnya akhirnya saya memilih jalur kota yang sedikit lebih jauh tapi dengan kondisi jalan yang lebih oke..  
Pasar malam-nya sendiri sebenarnya biasa saja.. Yang paling banyak dijual tentu makanan.. Selain makanan ada baju, dvd, accessories, dll.. Pasar malam ini buka mulai pukul 17.00 sampai tengah malam.. Berhubung perut belum terisi semenjak lunch di Seoul Garden, jadinya kami sedikit kalap malam itu.. Semua dibeli dan dicoba.. Mulai dari sate, ayam goreng, ayam bakar, kue apom, nasi lemak, dan masih banyak lagi.. Dari sekian banyak makanan yang kami coba, yang paling menarik tentu si Nasi Kerabu dengan warna nasinya yang biru itu.. Awalnya agak serem juga lihat makanan warna biru, apalagi ada penjual yang warna nasinya biru ngejreng gitu.. wkwkwk.. Tapi stall yang saya datangi ini, warna nasinya lebih natural.. Jadi saya masih berani untuk nyobain.. Setelah saya browsing2, ternyata warna biru-nya ini berasal dari bunga telang atau butterfly-pea yang memang digunakan saat proses memasak nasi.. Nasi Kerabu ini juga hadir dengan aneka sayuran, semacam abon ikan, dan pilihan lauk seperti ayam goreng, ikan goreng, dan telur asin.. Seporsi hanya RM 5 dan rasanya ternyata enak.. hahaha.. Selain Nasi Kerabu, kami juga menemukan buah2an yang belum pernah kami lihat sebelumnya.. Overall, Kuah Night Market ini layak untuk masuk destinasi wajib ketika berkunjung ke Langkawi.. Toh, malam2 di Langkawi juga ga banyak yang bisa dilakukan.. hahaha..



Kuah Night Market


aneka ayam goreng + ayam bakar


Nasi Kerabu






tee.. sateee.. (lol)


yang atas mirip salak, entah dalamnya seperti apa (ga beli)
yang bawah perpaduan antara tomat dan buah kesemek (enak)


Cenang Mall at night



To be continued..



Air Asia
http://www.airasia.com/


Penang International Airport
Bayan Lepas, Penang 11900
Malaysia
http://www.penangairport.com/


Rapid Penang

http://www.rapidpg.com.my/


Queensbay Mall
Persiaran Bayan Indah Bayan Lepas
Georgetown, Penang 11900
Malaysia
Opening Hours  :  10.30 - 22.30
http://queensbaymallmalaysia.com/ 
 

Digi @ Queensbay Mall
LG-D3A Queensbay Mall
https://new.digi.com.my/home


Hokkaido @ Queensbay Mall
LG-107 Queensbay Mall


Seoul Garden @ Queensbay Mall
3F-02 Queensbay Mall
http://www.seoulgarden.com.my/
 

Langkawi International Airport
07100 Langkawi, Kedah, Malaysia
https://www.langkawiairport.com/


Kasina Rent Car
Langkawi Airport Arrival Hall Counter C8
No 3-4 Sun Mall, Pantai Tengah, Langkawi
Email  :  lgk@kasina.com.my
http://www.kasina.com.my/




Cenang Plaza Beach Hotel
Lot 2606 Jalan Pantai Cenang
07000 Langkawi, Kedah, Malaysia
http://www.vibrant-collections.com/


Cenang Mall
Lot 2605 Jalan Pantai Cenang
07000 Langkawi, Kedah, Malaysia
Opening Hours  : 11.00 - 23.00 
http://www.vibrant-collections.com/cenang-mall-5.aspx


Kuah Night Market
Lencongan Putra 3 (opp. My Hotel)
07000 Langkawi, Kedah, Malaysia
Every Wednesday & Saturday
Opening Hours  :  17.00  -  22.00
Other Night Market location  :  http://www.langkawi-info.com/




No comments:

Post a Comment