Saturday, June 3, 2017

Round The Malaysia Trip ~ #6 Batu Ferringhi & Evening Well-Spent In Penang

Masuk ke dalam Komtar Bus Terminal, kali ini kami menunggu Bus Rapid Penang no 101 yang akan membawa kami menuju Batu Ferringhi.. Berhubung di tahun 2015 kemarin kami belum sempat mengunjungi Batu Ferringhi, kali ini saya bertekad tidak boleh terlewatkan lagi.. wkwkwk..

Batu Ferringhi adalah sebuah daerah pesisir di pinggiran kota Georgetown, dan terletak di sepanjang pantai utara Pulau Pinang..  Batu Ferringhi ini terkenal akan wisata pantainya, dimana pengunjung bisa menikmati keindahan pantai, sunbathing, dan bermain watersports.. Di sepanjang pantai Batu Ferringhi juga berjejer resort2 dan hotel2 berbintang.. Bagi wisatawan yang lagi honeymoon atau ingin menjauh dari hiruk pikuk perkotaan, kayaknya cocok kalau menginap di Batu Ferringhi.. Kelemahannya adalah lokasi Batu Ferringhi ini cukup jauh dari pusat kota di Georgetown.. Tapi transportasi menuju kota cukup reliable, ada Bus Rapid Penang, dan tentunya taxi.. hehehe..

Berhubung tidak menginap di Batu Ferringhi, jadi saya mencari-cari restaurant dimana kami bisa nongkrong santai sambil menikmati keindahan pantai Batu Ferringhi.. Setelah browsing sana-sini, banyak yang recommend Starbucks Batu Ferringhi.. Jauh2 naik bus hampir 45 menit dari Komtar, ujung2nya nongkrong di Starbucks.. hahaha..

Starbucks Batu Ferringhi ini persis terletak di samping The Ship (resto) dan berada di seberang bus stop Bus Rapid Penang.. Jadi ga perlu jalan jauh setelah turun dari bus.. Starbucks-nya juga luas.. Kami dan pengunjung lainnya bisa memilih mau duduk di ruangan indoor yang tentunya ber-AC atau di outdoor.. Di bagian outdoor pun bisa pilih mau duduk di kursi biasa, sofa, sampai di lounger/sunbed.. Dan guess what, Starbucks Batu Ferringhi ini punya akses langsung ke pantai.. Jadi buat yang mau main di pantai bisa langsung tuh.. Disediakan tempat bilas pula.. hehehe..

Starbucks Batu Ferringhi

(L-R : Ice Brewed Coffee RM 11.10 , Iced Green Tea Latte
RM 17.00 , Mocha Praline Cappuccino RM 18.60)

Kami yang bukan anak pantai ini, tentu memilih di ruangan ber-ac.. Lagian enakan duduk manis di sofa sambil nyeruput Green Tea Latte kesukaan saya daripada panas2an main pasir.. wkwkwk.. Pantai-nya sendiri oke lah.. Kemarin kebetulan Penang baru diguyur hujan, jadi masih rada2 mendung gitu.. Kalau dibandingkan dengan pantai di Bali sih jauh ya.. hehehe..

Batu Ferringhi Beah

Setelah rasa penasaran kami akan Batu Ferringhi Beach terjawab, kami pun kembali naik bus no 101.. Kali ini bus stop-nya berada di dekat Holiday Inn Resort.. Di perjalanan kami juga melewati Tanjung Bungah Floating Mosque yang juga ramai dikunjungi wisatawan.. Kali ini kami turun di Tesco Tanjung Pinang.. Saya penasaran aja, ingin tahu Tesco itu seperti apa.. hahaha.. Tesco sendiri adalah toko retail atau supermarket-chain yang berasal dari Inggris.. Kalau di Indonesia, mungkin mirip seperti Carrefour dan Hypermart ya.. Supermarket-nya besar banget.. Saya di sini hanya beli bumbu2 masak dan snack2 yang ga ada di Indonesia.. Selain supermarket, di sini juga ada toko2 kecil, food court dan resto fast food seperti KFC, Swensen, dan McDonalds..

Tesco Tanjung Pinang

Sayang saat kami keluar dari Tesco, hujan turun lagi.. Kami pun setengah berlari menuju Straits Quay Marina Mall yang untungnya hanya berjarak 500 meter dari Tesco.. Straits Quay Marina Mall adalah shopping mall sekaligus marina / harbour yang berlokasi di Seri Tanjung Pinang..

Straits Quay Marina Mall

Berkah dari kehujanan, ternyata di main atrium Straits Quay lagi ada clearance sale-nya Original Classic (OC).. OC ini adalah outlet yang menjual aneka peralatan olaharaga, seperti sepatu dan sport apparels..  Kalau di Indonesia, seperti Planet Sports.. Lumayan banget, dapat sepatu dengan harga puluhan ringgit saja.. hahaha.. Staff-nya juga ramah dan helpful banget..

Original Classic Sale @ Straits Quay

Overall, ga banyak sih yang bisa dilihat di Straits Quay.. Tempat makan juga hanya beberapa.. Di ground floor ada supermarket kecil dan ada hospital juga di dekat mall.. Main attraction-nya ya marina / harbor-nya.. Bagus banget.. Kita bisa jalan2 santai sambil menikmati pemandangan laut dan yacht2 yang sedang “parkir” di marina, entah siapa pemiliknya.. hehehe.. Apalagi kalau kesini-nya pas menjelang sunset.. Cocok buat yang suka ber-narsis ria dan yang lagi bareng pasangan.. wkwkwk..

the marina

Berhubung malas jalan kaki balik ke Tesco dan Uber/Grab juga ga ada yang mangkal di dekat Straits Quay, akhirnya kami naik taxi yang memang mangkal di depan Straits Quay.. Supir taxi-nya cerewet banget.. Kami ditawari ini itu, mau diajak mampir ke toko oleh2 lah.. Paling sebel kalau dapat supir t axi model begini.. hahaha.. Mana ga mau pakai argo.. Dari Straits Quay ke Hotel Neo+ Penang, kami harus membayar RM 25..

Sore harinya, sekitar pukul 17.30, kami keluar hotel dan berjalan menuju Our Lady of Sorrows Church yang hanya berjarak sekitar 500 meter dari hotel.. Sudah menjadi kebiasaan kami, kemanapun kami pergi, kami pasti menyisihkan waktu sejenak untuk ke gereja.. Gereja Katolik jumlahnya cukup banyak di Georgetown.. Selain Our Lady of Sorrows Church, ada juga St. Francis Xavier Church di Jalan Penang, dan Church of Immaculate Conception yang berada di Pulau Tikus dan dekat dengan Penang Adventist Hospital serta Plaza Gurney, dan masih banyak lagi..

Our Lady of Sorrows Church  ini walaupun dari luar kelihatan “biasa”, tapi dalamnya ternyata bagus banget.. Simple tapi modern dan elegan.. Berhubung kemarin masih dalam masa pra-paskah, jadi sebelum misa ada Jalan Salib atau Stations of The Cross.. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris dan dicampur dengan Bahasa Mandarin juga.. Senang banget bisa punya kesempatan berkunjung dan ikut misa di gereja ini..

Our Lady of Sorrows Church

Selesai misa, kami melipir ke sebelah gereja, yaitu ke New Lane Hawker Center.. Kemarin malam ketika kami baru tiba dari Langkawi, kami juga makan malam di New Lane Hawker Center ini.. Maklum hawker center ini yang paling dekat dengan hotel.. hehehe..

New Lane atau dalam bahasa Melayu, Lorong Baru adalah satu jalan kecil di Jalan Macalister, yang berlokasi di dekat Penang Times Quare dan Sunway Hotel Georgetown, salah satu hotel favorit di Penang.. Setiap hari, kecuali hari Rabu, mulai pukul 16.00 jalan ini akan ditutup dan kendaraan tidak boleh melintas lagi.. Sebagai gantinya, jalan ini akan dipenuhi oleh pedagang2 makanan.. Makanan di New Lane Hawker Center ini menurut saya enak, jauh lebih enak dibandingkan dengan Gurney Drive Hawker Center yang difavoritkan para tourist itu.. Dibilang enak banget dan istimewa juga ga.. Yang jelas makanannya rata2 enak, harganya murah, pilihannya banyak, dan dekat dengan hotel.. Favorit kami pokoknya.. hehehe..

New Lane Hawker Center

Beberapa makanan yang sempat kami coba dan recommended antara lain Sup Lembu atau Beef Soup, Char Kway Teow, Oyster Omelette, Chee Cheong Fun, Sotong Kangkong, dan BBQ Chicken Wings.. Beberapa kali kami ke New Lane Hawker Center, kami selalu memilih kopi tiam yang berada di sebelah kanan ketika kita baru masuk ke New Lane Hawker Center.. Buat first-timer, makan di model hawker center gini ada trick-nya.. Alih2 seperti kami tahun 2015 kemarin.. Diomelin sama penjual minuman gara2 ga ngerti cara makan di hawker center di Penang.. Pertama2, cari meja terlebih dahulu.. Pesan minuman (wajib), bayar minumannya, baru deh menyebar dan pesan makanan ke masing2 stall.. Nanti di penjual makanannya, tinggal tunjuk aja kita duduk dimana.. Bayarnya pas makanan di antar ke meja..

Chee Cheong Fun

Sotong Kangkong

Sup Lembu / Beef Soup

Curry Mee

BBQ Chicken Wings

Char Kway Teow

Oyster Omelette

Selesai makan, kami tidak kembali ke hotel, tapi malah menyusuri Jalan Gurdwara.. Walaupun sudah makan di New Lane Hawker Center, kami masih penasaran dengan resto Nasi Kandar yang dibilang driver Uber kami ketika datang dari Penang International Airport.. Katanya Nasi Kandar ini lagi naik daun dan bahkan mengalahkan nasi kandar terkenal lainnya seperti Nasi Kandar Line Clear, Nasi Kandar Beratur, dan Nasi Kandar Pelita.. Kami yang mendengar jadi penasaran dong pastinya.. hahaha…

Deen Maju Nasi Kandar ini berlokasi kurang lebih 300 meter dari Hotel Neo+ Penang.. Resto Nasi Kandar ini buka mulai pukul 16.00  – 23.00.. Saat kami datang, antrian sudah mengular.. Bagi yang mau makan di tempat / dine in bisa lebih cepat karena bakal langsung dilayani.. Nasi Kandar-nya ternyata ENAK BANGET.. Saya yang ga begitu suka Nasi Kandar langsung suka dari suapan pertama.. Kalau orang Malaysia justru kalau makan Nasi Kandar pasti minta kuahnya banjir alias banyak.. Tapi saya dan keluarga justru ga suka.. Rada eneg sama bumbu curry-nya.. Jadi kami selalu minta tanpa kuah.. Lagian lauk pauk-nya juga pasti berbumbu kan.. Yang menjadi favorit orang dan saya tentunya adalah Ayam Goreng atau Fried Chicken-nya.. Ayam goreng-nya itu enak, full rempah2, garing di luar, dan dalamnya masih juicy.. Apalagi kalau request tambah kremesan ayam gorengnya.. Enak banget.. hehehe.. Mama saya yang biasanya anti Nasi Kandar saja habis 1 porsi sendirian kok.. wkwkwk.. Ga heran orang2 pada rela antri, lha rasanya memang beneran enak.. Satu porsi Nasi Kandar dengan 1 lauk, misalnya Ayam Goreng, harganya RM 7 atau IDR 21k.. Kalau pakai 2 lauk, jadi RM 11.. Highly recommended..

Deen Maju Nasi Kandar

New Lane Hawker Center
Lorong Baru, Jalan Macalister
10450 Georgetown, Pulau Pinang, Malaysia
Opening Hours  :  16.00 - 23.00 (closed on Wed)

Deen Maju Nasi Kandar
170 Jalan Gurdwara, Georgetown
10300, Pulau Pinang, Malaysia
Opening Hours  :  16.00 - 23.00

1. Tlg tanya dong, iam bali, museum bali 3d trick arts sama dmz bali bagus mana ya? Iam bali sama upside down world museum lain ya? Thank you 😊

2. Eh sorry iam indonesia ya, itu juga trick arts gitu kan?