Monday, July 3, 2017

Hotel Review ~ MU Hotel Ipoh (ex Ibis Styles Ipoh)


Walaupun Ipoh tergolong kota kecil, ternyata untuk akomodasi, Ipoh ga kalah dari kota2 atau state2 lain di Malaysia.. Pilihan hotelnya cukup banyak dan rate-nya juga ramah di kantong.. Dari sekian banyak hotel yang ada di Ipoh, pilihan saya jatuh ke Ibis Styles Ipoh.. Alasan saya memilih Ibis Styles Ipoh ini adalah karena brand Ibis-nya dan lokasinya..

Dari sekian banyak hotel-chain yang ada di Indonesia dan dunia, mungkin hotel2 Accor yang paling sering saya pilih dan dan jadikan tempat menginap.. Kalau budget pas2an bisa pilih Ibis Budget.. Kalau mau yang lebih lengkap fasilitasnya bisa pilih Ibis atau Ibis Styles.. Punya dana lebihan, bisa pilih Mercure atau Novotel.. Kalau yang lebih lux, bisa pilih Pullman dan Sofitel.. Lengkap kan.. #bukanendorse

Kalau saya dan keluarga, paling sering menginapnya di hotel2 Ibis atau Ibis Styles.. Belum mampu pilih Pullman atau Sofitel.. hahaha.. Biasanya hotel2  Ibis dan Ibis Styles ini berbintang 3 dimana sudah cukup banget buat saya.. Yang penting bersih dan nyaman.. Maklum kami bukan tipe traveler yang suka menghabiskan waktu dengan leyeh2 di kamar, berenang, atau menikmati fasilitas hotel lainnya.. Pengalaman kami menginap di Ibis juga selalu oke.. Dari sekian banyak hotel Ibis yang pernah saya inapi, favorit saya adalah Ibis Styles Solo.. 

Alasan kedua saya memilih Ibis Styles Ipoh ini adalah karena lokasinya.. Ibis Styles Ipoh ini berlokasi di Jalan Chung On Siew, yang notabene hanya beberapa meter dari Jalan Sultan Iskandar.. Jalan Sultan Iskandar ini adalah jalan utama di kota Ipoh.. Jadi otomatis dekat banget kalau mau kemana2.. 

Saya memesan 2 kamar Standard Room – Queen Bed via AirAsiaGo dan saya cukup beruntung mendapatkan rate yang sangat murah yaitu sekitar 350k per malamnya, include breakfast pula.. Kebiasaan saya sebelum berangkat atau memulai trip, adalah mengirim email konfirmasi ke hotel2 yang sudah saya booking.. Sebenarnya kalau kita booking via third-party macam Booking.com, Agoda, AirAsiaGo, dll,  sudah ga perlu konfirmasi lagi ke hotelnya.. Tapi saya tetap email karena untuk memastikan saja.. Amit2 deh kalau sudah sampai hotel terus ternyata booking-an kita tidak te-record di sistem hotel.. Kan banyak tuh kejadian seperti itu.. Lagian pas kirim email, kita juga bisa sekalian request ke pihak hotel.. Misalnya request mau early check-in atau minta kamar yang bersebelahan, dan sebagainya..

Nah setelah saya kirim email ke Ibis Styles Ipoh, keesokan harinya saya terima balasan email, tapi bukan dari management Ibis Styles Ipoh, melainkan dari MU Hotel Ipoh.. Jadi ceritanya Ibis Styles Ipoh ini baru saja berganti nama menjadi MU Hotel Ipoh.. Tapi di dalam emailnya dijelaskan bahwa booking-an saya confirmed.. Entah kenapa tiba2 ganti nama.. Mungkin juga kontrak dengan Accor sudah berakhir atau pergantian management, who knows.. Tapi ketika saya sampai di hotel, masih banyak pernak pernik hotel yang masih bertuliskan Ibis Styles Ipoh.. Terlihat juga pihak hotel sudah memulai proses renovasi..






Kami tiba di MU Hotel Ipoh sekitar pukul 11.00.. Karena kami membawa mobil, jadi kami harus mencari tempat untuk memarkir mobil terlebih dahulu.. Untungnya di MU Hotel Ipoh ini disediakan tempat parkir yang cukup luas.. Mulai dari yang indoor (basement) sampai yang outdoor semuanya ada.. Kami disambut oleh receptionist-nya yang kebetulan saya ingat namanya, Ms. Felicia.. Proses check-in cukup singkat.. Kami diperbolehkan early check-in sesuai request saya di email.. Ms. Felicia juga sempat memohon maaf kalau kami kemungkinan akan terganggu karena proses renovasi yang sedang berlangsung.. Tapi sampai saya check-out ga ada tuh suara2 pengerjaan renovasi yang sampai ke telinga saya.. hehehe..


the lobby


the receptionist


Kami mendapatkan 2 kamar bersebelahan di lantai 6.. Kamar kami surprisingly sangat luas.. Ini sih serasa bukan standard room saking luasnya.. hehe.. Bed-nya karena queen bed ya pas untuk berdua saja.. Interior-nya simple saja dan khas Ibis Styles karena berwarna-warni.. hehehe.. Yang lebih bikin kaget adalah bathroom-nya.. Bathroom-nya ga kalah luas sama bedroom-nya.. hahaha.. Jadi begitu buka pintu bathroom, ada area pertama dimana terdapat wastafel, kaca, hairdryer, dll.. Setelah itu masih ada 2 ruang terpisah lagi, 1 toilet dan 1 shower.. hahaha.. Buka lemari tambah kaget lagi.. Ada setrika-an lengkap sama meja setrika-nya.. Plus senter pula.. hahaha.. Untuk hotel berbintang 3 kayaknya baru kali ini saya menemukan yang selengkap MU Hotel ini.. hahaha.. Thumbs up.. Akhirnya kami yang berencana cari laundry, jadi nyuci baju di kamar mandi, dikeringin, terus disetrika deh.. hahaha.. Dari segi kebersihan dan kenyamanan, juga oke banget.. 




the room


very comfy bed










view from our room



Selain staff2-nya yang helpful dan ramah, ada 1 hal lagi dari MU Hotel Ipoh ini yang perlu saya acungi jempol, yaitu BREAKFAST.. Sebenarnya varians breakfast yang ditawarkan ga terlalu banyak.. Tapi untuk saya, yang penting ada egg station.. hahaha.. Tapi bukan egg station-nya MU Hotel Ipoh yang bikin saya klepek2.. Justru buffet-nya yang pas saya menginap selalu menghidangkan Nasi Lemak.. Nasi Lemak memang bisa ditemukan di setiap sudut Malaysia, dari yang konsepnya resto sampai yang bungkusan.. Tapi somehow suka banget sama Nasi Lemak-nya MU Hotel ini.. Padahal isinya standard aja.. Ada Rendang Ayam, Telur Rebus, Sambal Ikan Bilis, Ikan Bilis Goreng, Kacang, dan Timun.. Ah sedapnya masih kebayang sampai sekarang.. hahaha.. Selebihnya standar breakfast di hotel2, ada station minuman (kopi, tea, juice), buffet western food, dan station roti + salad + cereal..














 super delicious breakfast


Overall, MU Hotel Ipoh ini recommended banget.. Dengan rate kurang dari 500k per malam, tapi pengalaman menginap yang saya dapatkan melebihi hotel2 dengan rate di atas MU Hotel Ipoh ini.. Lokasi strategis, kamar luas + nyaman + bersih, service oke, rate terjangkau, well what else could you ask for.. Definitely will stay here again on our next visit to Ipoh..



MU Hotel Ipoh
18 Jalan Chung On Siew
30250 Ipoh, Perak
Telp  :  +605 240 6888
Email  :   
Website  :  click here
AirAsiaGo  :  click here
TripAdvisor  :  click here
Booking.com  :  click here
Agoda  :  click here


Location  :  ✮✮✮✮✮
Room  :  ✮✮✮✮✮
Service  :  ✮✮✮✮✮
Value  :  ✮✮✮✮✮
Cleanliness  :  ✮✮✮✮✮


My Review on TripAdvisor :


Among many hotels in Ipoh, I chose MU Hotel (formerly Ibis Styles Ipoh) for my 2-nights stay in Ipoh with my family. My main reason is because its Ibis brand and their location. The location of MU Hotel is perfect since it is located at Jalan Sultan Iskandar. You can reach many tourist attractions and eateries in a walking distance from the hotel.
We arrived quite early (about 11.00 pm), but the receptionist Ms. Felicia allowed us to check-in early. We got 2 Standard Queen Rooms on 6th floor. The room was surprisingly very spacious. Even the bathroom is so big. No complain at all for the room since it was very clean and comfy. They even provide hairdryer, iron + desk, flashlight, something that we rarely find in other hotels.
For such an affordable price, we also got a complimentary breakfast. The breakfast is good. Limited options but all is delicious. I personally love their Nasi Lemak. For those who driving, MU Hotel also provides an indoor and outdoor parking space. I will recommend this hotel to everyone who will visit Ipoh. Definitely will stay here again if I got chance to visit Ipoh in the future. 
Stayed April 2017, traveled with family



1 comment:

  1. Terimakasih sharingnya, Berkat artikel ini saya menjadi lebih mengerti dunia perhotelan, namun mungkin jika menggunakan software hotel akan lebih efisien lagi dan lebih teratur.

    ReplyDelete