Sunday, March 18, 2018

Nat's Interesting+Funny+Weird Travel Stories ~ Part 1

Someone just asked me, what were the funniest, weirdest, and unpleasant things that happened while I'm traveling.. Bukan pertanyaan yang mudah, karena bagi saya semuanya itu adalah bagian dari pengalaman traveling.. Mau itu pengalaman lucu, pengalaman aneh sampai yang tidak mengenakkan sekali pun, semuanya akan menjadi suatu pengalaman yang sangat berkesan dan kenangan yang takkan terlupakan..
Pertanyaan tersebut membuat saya memikirkan kembali alias flashback ke tahun 2013 ketika saya memutuskan untuk mulai traveling lagi.. Setelah diingat2 ternyata ada beberapa kenangan yang begitu membekas di hati.. Kepikiran lah saya untuk membagikannya di blog ini.. hehehe.. Judulnya sih saya buat "Nat's Interesting+Funny+Weird Travel Stories".. Kalau ternyata setelah dibaca tidak menarik, lucu, atau aneh, mohon dimaafkan ya.. Kalau saya pintar melucu pasti sudah tampil di acara stand-up comedy di TV.. wkwkwk..
Anyway, kalau ada yang punya cerita atau kenangan yang serupa, please let me know in the comment section below ya..

"travel the world, fill your suitcase with treasures
they all have a story that becomes a MEMORY FOR LIFE"

Ke Luar Negeri untuk Pertama Kalinya
There is always a first time for everything, termasuk urusan traveling.. Saya masih ingat betul, saya pertama kali traveling ke luar negeri di tahun 2013.. Saya pergi ke Singapore selama 3 hari bareng teman2 kantor saya.. Namanya pertama kali, tentu excitement-nya berkali2 lipat termasuk ketakutannya.. Takut nyasar di negara orang lah, takut ketinggalan pesawat, takut ini, takut itu.. Semakin saya mencari informasi di internet, semakin bingung lah saya.. Apalagi saya tipe orang yang perfeksionis.. Inginnya semua serba sempurna.. Sampai hal2 kecil seperti harga tiket MRT, no bus, sampai hal2 ga masuk akal seperti di USS bakalan naik wahana yang mana dulu, semuanya saya pikirkan dan tuangkan dalam itinerary.. hahaha.. Akibatnya apa?? Saya jatuh sakit tepat sehari sebelum jadwal keberangkatan.. Malam harinya malahan saya demam tinggi.. Keesokan harinya saya masih harus kerja setengah hari dan sorenya langsung menuju airport.. Dengan badan lemas dan suhu badan tinggi, saya pun sukses mimisan di Ngurah Rai Airport.. Sampai di Changi, saya kembali mimisan.. Teman2 saya sampai khawatir melihat keadaan saya.. hahaha.. Sesampai di hotel, saya langsung tidur dan herannya keesokan harinya, saya langsung sehat walafiat.. Ga seperti orang yang baru sakit, padahal obat dokter masih sisa banyak.. Buktinya saya bisa main seharian di USS.. Curiga sakitnya cuma gara2 nervous mau ke luar negeri.. hahaha..

Changi Airport - Juni 2013

IMIGRASI, siapa takutttt???
Ketika  pertama kali akan traveling ke luar negeri, salah satu hal yang saya khawatir-kan adalah masalah imigrasi.. Apalagi setelah browsing2, banyak kejadian tidak mengenakkan yang dialami traveler ketika berurusan dengan imigrasi.. Tapi prinsip saya, kalau kita lurus2 aja alias tidak melanggar peraturan, apa yang perlu ditakutkan.. Tahun 2014 adalah tahun dimana saya berangkat ke Singapore bareng papa, mama, dan adik saya.. Ini adalah perjalanan pertama mama dan adik saya ke luar negeri.. Mama saya yang masih “polos” itu akhirnya menjadi korban kenakalan anak2 dan suaminya.. hahaha.. Kami bilang ke mama saya kalau di imigrasi itu bakalan ditanya2in macam2 lah, ga boleh salah jawab karena nanti bisa diinterogasi dan ditolak masuk Singapore.. Jadinya mama saya sebelum berangkat, sudah parno duluan dan serius latihan.. Dengan English yang ga terlalu mahir, mama saya sukses menghafalkan pertanyaan2 seperti berapa hari di Singapore, mau kemana aja, bawa uang berapa, dll, lengkap dengan jawabannya.. wkwkwk.. Sampai di Imigrasi di Ngurah Rai Airport – Bali, saya lihat muka mama saya sudah pucat pasi.. Apalagi ketika sampai di Singapore.. hahaha.. Raut muka mama saya sudah ga karuan.. Tentu saja ujung2nya mama saya berhasil lolos dari imigrasi tanpa satu pun pertanyaan dilontarkan oleh petugas imigrasi.. wkwkwk.. Saya merasa bersalah sih, semoga ga durhaka “ngerjain” orang tua ya.. hahaha.. Kalau sekarang, jangan ditanya deh.. Kadang saya suka worry lihat mama saya kelewat “akrab” sama petugas imigrasi.. Pernah di imigrasi di Ngurah Rai Airport, malah ketawa-ketiwi sama petugas imigrasinya, sampai dipanggil “mam” segala sama petugasnya.. hahaha.. DI imigrasi Johor Bahru yang terkenal ketat, mama saya malah cerita2 bakalan menginap di hotel mana dan mau kemana saja.. wkwkwk..

Balada Mata Sipit
Mata sipit anugerah Tuhan ini ternyata membawa balada tersendiri ketika saya traveling, terutama ketika saya pergi ke negara tetangga, seperti Singapore dan Malaysia.. Begitu melihat saya, kebanyakan orang yang saya temui langsung mengajak saya berbicara dalam bahasa mereka, entah itu Mandarin, Hokkien, Cantonese, Hakka, dll.. Sayangnya walaupun mata saya sipit karena memang masih ada keturunan Chinese, saya tidak bisa berbahasa Mandarin, apalagi bahasa2 Chinese lainnya.. Lama kelamaan saya jadi terbiasa, begitu mereka nyerocos, saya langsung geleng2 kepala sambil pamer gigi alias nyengir lebar2.. hahaha.. Respon yang saya dapatkan, hmm macam2.. Ada yang langsung ganti berbahasa Inggris, ada yang mengerutkan dahinya sambil memandangi wajah saya, sampai yang paling extreme, aunty2-nya malah ribut sendiri sambil menebak2 saya berasal dari mana.. hahaha..

Desak-Desakan di Cable Car
Sebagai orang yang takut ketinggian (acrophobia), rasa excitement saya langsung hilang ketika tahu harus menaiki cable car selama 20 menit untuk menuju Genting Highlands.. Sebenarnya bisa saja menuju Genting Highlands tanpa menaiki cable car, karena tersedia juga opsi untuk naik bus dan tentu saja menggunakan mobil pribadi/sewa/taksi.. Tapi setelah dipikir2, sayang juga ya kalau tidak dicoba, kapan lagi ada kesempatan seperti ini.. Ditambah lagi, melihat wajah gembira adik saya ketika tahu akan naik cable car, saya pun luluh dan bertekad untuk memberanikan diri.. hahaha..

Berhubung bukan pergi saat weekend, jadi kami cukup beruntung tidak perlu mengantri.. Sayangnya karena baru pertama kali dan buru2, kami berempat masuk ke dalam 1 cable car dan duduk di satu sisi cable car tersebut.. Kami baru sadar, setelah pintu ditutup oleh petugasnya.. Lha kok sempit ya?? Hahaha.. Selang berapa detik kemudian, ada dua orang yang naik di sisi lain cable car  kami (duduknya saling membelakangi)..

To be honest, ini adalah 20 menit terlama sekaligus salah satu pengalaman paling menegangkan dalam hidup saya.. Sudah duduknya berhimpit2an, salah pilih sisi cable car juga.. Untuk yang penakut seperti saya, lebih baik memilih duduk searah laju cable car ketika menuju Genting Highlands dan berlawanan arah ketika pulang.. hehehe.. Selain karena saya yang penakut, saya juga khawatir dengan cable car yang sepertinya tidak imbang, karena di satu sisi diisi 4 orang jumbo2.. Apalagi cuaca hari itu sedikit tidak bersahabat, jadi ada beberapa saat dimana cable car kami terhempas2 angin.. Kalau sekarang saya ditawari mau naik cable car lagi, sudah pasti saya menolak.. Biar gratis, tetap tidaakkkk.. hahaha..

cable car menuju Genting Highlands

MRT vs Nat&Fam
Di tahun 2014, saya dan keluarga traveling ke Singapore dan salah satu pengalaman yang paling berkesan adalah naik MRT.. Setahun sebelumnya saya juga ke Singapore bareng teman2, tapi kami tidak banyak menggunakan MRT.. Papa saya dulu memang pernah tinggal di Singapore, tapi kayaknya jaman beliau belum ada MRT deh.. hahaha..

Pengalaman pertama kami menjajal MRT adalah ketika kembali dari Johor Bahru.. Kami menaiki MRT dari Kranji MRT Station dengan tujuan Chinatown MRT Station.. Yang pernah naik MRT dari atau menuju Kranji pasti tahu kan, kalau MRT di jalur ini bukan yang jenis underground melainkan yang elevated.. Nah sesampainya di Jurong East MRT Station kami harus change MRT Line.. Karena masih newbie, kami tidak terlalu fokus mendengarkan announcement-nya.. Ketika MRT berhenti, ternyata pintu MRT di sebelah kanan dan kiri terbuka dua2nya.. Akhirnya kami asal keluar dari pintu sebelah kanan.. Saya cari2 petunjuknnya, kok ga ada MRT yang jurusan Pasir Ris ya.. Kebetulan saat itu ada petugas yang berjaga, jadi langsung saya samperin.. Dan ternyata kami salah pilih pintu keluar, harusnya keluar dari pintu sebelah kiri.. Si aunty menyuruh kami masuk ke dalam MRT yang kami naiki tadi untuk menyebrang ke platform satunya.. Kami pun setengah berlari masuk ke MRT dan saat itu juga langsung terdengar announcement pintu MRT akan segera ditutup.. Betul saja, tepat setelah mama saya berhasil keluar dari MRT, pintu MRT-nya langsung tertutup.. Kami langsung shock dan akhirnya hanya bisa tertawa, menertawakan diri sendiri lebih tepatnya.. hahaha..

MRT di Singapore

Ternyata “penderitaan” kami belum habis.. Sesampainya di Outram Park MRT Station, kami harus change MRT Line lagi.. Kali ini karena MRT station underground, jadi kami harus berjalan lumayan jauh.. Saat itu ternyata MRT jurusan Punggol yang kami akan naiki baru saja tiba, jadi kami bisa langsung naik ke dalam MRT.. Saya dan adik saya yang pertama kali masuk, kemudian disusul papa saya.. Kami noleh ke belakang, mama saya kok ga kelihatan.. Ternyata mama saya baru keluar dari escalator.. Kami langsung teriak supaya mama saya lari masuk ke dalam MRT.. Lagi2 tepat setelah mama saya masuk ke dalam MRT, pintunya tertutup.. Wajah mama saya sudah pucat pasi dan matanya berkaca2.. Katanya takut kalau ketinggalan MRT sedangkan anak2 dan suaminya sudah di dalam MRT.. hahaha..

Semua Gara-Gara Durian
Durian, some people may hate it, but some love it so much.. Saya pribadi tergolong yang love it, walaupun bukan tergolong fans berat durian.. hehehe.. Salah satu negara yang terkenal akan duriannya selain Bangkok adalah Malaysia.. Coba saja menyusuri Jalan Alor, dengan gampang kita akan menemukan penjual durian.. Begitu juga di Penang yang juga terkenal akan kelezatan duriannya.. Suatu hari ketika sedang berada di KL, papa-mama saya menuju Jalan Alor, yang mana hanya berjarak beberapa ratus meter dari tempat kami menginap, untuk membeli durian.. Sesampainya di kamar, tentu tak butuh waktu lama bagi kami untuk menghabiskan durian2 tersebut.. Selang beberapa menit kemudian, pintu kamar kami digedor oleh seseorang.. Ternyata dari bagian engineering/techinician & security hotel.. Intinya kami ketahuan membawa masuk durian ke dalam hotel dan aromanya tercium kemana2.. hahaha.. Untungnya ga diomelin atau di denda sih, hanya diwanti2 untuk tidak membawa durian lagi ke dalam area hotel.. Biar begitu, malunya itu lho..  Gara-gara durian, terciduk deh.. hahaha..

1. Kasihan amat mamanya dikerjain, mbak. Tapi gara-gara prepare begitu akhirnya bisa akrab dengan petugas-petugas imigrasi ya.
    Dulu saya pernah rafting sekeluarga, dan mama saya sempat takut begitu lihat jeramnya, tapi akhirnya setelah saya dan adik saya memperlihatkan bahwa kami nyebur ke sungai dan tidak apa-apa baru deh mama saya berani ikutan rafting. Setelah sukses rafting, kami semua perlu berendam di sungai untuk berjalan ke tepian, adik saya langsung lepas helm sambil menciduk air ke badan mama saya pakai helm, dia bilang, "mandiin kebo" kami pun tertawa, mama saya juga ketawa-ketawa deh. Udah biasa dibecandain oleh anak-anaknya :D

1. Hai Mbak Intan.. wah serunya.. memang asyik ya kalau jalan2 bareng keluarga.. aplg kalau dekat dan akrab kyk keluarga sy dan keluarga mbak.. hehehe..