Sunday, March 18, 2018

Nat's Interesting+Funny+Weird Travel Stories ~ Part 2

Someone just asked me, what were the funniest, weirdest, and unpleasant things that happened while I'm traveling.. Bukan pertanyaan yang mudah, karena bagi saya semuanya itu adalah bagian dari pengalaman traveling.. Mau itu pengalaman lucu, pengalaman aneh sampai yang tidak mengenakkan sekali pun, semuanya akan menjadi suatu pengalaman yang sangat berkesan dan kenangan yang takkan terlupakan..
Pertanyaan tersebut membuat saya memikirkan kembali alias flashback ke tahun 2013 ketika saya memutuskan untuk mulai traveling lagi.. Setelah diingat2 ternyata ada beberapa kenangan yang begitu membekas di hati.. Kepikiran lah saya untuk membagikannya di blog ini.. hehehe.. Judulnya sih saya buat "Nat's Interesting+Funny+Weird Travel Stories".. Kalau ternyata setelah dibaca tidak menarik, lucu, atau aneh, mohon dimaafkan ya.. Kalau saya pintar melucu pasti sudah tampil di acara stand-up comedy di TV.. wkwkwk..
Anyway, kalau ada yang punya cerita atau kenangan yang serupa, please let me know in the comment section below ya..

"travel the world, fill your suitcase with treasures
they all have a story that becomes a MEMORY FOR LIFE"

Nat & Bahasa Thai
Gara-gara hasil dari blog-walking kurang akurat, saya percaya2 saja ketika dibilang bahwa orang Thailand itu jarang yang bisa berbahasa Inggris.. Oleh karena itu, sebelum berangkat saya bela2in belajar bahasa Thai.. Belajarnya lewat aplikasi di smartphone dan video2 di Youtube.. Hasilnya lumayan lah ya, beberapa kata dasar dan yang berhubungan dengan food & shopping sudah saya kuasai.. Sayangnya saat tiba di Bangkok, mendengar langsung bahasa Thai aslinya, saya jadi keder sendiri.. Alhasil saya tidak berani mempraktekkan bahasa Thai saya, apalagi ternyata orang2 yang saya temui semuanya bisa berbahasa Inggris.. Ya paling tidak bahasa Inggris dasar, sama lah kayak di Indonesia.. hehehe..

Hasil belajar bahasa Thai berbulan2 akhirnya terpakai juga ketika malam terakhir kami di Bangkok.. Saat perjalanan pulang dari MBK, kami mampir di penjual sate di dekat hotel.. Kebetulan penjualnya ibu2 paruh baya.. Awalnya saya cukup berhasil berkomunikasi dalam bahasa Thai.. Mulai dari "ini sate apa", "harganya berapa?", "saya mau 10 tusuk", dll.. Eh giliran pas bayar, mungkin karena saya salah mendengar, jadi saya hanya menyodorkan selembar uang 100 THB ke ibunya.. Si ibu langsung ngomel, intinya ibunya bilang, saya pesan sate 10 tusuk, harga per tusuk 10 THB, terus saya juga pesan khao niao (nasi ketan) 2 bungkus, panjang deh.. Intinya uang saya kurang.. wkwkwk. Mana waktu itu banyak juga selain saya yang lagi beli sate.. hahaha.. Saya langsung cepat2 menyodorkan kekurangan uangnya dan kaburrr.. hahaha.. Kapok?? Kagak.. Di Pattaya saya berhasil kok beli makanan dalam bahasa Thai dan kali ini bayarnya pas, ga kurang lagi.. wkwkwk..

penjual sate di dekat Ibis Hotel Siam

Tersesat di Ikea

Sampai saat ini, baru dua Ikea yang sudah saya kunjungi, yaitu Ikea Alexandra di Singapore dan Ikea Cheras di Kuala Lumpur.. Kalau di Singapore, saya hanya makan di Ikea Restaurant-nya.. Jadi ketika saya ke Ikea Cheras dan punya waktu lebih, saya memutuskan melihat2 ke bagian store dan exhibition-nya.. Awal2-nya sih seru ya, lihat design dan produk-nya yang bagus2 dan lucu2, jadi kepengen renovasi rumah.. hahaha.. Tapi lama2, kok kaki mulai terasa berat untuk dipakai melangkah ya, padahal ujung atau pintu keluar store-nya belum tampak juga.. Terlebih lagi, tiba2 papa saya perlu ke toilet akibat kebanyakan makan Swedish Meatballs-nya Ikea.. hahaha.. Bisa dibayangkan, kami sampai frustasi sendiri.. Ada tanda exit, pas diikutin, eh malah menuju ke emergency exit.. Celakanya kami juga tidak menemukan staff Ikea seorang pun, jadi mau ga mau kami harus pasrah mengikuti alur store-nya.. Kami sudah tidak memperhatikan barang2 lagi, fokus mencari pintu keluar dan menemukan toilet.. hehehe.. Untungnya setelah melewati furniture2, tumpukan panci, tumpukan sprei, sampai ke tanaman hias, akhirnya mulai terlihat deretan kasir-kasir.. Pheww, langsung lega rasanya.. Next time kalau ke Ikea, saya hanya mau mampir ke resto-nya.. Lagian kalau traveling begini, masa iya bakalan beli perlengkapan rumah tangga untuk dibawa pulang.. hahaha..

Ikea Cheras

Toilet oh Toilet

Salah satu the biggest concern ketika traveling di keluarga saya adalah masalah per-toilet-an.. hahaha.. Seriously.. Masalahnya kami itu bukan tipe orang yang bisa dengan mudah anywhere anytime.. Jadi yang ada kami parno duluan kalau harus menempuh perjalanan jauh, belum lagi kalau harus menggunakan toilet umum di tempat2 seperti terminal bus, pasar, tempat wisata, dll.. Untungnya karena tujuan traveling kami masih di seputaran Singapore, Malaysia, dan Thailand, yang notabene sudah lebih maju dari Indonesia, jadinya masalah per-toilet-an masih aman.. Malah saya terkagum-kagum sama kondisi toilet terminal bus di Malaysia yang sangat jauh lebih baik dibandingkan di Indonesia.. Toilet terkotor yang pernah saya temukan adalah toilet di kapal ferry penyebrangan Gilimanuk-Ketapang.. Duh membayangkannya saja saya sudah mual.. Hehehe.. Oh ya, ada kejadian lucu sewaktu menempuh perjalanan dari Penang menuju Ipoh dengan menggunakan bus.. Sebenarnya lama perjalanan hanya 2 jam, tapi mungkin karena AC bus yang dingin, tiba2 di perjalanan saya dan adik saya mulai merasa ingin buang air kecil.. Ga lama kemudian, bus berhenti di pinggir jalan.. Kami pun bingung, setelah melongok ke luar jendela ternyata bus berhenti di depan 2 toilet box.. Jadi maksudnya yang ingin ke toilet bisa turun dari bus karena di dalam bus tidak tersedia di toilet.. Saya dan adik saya langsung pandang2an dan langsung mengerti isi hati masing2.. hahaha.. Akhirnya kami berdua terpaksa menahan sampai akhirnya kami tiba di Amanjaya Terminal Bus di Ipoh.. Itu pun kami masih harus keliling mencari lokasi toilet-nya.. Dan begitu ketemu, tas ransel langsung saya titip ke papa saya dan saya lari terbirit-birit  masuk ke dalam toilet.. hahaha..

Dipalak Nenek-Nenek di Bus

Selama beberapa tahun traveling, untungnya saya belum pernah mengalami tindakan kriminalitas.. Semoga untuk seterusnya selalu dihindarkan ya (amin).. Tapi bukan berarti saya tidak pernah mengalami kejadian yang kurang menyenangkan, seperti kejadian yang saya alami di Penang ini.. Saat itu saya dan keluarga sedang menaiki Rapid Penang Bus (bus umumnya di Penang) dengan tujuan Komtar.. Waktu itu saya dan mama saya duduk di deretan kursi di bagian tengah bus dan di samping mama saya ada seorang ibu2 berketurunan India.. Di tengah perjalanan, naiklah seorang nenek2 dengan bajunya yang lusuh.. Si nenek langsung nyerocos sambil nuding2 saya, intinya saya disuruh bangun karena dia mau duduk di tempat saya.. Saya langsung bangun dan berdiri di dekat papa dan adik saya.. Ga lama kemudian, mama saya dicubit (iya dicubit) sama si nenek dan dimintain uang.. Karena kasihan, mama saya mengeluarkan uang 5 RM.. Eh bukannya bilang terima kasih, si nenek mencubit mama saya lagi, dan kali ini minta uang lagi sambil nunjuk2 sepatunya.. Maksudnya minta uang untuk beli sepatu.. Ga dikasi lah sama mama saya.. Eh ga lama kemudian si nenek turun sambil nyerocos dalam bahasa yang tidak saya mengerti.. Ga lama kemudian, ibu2 di sebelah mama saya cerita kalau si nenek memang kerjaannya begitu jadi lain kali jangan dikasi.. Kami mana tahu ya.. Lagian amit2 deh, jangan sampai ketemu si nenek lagi, apalagi kata mama saya, si nenek baunya ga karuan.. hahaha..

Rapid Penang Bus

Driving di Luar Negeri

Saat keliling Malaysia tahun 2017 kemarin, saya “terpaksa” harus menyewa mobil dikarenakan ada 2 kota tujuan kami yang sarana transportasi umumnya belum memadai.. Awalnya, papa-mama saya sedikit menentang keputusan saya, apalagi kami memang tidak punya pengalaman driving di luar Indonesia.. Tapi waktu itu saya nekat saja, daripada bayar ongkos taksi yang ga sedikit itu (irit atau pelit ya, lol).. Berhubung masih di negara tetangga, jadi masih banyak tempat penyewaan mobil yang menerima SIM Indonesia.. Tapi memang untuk amannya, lebih baik buat SIM Internasional.. Setelah menemukan tempat penyewaan mobil yang pas, saya baru tahu kalau di Malaysia, kebanyakan mobil2 yang tersedia adalah jenis automatic.. Sedangkan saya terbiasa menyetir mobil manual, jadinya saya terpaksa booking dari jauh2 hari supaya tidak kehabisan mobil yang jenis manual.. hehehe.. Selain itu, ga ada masalah sih.. Jalan2 di Malaysia sudah bagus dan lebar2 pula.. Kecuali di Langkawi, dimana ada beberapa bagian di pulau Langkawi yang masih minim pencahayaan ketika malam hari..

Kerena kami berempat, jadi semua punya tugas masing2.. Saya diberikan privilege untuk menyetir dan adik saya yang kebagian membaca peta.. Pernah suatu hari, posisi ini ditukar, wah saya langsung stress disuruh membaca peta, yang ada kami malah nyasar.. hahaha.. Tapi hal yang paling seru, justru ketika mengisi bensin.. Saya sampai nge-google lho bagaimana cara mengisi bensin di SPBU / gas-station.. hahaha.. Pengalaman pertama saya membeli bensin adalah ketika di Langkawi.. Jadi setelah memarkir mobil di depan tangki bensin, kita harus menuju loket untuk membayar.. Sebutkan saja mau mengisi berapa ringgit dan tunjuk dimana mobil kita diparkir.. Setelah kembali ke mobil, saya cukup kebingungan.. Sampai2 berempat turun dari mobil dan ujung2nya heboh sendiri.. Untungnya ga lama, ada seorang petugas yang menghampiri kami dan menjelaskan cara2nya.. Gini deh kalau keenakan di Indonesia, semua serba dilayani.. wkwkwk.. Tapi untuk selanjutnya, sudah bisa dong isi bensin sendiri.. Malahan saya dan adik saya biasanya berebut ingin memasukkan selang bensin ke dalam tangki mobil.. hahaha..

Hampir Pingsan di Pattaya

Salah satu highlight dari kunjungan saya ke Pattaya 2 tahun yang lalu adalah Silverlake Vineyard.. Padahal awalnya saya ga expect banyak, tapi ternyata recommended juga lho.. Saat di Silverlake Vineyard, saya dan keluarga memutuskan untuk mengikuti Vineyard Tour.. Silverlake Vineyard ini luas banget, jadi lebih baik ikut tour seperti ini karena kita akan diajak mengelilingi vineyard dan berhenti2 di spot2 menarik.. Nah saat tiba di winery, masing2 peserta tour akan diberi sebotol grape juice dan yang ingin mencicipi wine buatan Silverlake, bisa juga mampir ke wine-nya.. Karena kebetulan papa saya suka wine, jadi kami mampir ke bar dan memesan 1 gelas red wine.. Karena bukan penggemar wine, jadi saya hanya icip2 sedikit.. Nah tiba giliran mama saya yang disodorin gelas sama papa saya.. Maksudnya disuruh nyobain, tapi yang ada sama mama saya langsung diteguk wine-nya seperti minum air.. Banyak lho, karena wine-nya langsung tersisa sedikit di gelas.. Saya, adik saya, dan papa saya, bengong lah melihat mama saya.. hahaha.. Beberapa menit pertama, mama saya masih baik2 saja.. Setelah 5 menit, baru deh mama saya merasa lemas, linglung, dan langsung minta diambilkan kursi.. Kami jelas panik, secara mama saya bilang kepalanya pusing dan bagian dadanya panas..  Akhirnya setelah minum air, makan kue, dan istirahat beberapa menit, mama saya berangsur pulih.. Walaupun jalannya masih pelan2 dan digandeng, tapi sudah bisa jalan menuju restaurant dan makan dengan lahap.. hehehe..

minum wine di Silverlake Vineyard Pattaya

Mampir ke Pattaya Airport

Awalnya saya ga ada kepikiran sama sekali untuk singgah di Pattaya.. Sama saja seperti Bali pikir saya.. Tapi berhubung harga tiket DMK-KUL lebih mahal dibandingkan UTP-KUL, jadi “terpaksa” mampir ke Pattaya.. hehehe.. Airport di Pattaya bernama U-Tapao International Airport (UTP).. U-Tapao Airport ini terletak di Rayong, sekitar 36km dari Pattaya Beach dan merupakan joint civil+military airport.. Saya memang belum mengunjungi banyak airport, tapi Pattaya Airport ini mungil banget.. Bahkan lebih mungil dibandingkan dengan airport2 di kota kecil di Indonesia.. Begitu masuk area airport, hanya ada satu area dimana terdapat beberapa counter check-in dan toko2 kecil.. Setelahnya ada area imigrasi yang hanya terdiri dari 1 counter dan another security check.. Dan terakhir, satu area yang sama kecilnya yang merupakan area waiting room dan tersedia 2 gate untuk boarding.. Ternyata tidak hanya jumlah gate-nya yang sedikit, tapi kursi yang tersedia pun sama sedikitnya.. Saya beruntung datang lebih awal karena masih mendapatkan kursi.. Apalagi saat itu ada rombongan dari Tiongkok yang you know lah.. Jadi alih2 seperti airport, suasana saat itu persis seperti pasar.. Orang pada berebut kursi sampai ada yang pasrah berdiri dan ada yang duduk di lantai.. Tapi no worry, di U-Tapao sedang ada proyek pembangunan terminal baru, entah kapan bakalan selesai dan dibukanya.. hehehe..

Wait, ternyata bukan hanya ukurannya yang membuat Pattaya Airport ini membekas di hati saya.. Mungkin karena Pattaya Airport ini adalah airport militer, jadi security check-nya bukan main ketatnya.. Di samping mesin x-ray disediakan sebuah kotak transparan yang isinya barang sitaan para penumpang.. Dan itu kotaknya besar dan isinya sudah hampir full.. hahaha.. Saya sendiri yang biasanya selalu lolos dari security check, di Pattaya kena geledah juga.. Semua isi tas ransel saya dikeluarkan.. Saya awalnya bingung karena saya merasa tidak membawa barang2 yang dilarang naik ke kabin.. Eh ujung2nya setelah masuk mesin x-ray untuk kedua kalinya, ternyata yang dicurigai adalah earphone/headset saya.. Ampun dahh.. hahaha.. Mama saya lebih lucu lagi.. Ada satu lipstick mama saya yang dicurigai.. Sampai dibuka dan diputar2 oleh petugasnya.. Adik saya juga kena geledah dan yang dicurigai adalah baby oil yang biasa dipakai di rambutnya setelah keramas.. hahaha.. Jadi sembari menunggu pesawat yang delay, saya dibuat terheran2, apalagi posisi duduk saya yang dekat dengan security check.. Ada tourist wanita yang disita parfumnya karena ukurannya melebihi batas cairan yang boleh masuk ke kabin (100ml).. Si wanita sudah memohon2 ke petugasnya, secara itu parfum keliatan masih gress karena isinya masih full.. Ujung2nya si parfum nyemplung juga ke kotak.. hahaha.. Selang beberapa saat, ada sepasang tourist dari Tiongkok yang digeledah oleh petugas.. Ternyata dari koper si cewek ditemukan satu set skin care mahal yang tentu saja ukurannya lagi2 lebih dari 100ml.. Otomatis satu set skin care itu disita sama petugas.. Si cewek langsung ngerengek sama suami/pacarnya.. Yang cowok ngomong sesuatu sama petugasnya, dan tentu saja si petugas tetep keukeuh menyita botol2 skin care itu.. Si cowok minta ijin mau ke counter check-in untuk masukin kopernya ke checked baggage tapi ga dikasi sama petugasnya secara doi sudah melewati imigrasi.. Akhirnya mereka pasrah deh melihat botol2 mahal tersebut masuk ke dalam kotak sitaan.. hahaha.. Lesson learned, jadi biarpun selama ini sering lolos, mending tetap menaati peraturan yang berlaku.. Daripada apes begini, kalau yang disita pasta gigi atau shampoo sih gapapa ya., lha kalau SKII atau parfum Chanel?? Bisa nangis bombay.. hahaha..

U-Tapao Airport @ Pattaya

Naik Taxi di Ipoh-Perak

Saat saya dan keluarga memutuskan untuk mampir ke Ipoh, sebuah kota di negara bagian Perak-Malaysia, saya langsung mencari informasi mengenai sistem transportasi umum di kota tersebut.. Surprisingly, tidak seperti kota besar lainnya di Malaysia, sistem transportasi umum di Ipoh, belum terintegrasi dengan baik.. Dengan alasan tersebut, akhirnya saya memilih untuk menyewa mobil dan menyetir sendiri dibandingkan kemana2 harus naik taxi.. Apalagi jumlah taxi di Ipoh juga tidak banyak dan kebanyakan mobil yang digunakan sudah lumayan berumur.. Sayangnya, kami harus menuju Ipoh Railway Station pagi2 buta karena mengejar ETS untuk menuju Kuala Lumpur.. Karena mobil sewaan sudah kami kembalikan malam sebelumnya, jadi satu2nya opsi yang tersedia bagi kami adalah taksi..

Kami memesan taksi di receptionist hotel dengan biaya sekitar 15RM.. Benar saja, saat taksinya tiba, mobil yang digunakan adalah jenis sedan yang sudah berumur, bahkan drivernya pun seorang uncle yang juga sudah berumur.. Tapi tetap tidak ada yang mengalahkan taksi tua yang kami naiki di Melaka.. Kalau yang di Melaka, mobilnya benar2 sudah keropos di sana-sini.. Bahkan untuk duduk dan menutup pintu saja saya sampai ketakutan karena terasa rapuh.. hahaha.. Kembali lagi ke taksi di Ipoh, sialnya saat kami selesai memasukkan tas ransel kami di bagasi belakang mobil, pintu bagasi tidak bisa ditutup.. Si uncle mencoba mengatur tas2 kami, tapi hasilnya nihil, padahal sudah ada beberapa tas yang kami letakkan di bagian tengah taksi.. Akhirnya si uncle membiarkan pintu bagasi belakang tidak tertutup.. Di sepanjang jalan saya terus menoleh ke belakang dan berdoa agar tas2 kami tidak jatuh, dan terlebih lagi, pintu bagasinya masih ada saat kami tiba di stasiun.. hahaha.. Mana si uncle ngebut lho nyetirnya.. Yang ada pintu bagasinya semakin kehempas2 terkena angin dan pengaruh kondisi jalan raya.. Saya baru bisa merasa lega ketika tiba di stasiun dan mendapati tas2 kami masih lengkap, terutama pintu bagasinya masih ada.. wkwkwk..

1. Negara maju kok taksinya keropos gitu? Taksi di negara kita aja masih bagus-bagus :)

1. Iya Mbak.. mungkin kami kurang beruntung dpt taksi yg sudah tua.. untungnya uncle-nya baik, jd no problem.. hehehe.