Saturday, March 14, 2020

Surabaya Edition ~ Kuliner Pasar Atom / Atum




Ingin kuliner-an di Surabaya?? Well, satu tempat yang pertama kali harus dituju adalah Pasar Atom / Atum.. Biarpun namanya ada embel-embel pasar, yang jelas ini bukan pasar tradisional seperti pada umumnya ya.. hehehe.. Pasar Atom ini salah satu tempat legendaris di kota Surabaya.. Pasar Atom ini sudah berdiri sejak tahun 1970-an lho.. Dan bagi saya, Pasar Atom ini tempat penuh kenangan banget.. Karena setiap kali “dikirim” ke Surabaya saat liburan sekolah, hampir setiap hari saya mampir ke Pasar Atom karena tante saya punya usaha dimana setiap hari ada barang yang harus dikirim ke sini..

Setelah lebih dari 8 tahun tidak ke Surabaya, tentu tujuan pertama saya begitu mendarat di Surabaya adalah Pasar Atom.. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk kuliner-an.. Saking banyaknya makanan yang ingin saya coba, saya sampai harus pintar-pintar memilih dan mengatur rute supaya semua makanan bisa masuk ke dalam perut.. hahaha..

Selain Ayam Goreng Atom yang sudah saya review secara terpisah (read here), ada beberapa kuliner terkenal di Pasar Atom yang berhasil saya nikmati.. Pertama ada Depot Santong.. Depot yang sudah eksis sejak tahun 1960-an ini terkenal akan kelezatan Cwie Kiauw-nya.. Cwie Kiauw atau Swikiau atau Kwo Tie ini adalah sejenis dumpling atau pangsit khas negara Tiongkok.. Untuk isiannya sendiri ada daging dan sayuran.. Biasanya daging yang digunakan adalah daging ayam (atau daging babi)dan udang, yang kemudian dicampur dengan sayuran seperti kucai dan sawi putih.. Rasa yang dominan dari si Cwie Kiauw adalah gurih dengan sedikit rasa jahe yang rada strong.. Mirip Gyoza kalau di restoran Jepang.. Cwie Kiauw di Depot Santong ini ada 2 versi, yaitu Rebus dan Goreng.. Saat saya tiba di sana, depot-nya lagi full banget, jadi harus antri segala.. Karena habis itu saya mau makan Ayam Goreng Atom, jadi si Cwie Kiauw saya take away.. Saya pesan 1 porsi Cwie Kiauw Rebus dan 1 porsi Cwie Kiauw Goreng.. Satu porsi dibandrol seharga 50k.. Dan Cwie Kiauw ini paling pas dimakan dengan saosnya yang pedas, asam, manis itu..




Depot Santong

 





Cwie Kiauw Rebus (50k)

 
Cwie Kiauw Goreng (50k)




Next mari beralih ke Food Court yang terletak di lantai 4.. Ini food court besar banget, tapi ramainya minta ampun.. Kalau mau makan di sini, siap-siap saja antri meja.. Jadi di sini sudah pemandangan yang lumrah, kita lagi makan, tapi sudah ada orang yang nungguin di samping kita.. hahaha.. Tapi worth it banget sih makan di sini.. Secara pilihan kulinernya banyak banget dan enak-enak.. Beberapa stand yang sayang untuk dilewatkan adalah Siokee Adam, Sambal Gledek, dan Lontong Mie Ny. Marlia.. Tapi selain 3 stand ini, masih banyak banget stand lain yang bisa dicoba.. Saya saja sampai kebingungan kok menentukan pilihan.. Oh ya, di sini juga ada stand Bu Rudy, tapi karena sudah terlanjur pesan Nasi Campur-nya Sambal Gledek yang mirip-mirip, jadi terpaksa saya lewatkan.. 


Food Court @ Pasar Atom






Siokee Adam ini adalah Siokee favorit papa saya.. Kalau saya lebih prefer si Hok Siong.. Dari segi rasa, dua-duanya memang enak dan memang susah menentukan mana yang lebih enak.. Di sini saya lebih banyak beli untuk dibawa pulang ke Bali.. Hanya perlu dimasukkan ke dalam freezer, dan kita bisa menikmati siokee dan siobaknya untuk beberapa hari ke depan.. Tapi saya sempat cobain Nasi Campur-nya.. Isinya tidak semeriah Hok Siong ya, tapi cukup lengkap dan rasanya tentu saja enak..



Siokee Adam

 




Nasi Campur (harganya aroung 40-50k)




Dari Stand Sambal Gledek, adik saya pesan Nasi Campur, yang isinya terdiri dari Cumi Hitam, Babat, dan Udang Goreng, serta seporsi Bebek Goreng.. Surprisingly rasanya enak juga lho.. Paling favorit Cumi Hitam dan Sambal-nya.. Sambalnya itu mantap banget dan pastinya enak.. Kalau tidak ingat-ingat malam harus terbang ke Bali, mungkin sambalnya sudah saya sikat habis.. hahaha..


Nasi Campur di Sambal Gledek



Bebek Goreng




Ke Pasar Atom, belum lengkap kayaknya kalau belum makan Lontong Mie Ny. Marlia.. Kebetulan saya pesan di stand mereka yang di Food Court.. Somehow rasanya sudah tidak semantap yang terakhir kali saya makan, mungkin sekitar 8-10 tahun yang lalu.. Selain Lontong Mie, saya juga pesan Tahu Campur-nya.. Porsinya imut-imut dan petisnya dipisah.. Padahal 2 menu ini, bumbu utamanya ya terletak di petisnya.. Jadi jangan lupa dicampur dulu.. wkwkwk.. Oh ya, Lontong Mie Ny. Marlia ini punya beberapa tempat di Pasar Atom.. Jadi mudah banget ditemukan sewaktu jalan-jalan.. 

Lontong Mie (25k)


Tahu Campur (25k)




Kalau lagi pengen nyemil, di Pasar Atom ini surganya cemilan.. Di sini dengan mudah kita temukan toko-toko yang menjual krupuk, kacang, snack, permen, manisan, dan kawan-kawannya.. Salah satu bagian Pasar Atom favorit saya itu adalah di bagian belakang, karena di sini pusatnya jajanan dan kue-kue.. Yang namanya Bakcang, Bakpao, Pastel, Lumpia, Bakso Goreng, Siomay, Cakue, Gorengan, semuanya lengkap ada di sini.. Yang wajib disambangi itu ada Cakue Peneleh yang sudah terkenal banget seantero Surabaya.. Cakue isi udangnya dari dulu selalu konsisten enaknya.. Walaupun harganya sekarang sudah 6k saja per bijinya.. Pokoknya kalau ke Surabaya, harus menyiapkan extra budget untuk jajan ya, secara harganya jauh lebih mahal ketimbang di Bali.. Di sini siomay 4 biji di dalam plastik mika itu bisa dijual 38k.. hahaha.. 






Cakue Peneleh



Pastel Go




Yang doyan kue basah, bisa mampir juga ke Kartiko.. Ini pusatnya kue-kue basah yang enak-enak.. Di sini kita bisa makan di tempat atau kalau mau lebih praktis, bisa di take away.. Satu lagi yang wajib saya sambangi di Pasar Atom adalah Melly.. Rollcake-nya Melly ini sudah menjadi favorit saya sejak kecil.. Jadi setiap kali ke Surabaya, wajib mampir dan bisa sekalian dijadikan oleh-oleh.. Harganya juga masih terjangkau banget.. 

Kartiko


Melly





Selama 3 hari di Surabaya, saya hanya berkesempatan dua kali ke Pasar Atom, jadi ya hanya sebagian yang bisa dicicipi.. Padahal masih banyak makanan lain yang enak-enak dan worth-to-try..


Pasar Atom / Pasar Atum
Jl. Bunguran No 45
Surabaya
Opening Hours  :  10.00  -  17.00
Website  :  https://pasaratom.com/

No comments:

Post a Comment