Saturday, March 18, 2023

Chao Phraya Thai Fine Cuisine

Sebagai penggemar makanan Thailand, saya excited banget saat tahu di Surabaya ada Thai restaurant yang sangat famous dan enak (kata orang), sampai-sampai mereka juga punya cabang di Solo dan Malang.. Percobaan pertama ke sini gagal karena ternyata harus reservasi dulu.. Jadi saya coba lagi minggu depannya untuk reserve dan akhirnya dapat.. Hanya saja karena saya memilih jam lunch dari hari Minggu pula, jadi resto-nya benar-benar crowded, bahkan full-house.. Jadi biarpun sudah reservasi, tetap saja harus menunggu meja-nya clear dulu..

Anyway, Chao Phraya Surabaya ini lokasinya ada di Jalan Trunojoyo.. Sama seperti cafe & resto di sekitarnya, dari luar malah tidak seperti resto yang biasanya bangunannya besar dan megah.. Dari luar malah seperti rumah biasa.. Interior design-nya malah menurut saya biasa saja.. Jauh dari kesan glamour atau exclusive seperti review orang-orang..

 

 

 

 

 

Dikarenakan lama tidak menemukan makanan Thai yang "proper" di Surabaya, saya tentu sangat excited apalagi ternyata pilihan menu di sini cukup banyak variansnya.. Pesanan saya dan keluarga siang hari itu antara lain Som Tum Thai, Yum Som O, Lab Neua, Keng Giawwan Neua, Gai Yang Samunprai, TomYum Thalee, dan Pad Thai yang tidak kefoto (lol).. Untuk dessert, saya juga memesan Ruam Mit dikarenakan Khao Niao Mamuang (mango sticky rice)-nya lagi out of stock.. Ruam Mit ini seperti dessert es campurnya Thailand.. Base-nya pakai santan dan diberi topping kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang merah, jagung, dll.. 


Ruam Mit (40k) 


 
 
Let's start with the Som Tum.. Salah satu parameter saya menilai satu Thai restaurant adalah dari Som Tum-nya.. Karena biasanya kalau Som Tum-nya enak, menu yang lain juga enak.. Som Tum di sini menurut kurang "Som Tum" banget.. Fish sauce-nya kurang "nendang" dan lebih mirip papaya serut yang disiram fish sauce.. Padahal seharusnya Som Tum yg benar itu harus ditumbuk bareng sauce-nya.. Ok Som Tum failed, untungnya Lab Neua dan Yum Som O-nya better.. Salah satu Thai dish favorit saya adalah Lab atau Larb.. Jadi ini adalah saladnya orang Thai, tapi kalau salad biasa didominasi sayuran, ini justru didominasi daging.. Pilihan dagingnya bisa daging sapi, daging ayam, daging babi, bahkan seafood.. Kalau saya lebih suka yang daging sapi.. Isi Larb tidak hanya daging, tapi ada yang dicampur jeroan juga.. Bahkan ada versi yang dagingya mentah juga.. Versi yang umum, dagingnya bakalan direbus sebentar, kalau saya masak di rumah selalu sampai matang.. Kemudian dicampur dengan bumbu dan herbs seperti bawang merah, daun mint, dan daun corriander (ketumbar).. Bumbunya standard saja seperti fish sauce, jeruk nipis, gula, bubuk cabai, dan yang membuat beda adalah rice powder.. Jadi khas-nya Larb itu adalah campuran bubuk dari beras ketan yang disangrai/di-toasted.. Di supermarket Thai banyak tersedia yang sudah siap pakai.. Disajikannya bisa bareng Khao Niao (sticky rice) dan aneka sayuran mentah seperti timun, kol, kacang panjang, dll.. Ini kok malah jadi share recipe ya.. hahaha..
 

Som Tum Thai (55k) 


Lab Neua (70k) 
 

Next ada Keng Giawwan Neua yang merupakan Thai Curry yang dimakan bareng khanom jeen atau rice noodles.. Sayangnya saya kurang suka dengan tipe curry di Chao Phraya ini.. Too sweet.. Gai Yang Samunprai-nya juga mengecewakan karena taste-less.. Dipping sauce-nya juga beda banget dengan yang saya makan di Thailand.. Bahkan Gai Yang versi stall pinggir jalan di daerah Platinum, jauh lebih enak.. Tom Yum Thalee-nya masih enakan Tom Yum buatan saya di rumah.. Tapi isiannya cukup oke dan lengkap.. Pad Thai-nya juga menurut saya so-so saja.. Jadi verdict-nya saya cukup kecewa sih.. Padahal sudah berharap dapat resto Thai yang enak dan authentic.. Tapi nyatanya masih jauh banget.. Bahkan menurut saya masih enakan resto Thai yang di Plaza Graha Family itu.. Walaupun menunya jauh lebih simple, tapi rasanya masih better.. 

 
Keng Giawwan Neua (70k)
&  Yum Som O (55k)

 
Gai Yang Samunprai (105k) 


Tom Yum Thalee (45 k)

 
 
Chao Phraya Thai Fine Cuisine
Jl. Trunojoyo No 74
Surabaya
Phone  :  +6231 9954 1110
Opening Hours  :  10.00  -  21.00
Instagram :  @chaophraya.id

Chao Phraya Malang : Jl. Merapi No 5, Oro-Oro Dowo, Malang
Chao Phraya Solo :  Jl. Kapten Mulyadi No 87 A, Solo

Taste  : 

Price  :  ✮✮✮
Service : ✮✮✮
Place  :  ✮✮✮
Recommended  :  Lab Neua, etc

No comments:

Post a Comment