Wednesday, March 9, 2016

Solo Pancen Ngangeni ~ From Bali To Solo

Hai guys.. Ketemu lagi di Nat's travel diaries.. Kali ini saya mau berbagi cerita tentang liburan "mendadak" saya ke Solo beberapa minggu yang lalu.. Liburan mendadak dan liburan singkat memang bukan type liburan ideal ala Nat.. Saya prefer liburan yang sudah direncanakan jauh2 hari dan lama liburan minimal 5 hari..

Solo, bagi yang sering baca Natinbali, pasti bertanya2, ke Solo lagi?? hahaha.. Memang Mei 2015 kemarin saya juga ke Solo.. Solo bagi saya dan keluarga, kota favorit banget, sama seperti judul post ini, Solo pancen ngangeni (Solo memang ngangeni)..

Jadi ceritanya papa saya tiba2 ngomong pengen ke Gua Maria Kerep di Ambarawa, pengen makan nasi padang nya Sari Bundo, dan masih banyak lagi.. Kami sih cuma bilang andai ada tiket murah ke Solo ya.. Ternyata ga berselang lama, tanpa disangka2, mama saya terima sms dari CIMB Niaga, yang meng-infokan Air Asia ngadain promo tukar Big Points.. Terus saya iseng buka website nya Air Asia, eh dapet tiket Bali-Solo, tukar 500 Big Points dan hanya perlu bayar airport tax dan sedikit tax.. Tuhan memang baik.. Segala yang mustahil bagi manusia, kalau Tuhan sudah berkehendak, segala sesuatunya Ia rancang sedemikian indah nya.. Sampai sekarang pun saya masih terheran2, sekaligus terharu akan kebaikan Tuhan yang sungguh luar biasa dalam kehidupan saya..

Anyway, karena ga ada hari libur, otomatis saya harus mengandalkan weekend.. Jadilah kami pergi ke Solo hanya 2,5 hari.. Itu pun pulang nya harus dari Jogja, karena yang Solo-Bali ga dapat murah.. Total saya hanya perlu membayar 500rb untuk tiket Bali-Solo dan Jogja-Bali untuk 4 orang.. Include airport tax dan bagasi pula.. Murah banget kan.. hahaha..

Tiket dapat, sekarang urusan hotel.. Di Solo saya udah punya hotel andalan sih, Ibis Solo Hotel yang sekarang berubah menjadi Ibis Styles Solo.. Rate nya sekitar 400k per malam.. Ibis Styles Solo akan saya review secara terpisah ya.. Setelah hotel, giliran transport nih.. Karena mau ke Ambarawa, jadi kami perlu sewa mobil.. Bisa sih naik transportasi umum.. Cuma demi efisiensi, kami pilih sewa mobil aja.. Setelah tanya sana sini, pilihan kami jatuh ke Ixo Transport, yang turns out OK banget..

Kami berangkat ke Solo hari Jumat pagi.. Flight Air Asia dari Bali ke Solo hanya sekali dalam sehari dan itupun ga setiap hari.. Karena flight kami boarding jam 9, maka kami sudah tiba di Ngurah Rai Airport sekitar jam 8.. Sampai Gate 4, saya dan adik saya langsung melipir ke outlet nya Beard Papa's.. Biasa nya cuma bisa makan Beard Papa's kalau lagi ke Jakarta.. haha.. Favorit saya yang Green Tea Puff.. Udah lama ga makan, lumayan kaget pas tahu harga sebiji nya udah 20k aja.. Sempat nyobain Eclair nya yang ternyata biasa aja.. Dari Beard Papa's saya mampir ke My Kopi-O! untuk beli Ice Mocha..

Gate 4 Domestic Departure Terminal

Beard Papa's

Ice Mocha (47k), Green Tea Puff (20k), Eclair (20k)

Satu jam mengudara, kami pun sampai di Adi Soemarmo Airport, airport kebanggaan nya kota Solo.. Airport nya sekilas lumayan besar, modern dan bersih.. Yang jelas sih lebih besar dan lebih bagus dari Adi Sucipto Airport di Jogja.. Taxi ke kota pun ga terlalu mahal.. Untuk ke Ibis Styles Solo, rate nya 80k.. Padahal itu lumayan jauh karena airport nya sendiri terletak di Boyolali / Solo Baru..

Air Asia XT 8454

Adi Soemarmo Airport

Sampai di Jalan Gajah Mada, kami tidak turun di Ibis Styles Solo, tapi kami minta diturunkan di dekat Masjid Sholihin.. Kami bukan mau ke Masjid, tapi kami mau makan di Tahu Kupat dan Sate Putra Tambak Segaran yang terletak tak jauh dari Masid Sholihin.. Sayang ketika kami sampai, Sate Putra Tambak Segaran nya belum buka (buka nya jam 13.00).. Kami pun makan Tahu Kupat yang ga kalah enak dan terkenal nya itu.. Ada banyak penjual Tahu Kupat di dekat sana, tapi kami selalu makan di Tahu Kupat Sido Mampir, persis di sebelah Sate Putra Tambak Segaran.. Seporsi hanya 8k dan 9k kalau pakai tambahan telur.. Makanan murah meriah yang enak banget.. wkwkwk..

Tahu Kupat Sido Mampir (8k)

Setelah makan, kami berjalan kaki menyusuri Jalan Gajah Mada untuk menuju ke Ibis Styles Solo yang terletak sektiar 700meter dari Tahu Kupat Sido Mampir.. Ga terlalu jauh, tapi karena kami jalan nya pas jam 12 siang, jadi lumayan bikin keringetan dan gosong.. wkwkwk.. Mau masuk ke hotel, papa saya tergoda makan di RM Padang Sari Bundo yang persis berada di seberang Ibis Styles & Novotel Solo.. Jadi ceritanya ini makan siang edisi kedua.. hahaha..

Yang namanya Nasi Padang sebenarnya ada dimana2.. Tapi entah kenapa kami selalu kangen makan Nasi Padang nya Sari Bundo.. Rasa nya bener2 enak, tempat nya bersih, dan harga nya murah.. Di Bali mana dapat Nasi + Sayur + Ayam Bakar + Es Teh seharga 17k?? Ini tempat nya kelas resto lho, bukan sekedar warung.. wkwkwk.. Sayang paket2an ini hanya berlaku untuk dine in alias makan di tempat.. Keesokan harinya kami bungkus ayam bakar nya (tanpa nasi), ternyata kena 21k per potong.. Malah lebih mahal daripada yang paketan.. hahaha..

Paket Ayam Gulai (17k)

Perut sudah full maksimal, saat nya check-in di Ibis Styles Solo.. Setelah istirahat beberapa menit, kami pun keluar hotel, cari taxi untuk menuju tempat pemberhentian pertama, yaitu Warung Selat Mbak Lies.. Selat Mbak Lies konon merupakan tempat makan wajib bagi para wisatawan yang berkunjung ke Solo.. Ga terhitung jumlah artis dan pejabat yang sudah singgah ke Warung Selat Mbak Lies ini.. Saya sendiri malah baru singgah setelah kunjungan saya yang ketiga kalinya di Solo.. hehehe..

Warung Selat Mbak Lies ini terletak Jl. Serengan, kurang lebih 10 menit dari Jalan Gajah Mada.. Tempat nya sendiri ternyata masuk gang dan
 lebih mirip rumah yang disulap menjadi tempat makan.. Tempat makan nya kecil, bisa pilih antara 2 rumah yang letak nya bersebrangan.. Sayangnya, dua2 nya full dengan hiasan / ornamen, baik yang berupa guci, piring, dan hiasan dinding lainnya.. Artistic dan keren sih, tapi bagi saya yang sembrono dan badan nya rada (bukan rada, tapi memang) lebar, hal ini menakutkan.. Maksudnya takut ga sengaja nyenggol, terus harus ganti rugi.. Kan bisa habis jatah belanja dan makan saya.. hahaha..

Nama nya saja Warung Selat Mbak Lies, menu yang disajikan tentunya didominasi oleh berbagai macam selat.. Beberapa menu yang saya pesan antara lain Selat Bestik, Selat Galantin Kuah Saos, Selat Galantin Kuah Segar, Es Campur, Es Degan, dan Es Kolak.. Penampilan nya sih oke2.. Tapi rasanya menurut saya biasa saja.. Malah lebih enakan Selat Solo nya RM Kusuma Sari.. Dari ketiga jenis selat yang saya pesan, yang paling oke adalah Selat Galantin Kuah Saos nya, ini semata2 karena penampilan telur nya yang cantik.. hahaha.. Kalau minuman nya jangan ditanya.. Semuanya manis berlebihan.. Untuk harga, standard lah.. Selat nya berkisar 15ribuan, dan minuman nya 10ribuan..

Selat Galantin Kuah Segar & Selat Bestik (@ 15k)

Selat Galantin Kuah Saos (15k)

Es Campur (11k), Es Degan (11k), Es Kolak (10k)

Next stop adalah Serabi Notosuman.. Oleh supir taxi yang mengantar kami, kami diberitahu bahwa ada 2 penjual Serabi Notosuman di Jalan Moh Yamin yang lokasi nya seberang2an.. Katanya satu adalah ibu nya dan yang satunya anak nya.. Karena tahun lalu sudah nyobain yang Serabi Notosuman Ny Lidia, kali ini kami nyobain yang Serabi Notusuman Ny. Handayani (ibu nya).. Serabi nya sebenar nya sama saja.. Cuma saya lebih suka yang Serabi Notosuman Ny. Lidia.. Penampilan nya lebih cantik karena digulung dengan daun pisang.. Kalau yang saya beli kemarin ini, bentuk nya ga karuan, dan karena panas2 dikotakin, sampai hotel sudah benyek2 ga jelas..

Harga 1 kotak Serabi campur (putih & coklat), yang berisikan 10 buah Serabi, dibandrol seharga 24k.. Cocok kalau dijadikan oleh2 untuk keluarga dan teman2.. Ada 1 hal yang saya suka dari Serabi Notosuman Ny. Handayani ini.. Selain jual Serabi, mereka juga jual aneka cemilan khas Solo.. Pilihan nya jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang dijual Ny. Lidia.. Senang nya lagi, harga nya masih bersahabat.. Jadi kemarin kami langsung borong aneka cemilan, seperti emping, wingko, kripik2an yang ternyata semuanya enak... hahaha..

Dari Serabi Notosuman Ny. Handayani, kami minta supir taxi untuk drop-off di Pusat Grosir Solo (PGS).. PGS adalah tempat favorit kami untuk shopping aneka batik.. Kami bahkan sudah punya langganan.. hahaha.. Untuk daster & baju batik yang kualitas oke, saya lebih suka beli di counter nya Kencana Ungu, yang memang udah terkenal kualitas daster dan baju nya.. Distributor Kencana Ungu yang resmi ada di PGS Lantai Dasar.. Pas keliling2 kami juga nemu 1 toko, nama nya Anugerah Jaya di Lt.1.. Saya nemu baju2 batik bagus dengan harga miring.. Di dekat Anugerah Jaya juga ada penjual sprei (bed sheet) yang harga nya murah banget.. Adik saya, berhubung mau wisuda dalam waktu dekat, jadi sekalian hunting kebaya.. Setelah mengelilingi PGS, akhirnya dapat juga 1 stel kebaya, yang keren abis, tapi dengan harga ga sampai 500k.. Saya lupa nama toko kebaya nya, yang jelas ada di PGS lantai paling bawah dekat tangga bagian depan..

Pokoknya selalu happy kalau belanja di PGS.. Semua murah2 banget.. Cuma kalau kelamaan, ya bikin kantong jebol juga.. hahaha.. Untuk perkiraan harga, daster jumbo kualitas paling bagus merk Kencana Ungu di bandrol seharga 57k, yang biasa sekitar 45-50k.. Kalau yang bukan merk Kencana Ungu, 25k juga dapet kok.. Kalau baju / blouse batik ada yang 25rb per pcs.. Yang bagusan 100k dapet 3.. Terus blouse batik yang lengan panjang dan bahan nya agak bagus 50k, dan yang benar2 jumbo dan model nya mirip blazer, 75k saja..

Distributor Kencana Ungu

Capek belanja, kami pun keluar dari PGS dan cari taxi untuk pulang ke hotel.. Kami baru keluar hotel lagi ketika hari sudah mulai gelap.. Tujuan kami malam itu adalah makan malam di Bakso Kadipolo.. Tahun 2015 kemarin, saya cuma T/A Bakso Kadipolo ini.. Jadi sekarang mau cobain makan di tempat.. Lokasi nya ga jauh kok dari Ibis Styles Solo, jalan kaki 5 menit aja..

Bakso nya Kadipolo menurut saya sih juara banget.. Bakso nya enak, kuah nya pun enak banget.. Kalau ga inget nanti mau makan Nasi Liwet, mungkin saya akan pesan mangkok kedua.. hahaha.. Selain bakso, mereka juga jual aneka masakan.. Kemarin cuma nyobain Oseng2 Soun nya yang seporsi cuma 4k tapi rasa nya enak banget.. Sosis Solo nya juga enak.. Bakso enak begini, terkenal, tempat nya bagus, seporsi cuma 13k.. Pokok nya makin cinta sama Solo.. hahaha..

Bakso Kadipolo (@ 13k)

Dari Bakso Kadipolo, rencana nya kami mau jalan kaki aja ke Solo Paragon Mall.. Cuma akhirnya niat ini diurungkan, dan kami memilih naik taxi.. Cuma kena argo minimal 25k saja.. Dan ternyata jalanan yang dibilang di Google Map 1km itu, jauh juga.. Mana jalanan nya gelap dan sepi.. Untung aja naik taxi.. hahaha..

Kami pas masuk Solo Paragon Mall, persis kayak orang desa ke kota.. Mall nya besar dan keren banget kalau dibandingkan dengan mall2 di Bali.. Somehow suasana nya mirip mall2 di KL.. Store nya lumayan lengkap, ada Carrefour 2 lantai, ada banyak tempat makan, ada banyak tempat nongkrong, keren lah pokoknya.. Sama sekali ga berasa angker seperti yang dibilang orang..

Solo Paragon Mall

Di lantai FF Solo Paragon Mall ini, ada 1 tempat bermain, nama nya Happy Time Manhattan.. Nah di sekitar Happy Time Manhattan ini ada kursi2 yang background nya itu lucu2 buat dipakai pepotoan.. Akhirnya kami foto2 di sana, sambil beli Es Teh di 2 Tang Cafe dan nyobain Classic Pizza Cone.. Keren ya di Solo, jual Es Teh di cup seharga 5k, tapi di sediain tempat duduk ala cafe2 gitu.. Jadi cerita nya modal 5ribu bisa nongkrong di mall.. hahaha.. Btw, Classic Pizza Cone nya juga enak.. Base pizza nya yang berbentuk cone nya super crispy..

Happy Time Manhattan

Classic Pizza Cone

Setelah belanja sebentar di Carrefour, kami memutuskan untuk balik ke hotel.. Keluar dari Solo Paragon Mall, cari taxi, kok yang ada Taxi Mah*ota semua.. Kalau ke Solo saya memang paling anti dengan taksi yang satu ini.. Masih trauma dengan kejadian di tahun 2013 kemarin.. Jadi sebisa mungkin cari nya Gelora atau ga Kosti.. Akhirnya kami jalan ke arah luar mall, berharap bisa dapat taxi selain Mah*ota.. Lama menunggu, ga dapat2 juga.. Sampai akhirnya ada 1 taksi yang berhenti di dekat kami, dan ternyata itu taxi Mah*ota.. Akhirnya kami naik juga dengan pertimbangan ga boleh negative thinking.. Kan ga semua taxi Mah*ota sama jelek nya dengan yang kami dapat di tahun 2013 kemarin..

Sebelum balik ke Ibis Styles Solo, saya minta mampir ke Nasi Liwet Wongso Lemu.. Oleh supir taxi Mah*ota, kami dibawa ke satu warung Nasi Liwet Wongso Lemu yang paling ujung dan paling sepi.. Penjual Nasi Liwet Wongso Lemu di Keprabon ini memang banyak banget.. Ga tau deh yang mana yang asli.. Dan setelah sampai, saya dan adik saya baru ngeh, lho ini kan penjual Nasi Liwet Wongso Lemu yang sama dengan yang kami kunjungi di tahun 2013.. Di tahun 2013 kemarin, kami juga di antar oleh supir taxi Mah*ota ke penjual ini, dan setelah nya dipaksa mampir ke salah satu gallery / toko batik..

Warung nya sepi banget, kami satu2 nya pembeli.. Karena sudah tahu dengan harga nya yang terkadang ga masuk akal, saya pun pesan Nasi Liwet yang biasa.. Karena si supir taxi juga nungguin kami, akhirnya mama saya menawari supir taxi tersebut.. Ga disangka2 si supir mengiyakan tawaran mama saya.. Minta pakai telur pula.. Jadi ceritanya nasi saya harga nya 10k per porsi, dan nasi si supir harga nya 17k.. hahaha.. Bukan masalah uang nya sih.. Kami juga ikhlas memberi makan orang lain.. Tapi heran aja.. Kami lho, hari2 selanjutnya sewa mobil, 2 hari dengan supir yang berbeda.. Sekalipun mereka ga pernah mau kalau ditawarin makan.. Sampai dipaksa pun mereka dengan halus menolak.. Ini supir, baru juga ketemu 10 menit, udah mau2 aja.. Request pakai telur pula.. hahaha.. Ini penjual Nasi Liwet juga, 1 telur harga nya 7k.. Dan yang namanya Nasi Liwet seharga 17k, itu isinya nasi porsi kecil, telur 1 butir, ayam 2 suwir kecil tipis, dan sayur seplastik kecil.. Mana rasa nya kagak enak.. Jauh lebih enakan Nasi Liwet yang di depan Ibis & Novotel yang harga nya cuma 11k.. Atau yang di belakang Pasar Gede yang harganya cuma 7k.. Lucu nya penjual nasi liwet nya malah ribut sendiri.. Yang bungkus2 bilang yang pakai telur 3 bungkus, sedangkan kami pesen nya 2 bungkus aja.. Terus yang bungkus ribut lah dengan yang bertugas masukin ke plastik.. Sampai itu nasi dibuka2 untuk ngitungin telur nya.. Parah banget.. hahaha.. Dan setelah kejadian ini, saya bener2 kapok naik taxi Mah*ota.. Ga lagi deh.. hahaha..

To Be Continued..

Ngurah Rai International Airport
Jl. Raya Gusti Ngurah Rai - Bali

Beard Papa's & My Kopi-O!
Gate 4 Domestic Departure Terminal
Ngurah Rai International Airport

Adi Soemarmo Airport
Jl. Bandara Adi Soemarmo - Solo

Tahu Kupat Sido Mampir (Sholihin)
Jl. Gajah Mada No 95 - Solo

RM Padang Sari Bundo
Jl. Gajah Mada No 36 Solo
(depan Ibis Styles Solo Hotel)
+62271 6376991

Nasi Liwet Wongso Lemu
Jl. Teuku Umar (Keprabon) - Solo

1 comment:

1. This comment has been removed by a blog administrator.