Wednesday, October 5, 2016

Thailand & Malaysia Trip 2016 ~ #2 Or Tor Kor Market & Ibis Siam Bangkok

Semenjak menemukan fotonya di Instagram dan nonton video-nya Mark Wiens, tempat ini fix menjadi salah satu tempat yang wajib saya kunjungi ketika berada di Bangkok.. Tidak hanya wajib, tapi tempat ini saya jadikan tujuan pertama saya begitu saya tiba di Bangkok..hehehe..

Dari Chatuchak Park MRT Station saya dan keluarga membeli tiket MRT Jurusan Bang Sue dan turun di Kampheng Phet MRT Station yang hanya berjarak 1 stasiun.. Sampai di Kampheng Phet MRT Station saya memilih Exit 3 dan akhirnya, kami pun tiba di Or Tor Kor Market (di bagian depan tertulis Marketing Organization For Farmers).. Mungkin banyak yang bertanya2, ngapain saya ke pasar siang2 bolong, bawa ransel pula, terus bela2in begitu sampai Bangkok langsung menuju Or Tor Kor Market.. Ini pasar bukan sembarang pasar.. hahaha.. Salah satu pasar paling keren dan yang WAJIB banget dikunjungi di Bangkok..

Or Tor Kor Market adalah upscale fresh market di kota Bangkok yang terletak tak jauh dari the famous Chatuchak Weekend Market.. Disebut upscale karena di Or Tor Kor Market kita bisa menemukan segala jenis sayuran, buah2an, dan makanan dengan kualitas terbaik.. Biarpun namanya market alias pasar, Or Tor Kor Market ini bersih banget.. Ga heran kalau Or Tor Kor Market ini menduduki ranking ke-4 Best Fresh Market In The World menurut CNNTravel..

Or Tor Kor Market ini juga merupakan surga kuliner.. Biarpun pasar, yang dijual ga hanya sayuran, buah, dan bahan makanan fresh lainnya, tapi ada bagian yang menjual makanan (masakan) atau cooked food.. Dan disediakan juga tempat makannya, persis seperti di food court..

Or Tor Kor Market (Marketing Organization for Farmers)

Or Tor Kor Market tampak dalam

Begitu masuk ke dalam bagian pasar, saya langsung disambut dengan aneka buah yang menggoda banget.. Buah-buahnya typical buah di negara tropis yang kebanyakan dapat dijumpai di negara kita.. Tapi dengan size dan kualitas yang lebih bagus.. Siapa yang ga kalap lihat mangga yang size-nya jumbo2 dan dengan warna kuning yang menggoda banget.. Belum lagi durian yang sudah tersedia versi siap makannya.. Jadi duriannya sudah diletakkan di wadah jadi pembeli tinggal memilih mau yang bentuknya kayak apa, besarnya seperti apa.. Belum lagi anggur, jeruk, jambu, nanas, semuanya memanggil untuk dibeli.. wkwkwk..

Lima menit di pasar ini, kami hanya bisa terbengong2 melihat segitu banyak makanan.. Dan akhirnya pusing sendiri karena harus memilih dari sekian banyak makanan enak yang dijual di sana.. Pemberhentian pertama kami adalah di stall penjual buah2an.. Di sini kami membeli anggur Moon Drops yang dibandrol dengan harga THB 150 per bag.. Anggurnya benar2 manis dan seedless alias tanpa biji..

aneka buah2an di Or Tor Kor Market

nyobain beli Moon Drops Grapes (THB 150 / bag)

Moon Drops Grapes
(ps : foto ini diambil keesokan harinya, dimana si grape sudah tidak sesegar pas beli)

Pemberhentian kedua kami adalah di penjual juice dan minuman herbal dalam botol.. Varians-nya banyak banget.. Yang sempat kami coba adalah Chrysanthemum Tea dan Guava Juice.. Saking enaknya, sebelum pulang kami mampir lagi ke stall ini untuk beli beberapa botol  lagi.. hehehe..

Juices & Herbal Drinks

Next stop adalah Som Tam Or Tor Kor Market.. Yang ini saya tahu dari video-nya Mark Wiens.. Dari stall ini, saya memesan ayam panggang (Gai Yang) dan papaya salad (Som Tam)..  Kalau sebelumnya saya hanya bisa nelan ludah lihat Mark Wiens makan Gai Yang-nya, sekarang saya bisa merasakan langsung kelezatan ayamnya yang memang top banget.. Itu ayam padahal 1 ekor, tapi ludes dalam seketika.. hahaha.. Gai Yang-nya enak, Som Tam-nya juga ga kalah enak.. Awalnya sempat pesimis, kayaknya ga bakal cocok di lidah deh.. Tapi ternyata enak banget.. Kemarin kami pesan yang original Som Tam, tanpa tambahan fermented raw crab.. Berhubung masih first day, takut pencernaan terganggu.. wkwkwk..

Selain Gai Yang dan Som Tam, kami juga memesan satu nasi campur yang kalau di Thailand disebutnya Khao Gaeng.. Khao Gaeng ini secara umum artinya rice with curries.. Jadi semacam nasi dengan aneka curry dan lauk pauk lainnya.. Mirip nasi campur lah kalau di Indonesia.. Khao Gaeng ini bisa ditemukan dimana saja, mulai di pasar, pinggir jalan, sampai ke mall2 elite.. Saya juga memesan Thai Iced Tea pertama saya di salah satu stall minuman.. Thai Iced Tea memang salah satu minuman favorit saya.. Mirip Teh Tarik di Malaysia tapi setelah dirasa2 sedikit berbeda..

Som Tam Or Tor Kor Market

they sell the best Som Tam in town

Gai Yang-nya super juicy dan flavorful

Gai Yang (THB 180 / whole chicken)

Som Tam (THB 60)

Khao Gaeng (THB 60)

Session pertama selesai.. Saatnya ngider lagi.. hahaha.. Our next stop adalah di penjual Pork Satay (Moo Ping).. Kuliner di Thailand memang banyak yang merupakan olahan daging babi.. Tapi bagi teman2 yang Muslim, jangan khawatir.. Di Thailand masih banyak kuliner non-babi yang ga kalah enak.. Untuk safe-nya bisa pilih ayam atau seafood saja..

Moo Ping di Or Tor Kor Market dijual dalam plastic bag, dimana 1 bag berisikan 10 tusuk sate babi yang dagingnya jumbo2 dan tanpa lemak.. Satu plastic bag dijual dengan harga THB 150.. Kemudian ada juga aneka sosis Thailand yang disarankan untuk dimakan dengan potongan jahe, bawang putih, dan cabe..

Pork Satay & Thai Sausage

Thai Sausage (THB 80)

Pork Satay / Moo Ping (THB 150 / 10 sticks)

Selanjutnya kami juga mampir di penjual pork-skin cracker, dimana 1 plastik kecil krupuk kulit babi dijual dengan harga THB 100.. Ada juga penjual aneka seafood, mulai dari udang, kepiting, sampai ikan, yang nantinya akan dimakan dengan saus atau bumbu khas Thailand.. Seafood-nya benar2 fresh dan dengan ukuran yang besar2.. Bahkan kepiting, ada yang sudah di-kupas sebagian sehingga gampang makannya..  Kemudian mampir juga beli buah asam dan jambu air yang sebiji harganya 22k.. Tapi beneran jambunya jumbo2 dan manis banget..

itu crackers beneran enak (non-halal)

Naem (THB 80) & Pork Rind (THB 100)

seafood galore

nyobain beli jambu yang super manis dan besar2

Jambu (@ 22k)

Thai Snacks

Thai Mango ~ a must try

Walaupun masih banyak makanan yang belum dicoba, akhirnya kami menyerah mengingat kondisi perut yang sudah sangat full.. Sebagai penutup, melipirlah saya ke salah satu stall buah2an dan membeli beberapa pcs durian.. hahaha..

Belum ke Thailand namanya kalau belum mencicipi durian yang konon durian terenak di seluruh dunia.. Ada dua jenis durian yang waktu itu ditawarkan ke saya, yaitu Durian Monthong dan Durian Kanyao.. Saya memilih Durian Monthong yang dibandrol dengan harga THB 80 per 100gram.. Jadi untuk 4 pcs durian saya membayar THB 400.. Duriannya benar2 creamy.. Persis seperti melted butter dengan rasa manis yang pas.. Ah benar2 enak..

Durian Monthong (THB 80 / 100gram)

Or Tor Kor Market ini buka setiap hari dari pukul 06.00 - 18.00.. Tapi menurut saya waktu terbaik untuk berkunjung adalah during lunch time.. Kenapa?? Karena kalau kepagian banyak stall terutama yang menjual masakan belum semuanya buka..

Dengan perut kekenyangan dan tangan penuh tentengan plastik berisi makanan, kami pun menyudahi “pesta” kami di Or Tor Kor Market dan menuju hotel tempat kami menginap.. Dari Or Tor Kor Market, kami kembali ke Kampheng Phet MRT Station, naik MRT tujuan Hua Lamphong, dan turun di Chatuchak Park MRT Station (1 station away).. Kami keluar dari Chatuchak Park MRT Station dan menaiki escalator untuk memasuki Mochit BTS Station.. Di Mochit BTS Station saya membeli BTS One Day Pass yang dapat dibeli langsung di counter yang terdapat di setiap BTS Station.. Harga resminya adalah THB 140, tapi entah kenapa kemarin saya membayar kurang dari harga tersebut, mungkin lagi ada promo ya.. BTS One Day Pass ini cocok dibeli kalau memang dalam satu hari, kita bakalan sering menggunakan BTS.. Jauh lebih mudah dan menghemat waktu dibandingkan harus antri beli tiket single journey di mesin atau counter, dan kalau berkali2 naik BTS jatuhnya jauh lebih murah..

Tiket BTS sudah di genggaman, kami pun menuju ke platform.. Untuk menuju hotel kami di Siam, kami harus naik BTS Light Green (Sukhumvit Line) dengan tujuan Bearing dan turun di Siam BTS Station.. Siam BTS Station adalah stasiun central yang merupakan tempat bertemunya dua jalur BTS (interchange station).. Kami kemudian lanjut menaiki BTS Dark Green (Silom Line) dengan tujuan National Stadium.. National Stadium BTS Station ini hanya berjarak 1 stasiun dari Siam BTS Station..

Overall, seru juga naik BTS.. Berbeda banget dengan MRT yang cenderung lebih sepi.. Kalau BTS ini mah ramai sepanjang hari.. Apalagi pas peak hours macam jam 07.00-09.00 dan 17.00-19.00, dijamin bakal seru.. Seru karena bakalan benar2 full dan crowded.. Itu stasiun BTS berubah menjadi lautan manusia.. Tapi masih tergolong tertib dan ga pakai dorong2..  BTS-nya sendiri dalam kondisi yang bersih dan dingin.. Walaupun kalau peak hours itu ya harus desak2an dan antri..

Yang paling menyiksa dari BTS itu adalah TANGGA.. Ga heran deh orang Bangkok pada kurus2 walaupun makannya banyak2.. Lha kerjaannya naik turun tangga melulu.. hahaha.. Mau naik ke BTS Station, ga semua ada escalator-nya.. Kalau udah begitu, terpaksa deh naik tangga.. Kalau turun dari BTS Station sudah pasti tangga manual.. Belum lagi kalau pindah jalur BTS.. Tangga lagi, tangga lagi.. wkwkwk..

BTS One Day Pass (@ THB 140)

BTS Map

Anyway, dari National Stadium BTS Station, kami mengambil Exit 1 dan sampailah kami di depan hotel tempat kami menginap selama di Bangkok, Ibis Siam Bangkok.. Setelah membeli tiket pesawat dengan tujuan Bangkok, hal pertama yang saya lakukan adalah memilih2 hotel.. Saya memang orangnya rada picky kalau urusan hotel.. Di Bangkok sendiri banyak banget pilihan hotelnya.. Dari yang paling murah sampai yang paling mahal, dari yang bentuknya hostel, sampai yang bintang 5, semua ada di Bangkok.. Untuk memudahkan pencarian hotel yang tepat, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan area tempat menginap.. Ada beberapa area di Bangkok yang menjadi favorit para tourist, seperti Siam, Pratunam, Sukhumvit, Khao San, Silom, Riverside, dll..

Saya sendiri awalnya memang sudah sreg di Siam.. Siam itu ibarat pusat shopping-nya kota Bangkok.. Shopping malls bertebaran di Siam, jumlahnya ga sedikit lho, bahkan lebih dari 10 shopping malls ada di kawasan Siam.. Selain itu, Siam juga berada di tengah kota dan akses transportasi public-nya juga bagus.. Area tempat menginap sudah fix, ternyata oh ternyata, namanya juga tempat strategis, hotel yang berada di kawasan Siam ini mahal2 banget rate per malamnya.. Akhirnya coba cari yang lebih ramah di kantong.. Ketemulah dengan Ibis Siam Bangkok ini.. Dari segi rate masih terjangkau, yaitu sekitar 700-800 ribu per malam.. Selain itu, saya juga penggemar Ibis, karena selama ini selalu puas kalau stay di hotel2 Ibis..

Ibis Siam Bangkok ini secara lokasi masih termasuk kawasan Siam.. Walaupun kalau untuk BTS, BTS terdekat adalah National Stadium BTS Station.. Kalau mau turun di Siam BTS Station sebenarnya bisa saja.. Cuma karena kami malas jalan kaki lagi, jadi kami lebih memilih turun di National Stadium BTS Station.. Ibis Siam Bangkok ini persis berada di depan BTS Station, jadi mau kemana2 gampang banget..Sebenarnya jalan kaki aja dari hotel sudah bisa kemana2 lho.. Di seberang hotel persis, ada MBK Center (Mahboonkrong), shopping mall yang legendaris itu.. Dari hotel hanya perlu menaiki jembatan penyebrangan.. Naik jembatan penyebrangan yang berbeda, bisa sampai ke Siam Discovery, dan kalau dilanjutin bisa sampai ke Siam Center, Siam Square, Siam Paragon, Central World, bahkan sampai ke Platinum Mall dan Pratunam Market.. Jim Thompson House dan Bangkok Art & Culture Centre juga terletak tak jauh dari Ibis Siam Bangkok..

Ibis Siam Bangkok ini ternyata berada dalam satu gedung yang sama dengan Mercure Bangkok Siam.. Lobby-nya memang dipisah, tapi secara gedung dan area, dua hotel ini berbagi dengan rukunnya.. wkwkwk.. Jadi kalau punya extra budget, bisa menginap di Mercure Bangkok Siam yang secara bintang lebih tinggi dibandingkan Ibis Siam Bangkok..

Memasuki area lobby Ibis Siam Bangkok, saya langsung disambut dengan 7-Eleven yang cukup lengkap yang berada tepat di depan lobby area.. Wah langsung kegirangan.. wkwkwk.. Walaupun saya pesan kamar tanpa breakfast, ga perlu khawatir., tinggal melipir ke 7-Eleven aja untuk membeli breakfast.. hehehe.. Proses check-in berjalan dengan cepat dan lancar.. Semua request saya dipenuhi termasuk early check-in di pukul 12.00..

Ibis Siam Bangkok from MBK

Ibis Siam Bangkok from National Stadium BTS Station

Ibis Siam Bangkok

Ibis Siam Bangkok's Lobby Area

Saya cukup beruntung mendapatkan kamar dengan view langsung ke National Stadium, sebuah pusat atau komplek olahraga yang persis berada di seberang hotel.. Kamarnya sendiri minimalis, tidak terlalu luas, tapi yang penting super bersih dan nyaman.. Bedsheet, bantal, kursi, handuk, semuanya dalam keadaan bersih putih kinclong.. Toiletries, hairdryer, safe deposit box, tea/coffee maker, refrigerator, semuanya lengkap tersedia di kamar..

Overall, it was a wonderful stay at Ibis Siam Bangkok.. Dengan rate yang terjangkau, Ibis Siam Bangkok menawarkan banyak hal, tidak hanya lokasi yang strategis, tetapi juga service yang memuaskan dan kamar yang nyaman.. Service dari staff2nya juga perlu saya acungi jempol.. Semuanya ramah2, helpful, dan berbahasa Inggris dengan baik.. Totally recommended..

Standard Twin Room

small but very comfy

super clean bathroom

National Stadium

Anyway, mau cerita sedikit tentang 7-Eleven di Ibis Siam Bangkok ini.. Kayaknya tiap masuk hotel, pasti kami mampir dulu ke 7-Eleven.. Semuanya dicobain.. Dari minuman2 aneh, sampai snack2 yang unik, semuanya kami coba.. hahaha.. Setiap pagi kami juga beli breakfast-nya di tempat ini.. Makanannya juga bukan tipe frozen food yang boring dan ga enak itu.. Makanan-nya fresh dan enak2.. Varians-nya juga banyak dan harganya terjangkau.. Ah, andai ada yang seperti ini di Bali.. wkwkwk..

7-Eleven @ Ibis Siam Bangkok

beberapa menu breakfast dari 7-Eleven, semuanya enak

ini juga semuanya enak, yang paling favorit adalah si sausage

andai bisa dicoba satu per satu (lol)

candy, sweet, and preserved fruits

anyone??

Booking.com  :  click here
Agoda  :  click here
Tripadvisor  :   click here

1. Pas ke bangkok aku paling suka sosis mereka, mantap dan asinnya pas. Soalnya menurutku sosis di indonesia cenderung keasinan. Somtam nyobain yg dikasih rawcrab aku kira fresh crab gitu ...ternyata, asin banget..hahaha

1. Hehe.. betul, sosis disana enak2.. kemarin nyobain yg pakai crab pas di platinum.. besoknya mules.. hahaha..