Saturday, November 12, 2016

Thailand & Malaysia Trip 2016 ~ #7 Pattaya View Point, Big Buddha Hill, and Buddha Mountain

It’s day five dan tanpa terasa hari ini kami sudah harus meninggalkan Thailand.. Hiks.. Berhubung pesan kamar yang tanpa breakfast, papi dan mami saya pagi2 sudah ke 7-Eleven di depan hotel untuk beli sarapan.. Menu breakfast kami pagi itu ada Rice with Spicy Minced Pork & Vietnamese Sausage, Rice with Fried Pork & Egg, Sausage Fried Rice, dan Rice with Japanese Curry & Tonkatsu.. Biarpun belinya di minimarket, tapi rasanya enakkkk.. wkwkwk..

sunrise from our room

our breakfast from 7-Eleven

Jam 08.15 kami turun ke lobby untuk check-out karena jam 08.30 kami akan dijemput oleh driver yang sudah kami booking kemarin.. Alih2 dapat innova seperti yang dijanjikan kemarin, yang datang adalah mini-van.. Kalau dilihat dari bagian dalam mobilnya, kelihatan mini-van-nya sudah lumayan berumur.. Ga sebagus mini-van yang dipakai Bell Travel Service.. Tapi masih nyaman kok.. Mini-van segede itu cuma buat kami berempat, jadinya bisa pindah2 duduknya.. hahaha.. Driver-nya juga baik walaupun kagak bisa English.. Tapi kalau kami bertanya sesuatu, driver-nya ngerti dan jawabnya pakai bahasa tubuh.. wkwk..

Mini-van ini kami sewa kurang lebih selama 4,5 jam.. Rute yang saya ambil adalah Ibis Pattaya Hotel – Pattaya View Point – Big Buddha Hill – Buddha Mountain – Silverlake Vineyard – U-Tapao International Airport.. Jadi ceritanya beberapa bulan sebelum berangkat saya baru tahu kalau airport-nya Pattaya itu terletak di luar kota Pattaya, masuk ke daerah Rayong tepatnya.. Transportasi dari Pattaya menuju U-Tapao International Airport ini agak susah.. Ada sih bis umum, cuma nanti di tengah jalan harus cari taxi atau ojek motor untuk ke airport-nya.. Cara paling mudah adalah naik taxi atau charter mobil.. Biayanya paling murah THB 900 atau sekitar IDR 360k.. Berhubung saya juga mau mengunjungi tempat wisata yang lumayan jauh dari hotel, jadi semuanya saya gabung di day 5 ini..

First stop adalah Khao Pattaya View Point atau Khao Phra Bat atau Pattaya View Point.. Pattaya View Point adalah salah satu tempat wisata yang menurut saya wajib dikunjungi ketika berada di Pattaya.. Well, malahan 4 tempat wisata yang saya kunjungi hari  ini, semuanya recommended.. Kalau hanya punya waktu sedikit di Pattaya, paling tidak 4 tempat ini bisa menjadi pilihan.. Kalau punya waktu lebih bisa juga mampir ke Nong Nooch Tropical Garden & Cultural Village, Mimosa, The Elephant Village, dan Pattaya juga punya banyak waterpark lho.. hehehe..

Pattaya View Point terletak di Pratumnak Hill, sekitar 15 menit dari Pattaya Beach.. Karena letaknya yang berada di perbukitan, Pattaya View Point ini menjadi tempat yang pas untuk menikmati pemandangan kota Pattaya dan pesisir pantainya yang cantik.. Dari Pattaya Beach bisa juga sewa songthaew atau taxi untuk menuju Pattaya View Point.. Jalan menuju Pattaya View Point ini kecil banget dan berliku.. Maka dari itu, tourists2 yang menggunakan bus besar, harus rela jalan kaki ke area Pattaya View Point.. Tepat sebelum jalan menanjak, ada area parkir khusus bus.. Jalannya sih ga jauh, tapi menanjak.. Dijamin bikin ngos-ngosan apalagi ditambah dengan cuaca Pattaya yang panasnya kebangetan.. Nanti turunnya pun juga harus jalan lagi.. hahaha.. Kami dengan mini-van bisa tetap duduk manis dong di mobil.. hahaha.. Jalanannya itu hanya cukup untuk 1 mobil dan 1 space kecil khusus untuk pejalan kaki.. Nanti turunnya akan melewati jalan yang berbeda yang sama sempitnya seperti jalan pas naik ke bukit.. wkwkwk..

Sesampainya di atas bukit, kami langsung disuguhi pemandangan Pattaya bay yang kalau menurut saya lebih mirip lukisan saking bagusnya.. Kalau ga panas, betah deh berlama2 di sini menikmati pemandangan cantik yang bikin mata dan suasana hati menjadi adem.. hehehe..

Di kawasan yang sama, juga terdapat 1 temple, yaitu Wat Khao Phra Bat dan patung / monument Jumborn Prince.. Prince of Jumborn di-proclaim sebagai The Father of Royal Thai Navy, dan sebuah patung / monument didirikan untuk menghormati dan mengenang jasa-jasanya.. Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan dengan binoculars yang tersedia di area Pattaya View Point.. Pattaya View Point ini buka mulai pukul 07.30 – 21.00 dan paling pas dikunjungi saat pagi hari atau menjelang sunset.. Tiket masuknya gratis kok, parkir juga ga bayar.. hehehe..

Pattaya View Point

Wat Khao Phra Bat

Monument of Jumborn Prince

my favorite view ^_^

Dari Pattaya View Point, kami lanjut menuju tetangganya Pattaya View Point, Big Buddha Hill.. Big Buddha Hill memang terletak tak jauh dari Pattaya View Point.. Lima menit juga sampai.. hehehe.. Big Buddha Hill atau Wat Phra Yai adalah sebuah kuil atau temple yang popular di Pattaya.. Di Big Buddha Hill ini terdapat patung Buddha dengan tinggi 18 meter.. Mungkin ini alasannya kenapa temple yang satu ini diberi nama Big Buddha Hill.. Saya sendiri paling suka dengan tangga menuju temple-nya.. Saya langsung memasukkan Big Buddha Hill ini ke itinerary saya setelah melihat foto stairway-nya yang diapit oleh dua naga emas.. Bagus banget..

Sayang hari itu saya lupa kalau akan berkunjung ke temple.. Saya, mami, dan adik saya sudah asyik bercelana pendek ria.. Pas mau naik ke tangga, baru lihat ada pengumuman, kalau yang bercelana pendek ga boleh masuk ke temple (khusus wanita).. Akhirnya papi saya aja yang naik ke temple dan foto2.. Yang cewek2 bertiga nongkrong di bawah aja.. hahaha.. Ga banyak sih yang bisa dinikmati di Big Buddha Hill.. Tapi karena lokasinya yang berada ga jauh dari Pattaya View Point, tempat yang satu ini worth to visit.. Lagian tiket masuknya juga gratisss… hehehe..

Big Buddha Hill  /  Wat Phra Yai

Dari Big Buddha Hill, kali ini kami menempuh perjalanan cukup jauh menuju Buddha Mountain.. Kira2 45 menit-an dari Big Buddha Hill.. Buddha Mountain atau Laser Buddha atau Khao Chi Chan adalah salah satu tempat wisata di Sattahip yang popular banget di kalangan tourists.. Ketika kami sampai, banyak banget bus2 dan tourists2 dari mancanegara.. Buddha Mountain terkenal akan image Buddha setinggi 109 meter yang di-carving di sebuah gunung batu.. Image Buddha-nya itu dilaser dan dilapisi dengan emas.. Bagus banget.. Selain itu di sekeliling gunung juga terdapat pepohonan dan taman yang asri.. Lagi-lagi tempat wisata yang satu ini, gratis tiket masuknya.. Hebat ya Pattaya.. Banyak banget tempat wisatanya yang bisa dikunjungi secara gratis.. Bahkan parkir aja ga bayar.. Kalau begini kan tourists pada happy semua.. hahaha..

Buddha Mountain  /  Laser Buddha  /  Khao Chi Chan

Next stop atau last stop before heading to U-Tapao International Airport adalah satu tempat wisata yang persis terletak di sebelah Buddha Mountain.. Tempat ini didirikan di tahun 2002 dan kini menjelma menjadi salah satu tempat wisata favorit di Pattaya.. Ada yang tahu nama tempatnya??