Tuesday, November 15, 2016

Thailand & Malaysia Trip 2016 ~ #8 Silverlake Vineyard Pattaya


Sebelum menuju U-Tapao International Airport, masih ada 1 destination lagi yang harus kami kunjungi.. Berada persis di sebelah Buddha Mountain, akhirnya kami menginjakkan kaki juga di Silverlake Vineyard Pattaya.. Pertama kali lihat foto-fotonya di salah satu blog, ah langsung jatuh cinta dan menjadikan Silverlake Vineyard sebagai destinasi wajib.. hehehe..

Silverlake Vineyard pertama kali didirikan di tahun 2002 oleh Mr. Surachai Tangjaitrong dan Mrs. Supansa Nuangpirom, yang merupakan seorang artis Thailand.. Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa tempat yang satu ini merupakan vineyard atau perkebunan anggur.. Berhubung belum pernah ke Tuscany di Italy yang konon gudangnya beautiful vineyard in the world, bisa berkunjung ke KW-nya yang di Pattaya aja sudah bersyukur banget.. wkwkwk..

Kami tiba di Silverlake sekitar pukul 11.00.. Berbeda dengan Buddha Mountain yang rame banget dengan bus2 wisata, Silverlake Vineyard ini cenderung sepi.. Di area parkirnya yang luas, hanya ada mini-van kami yang parkir.. Tapi selang beberapa menit, ada mini-van dan mobil lain yang tiba..



 area parkir Silverlake Vineyard


 Silverlake Vineyard's entrance


Begitu masuk langsung terlihat hamparan perkebunan dan taman yang cantik banget.. Landscape-nya sungguh ditata dengan indah dan yang pastinya benar2 terawat.. Setiap sudut kayaknya bagus banget untuk dipakai foto-foto.. By the end of our visit, we have like hundreds of photos.. hahaha..






Secara umum, Silverlake Vineyard ini dibagi menjadi beberapa area.. Ada Silverlake Villagio, Silverlake Winery, Silverlake Vineyard & Garden, Silverlake Wine & Grill, dan Movie House Bed & Breakfast.. Pertama-tama, kami menuju ke Silverlake Villagio yang merupakan main buildings-nya Silverlake Vineyard.. Di Silverlake Villagio ini terdapat Vino Villagio Terrace Bar, dimana pengunjung bisa menikmati segelas wine dengan bonus pemandangan menghadap vineyard yang sangat cantik.. Terdapat juga beberapa cafĂ©, jadi bisa ngadem sambil menikmati pizza, ice cream, dll.. Termasuk yang menjadi favorit saya, Silverlake Shop.. Silverlake Shop ini adalah toko yang menjual aneka produk olahan anggur yang diproduksi langsung di Silverlake Vineyard.. 


 Silverlake Villagio


Kami skip dulu urusan belanja, dan langsung menuju ke loket pembelian tiket tour.. Yup, di Silverlake Vineyard ini pengunjung bisa mengikuti tour untuk meng-eskplor  seluruh area vineyard.. Kalau mau jalan sendiri bisa aja, cuma harus jalan kaki dan areanya itu luas banget.. hahaha.. Paling pas memang ikut tour.. Harga tour-nya juga terjangkau banget.. Ada 2 pilihan tour yang bisa dipilih, yaitu Package A dan Package B..

Masing2 paket tour akan berhenti di beberapa spot, di antaranya Windmill, The Movie House, Amphitheatre, Grape Juice Plant, dan Winery.. Beda Package A dan Package B adalah di kunjungan ke winery-nya.. Untuk Package A, pengunjung hanya diajak melihat Grape Juice Plant dan mendapatkan free 1 botol grape juice.. Sedangkan untuk Package B, selain mendapatkan tambahan kunjungan ke winery, pengunjung juga mendapatkan 2 glasses wine tasting plus 1 botol grape juice.. Untuk harga tiketnya, Package A dibandrol seharga THB 100 atau IDR 40k (children THB 70), sedangkan Package B seharga THB 250 atau IDR 100k.. 


 pilihan tour


Karena keterbatasan waktu (dan jumlah Baht di dompet), saya memilih opsi tour yang pertama, Package A.. Setelah membeli tiket, kami langsung menuju mobil yang sudah disediakan.. Sempat nunggu sebentar karena ada pengunjung lain yang juga mau ikut tour dan mereka masih beli tiket dan lain sebagainya.. 




 mobil yang dipakai tour




Beberapa menit berlalu, tour pun dimulai.. Mobil akan mengelilingi seluruh area vineyard.. Di mobil juga diputar audio yang menjelaskan beberapa tempat yang akan disinggahi.. Sayang audio-nya dalam bahasa Thai.. hahaha.. Mobil akan berhenti di beberapa tempat dan memberikan waktu kepada kita untuk melihat2 dan tentunya berfoto ria.. wkwkwk.. 












Yang menjadi favorit saya adalah Windmill.. Di Windmill ini terdapat taman bunga dengan kincir angin dan danau sebagai background-nya.. Semoga someday bisa foto dengan yang aslinya di Belanda.. wkwkwk.. #fingerscrossed






 Windmill















Setelah singgah di beberapa spot yang instagramble banget dan melewati perkebunan anggurnya, kami diajak mengunjungi  Grape Juice Plant-nya.. Tempatnya mengingatkan saya dengan perkebunan atau hacienda di Amerika Latin yang biasa saya tonton di film2.. Bagus banget.. hehehe.. Di bagian dalam, kita juga bisa melihat proses produksi grape juice-nya.. Setelah itu, kami juga diberi masing2 1 botol grape juice.. Menikmati grape juice dingin, setelah berpanas2 ria itu sungguh nikmat sekali.. hahaha..


 kebun anggur






 Grape Juice Plant








Papi saya kemudian iseng nanya ke driver-nya, mau tahu dimana winery-nya.. Ternyata ga jauh dari Grape Juice Plant.. Di Winery, ternyata ada semacam cafĂ© / bar dimana kami bisa tasting atau menikmati segelas wine.. Papi saya yang memang penggemar wine, tentu tidak menyia-nyiakan kesempatan.. Segelas wine Silverlake Shiraz 2013 dibandrol seharga THB 240 atau IDR 90k.. Sempat icip2 sedikit dan rasanya cukup enak.. Sayang memang awam masalah wine.. Bagi saya rasanya sama saja.. hahaha.. 




 cafe di area winery


 true


Selesai  tour, kami menuju ke Silverlake Shop yang menjual aneka produk olahan anggur.. Tokonya kecil aja tapi yang dijual banyak.. Mulai dari wine, grape juice, jam (selai), permen, kismis (raisin), jelly, biscuit, pie, semuanya ada.. Kalau ga inget bagasi yang sudah overload, bakalan saya borong semua.. Karena selain rasanya enak, harganya juga murah meriah.. wkwkwk..


 Silverlake Shop


Berhubung setelah ini langsung ke airport, kami pun memutuskan untuk lunch dulu di Silverlake Vineyard.. Di Silverlake Villagio ada beberapa café yang menjual minuman, pizza, dan light bites lainnya.. Kami sendiri lebih memilih untuk lunch di Silverlake Wine & Grill..




Silverlake Wine & Grill adalah restaurant-nya Silverlake Vineyard yang berada di seberang jalan.. Silverlake Wine & Grill ini memadukan konsep family-style & fine dining.. Menu yang ditawarkan adalah Italian & Thai cuisine.. Dari segi harga, harganya memang sedikit di atas rata2 mengingat konsepnya yang fine-dining, terutama untuk menu2 western-nya.. Saya sendiri sudah download menu dan price list-nya sebelum berangkat.. hahaha.. Anyway, untuk menu Thai cuisine-nya masih oke kok di dompet.. Ya standard resto2 di Indonesia lah..


 Silverlake Wine & Grill








Yang paling saya suka dari Silverlake Wine & Grill ini adalah service-nya yang jempolan dan beautiful view-nya.. Kemarin karena sepi, jadi kami bisa leluasa memilih meja.. Sengaja saya pilih meja yang dekat jendela, jadi kami bisa makan sambil ditemani pemandangan yang mengarah ke vineyard di seberang jalan.. Keren banget..

Untuk makanan dan minuman yang kami pilih antara lain ada Iced Coffee, Iced Lemon Tea, Silverlake Fried Rice, Stir-Fried Rice Noodles with Assorted Seafood, dan Pizza Margherita.. Kami dapat waiter yang super polite dan professional, maklum si doi supervisor-nya.. Setiap condiment yang dibawa ke meja dia jelasin satu2.. Ada yang jatuh dikit, langsung dibersihkan..  Ya walaupun dengan English terbata2, sukses buat kami impress dengan service-nya Silverlake Wine & Grill.. hehehe..


 Iced Lemon Tea (THB 100)


 Iced Coffee (THB 130)


Minumannya ga usah di-review lagi ya.. Yang jelas typical minuman Thailand ya es-nya buanyakk.. Terus rasanya juga kuat atau strong.. Kalau manis, ya manis banget.. Kecut ya kecut banget.. hahaha.. Untuk makanannya, Silverlake Fried Rice itu nasi goreng yang diberi topping “sesuatu”, yang kalau menurut lidah saya mirip ikan asin.. hahaha.. Selain ikan asin, nasi goreng ini juga dilengkapi dengan irisan mangga, cabe, bawang merah, dan Chinese sausage.. Selain itu disediakan juga condiment lain seperti fish sauce, vinegar, chili powder, dan gula.. Entah makannya yang benar gimana.. hahaha.. 


 Silverlake Fried Rice (THB 150)


Nah kalau yang ini favorit kami, Stir-Fried Rice Noodles with Assorted Seafood.. Flat rice noodles yang lembut itu dipadukan dengan aneka seafood, mulai dari ikan, udang, cumi, sampai green mussels, yang kemudian dimasak dengan bumbu stir-fried ala Thailand yang memang enak  itu.. Recommended banget..

 Stir-Fried Rice Noodles with Assorted Seafood (THB 180)


Last but not least, si Pizza Margherita yang hadir dengan porsi jumbo.. Pizza-nya not bad, karena jenis wood-fired pizza.. Dough-nya tipis dan crispy.. Sayang tomato dan basil-nya kurang banyak, jadi rasanya cenderung plain.. 


 Pizza Margherita (THB 290)


Biarpun hanya pesan 3 dish, tapi kami bisa makan sampai kekeyangan.. Porsinya besar.. Malahan pizza-nya akhirnya dibagi juga ke driver kami.. wkwkwk.. Makan ala fine dining dengan makanan yang tidak mengecewakan dan service yang jempolan, kami mengeluarkan uang hampir THB 1000 atau sekitar IDR 390k.. Ga mahal juga mengingat makan di Indonesia di restaurant sekelas ini malah bisa jutaan ya.. hehehe..




Overall, we had a wonderful afternoon at Silverlake Vineyard.. Sama sekali ga nyesel dibela2in supaya bisa mampir.. Recommended banget.. Buat yang mau liburan ke Pattaya, kunjungan ke Silverlake Vineyard ini bisa digabung dengan kunjungan ke Buddha Mountain, dan tempat wisata lainnya mengingat tempatnya yang lumayan jauh dengan kota Pattaya..



To be continued..




Silverlake Vineyard
31/62 Moo 7, Na Jomtien, Pattaya
Chon Buri 20250, Thailand 
Telp  :  089-896-5166
Opening hours ~ Vineyard  :  09.00 - 18.00 (Mon-Fri) & 08.30 - 19.00 (Sat, Sun, PH)
Opening hours ~ Restaurant :  11.00 - 21.00 (Mon-Fri) & 10.30 - 22.00 (Sat, Sun, PH)





No comments:

Post a Comment