Sebagai orang yang pernah bekerja di restaurant dan
berinteraksi langsung dengan pengunjung atau customer, setidaknya saya tahu
bagaimana harus menghadapi customer dan memberikan service sebaik
mungkin.. Baru2 ini saya mengalami kejadian yang kurang menyenangkan
dan membuat saya berpikir apakah prinsip & nilai2 tersebut sudah hilang.. Jangankan berusaha untuk memberikan service yang baik, saya cukup meragukan apakah mereka memiliki attitude & sopan santun..
Hari Minggu itu saya awali dengan brunch
terlebih dahulu di salah satu mall baru di kota Denpasar.. Masuk ke salah satu
gerai fastfood, saya dilayani dengan ramah walaupun saat itu saya menukarkan
voucher hasil berburu online yang menawarkan potongan harga 50%.. Mbak SPV-nya
melayani saya dengan baik, padahal untuk menukarkan voucher membutuhkan waktu
yang lama.. Begitu juga ketika saya mampir ke gerai minuman di mall yang sama..
Ketika saya ingin membeli kartu member, Mbak-nya malah bilang kalau saya lebih
baik beli pas hari Senin saja, karena bakalan dapat tambahan 2 minuman gratis..
hahaha.. Senangnya kalau ketemu orang2 yang baik dan professional..
Sayangnya setelah keluar dari mall, selanjutnya saya malah
ketemu dengan orang2 yang tidak professional.. Kebetulan rencana saya Minggu
itu adalah membeli handphone, jadi saya berangkat menuju salah satu toko
handphone terkenal di Jalan Teuku Umar.. Sebelumnya saya sudah check di website
mereka dan telepon langsung ke tokonya.. Saat menelepon, saya terhubung dengan
salah satu sales-nya yang bernama H.. Pertama2 saya menanyakan harga, stock,
warna hp, dan metode pembayaran.. Oleh si H, saya diberi harga 6juta, stock
warna lengkap, dan pembayaran bisa dengan kartu kredit dengan fasilitas cicilan
0%.. Saya kira itu untuk periode 12 bulan, tapi H meng-konfirmasi bahwa periode
cicilan-nya adalah 18 bulan.. Kemudian saya ditanya oleh si H, “Ibu mau yang
warna apa, saya simpankan saja”.. Karena belum tahu kapan bisa datang ke
tokonya, saya jawab “Tidak usah, saya belum tahu kapan bisa kesana, mungkin
besok saya baru bisa kesana”.. Dijawablah oleh si H, “Jangan besok Bu, saya
besok libur”.. Lah urusannya si doi libur sama saya beli hp apa ya.. Di akhir
telepon si H menekankan lagi kepada saya untuk mencari dia saat sampai di
toko.. hmmm.. #suspicious
Ketika sampai di Er*fo*e , saya langsung disambut oleh para
sales di depan pintu.. Karena saya merasa ga ada salahnya mencari bapak
penerima telepon saya, akhirnya saya mencari si H.. Belum juga diambilkan
barangnya, si H sudah menawarkan program asuransi dengan tambahan
biaya 500.000.. Karena diabaikan oleh mama saya, si H menghampiri saya dan
kembali menjelaskan program asuransi tersebut.. Ketika saya menolak, si H malah
bilang “Gga sayang Mba, program ini bla bla bla”.. Saya akhirnya menjawab dengan
sedikit ketus “Ga usah pak, biasanya saya juga ga pernah pakai asuransi, yang
penting handphone yang bapak jual garansi resmi dari Samsung”..
Akhirnya H menyerah, dan menggiring kami ke meja kasir.. Di
meja kasir saya menanyakan hadiah powerbank yang promosinya saya lihat di website.. Si H
menjawab, itu hanya untuk handphone type XX.. Karena merasa bahwa yang tertera
di website adalah untuk handphone yang saya beli, saya bertahan dengan pendapat
saya.. Lalu ada 1 Mbak yang duduk di sebelah kasir nyeletuk, sepertinya supervisor-nya, “Kalau
begitu Mbak beli aja online dari website-nya”.. Ya ampun, kalau ga ada orang
sudah saya maki2 itu orang.. Masa memberikan jawaban ke customer seperti itu.. Supervisor lagi, ga heran kalau anak buah-nya macam
si H.. Kan bisa bilang kalau promosi pembelian online dan pembelian di toko itu
berbeda.. Saya juga ga bakalan menuntut powerbank tersebut selama saya diberikan penjelasan yang masuk akal..
Saat proses pembayaran, si H masih belum menyerah.. Lagi2
Mami saya ditawari program asuransi.. hahaha.. Saat kartu kredit sudah
dimasukkan ke mesin, Mbak2 yang lain bilang kalau cicilan hanya boleh 12 bulan..
Tentu saya complain, lho katanya H pas di telepon dan di awal bisa sampai 18
bulan.. Sebenarnya saya bukan mempermasalahkan 12 dan 18 bulannya.. Tapi kok
dari tadi kayaknya ga professional banget.. Padahal Er*fo*e kan bukan toko
sembarang toko.. Kalau memang 12 bulan, dari awal bilang 12 bulan dong.. Hari Minggu itu cuaca lagi adem2nya karena Denpasar
diguyur hujan seharian.. Tapi sayang, hal yang sama tidak berlaku dengan
kesabaran saya.. Saya akhirnya membatalkan pembelian dan mengajak keluarga saya
ke luar dari toko.. Saya dipandangi oleh para sales yang berjejer di pintu masuk.. Di perjalanan saya juga langsung menulis email ke Customer
Care Er*fo*e yang sampai saat ini belum ada respons-nya.. Sebenarnya saya
adalah pelanggan Er*fo*e dari sejak lama.. Tapi kali ini saya benar2 kapok dan berjanji tidak
akan lagi berurusan dengan toko handphone yang satu ini.. Jangan bilang saya merusak reputasi Er*fo*e ya.. Kejadian ini real dan saya alami langsung tanpa bumbu2 tambahan.. hahaha..
Ternyata ujian kesabaran saya tidak berakhir di Er*fo*e..
Karena gagal membeli handphone di Er*fo*e, saya menuju ke store resmi Samsung
di Jalan. Teuku Umar.. Sudah deal dan barang dibawa ke kasir, eh si kasir ga
berhasil2 memproses kartu kredit saya.. Kartu saya dicabut-dipasang ke mesin
kartu kredit puluhan kali dengan kasar.. Saat saya tanya, itu koneksi-nya yang
bermasalah atau kartu saya yang bermasalah, si kasir diam seribu bahasa.. Saya
menunggu sambil memperhatikan doi yang sibuk pencet2 mesin kartu kredit-nya..
Setengah jam berlalu, hasilnya nihil.. Akhirnya satu staff yang lain bilang ke
saya kalau mesin-nya bermasalah.. Ampunnnn.. Migraine-nya saya sampai kumat akibat ketemu orang2 model begini.. Ditambah lagi, setelahnya saya jauh2 ke Mall Bali Galeria, dan ternyata handphone yang saya mau harus pre-order dulu..
Sekian curhatan saya.. hahaha.. Habisnya dimana lagi mau curhat kalau
bukan di blog ini.. wkwkwk.. Sampai
jumpa di blog-post selanjutnya.. Salam dari Bali yang sebentar lagi akan
merayakan Hari Raya Nyepi atau Day of Silence.. ^_^
Hehehe.. terimakasih ya.. sy jadi beli hp, dpt di samsung store di lippo plaza sunset road.. pelayanannya oke..
ReplyDeleteHehehe.. terimakasih ya.. sy jadi beli hp, dpt di samsung store di lippo plaza sunset road.. pelayanannya oke..
ReplyDeletepaling males kalu salesnya seperti itu
ReplyDeletehehe.. setujuu..
Delete