Monday, May 22, 2017

Round The Malaysia Trip ~ #4 One Fine Day in Langkawi

Berhubung jadwal hari ini tidak terlalu padat, jadi kami bisa bangun lebih siang.. hehehe.. Sarapan pun hanya beli di KFC di Cenang Mall yang hanya menyebrang jalan dari hotel.. Menu breakfast KFC enak2 lho.. Pagi itu kami memesan Egg Porridge, Classic Rice dan Mash Platter.. Semua menu2 ini sudah include hot tea/coffee.. Semuanya enak.. Dan yang menjadi favorit saya adalah Classic Rice.. Nasi-nya wangi dan sambal-nya enak banget.. Ayam-nya juga enak, tepung-nya ga banyak kayak di Indonesia, dan ayam-nya juga ga berlemak.. Untuk harga, juga jauh lebih murah daripada di Indonesia.. Paket Egg Porridge + Teh/Kopi harganya RM4.90 atau IDR 15k.. Paket Classic Rice atau Mash Platter (dapat teh/kopi) harganya RM 6.90 atau IDR 21k..

Tea+Coffee & Egg Porridge

(T : Classic Rice & B : Mash Platter)

Sekitar pukul 10, kami keluar hotel dan berjalan kaki menuju Underwater World Langkawi.. Kami hanya foto2 sebentar di depannya, karena tujuan kami sebenarnya ada di samping Underwater World Langkawi, yaitu Coco Valley Duty-Free dan The Zon Duty-Free.. Jadi selain terkenal akan keindahan wisata alam & bahari-nya, Langkawi juga terkenal sebagai gudang-nya duty-free.. Tidak hanya di Pantai Cenang, duty-free di Langkawi bisa ditemukan di seluruh sudut Pulau Langkawi, dari yang paling besar sampai yang paling kecil.. Kalau biasanya hanya bisa beli barang2 duty-free saat di airport, di Langkawi kita bisa belanja barang2 tersebut layaknya belanja sehari2 ke supermarket.. hahaha.. Barang2 yang dijual pun lebih banyak dan beraneka ragam.. Mulai dari coklat, permen, makanan ringan, minuman2 alkohol, produk tobacco, parfum, kosmetik, semuanya ada dan pastinya lebih murah karena tax-free.. Jadi buat yang doyan belanja, cocok banget kalau ke Langkawi.. hahaha..

Underwater World Langkawi

The Zon Duty-Free

Coco Valley Duty-Free

Sayang karena perjalanan masih jauh dan lama, kami hanya bisa berbelanja dalam jumlah terbatas.. Mau beli coklat banyak, takutnya dibawa naik turun pesawat , bisa2 sampai Bali sudah berubah bentuk.. wkwkwk.. Tapi serius, yang namanya coklat di Langkawi itu murahnya kebangetan.. Dibandingin sama Mustafa Center di Singapore mah jauh lebih murah di sini, apalagi bayarnya pakai Ringgit.. Dari coklat2 merk internasional sampai merk lokal semuanya ada.. Sayang sekali ya.. Kapan ya Air Asia buka direct flight dari Bali ke Langkawi?? Supaya bisa sering2 main ke Langkawi.. hahaha..

Di perjalanan pulang menuju hotel, kami mampir ke salah satu toko di Jalan Pantai Cenang untuk membeli sedikit souvenir khas Langkawi.. Di sepanjang jalan Pantai Cenang ini memang banyak terdapat toko2 yang menjual barang2 dan souvenir khas Langkawi, persis seperti di Legian & Kuta.. Saya membeli beberapa t-shirt dengan kualitas yang cukup baik seharga RM20-30..

Waktu sudah menunjukkan pukul 11.30, saatnya kami kembali ke hotel untuk siap2 check-out.. Maklum, pagi2 kami sudah dapat surat cinta dari management hotel, yang memberitahukan bahwa kami harus check-out sebelum jam 12.00 dan tidak bisa request late check-out.. Baru di Cenang Plaza Beach Hotel kami menerima surat seperti ini.. Di hotel lain, palingan kalau sudah mendekati waktu check-out, receptionist akan menelepon ke kamar.. Itu pun kalau tamunya tidak tahu diri.. Kami mah orangnya tahu diri.. Malu kalau sampai di telepon atau diusir keluar hotel.. hahaha..

Singkat cerita, kami sudah berada di dalam mobil dan dalam perjalanan menuju ke Kuah.. Berhubung siang hari, jadi saya memilih rute pinggir pulau, dimana sepanjang perjalanan kami disuguhi pemandangan Pulau Langkawi yang cantik itu.. Sesampainya di Kuah Town, kami langsung menuju ke Dataran Lang atau Eagle Square..

Dataran Lang aka Eagle Square

Dataran Lang atau Eagle Square adalah icon atau landmark-nya Pulau Langkawi.. Di Dataran Lang ini terdapat patung elang raksasa dengan tinggi 12meter.. Dataran Lang ini juga terletak di dekat Jetty Point, yang merupakan pelabuhan atau terminal ferry.. Jadi bagi pengunjung yang datang ke Langkawi via jalur laut, maka patung elang ini yang akan menyambut mereka.. Bagi tourist macam kami, tentu tempat yang satu ini wajib untuk dikunjungi..

Selain patung elang yang menjadi main attraction, di Dataran Lang juga terdapat taman yang asyik untuk dijadikan tempat nongkrong dan bernarsis-ria.. Di dekat taman juga ada stand2 penjual souvenir khas Langkawi dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan di Pantai Cenang..  Di seputaran Dataran Lang, juga terdapat tempat2 menarik yang sayang untuk dilewatkan seperti, Taman Lagenda, Taman CHOGM, dan shopping mall+duty free di Jetty Point Complex..

Berhubung kami kepanasan dan kelaparan, akhirnya kami menyudahi kunjungan kami di Dataran Lang.. Taman Legenda dan Taman CHOGM pun terpaksa kami skip.. Sayangnya setelah kami putar2 di Kuah Town, kami tidak menemukan tempat makan yang pas.. Setiap ketemu tempat makan yang sepertinya ramai dan menu makanan-nya pas di lidah, eh parkir-nya di pinggir jalan yang berarti kami harus memiliki parking coupon.. Giliran ada tempat makan yang ada area parkirnya, tempat makan-nya yang tidak meyakinkan.. Sorry to say, tapi tempat makan di sepanjang Pasir Putih itu masih jauh lebih bagus.. hahaha..

Setelah capek keliling sana sini, akhirnya kami menuju airport dengan harapan di airport ada tempat makan yang layak.. Sebelumnya kami juga mampir ke SPBU untuk mengisi bensin mobil.. BBM di Malaysia ada 2 jenis yaitu Petrol dan Diesel.. Kebanyakan untuk city car, seperti yang saya pakai, menggunakan Petrol.. Cara beli bensin-nya gampang kok.. Seperti biasa, mobil diparkir di depan mesin pompa atau antri ketika ada mobil lain yang sedang mengisi bensin di depan kita.. Setelah itu, kita harus pergi ke counter, sebutkan mobil kita yang mana (tunjuk saja) dan sebutkan mau isi berapa ringgit.. Serahkan uang-nya, dan saat kita kembali ke mobil, sudah tertera nominal dan jumlah liter bensin yang kita dapatkan di mesin pompa.. Setelah itu angkat selang dari pompa, dan masukkan ke lubang tangki bensin mobil.. Tekan handle pada selang atau ganjal handle-nya supaya ga capek menekan terus.. Gampang kan.. Walaupun semuanya harus dilakukan sendiri, tapi mereka tetap menyediakan petugas yang berjaga dan siap membantu kita kalau kita kesulitan.. Saya saja awalnya juga ga tahu kalau ada pengganjal handle, jadi handle-nya yang saya tekan terus.. hehehe.. Bagi cewek2 macam saya dan adik saya yang biasanya duduk manis di dalam mobil, jadi punya pengalaman baru yang seru.. hehehe.. Oh ya, untuk 1 hari 1 malam di Langkawi dengan perjalanan yang lumayan panjang karena kami bolak-balik Pantai Cenang dan Kuah Town, kami hanya perlu mengisi bensin seharga RM25 atau IDR 75k.. Itu pun sudah kelebihan.. Kalau diisi RM20 sebenarnya sudah cukup.. Murah banget ya..

Sesampainya di Airport, petugas Kasina Rent Car ternyata sudah stand-by menunggu kedatangan kami.. Ga usah repot2 ke parkiran, kami langsung turun di depan pintu departure.. Hanya di-check sedikit apakah ada goresan, ada yang tertabrak, ada yang hilang, dan isi tangki bbm.. Cukup singkat kok prosesnya, ga sampai 5 menit.. Memang Kasina Rent Car ini professional banget.. Highly recommended..

Kami pun memasuki area Departure Hall, dan ternyata tidak banyak pilihan tempat makan yang tersedia di Langkawi International Airport ini.. Pilihan kami akhirnya jatuh ke Marry Brown.. Hanya di Langkawi kami bisa breakfast di KFC dan late lunch di Marry Brown.. hahaha.. Biarpun Marry Brown itu fast food resto asli Malaysia dan teman2 saya pada doyan, saya kalau disuruh milih masih doyanan KFC.. Yang jelas ayam-nya sudah pasti tidak seenak KFC.. Yang menurut saya masih lumayan adalah Nasi Marrybrown dan Nasi Kandar.. Kalau menu pesanan saya, Lucky Plate, ini contoh western food yang gagal.. Mashed Potato-nya anyep ga ada rasanya.. Coleslaw-nya, namanya boleh keren “fresh cut coleslaw”.. Rasanya ga enak blass.. haha.. Tahun 2014 juga pernah makan Marry Brown di Genting, saya pesan Chick-A-Licious, yang sama ga enaknya sama pesanan saya sekarang..

Nasi Marrybrown

Lucky Plate

Nasi Kandar

Berhubung Langkawi International Airport ini imut2, jadi ruang tunggu-nya juga imut2.. Kami beruntung masih mendapatkan kursi karena boarding time kami yang masih lumayan lama.. Dan setelah saya check di FlightRadar ternyata pesawat-nya malah belum berangkat dari Penang.. Untung perjalanan Penang – Langkawi hanya 35 menit.. hehehe..

Kami tiba di Penang International Airport sekitar pukul 17.00.. Hello again Penang.. Kali ini karena request dari papa saya, saya memesan Uber untuk menuju hotel kami di Penang.. Itu pun sudah naik Uber masih saja perjalanannya lama karena kena macet.. Apalagi naik bus ya.. Beginilah kami, backpacker abal2.. hahaha..

Kami akan stay di Penang selama 2 hari 3 malam.. Dan kali ini kami menginap di Hotel Neo+ Penang, hotel yang sama dengan hotel yang kami inapi saat kunjungan kami ke Penang tahun 2015.. Kami memang orangnya kalau sudah cocok dengan sesuatu, susah pindah ke lain hati.. hahaha.. Untuk hotel akan saya review terpisah ya.. Malam harinya kami hanya makan malam di New Lane Hawker Center dan mampir ke Gama Supermarket yang hanya beberapa langkah dari Hotel Neo+ Penang..

beautiful Penang

Opening Hours  :  24hours

Underwater World Langkawi
07000 Langkawi, Kedah, Malaysia
Opening Hours  :  09.30 – 18.30 (Mon-Fri) & 09.30 – 22.30 (Fri-Sun)

Coco Valley Duty Free
07000 Langkawi, Kedah, Malaysia
Opening Hours  :  10.00 – 18.30 (normal day) & 09.30 – 21.00 (holidays)

The Zon Duty Free
Opening Hours  :  10.00 – 19.30

Dataran Lang / Eagle Square
Kuah (next to Jetty Point Complex)

Langkawi International Airport

68 Jalan Gurdwara
10300 Georgetown, Penang, Malaysia

1. bagus juga langkawi ya
    kalau enggak naik pesawat, bisa jalur darat atau laut dari kuala lumpur?

1. bisa banget.. pilihannya bisa naik bus / train dari KL ke Kuala Perlis atau Alor Setar.. Kemudian lanjut naik kapal ferry menuju Langkawi..

2. I'm not discussing light and fragile tempura, but rather profound friedScience Articles, crumbed or battered everything. blue monkey cafe bensalem