Saturday, January 10, 2015

Malaysia Trip ~ Day 1 ~ Hello Malaysia, Hello KLIA2

Singapore dan Malaysia bisa dibilang adalah 2 negara tujuan berlibur favorit orang Indonesia.. Setelah Mei 2014 berkesempatan berlibur ke Singapore dan menginjakkan kaki di ujung negara Malaysia, Johor Bahru, Desember ini saya berkesempatan kembali lagi ke negara Malaysia.. Berbekal tiket promo Air Asia yang saya beli 13 bulan sebelumnya, saya akhirnya kesampaian juga mengunjungi 2 tempat yang selama ini menjadi bucket list saya, Kuala Lumpur & Melaka / Malacca (saya lebih suka menyebutnya Melaka).. Kali ini saya pergi, masih dengan formasi yang sama, yaitu saya, adik saya, dan orang tua saya..

Kami berempat mengawali perjalanan kami di hari Selasa tanggal 16 Desember 2014.. Flight yang kami pilih adalah first flight nya Air Asia dengan jadwal take off pukul 05.55.. Ini mengharuskan kami bangun jam 2 pagi.. Ketika kami tiba di airport, ternyata antrian di counter Air Asia sudah panjang banget, lucky us, kita ga bawa checked bagasi, jadi bisa langsung proceed ke airport tax counter.. Imigrasi nya lancar, dan sempat heran dengan departure hall nya Ngurah Rai Airport yang ga ada progress nya dari Mei kemarin.. Duty Free masih gitu-gitu aja.. Tapi saya cukup impress dengan toilet nya yang bersih.. hehehe..

Pesawat Air Asia yang kami tumpangi, delay 15 menit dari jadwal dan bersyukur banget pagi hari itu cuaca di Bali cerah alias tidak hujan.. Sempat waswas karena beberapa hari terakhir, cuaca di Bali lagi jelek, hujan dan windy.. Berhubung morning flight, dan kita berempat bukan orang yang bisa skip breakfast, maka kita pesan flight meals yang sudah saya booking secara online.. Pesanan kita adalah Roast Chicken With Dijon Creamy Mushroom Sauce (40k), Nasi Padang Uda Ratman (40k), Nasi Kuning Manado (40k), dan Chicken Panini (30k).. Kalau naik Air Asia, suggestion saya adalah pesan makanan terlebih dahulu, bisa kita lakukan ketika web check in atau beberapa hari sebelum keberangkatan.. Selain harga nya yang lebih murah, pilihan menu nya juga lebih banyak, dan terhindar dari kemungkinan tidak kebagian karena stock nya sudah habis.. Dari 4 menu di atas, favorit kita adalah Nasi Padang Uda Ratman & Chicken Panini nya..

Roast Chicken With Dijon Creamy Mushroom Sauce

Chicken Panini

Walaupun delay 15 menit, ternyata kita sampai di KLIA2, 15 menit lebih awal dari selanjutnya.. Anyway, tanpa bermaksud apa-apa, saya adalah orang yang "hobby" naik Air Asia dan selama ini selalu satisfy dengan semuanya.. Flight kita pagi hari itu juga lancar jaya.. Proses take off dan landing tidak terasa, di atas pun tidak ada goncangan sama sekali.. Beda halnya ketika naik pesawat merk sebelah.. Landing aja bisa kayak lagi off road.. hahaha..

Begitu keluar dari aerobridge, wah saya langsung amazed melihat KLIA2 yang bersih, baru, dan HUGE.. Saking besarnya, jalan dari aerobridge sampai ke imigrasi lumayan bikin saya kehabisan nafas, apalagi kita jalan nya sambil buru-buru karena mau ngejar bus ke Melaka.. Sampai imigrasi, untungnya queue line tidak panjang, dan akhirnya another stamp of Malaysia Immigration appeared on my passport.. Yayyy..

Keluar dari Arrival Hall, ternyata langsung tembus ke Gateaway @ KLIA2.. Gateaway @ KLIA2 ini adalah sebuah mall yang memang connect dengan KLIA2 dan dengan transportation hub.. Kalau mau ke KL Sentral bisa naik bus atau the newest KLIA Ekspress.. Berhubung tujuan kita adalah Melaka, maka saya langsung menuju counter Transnasional untuk membeli tiket bus.. Transnasional Bus ini memang menyediakan rute dari KLIA2 ke Melaka.. Dan terntunya ini lebih praktis dibandingkan harus ke KL Sentral dan naik bus ke Melaka dari KL Sentral.. Harganya memang sedikit lebih mahal, tapi pastinya lebih hemat waktu dan lebih efisien.. Harga tiket bus Transnasional adalah RM 24.10.. Bus nya walaupun bukan kelas executive, tapi tetap nyaman dan bersih.. Dan dalam waktu 1 jam 45 menit sampailah kita ke suatu tempat dimana semuanya betuliskan MELAKA..

ice cream sebagai pengganjal perut sebelum naik bus