Friday, January 23, 2015

Malaysia Trip ~ Day 2 ~ St Francis Xavier Church & McQueks Satay Celup

Salah satu komitmen keluarga saya ketika traveling, adalah mengunjungi gereja di setiap kota yang kita kunjungi.. Jadi sebelum pergi, saya pasti sudah browsing dimana ada Gereja Katolik yang terdekat dengan hotel kita.. Karena di Melaka kita tinggal di daerah Jonker Street, maka gereja yang paling dekat adalah Gereja St Francis Xavier.. Dari Red Square cuma perlu jalan kaki ga sampai 5 menit, dan beruntunglah kita karena bisa ikut misa harian (daily mass) nya yang jadwal nya adalah setiap hari pukul 12.45..

Mass nya sendiri ga lama kok, sekitar 30 menit sudah kelar, dan surprisingly yang ikut misa ternyata lumayan banyak lho.. Padahal hari kerja dan siang hari, salut sama orang-orang yang di tengah kesibukan sehari-hari masih mau meluangkan waktu untuk Tuhan..

Gereja nya sendiri tidak terlalu besar, dan di hias dengan sederhana pula.. Padahal kita ke sana waktu Christmas, masih lebih heboh hiasan Natal di mall-mall.. hehehe.. Setelah misa, kita balik ke hotel karena ga tahu mau kemana lagi.. List tempat yang mau kita kunjungi di itinerary sudah habis.. Akhirnya kita masuk lagi ke San Shu Gong, beli beberapa oleh-oleh lagi dan lanjut makan di restaurant sebelah nya Fomecs Boutique Hotel.. Restaurant ini (lupa nama nya) kalau malam, ramai banget.. Kebanyakan pada makan seafood dan satay nya.. Kalau siang sih ga terlalu ramai dan belum tersedia menu satay nya.. Tanya yang paling recommend sama yang punya, kita di sarankan nyobain Lemon Butter Chicken yang katanya best seller nya mereka, plus Kailan dan Ikan Asam Pedas... Lemon Butter Chicken nya sih enak, Kailan nya biasa, dan Ikan Asam Pedas nya enak tapi bumbu nya terlalu keras buat saya, bener-bener asam dan pedas sesuai nama masakan nya.. wkwkwk.. Pelayanan nya tidak ramah dan mahal, 3 masakan + 4 nasi + 2 minum hampir RM 85..

Sore harinya, kita akhirnya memutuskan untuk berburu Satay Celup.. Dari kemarin benernya udah pengen nyobain Capitol Satay Celup.. Cuma masih takut dengan antrian nya yang katanya ngalahin antrian nya Chung Wah.. Ditambah lagi kita juga lagi malas-malasnya ngantri.. Di Melaka itu hampir setiap kali mau makan, harus ANTRI.. wkwkwkwk..

Akhirnya kita cari alternatif kedua.. Satay Celup yang katanya terkenal di Melaka selain Capitol Satay Celup adalah Ban Lee Siang Satay Celup.. Kita keluar dari Jonker Street untuk cari taxi, susah juga ternyata cari taxi di Melaka.. Kita harus jalan lumayan jauh sampai akhirnya ada 1 taxi yang lewat dan langsung kita cegat di tengah jalan.. wkwkwk..

Uncle taxi nya ternyata baik, dia bilang kalau di sebelah Ban Lee Siang ada juga yang nama nya McQueks Satay Celup, kalau yang ini ga usah antri.. Bener juga, begitu kita sampai, antrian udah lumayan panjang di Ban Lee Siang.. Akhirnya kita melipir masuk ke McQueks Satay Celup yang juga ramai tapi tidak perlu antri panjang.. Toh saya pernah baca juga kalau ketiga satay celup ini sama saja.. Bumbu nya ya tetap saja bumbu kacang.. Yang membedakan adalah harga dan varians satay nya.. Capitol Satay Celup konon katanya yang paling murah dan paling banyak varians nya.. Ban Lee Siang yang kedua.. McQueks adalah yang paling mahal, RM 0.80 per tusuk nya.. Sedangkan Ban Lee Siang hanya RM 0.60 per tusuknya..

Beruntung kita cepat dapat meja, dan langsung ke chiller untuk memilih satay yang kita mau.. Wuih benar-benar kalap di sini.. Semua pengen di ambil.. Setelah selesai milih-memilih, selanjutnya di meja akan disediakan 1 pot besar berisikan bumbu kacang.. Selanjutnya kita tinggal memasukkan satay yang sudah kita pilih ke dalam pot tersebut, tunggu sampai matang sambil sesekali di aduk bumbu nya.. First bite, ENAK SEKALI.. Kalau di pikir-pikir simple sih, cuma bumbu kacang, tapi kok enak ya.. Our favorite adalah satay kangkung, satay okra, dan satay aneka bakso.. Satay nya enak, wait tunggu dulu, ada juga yang ga kalah enak.. Di McQueks juga disediakan aneka side dish teman makan Satay Celup nya.. Ada cakwe, roti, dan semacam fried wonton atau pangsit goreng.. Cobain aja makan cakwe dan bumbu kacang nya, dijamin bakalan ngambil cakwe porsi kedua.. wkwkwk.. Makan seenak ini, sebanyak ini, cuma perlu mengeluarkan uang sebanyak RM 35 lho.. McQueks Satay Celup ini juga bukan hanya ada di Jalan Ong Kim Wee saja, cabang nya sudah bertebaran di Melaka.. Totally recommended..

Uncle taxi nya berbaik hati menunggu kita selesai makan tanpa di charge.. Dan tujuan kita selanjutnya adalah ke Mahkota Parade (lagi).. Sebelumnya kita janjian sama uncle nya untuk keesokan harinya mengantar kita ke Melaka Sentral.. Berhubung si uncle belum tahu hotel kita, akhirnya kita muter lagi ke Jonker Street untuk nunjukin hotel kita, dan selanjutnya baru ke Mahkota Parade.. Dari awal sampai ke Mahkota Parade, plus nungguin kita makan, Uncle nya cuma minta RM 30.. Baik ya..

Di Mahkota Parade kita cuma jalan-jalan, beli Etude House, nyobain Penang Kway Teow di food court nya, masuk ke Giant belanja buah dan minuman, terus lanjut nyeberang ke arah Dataran Pahlawan untuk cari jalan pintas pulang ke Jonker Street..