Sunday, January 11, 2015

Malaysia Trip ~ Day 1 ~ Nice Meeting You Melaka

Transnasional Bus yang membawa kita dari Kuala Lumpur menuju Melaka, akhirnya masuk ke areal Melaka Sentral yang menjadi terminal bus utama di kota Melaka.. Melaka Sentral ini cukup luas dan bersih walaupun masih kalah dengan Pudu Sentral atau KL Sentral di Kuala Lumpur.. Sebelum ke hotel, saya menyempatkan diri untuk membeli tiket bus untuk kembali ke Kuala Lumpur.. Bus yang saya pilih adalah Konsortium Bas Ekspress Semenanjung (KBES) (RM 13.40).. Bus ini saya pilih karena rute Bus KBES ini adalah dari Melaka Sentral ke Pudu Sentral.. Di Kuala Lumpur, saya akan stay di daerah Bukit Bintang, jadi lebih dekat kalau turun di Pudu Sentral dibandingkan turun di KL Sentral.. Tiket Bus KBES ini bisa juga dibeli online di www.kbes.com.my..

Dari Melaka Sentral, kita naik taxi ke Jonker Street.. Kena RM 20 dan dalam sekejap sampailah kita di Jonker Street setelah sebelumnya melewati Bangunan Merah (Red Square / Dutch Square).. Bangunan yang sering kali saya lihat di internet karena saking seringnya browsing sana sini demi menyiapkan itinerary yang terbaik, akhirnya bisa saya lihat dan nikmati secara langsung.. Tuhan memang baik.. #bersyukur

Sampai di Fomecs Hotel, ternyata belum bisa check in.. Check in time nya ternyata jam 3.. Ya sudah, akhirnya kita titip tas dan langsung menyusuri Jonker Street.. Jonker Street sebenarnya lebih terkenal karena pasar malam atau night market nya yang hanya ada ketika weeekend.. Terus kenapa kita ga ke Melaka waktu weekend? Jawaban nya adalah karena kalau weekend, Melaka sudah pasti super crowded.. Kita datang pas weekdays saja, Melaka ini sudah sangat ramai.. Ga kebayang deh kalau weekend.. Di tambah lagi, ternyata kalau siang pun, banyak banget toko-toko dan tempat makan di sepanjang Jonker Street.. Makanan, cafe, restaurant, toko baju, toko souvenir, semuanya bertebaran di sepanjang Jonker Street dan ga kalah sama night market nya..

Berhubung kita belum lunch, akhirnya kita mampir ke Jonker 88.. Awalnya sih saya sempat ragu, karena melihat tempat nya yang full packed.. Coba masuk, ya elah, antrian di dalam sudah panjang banget.. Tapi akhirnya, dengan semangat 45, kita memutuskan untuk give it a try.. Setelah antri kurang lebih 30 menit, akhirnya tiba juga giliran kita.. Jadi di dalam itu ternyata ada 3 counter, 1 counter yang menjual aneka es khas Melaka, 1 counter  menjual aneka laksa yang juga khas Melaka, dan 1 counter lagi menjual aneka gorengan dan rojak.. Di counter pertama, kita memesan Baba Durian Cendol (RM 5) dan Honey Fruit Ice Kacang (RM 4).. Di counter selanjutnya, kita memesan Baba Laksa (RM 5), Nyonya Laksa (RM 5), dan seporsi gorengan (RM 7)..

Perjuangan kita ternyata tidak berhenti di sana.. Nungguin makanan dan minuman nya ready memang ga lama, yang lama adalah nungguin meja kosong.. Alhasil kita berempat harus gantian duduk dan makan, karena kursi yang tersedia cuma 2.. Conclusion nya, ternyata ga sebanding antara perjuangan dengan rasa makanan / minuman nya.. Semuanya bisa dikategorikan enak tanpa sesuatu yang special.. Dari segi harga sih memang murah, apalagi porsi makanan nya memang super duper besar... Es nya honestly biasa aja.. Banyak Es Cendol yang lebih enak dibandingkan yang di jual di Jonker 88 ini.. Laksa nya, well, laksa memang tidak pernah cocok dengan lidah saya.. Tapi kata papa saya, laksa nya termasuk enak kok..

Dengan perut kekenyangan akhirnya kita melanjutkan perjalanan ke Bangunan Merah atau Red Square atau Dutch Square.. Belum ke Melaka memang kalau belum mengunjungi Red Square dan teman-teman nya seperti Christ Church, Stadthuys, Queen Victoria's Fountain, dll..

Setelah puas foto-foto, akhirnya kita balik lagi ke hotel untuk istirahat.. Tapi sebelumnya, kita melipir sebentar ke San Shu Gong.. San Shu Gong ini terletak di ujung Jonker Street dan sebelahan dengan Chung Wah & Hard Rock Cafe.. San Shu Gong ini menjual beraneka macam oleh-oleh dan souvenir khas Melaka.. Bagi yang sudah mengenal kita, sudah tahu dong kalau kita pasti langsung menyerbu section makanan dan minuman.. wkwk.. San Shu Gong bisa di bilang tempat favorit saya selama di Melaka.. Gimana ga favorit, saya selalu kalap kalau masuk ke San Shu Gong, semua makanan dan minuman nya looks tempting.. Sebagai penggemar Milk Tea atau Teh Tarik, Teh Tarik Lao Qian nya San Shu Gong ini adalah best of the best, definitely must buy item.. Kita yang awalnya ragu, akhirnya borong sampai 15 pack.. wkwkwk.. 1 pack dijual sekitar RM 12..  Kalau mau beli yang sudah dalam bentuk cup juga bisa.. Jadi tinggal di isi air panas.. Mau beli yang ready to drink juga bisa.. Ada counter nya, di sana kita bisa pesan Teh Tarik, White Coffee, dan Es Cendol.. Nah Es Cendol Durian nya San Shu Gong bagi saya, adalah yang paling enak se-Melaka, atau paling ga se-Jonker Street.. wkwkwk.. Manis nya pas, durian nya terasa, dan packaging nya pun lucu..