Monday, June 20, 2016

"Boleh Endorse Sis???" ~ Endorse & FoodGrammer


Semenjak aktif di dunia Instagram (IG), saya mulai mengenal istilah endorse atau endorsement.. Dulu awalnya saya juga ga ngeh apa sih endorse itu.. Apalagi kalau kepo-in IG-nya artis, banyak banget Online Shop yang pada comment menawarkan endorsement ke si artis.. Kata endorse sendiri mengandung arti mendukung, memberi saran, atau declare public approval.. Tapi kenyataannya yang namanya endorse sekarang itu adalah ketika si Online Shop memberikan barang secara gratis kepada si artis, membayar sejumlah uang yang jumlahnya ditentukan oleh si artis, dan si artis wajib memfoto dirinya ketika menggunakan produk dari online shop dan mem-posting-nya di media social.. Awalnya sih saya kira yang namanya endorse itu ga pakai bayar.. Lha si online shop kan sudah memberikan produk mereka secara gratis.. Namun ternyata ada tarifnya juga lho.. wkwkwk..

Akhir2 ini tanpa saya sadari banyak banget bermunculan FoodGrammer di Instagram.. FoodGrammer ini adalah istilah yang saya gunakan untuk para Instagrammer (pengguna Instagram aktif) yang gemar mem-posting foto2 makanan di Instagram.. FoodGrammer bisa dibilang sama seperti FoodBlogger, cuma bedanya kalau FoodBlogger kan me-review makanan di blog-nya.. Kalau FoodGrammer mem-post foto makanan di account IG mereka.. FoodGrammer di Bali jumlahnya cukup banyak lho, dan jumlah tersebut semakin meningkat dari hari ke hari.. Saya sendiri cukup kagum dengan mereka.. Dalam sehari bisa posting makanan banyak banget.. Berarti mereka tiap hari kuliner-an dong.. wkwkwk.. #envy


Nah baru2 ini saya dibuat cukup shock dengan fenomena FoodGrammer ini.. Jadi ceritanya ada salah satu relatives saya yang memiliki usaha di bidang f&b.. Lalu saudara saya berniat untuk mengirimkan produknya ke salah satu FoodGrammer terkenal di Bali yang follower-nya sudah ratusan ribu tersebut.. Ternyata setelah dihubungi, untuk bisa d-review atau di-endorse oleh FoodGrammer tersebut, ada 2 paket yang bisa dipilih.. Yang pertama adalah seharga xxx-ribu.. Harganya sengaja saya samarkan, pokoknya kisaran harga tiket pesawat Bali-Surabaya one way.. wkwkwk.. Jadi nanti produk akan dikirim ke FoodGrammer, mereka yang foto, dan kemudian akan di-upload ke IG.. Dan untuk paket ini, ada antriannya lho.. Bisa berminggu2 pula antriannya.. wkwkwk..

Terus ada juga paket yang harganya lebih murah lagi.. Untuk paket ini, si OL Shop atau resto akan mengirimkan foto mereka ke FoodGrammer, dan nanti FoodGrammer hanya perlu meng-upload foto yang didapat ke account IG mereka.. Nah ini yang bagi saya sendiri, seorang blogger yang sudah 4 tahun-an nge-blog, me-review tempat2 makan, agak kurang sreg di hati.. Kalau cuma terima foto, terus upload, kok bisa bilang itu makanan enak bin sedap bin yummy bin delicious.. Nyobain aja kagak.. Terus review-nya bohong dong??? wkwkwk.. Perasaan FoodBlogger juga kalau diundang-undang ke resto, kan nyobain makanannya.. Atau kalau dikirimin produk, kan nyobain produknya juga.. Artis2 yang terima endorse, mereka kan menerima produknya, dan setidaknya di foto yang di-upload terlihat mereka sedang menggunakan atau mencoba produknya.. 

Saya sendiri juga pernah kok me-review produk orang di blog ini.. Tapi ya ga gitu juga, semua dibilang enak tanpa merasakan sendiri rasanya.. Untungnya kebetulan orang-orang yang minta produknya di-review di NatInBali, semuanya profesional dan baik2.. Ga ada tuh yang mohon2 supaya dapat review bagus dari saya.. Bahkan ada yang bilang, kalau produknya cocok bisa minta tolong di-review di blog.. Kalau produknya kurang cocok, bisa kasi saran ke mereka.. Saya sendiri sebagai pihak yang me-review tentu senang dong.. Ga terbebani karena harus bohong.. Yang enak ya saya bilang enak.. Yang kurang ya harus disebut juga.. Hal ini juga menjawab pertanyaan saya.. Ada beberapa tempat makan yang oleh FoodGrammer tersebut dibilang enak buannggeettt, dan setelah saya cobain ternyata ga enak blass.. Atau ada juga tempat makan yang sudah pernah saya kunjungi, dan rasanya amburadul, oleh si FoodGrammer dibilang yummy banget.. Saya sempat berpikir, apakah lidah saya yang salah atau bagaimana ya.. Eh ternyata.. hahaha..

No offense ya buat para  FoodGrammer di luaran sana.. Masih banyak kok FoodGrammer lainnya yang profesional, oke punya dan pastinya keren2.. I adore you guys.. NatInBali sendiri juga senang posting foto2 makanan di IG, tapi untuk urusan review me-review sepertinya masih lebih sreg di blog aja.. wkwkwkwk..


~Nat~




No comments:

Post a Comment