Tuesday, September 12, 2017

Kukusan Bali ~ Steamed Buns




Dari sekian banyak tempat makan yang ada di Lippo Mall Kuta, pilihan saya akhirnya jatuh ke Kukusan.. Sebenarnya beberapa waktu sebelumnya, saya sempat melewati outlet Kukusan yang di Level 21, dan menurut teman saya steamed buns-nya enak.. Saya dan adik saya datang pertama kali saat weekdays, jadi resto-nya agak sepi.. Dan karena makanannya enak, minggu depannya kami balik lagi ke Kukusan supaya papa-mama saya juga bisa nyobain.. Pertama kali masuk ke dalam resto-nya, saya langsung suka dengan décor dan ambiance-nya.. Ada music & wifi juga.. Jadi betah berlama2 dan asyik dipakai nongkrong.. Staff-nya juga ramah dan helpful banget.. Two thumbs up buat service-nya..



Kukusan @ Lippo Mall Kuta









And now let’s talk about the food.. Awalnya sempat kaget sih waktu baca buku menu.. Ternyata menu-nya banyak, bukan hanya aneka steamed buns.. Menu-nya variatif banget.. Dan yang bikin happy, banyak menu makanan Thailand-nya.. yayyy.. Dari dua kali kunjungan saya ke Kukusan, beberapa menu yang kami coba antara lain Vietnamese Spring Roll, Khao Yum, Thai Fried Rice, Chinese-Style Fried Rice, dan Pad Thai.. Sedangkan untuk menu steamed buns-nya, ada 3 varians yang pernah kami coba, yaitu Korean Spicy Chicken, Chinese BBQ Chicken, dan Tandoori Chicken.. Untuk minuman, ada Lychee Mint, Lychee & Friends The Rantang, Mix Together The Rantang, dan Es Campur..


the menu











Semua makanan dan minuman hadir dengan “look” yang cantik banget.. Begitu pula dengan cutleries dan wadah makanan yang digunakan.. Bahan2 yang digunakan juga fresh & good quality.. How about the taste?? Mari kita mulai dengan minumannya.. Semua minuman yang kami coba, ternyata enak dan refreshing banget.. Rekomendasi saya adalah The Rantang dan Es Campur.. The Rantang ini isnya aneka buah yang dicampur dengan daun mint dan soda water.. Sedangkan Es Campur-nya hadir dengan isi berlimpah dan yang bikin enak adalah tambahan ice cream avocado-nya.. Kedua minuman ini memang agak pricey, tapi bisa di-share mengingat porsinya yang besar.. Dan bagusnya lagi, semua minuman hadir dengan gula terpisah.. Jadi bisa disesuaikan dengan preference masing2.. 


cutleries-nya hadir di dalam wadah yang mirip ember (lol)

Lychee Mint (22k)


Lychee & Friends The Rantang (35k)


 Mix Together The Rantang (35k)


 Es Campur (35k)



Untuk appetizer, Vietnamese Spring Roll dan Khao Yum, dua2nya enak dan recommended.. Kami paling suka dengan Khao Yum-nya.. Khao Yum ini sebenarnya adalah salad ala Thailand yang dicampur dengan brown rice (beras merah).. Karena menggunakan chili-lime dressing, jadi rasanya kecut2 segar gitu.. Berdasarkan review yang saya baca, banyak juga yang mem-favoritkan Corn Fritters, yang pada intinya dadar / bakwan jagung yang diberi  saus belimbing wuluh.. 


Vietnamese Spring Roll (25k)


 Khao Yum (30k)


Untuk Steamed Buns yang sebenarnya merupakan andalan mereka, kami malah kurang suka.. Actually it’s an okay dish for us, but just okay.. Kayaknya kurang cocok aja dengan lidah saya, makan buns yang mirip bakpao tapi lebih lembut dengan aneka isi.. Apalagi isinya ada potongan timun yang membuat si buns jadi basah2 gitu.. hehehe.. Si buns juga hadir dengan semangkuk kecil Som Tum, yang entah beda jauh rasanya dengan yang pernah saya makan di Thailand..


 Korean Spicy Chicken Buns (40k)


Chinese BBQ Chicken Buns (40k)



Kalau steamed buns-nya kurang cocok di lidah kami, well makanannya ga mengecewakan kok.. Best of the best alias juaranya adalah Thai Fried Rice.. Dish ini recommended banget.. Kami sekeluarga memang pecinta masakan Thailand.. Nah Thai Fried Rice ini cukup authentic rasanya dan kami request extra coriander (daun ketumbar).. Enak banget.. Thai Fried Rice-nya juga hadir di dalam wajan kecil, ditemani dengan krupuk dan sambal kecap.. 
 

Thai Fried Rice (40k)


 Thai Fried Rice - Extra Corriander (40k)


Buat yang ga suka makanan Thailand, bisa cobain Chinese-Style Fried Rice-nya yang juga enak.. Sayang Pad Thai-nya lagi2 ga sesuai dengan ekspektasi saya.. Rasanya malah manis.. Beda jauh dengan rasa aslinya di Thailand.. Ya begini deh kalau sudah pernah ngerasain aslinya, jadi rada cerewet dan belagu sedikit.. hahaha..


 Chinese Style Fried Rice (40k)


 Pad Thai (45k)


Overall, Kukusan ini saya kategorikan sebagai salah satu new restaurant di Bali yang definitely worth-to-try.. Service oke dan tempatnya juga cozy + asyik.. Mau makan berat, bisa dan pilihan menunya banyak.. Mau nongkrong bareng teman2 juga bisa karena banyak snack2 dan makanan kecil yang bisa dipesan dan di-share..




Kukusan Steamed Buns
Lippo Mall Kuta
Jl. Kartika Plaza 
Tuban - Bali
Telp  :  0361 - 8496128
Opening Hours  :  10.00 – 21.30
*All prices stated above is exclude tax & service charge
Facebook  :  Kukusan Bali
Instagram  :  @kukusanbali
Taste  :  ✮✮✮✮☆
Price  :  ✮✮✮✮☆
Service  :  ✮✮✮✮✮
Recommended  :  Thai Fried Rice, Khao Yum, Es Campur, etc




3 comments:

  1. Replies
    1. unik rasanya.. menu serupa baru saya temukan di Kukusan ini.. salam.. ^_^

      Delete