Sunday, September 17, 2017

Wisata Selfie Puncak Wanagiri & Warung Bukit Hexon

Puncak Wanagiri, begitu orang sering menyebutnya, adalah sebuah kawasan yang berada di desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng.. Dulunya Puncak Wanagiri ini merupakan spot untuk menikmati pemandangan sekaligus tempat beristirahat bagi para pengendara yang melintasi jalur Denpasar-Singaraja ini.. Kini Puncak Wanagiri tidak hanya menjadi tempat “singgah” tapi menjelma menjadi spot populer yang sedang trend atau kekinian..

Untuk mencapai Puncak Wanagiri, ambil rute yang sama ketika kita mau ke Bedugul atau Singaraja.. Setelah melewati Danau Beratan & Bali Handara, kita akan melewati spot Danau Buyan View yang banyak monyet2nya itu.. Beberapa ratus meter kemudian, kita akan sampai di Puncak Wanagiri..

Berada tak jauh dari pertigaan jalan Puncak Wanagiri, tepatnya di Jalan Raya Wanagiri, dibangun satu spot yang kalau di Google Map, namanya Wisata Selfie Puncak.. hahaha.. Jadi di tempat ini, para pengunjung bisa ber-selfie ria dengan background Danau Buyan.. Kebetulan beberapa waktu yang lalu, sahabat saya yang tinggal di Bandung lagi liburan di Bali.. Karena saya tahu dia suka berfoto ria, akhirnya saya ajak ke Puncak Wanagiri ini..

Kami tiba di Puncak Wanagiri sekitar pukul 10.00 dengan berbekal Google Maps (not a Waze person, lol).. Untuk bisa berfoto ria di area Wisata Selfie Puncak, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar 20k.. Di Wisata Selfie Puncak ini ada 4 spot yang bisa dipilih.. Spot pertama berbentuk seperti sangkar burung.. Kemudian ada yang juga yang berupa ayunan, anjungan, dan pohon.. Di masing2 spot akan ada petugas yang membantu pengunjung untuk naik ke ayunan dan sangkar burung.. Petugas tersebut juga akan membantu kita untuk mengambil foto, tentunya dengan smartphone atau camera kita sendiri..

Saya sendiri yang tidak hobby berfoto ria memilih untuk tidak masuk ke area Wisata Selfie Puncak.. Uang 20k mending dipakai beli jagung dan kacang rebus.. hahaha.. Saya orangnya memang takut ketinggian, jadi ga cocok deh foto2 di tempat seperti ini.. Jadi kemarin dari 5 orang, yang masuk cuma 2 orang.. Saya, adik saya, dan sahabat saya lagi satu, kami malah asyik foto2 di tempat parkir.. hahaha..

Anyway, menurut saya pribadi sebenarnya yang menjadikan tempat ini special adalah keberadaan Danau Buyan yang menjadi background foto2 kita.. Selebihnya, tergantung orangnya.. Kalau kagak bisa berpose dan bergaya seperti saya, hasil fotonya ya jelek juga.. Belum lagi ditambah dengan wajah ketakutan saya karena berada di ketinggian.. hahaha.. Tips dari saya buat kalian yang berencana mengunjungi Wisata Selfie Puncak ini, adalah datang saat cuaca cerah, terutama di pagi hari.. Kemarin saat saya tiba, sedikit mendung, dan siangnya tiba2 gerimis.. Tips kedua adalah menggunakan pakaian yang comfy dan sesuai.. Salah satu sahabat saya kemarin menggunakan rok, jadinya agak repot saat harus menaiki tangga, khususnya ketika mau berfoto di spot ayunan atau sangkar burung.. hehehe..

Danau Buyan

Berhubung tiba2 gerimis dan kami kebingungan mencari toilet, akhirnya kami menuju Warung Bukit Hexon yang berada persis di seberang Wisata Selfie Puncak ini.. Warung atau resto ini memang tidak terlalu besar, tapi saat itu kondisi cukup ramai..  Menu yang ditawarkan juga cukup beragam, mulai dari Indonesian Food, Chinese Food, sampai ke Western Food.. Karena saya lihat banyak yang memesan Nasi Goreng, akhirnya saya memesan Nasi Goreng.. Turned out, rasanya enak.. Si Nasi Goreng hadir dengan ditemani sepotong ayam goreng, telur ceplok, dan krupuk.. Sayangnya Nasi Goreng ini malah lupa saya foto.. hehehe..  Makanan lain yang kami pesan ternyata rasanya tidak seenak Nasi Goreng pesanan saya.. Nasi Capcay-nya kata teman saya kemanisan.. Mie Goreng adik saya juga kurang seasoning.. Yang paling parah adalah Chicken Red Curry pesanan teman saya.. Isinya potongan ayam dengan paprika warna-warni.. wkwkwk.. Dari segi harga, masih bersahabat di kantong kok mengingat lokasinya yang berada di daerah wsiata.. Apalagi dengan cuaca yang dingin2 empuk, tak ada salahnya mampir untuk sekedar menikmati minuman hangat.. hehehe..

Warung Bukit Hexon

Mie Goreng (25k)

Nasi Capcay (25k)

Chicken Red Curry (30k)

Anyway, selain Wisata Puncak Selfie, kini bermunculan juga spot2 atau tempat2 sejenis.. Kalau mau menikmati pemandangan danau kembar, bisa melanjutkan perjalanan menuju Asah Gobleg (Twin Lake View) atau ke Waterfalls of Love (Air Terjun Cinta) yang akan saya bahas di postingan selanjutnya...