Saturday, July 28, 2012

Ayam Betutu Khas Gilimanuk

 
Makanan yang satu ini memang khas Bali.. Ga heran, setiap orang yang ke Bali, pasti pengen nyobain menu yang satu ini.. Saya sih bukan penggemar berat menu ini, karena kalau salah pilih tempat makan, bisa2 perut yang jadi korban (pd tau what i really mean kan??).. hehehehe,.

Kalau tempat makan ayam betutu yang legendaris and paling terkenal, ya di tempat asli nya di Gilimanuk.. Yang paling terkenal adalah Ayam Betutu Gilimanuk Men Tempeh.. Saya sih ga pernah tau tempat nya, cuma sering dibawain, kalo menurut saya, sama aja rasa nya sama ayam betutu di sini.. Jadi males kalau harus khusus ke Gilimanuk.. hehehe..

Kalau di Denpasar, tempat makan ayam betutu yang paling terkenal adalah Ayam Betutu Khas Gilimanuk dengan lambang pelawak Bali, Dadap.. Cabang nya udah dimana-mana dan ga pernah sepi..

Menu yang paling khas, tentu Ayam Betutu-nya.. Di sini kita bisa pesan per 1/4 ekor (per potong), per 1/2 ekor, atau 1 ekor.. 1 porsi Ayam Betutu sudah lengkap dengan Plecing Kangkung, Sambel Matah, dan Kacang Goreng..

Rasanya sih enak, dan yang pasti pedes banget.. Walaupun saya kurang suka dengan Plecing Kangkung dan Sambel Matah nya.. Tapi overall, cukup enak lah.. Patut dicoba bagi yang belum pernah makan Ayam Betutu.. hehehehe..

Untuk yang ga doyan pedes, mending pesen yang Ayam Betutu Goreng.. Karena di goreng, jadi pedes nya udah berkurang.. Selain Menu Ayam Betutu, ada juga menu Bebek Betutu, Lawar Ayam, Sate Lilit, Sayur Ares, Nasi Campur Bali, dan lain-lain.. Untuk harga, 1/4 ekor Ayam Betutu harga nya sekitar 24k.. Jadi masih reasonable lah..

Oh ya, satu tips lg.. Kalo makan disini pas jam makan, harus ekstra sabar.. Ini pengalaman pas makan di yang cabang di Jalan Raya Tuban, kalo yang di Jalan Merdeka sih fine2 aja.. Waktu kita datang, manggil mbak2 nya untuk bersihin meja yang masih penuh dengan piring aja, harus nunggu lama.. Ngasih menu jg lama banget.. Pesanan kita juga kacau balau.. Pesan es teh, dateng nya teh hangat.. Pesan Ayam Betutu Goreng, datang nya Ayam Betutu biasa.. huhhh..

Dan kabarnya, Ayam Betutu Khas Gilimanuk ini udah punya cabang di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta..

Ayam Betutu Khas Gilimanuk :
Jl. Merdeka no.88, Renon, Denpasar
Jl. Buluh Indah no.51X, Denpasar
Jl. Raya Tuban no.2X, Kuta
Jl. By Pass Ngurah Rai no.89, Nusa Dua










Rating                    ~~>     7 of 10
Recommended      ~~>     Ayam Betutu dan Ayam Betutu Goreng
 
 


3 comments:

  1. saya berlibur bersama keluarga ke bali oktober 2014 lalu dan dua kali makan di ayam betutu khas gilimanuk. Yang pertama saya makan di restaurant ini, dan yang satunya lagi di kuta.

    rasa ayam betutunya enak. recommended.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai.. setuju.. next time cobain makan di tempat asli nya di gilimanuk ya.. thanks sudah mampir ke blog ini.. ^_^

      Delete
  2. Hi Nat, kalo ayam betutu gorengnya pedes nggak kalo untuk anak kecil? Trims

    ReplyDelete