Sunday, August 12, 2012

Ayam Penyet Ria


Sebagai seorang anak yang punya mami dari Malang dan papi yang sempat lama di Surabaya, aneka penyetan, seperti ayam penyet, udah jadi makanan sehari-hari.. Dan sampe detik ini, saya masih menganggap ayam penyet buatan mami saya, sebagai yang the best.. Walaupun bikinan saya juga enak kok.. hihihi..

Resto atau rumah makan yang kali ini saya review, juga resto yang udah terkenal banget dimana-mana, dan menu utama mereka adalah Ayam Penyet.. Kalau dilihat di menu nya, resto ini udah punya cabang dimana-mana bahkan sampe ke Singapore dan Malaysia.. Di Bali, mereka baru ada cabang 2, di Denpasar dan di Singaraja..

Pertama kali saya tau Ayam Penyet Ria ini, waktu saya lagi di Surabaya, di Tunjungan Plaza 2.. Sempat penasaran sama Ayam Penyet ini, karena tempatnya yang rame banget.. Cuma ga kesampaian.. Sampe akhirnya, waktu saya lagi turba ke Singaraja, sama orang2 di sana, di recommend tempat makan ini.. Akhirnya saya dan temen2 kantor pada nyobain..

Ayam Penyet Ria yang di Singaraja ini, tempatnya bagus walaupun non-AC.. Menu nya ga cuma serba penyetan, ada sop buntut dan beragam menu Chinese Food.. Dan turns out, Ayam Penyet nya enak lho.. Harga seporsi cuma 12,5k, tapi isinya komplit banget.. 1 porsi Ayam Penyet, isinya ayam, tahu, tempe, lalapan, dan 2 macam sambel (sambel penyet dan sambel matah khas Bali).. Service di sini juga OK..








 Es Cincau (6k)


Ayam Penyet (12,5k)

 

Karena waktu di Singaraja puas banget makan Ayam Penyet Ria, pas weekend saya ajakin keluarga saya untuk makan di Ayam Penyet Ria juga, cuma masa sih ke Singaraja, akhirnya kita nyobain yang di Denpasar.. Pertama nyampe tempatnya, udah agak gimana gitu.. Tempatnya jauh lebih bagus yang di Singaraja.. Buka menu, menu nya dikit banget, pilihan penyetannya dikit, Indonesian food macem sop buntut ga ada, dan chinese food nya ga ada sama skali.. Harga nya juga beda.. Dibandingkan dengan harga yang di Singaraja, di sini setiap menu lebih mahal 1000 sampe 2000.. Belum lagi pelayan nya yang kalo ditanyain apa, jawabnya pake bahasa planet, dengan suara yang ga bisa didengar sama manusia.. Beda banget sama yang di Singaraja, service di sana udah kayak di restaurant..









Makanan nya juga beda.. Di sini ayam nya, size nya setengah nya yang di Singaraja.. Sambel nya cuma 1 macem, dan beda rasa, kalo yang di sini lebih ke rasa manisnya.. Walaupun masih tetep enak.. Waktu itu kita pesen Ayam Penyet, Cah Kangkung, dan Sayur Asem.. Cah Kangkung nya benernya bumbunya enak, cuma minyaknya aja yang banyak banget.. Jadi kuahnya itu bener2 minyak tok.. Sampe ngeri makannya.. Sayur Asemnya pun kelihatan bikinnya dadakan.. Bumbunya masih kerasa mentah..


 Es Kacang Hijau (8k) dan Es Cincau (8k)


 Ayam Penyet (13,5k)


 Ayam + Dendeng Penyet (19,5k)


 Tumis Kangkung (9k)


 Sayur Asem (7,5k)




So overall, saya prefer yang di Singaraja, cuma masa sih nyari ayam penyet aja, harus nempuh perjalanan 2 jam.. hehehe.. So for now, mending makan ayam penyet bikinan mami aja.. hehehehe..


See ya..



Ayam Penyet Ria
Khas Ibu Ruth
Jalan A Yani (Seririt - Singaraja) - Singaraja - Bali
Jalan Mahendradata Selatan No. 7 Denpasar - Bali




Rating                    ~~>     7 of 10

Recommended      ~~>      Ayam Penyet






No comments:

Post a Comment