Thursday, January 10, 2013

Universitas Terbuka ~ SUO (Sistem Ujian Online)



Another posting about UT (Universitas Terbuka).. Kali ini saya mau share sedikit masalah SUO (Sistem Ujian Online).. Semester 2012 ~ 2 ini adalah pertama kalinya saya ikut SUO, dan ternyata enak lho.. hehehehe.. Malah lebih enak daripada UAS biasa.. hehehe..

Jadi langkah awal untuk ikut SUO, adalah daftar atau registrasi mata kuliah yang akan di-SUO-kan.. Untuk itu, harus ada mata kuliah yang jadwal UAS nya bentrok.. Dan perlu diingat, ketika kita mengambil mata kuliah yang bentrok, maka yang diakui oleh UT untuk kita dapat mengikuti UAS seperti biasa, adalah mata kuliah dengan kode sesuai alphabetical.. Jadi misalnya ada 2 mata kuliah yang mau kita ambil, yaitu PAJA 1234 dan MKDU 5678, dengan jam ujian sama yaitu I.2.. Maka oleh komputer, yang diterima adalah MKDU 5678.. Untuk PAJA 1234 kita harus mengikuti ujian dengan SUO..  Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kita harus mengetahui apakah mata kuliah tersebut ditawarkan SUO-nya.. Karena apabila tidak, maka walaupun jadwal nya bentrok, tetap saja kita tidak bisa SUO..

Langkah kedua adalah mantengin jadwal SUO, yaitu masa registrasi nya.. Ketika registrasi sudah dibuka, kita bisa melakukan pendaftaran.. Menu nya bisa dicari di UT-Online (tempat biasa kita Tuton), dan di menu "My UT-Online" akan ada "Pendaftaran SUO".. Setelah itu kita akan memilih mata kuliah mana yang akan kita SUO-kan, tanggal SUO dan jam ujian yang kita pilih..

Selanjutnya, kita harus datang ke UPBJJ untuk meminta LIT (Lembar Informasi Tagihan) SUO, untuk kemudian melakukan pembayaran ke bank.. Setelah dari bank, kita harus menyerahkan LIT yang sudah divalidasi oleh Bank ke UPBJJ..

Untuk bisa mengikuti SUO, kita harus mendapatkan password yang akan digunakan untuk Login.. Password bisa didapatkan dari website UT-Online dengan menu yang sama ketika registrasi, dan di sana akan muncul status SUO kita yang sudah di-konfirmasi sekaligus dengan password..

Pada hari H nya, kita harus pergi ke UPBJJ, dengan membawa password, KTM, dan LIT SUO.. Di sana biasanya kita akan di briefing dan dijelaskan oleh pengawas nya.. Sebenarnya proses SUO ini cukup mudah kok.. Malah lebih ribet kalau ujian biasa.. Kelas nya pun nyaman (pakai AC + kursi empuk).. hehehehe..

Untuk mengikuti SUO, kita hanya perlu masuk ke program SUO Non Pendas yang memang sudah ada di komputer tersebut.. Setelah memasukkan NIM dan password, maka akan muncul soal2 yang harus kita jawab.. Sistem nya kurang lebih mirip dengan Latihan Mandiri Online yang ada di UT-Online..  Setelah submit jawaban pun, akan langsung muncul jumlah jawaban benar kita.. Dari situ kita bisa menghitung nilai kita langsung.. And that's it.. Simple bukan.. Next semester, kalau memungkinkan, mau SUO lagi.. Selain lebih simple, kita juga bisa lebih membagi waktu belajar, dibandingkan full ambil 5 mata kuliah dalam 1 hari UAS...

Semoga bermanfaat ya teman.. Cheers..












11 comments:

  1. mau tanya kalau telat daftar suo gimana? sia-sia dong ikutin mata kuliah yang udah didaftarin? apa di semester depan bisa ambil suo dari mata kuliah yang udah didaftarin semester ini, tanpa bayar mata kuliah itu lagi di semester depan? mohon balasannya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. SUO itu hanya berlaku untuk mata kuliah yang jadwalnya bentrok.. jadi semisal seperti saya, di semester 2016.2 ini mengambil 2 mata kuliah yang jadwalnya sama2 hari pertama jam kedua (I.2).. Jadi salah satu mata kuliah tersebut ujiannya harus ikut SUO.. Bayar lagi tambahan biaya SUO 40.000..

      Kalau ga pernah didaftarkan di semester tersebut, jadwalnya ga bentrok, dan mata kuliah tersebut tidak ditawarkan dalam SUO, ya tidak bisa mengikuti ujian yang sistem SUO..

      seharusnya saat daftar ulang di awal semester, staff UT-nya pasti akan langsung menanyakan kalau ada jadwal yang bentrok dan langsung saat itu juga diberi Lembar Informasi Pembayaran Pendaftaran Ujian Online..

      Delete
  2. Assalamualaikum, salam sejahtera yg ingn sy tnykn adalh setelh kita mmbyr LIP mk kta melakukn aktivasi pngmbln password melalui email..dan password a it sdh sya terima..jd stlh sy mdpt pswrd tertulis dibawah "yg perlu anda lakukn selanjutnya utk dpt mlkukn reg.ulang mt kuliah adalh akses ke.....masukkn nim dll..jd tuntun sya bgmn utk selanjutnya...tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. mungkin untuk panduannya bs dilihat di sini :
      https://sia.ut.ac.id/

      Delete
  3. Cara ngelihat hasil suo nya gmna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat selesai mengerjakan SUO dan submit jawaban akan terlihat jumlah jawaban yang benar dan salah.. Dari situ bisa dikira2 berapa nilai yg didapatkan.. Tapi untuk nilai fix-nya tetap harus menunggu Daftar Nilai Ujian keluar.. Ini bisa dilihat di https://sia.ut.ac.id/daftarnilai

      Delete
  4. gan cara cek nilai suo nya gimana?

    ReplyDelete
  5. Saat selesai mengerjakan SUO dan submit jawaban akan terlihat jumlah jawaban yang benar dan salah.. Dari situ bisa dikira2 berapa nilai yg didapatkan.. Tapi untuk nilai fix-nya tetap harus menunggu Daftar Nilai Ujian keluar.. Ini bisa dilihat di https://sia.ut.ac.id/daftarnilai

    ReplyDelete
  6. Mba Thankyou infonya.. mau nanya kok nilai suo saya ga keluar ya di DNU apakah memang seperti itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. you're most welcome.. wah harusnya sudah langsung muncul di DNU.. langsung ditanyakan ke pihak UT saja.. biar langsung ditangani..

      Delete
  7. Mba waktu saya cek ke https://sia.ut.ac.id/daftarnilai tidak bisa diakses malah keluar Whoops, looks like something went wrong.

    ReplyDelete