Thursday, January 10, 2013

Universitas Terbuka ~ SUO (Sistem Ujian Online)



Another posting about UT (Universitas Terbuka).. Kali ini saya mau share sedikit masalah SUO (Sistem Ujian Online).. Semester 2012 ~ 2 ini adalah pertama kalinya saya ikut SUO, dan ternyata enak lho.. hehehehe.. Malah lebih enak daripada UAS biasa.. hehehe..

Jadi langkah awal untuk ikut SUO, adalah daftar atau registrasi mata kuliah yang akan di-SUO-kan.. Untuk itu, harus ada mata kuliah yang jadwal UAS nya bentrok.. Dan perlu diingat, ketika kita mengambil mata kuliah yang bentrok, maka yang diakui oleh UT untuk kita dapat mengikuti UAS seperti biasa, adalah mata kuliah dengan kode sesuai alphabetical.. Jadi misalnya ada 2 mata kuliah yang mau kita ambil, yaitu PAJA 1234 dan MKDU 5678, dengan jam ujian sama yaitu I.2.. Maka oleh komputer, yang diterima adalah MKDU 5678.. Untuk PAJA 1234 kita harus mengikuti ujian dengan SUO..  Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kita harus mengetahui apakah mata kuliah tersebut ditawarkan SUO-nya.. Karena apabila tidak, maka walaupun jadwal nya bentrok, tetap saja kita tidak bisa SUO..

Langkah kedua adalah mantengin jadwal SUO, yaitu masa registrasi nya.. Ketika registrasi sudah dibuka, kita bisa melakukan pendaftaran.. Menu nya bisa dicari di UT-Online (tempat biasa kita Tuton), dan di menu "My UT-Online" akan ada "Pendaftaran SUO".. Setelah itu kita akan memilih mata kuliah mana yang akan kita SUO-kan, tanggal SUO dan jam ujian yang kita pilih..

Selanjutnya, kita harus datang ke UPBJJ untuk meminta LIT (Lembar Informasi Tagihan) SUO, untuk kemudian melakukan pembayaran ke bank.. Setelah dari bank, kita harus menyerahkan LIT yang sudah divalidasi oleh Bank ke UPBJJ..

Untuk bisa mengikuti SUO, kita harus mendapatkan password yang akan digunakan untuk Login.. Password bisa didapatkan dari website UT-Online dengan menu yang sama ketika registrasi, dan di sana akan muncul status SUO kita yang sudah di-konfirmasi sekaligus dengan password..

Pada hari H nya, kita harus pergi ke UPBJJ, dengan membawa password, KTM, dan LIT SUO.. Di sana biasanya kita akan di briefing dan dijelaskan oleh pengawas nya.. Sebenarnya proses SUO ini cukup mudah kok.. Malah lebih ribet kalau ujian biasa.. Kelas nya pun nyaman (pakai AC + kursi empuk).. hehehehe..

Untuk mengikuti SUO, kita hanya perlu masuk ke program SUO Non Pendas yang memang sudah ada di komputer tersebut.. Setelah memasukkan NIM dan password, maka akan muncul soal2 yang harus kita jawab.. Sistem nya kurang lebih mirip dengan Latihan Mandiri Online yang ada di UT-Online..  Setelah submit jawaban pun, akan langsung muncul jumlah jawaban benar kita.. Dari situ kita bisa menghitung nilai kita langsung.. And that's it.. Simple bukan.. Next semester, kalau memungkinkan, mau SUO lagi.. Selain lebih simple, kita juga bisa lebih membagi waktu belajar, dibandingkan full ambil 5 mata kuliah dalam 1 hari UAS...

Semoga bermanfaat ya teman.. Cheers..












131 comments:

  1. mau tanya kalau telat daftar suo gimana? sia-sia dong ikutin mata kuliah yang udah didaftarin? apa di semester depan bisa ambil suo dari mata kuliah yang udah didaftarin semester ini, tanpa bayar mata kuliah itu lagi di semester depan? mohon balasannya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. SUO itu hanya berlaku untuk mata kuliah yang jadwalnya bentrok.. jadi semisal seperti saya, di semester 2016.2 ini mengambil 2 mata kuliah yang jadwalnya sama2 hari pertama jam kedua (I.2).. Jadi salah satu mata kuliah tersebut ujiannya harus ikut SUO.. Bayar lagi tambahan biaya SUO 40.000..

      Kalau ga pernah didaftarkan di semester tersebut, jadwalnya ga bentrok, dan mata kuliah tersebut tidak ditawarkan dalam SUO, ya tidak bisa mengikuti ujian yang sistem SUO..

      seharusnya saat daftar ulang di awal semester, staff UT-nya pasti akan langsung menanyakan kalau ada jadwal yang bentrok dan langsung saat itu juga diberi Lembar Informasi Pembayaran Pendaftaran Ujian Online..

      Delete
    2. Bila nila kita 10 dari 30 soal dan tidak ada nilai tutorial y apakah nial kita lulus?

      Delete
  2. Assalamualaikum, salam sejahtera yg ingn sy tnykn adalh setelh kita mmbyr LIP mk kta melakukn aktivasi pngmbln password melalui email..dan password a it sdh sya terima..jd stlh sy mdpt pswrd tertulis dibawah "yg perlu anda lakukn selanjutnya utk dpt mlkukn reg.ulang mt kuliah adalh akses ke.....masukkn nim dll..jd tuntun sya bgmn utk selanjutnya...tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. mungkin untuk panduannya bs dilihat di sini :
      https://sia.ut.ac.id/

      Delete
  3. Cara ngelihat hasil suo nya gmna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara hitung nilai nya brp saya benar 16 dr 40

      Delete
  4. gan cara cek nilai suo nya gimana?

    ReplyDelete
  5. Saat selesai mengerjakan SUO dan submit jawaban akan terlihat jumlah jawaban yang benar dan salah.. Dari situ bisa dikira2 berapa nilai yg didapatkan.. Tapi untuk nilai fix-nya tetap harus menunggu Daftar Nilai Ujian keluar.. Ini bisa dilihat di https://sia.ut.ac.id/daftarnilai

    ReplyDelete
  6. Mba Thankyou infonya.. mau nanya kok nilai suo saya ga keluar ya di DNU apakah memang seperti itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. you're most welcome.. wah harusnya sudah langsung muncul di DNU.. langsung ditanyakan ke pihak UT saja.. biar langsung ditangani..

      Delete
  7. Mba waktu saya cek ke https://sia.ut.ac.id/daftarnilai tidak bisa diakses malah keluar Whoops, looks like something went wrong.

    ReplyDelete
  8. Kalau misalnya saya ikut ujian suo
    Soalnya ada 30 benar cuman 10
    Kira2 nilainya dapat berapa ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nilai nya 33.. tp kalau ikut tuton atau ttm bisa membantu nilai..

      Delete
    2. Lulus soalnya 30% dari soal 30 adalah 9 jd aman

      Delete
    3. Berarti minimal 30% dari total soal klo ikut ttm udah lulus ya? Kalo suo ulang apakah gitu juga? Nilai suo+ttm?

      Delete
  9. itu gimana ya cara sistem perhitungan nilai suo? ada yg tahu bisa di jelaskan tidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perhitungan nilainya ya sama saja seperti ujian biasa.. yg berbeda hanya cara pelaksanaan ujiannya.. hanya sj kalau ikut suo, di akhir ujian sdh diketahui jumlah jwbn yg benar, jd nilainya sdh bs dikira2..

      Delete
  10. Saya sudah ikut suo,dari 50soal betul 18,yg mau saya tanyakan ternyata harus di isi di LJU juga,nah saya tidak menyilangnya saya hanya mengerjakan online saja itu gimana ya apakah gagal atau gmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pengalaman sy mengikuti suo di upbjj-denpasar, tdk harus mengisi di LJU.. jd lsg memilih jwbn di komputer.. tp ada petugas yg menyarankan mahasiswa utk mencatat jwbn di kertas, tujuannya ketika sistem tiba2 down, kita tdk perlu repot membaca ulang soal dr awal..

      Delete
  11. Saya kemarin kan ikut suo krna ngulang, nah nilainya masih E, besok mau ngulang lagi.jdi saya mengulang ke2 kalinya untuk matkul yg sama. Apa soalnya sama? Trus penilainya gmna ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya tidak bakalan sama, tapi bisa mirip karena materi ujiannya sama.. penilaiannya sama saja seperti ujian2 sebelumnya, hanya saja bilai yg tertinggi yang dipakai.. msl sebelumnya mendapatkan C, setelah mengulang mendapatkan D, maka nilai yang dipakai tetap C.. Boleh tahu mata kuliah yg diambil apa sampai dpt E 2x? hehehe..

      Delete
    2. Manajemen keuangan 😢😢 batasan bnrnya brpa si, kmrn aku bener 10 dr soal 35,kmungkinan besok soalnya 35 lg..
      Klo boleh tau kaka jurusan apa ya?

      Delete
    3. kalau jwbn yg benar hanya 10, 10/35 sekitar 28 (dr nilai maks 100), makanya nilai akhirnya E.. Untuk mendapatkan nilai C, paling tidak harus benar sekitar setengah dr jumalh soal.. sy jurusan s1 sastra inggris..

      Delete
    4. Mau tanya.. Cara perhitungannga bukannya gini ya.. Misal soal 30.. Penilaian kan ada 5 (a,b,c,d,e) jadi 30/5 : 6
      Jadi.. Jawaban benar 0-6 = E, 7-12 = D dst sampai 30.
      Bukannya gt ya ? Apa sy yg slh rumus nih hehehe.. Soalnya saya jg baru suo.

      Delete
    5. Nilai TTM sudah termasuk atau belum???

      Delete
  12. Replies
    1. Hasil suo nya keluar berbarengan dengan nilai mata kuliah lainnya di akhir semester..

      Delete
  13. Replies
    1. coba hubungi UPBJJ langsung ya.. Aneh saja mata kuliah yg sdh registrasi, sdh ujian, tp tdk keluar nilainya..

      Delete
  14. Kalo ikut suo dari 50 soal benar 17 saja kira2 dapat nilai apa yah ???

    ReplyDelete
  15. Kemarin tgl 21 Septembe, saya ikut SUO, dari 45 soal,jawaban yang benar cuma 21. Kira2 dapat nilai berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak ikut Tuton atau TTM, maka nilainya sekitar 46.. Jika dikonversikan mungkin B- atau C.. hehehe

      Delete
  16. Mau tanya.. Cara perhitungannga bukannya gini ya.. Misal soal 30.. Penilaian kan ada 5 (a,b,c,d,e) jadi 30/5 : 6
    Jadi.. Jawaban benar 0-6 = E, 7-12 = D dst sampai 30.
    Bukannya gt ya ? Apa sy yg slh rumus nih hehehe.. Soalnya saya jg baru suo. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. 30/5 : 6 berarti sama dengan 30 :5 : 6 dong?

      Delete
  17. Saya ikut SUO & soal yg benar cuma 17 dari 45 soal...kira2 dapat nilai berapa ea?

    ReplyDelete
  18. Saya ikut SUO & soal yg benar cuma 17 dari 45 soal...kira2 dapat nilai berapa ea?

    ReplyDelete
  19. Kemarin kn sya ikut suo jga. Bnernya 22 soal dri 45 soal. Kira² brp ya dpt nilainya?

    ReplyDelete
  20. Klau soalnya 50 terus bener 19 kemungkinan nilainya berapa ya ?

    ReplyDelete
  21. Kalau cara melihat nilai suo gimana ya.. Maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nilai SUO akan muncul di DNU (Daftar Nilai Ujian), sama seperti nilai ujian non-SUO..

      Delete
  22. Assalamualaikum,
    Seandainya sudah beberapa kali ikut suo tapi nilai tetap E bagaimana ya??apa ada kebijakan yang lain??
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya klo udh 3x suo dan msh tetep E, bakal dikasi tugas remedial berbentuk essay gitu. Bisa dibawa ke rumah juga.

      Delete
  23. Assalamualaikum,
    Seandainya sudah beberapa kali ikut suo tapi nilai tetap E bagaimana ya??apa ada kebijakan yang lain??
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. Nilai E memang diwajibkan mengulang, jd selama nilai msh tetap E, ya hrs mengulang lg.. Ketentuannya sama sajak untuk SUO dan non-SUO..

      Delete
  24. Izin bertanya, saya kemarin ikut SUO tapi sesi ujiannya salah dan saya gak jadi ikut SUO gara2 salah sesi ujian(terlambat) akhirnya tidak diperbolehkan ikut SUO apakah nanti di semester 11 saya harus bayar lagi mata kuliah yang diSUOkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. suo hanya berlaku satu semester.. jd di semester depan hrs mendaftarkan lg mata kuliah dan suonya..

      Delete
  25. Assalamu'alaikum..misalkan sya dlm ujian SUO dr 30 soal betul 12 kira2 nilanya apa ya???

    ReplyDelete
  26. Assalamualaikum ... Minta solusinya dong .. paswopas suo sak kesimpan gak di catat ,sedangkan mau lihat lagi udah ganti masa registrasi,jadi GK bisa lihat password.nya .., terus bagaimana cara lihat password suo.nya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Password SUO bs diminta saat hari H ke pegawai UT di UPBJJ.. Kalau saya malah baru tahu password SUO saat ujian dimulai..

      Delete
  27. Mau tanya dong ak ikut SUO bentrok cuma bener 13 dari 40 Soal, apakah nilai Tutorial Tatap Muka ( TTM ) bisa masuk ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nilai TTM dan Tuton biasanya membantu ketika nilai UAS/SUO kurang bagus..

      Delete
    2. Klu soal 45 betul 20 dan msh ada kontribusi nilai TTM jadi berapa hasil nya?

      Delete
  28. Baru2 Saya ikut ujian online benar 21 dari 50,kira2 dapat nilai apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. nilai itu tdk murni ditentukan oleh hasil UAS/SUO.. kalau ikut tuton/ttm, nilainya bisa terbantu oleh nilai tuton/ttm..

      Delete
    2. berarti terbantu dong soal 50 hanya 12 yang benar akankah terbantu dari nilai tuton onlein nantinya

      Delete
    3. kalo soal 50 berarti biar bisa dapet bantuan nilai dr tuton itu hrs bener 15 soal.

      Delete
    4. nilai tuton hanya sekedar membantu.. nilai yang menyumbang kontribusi terbesar tetap dari UAS..

      Delete
  29. Sy ikut suo jmlh benar 19 dr 50 soal brp nilainya. Dan benar 15 dr 45 soal brp nilainya mohon penjelasannya pak

    ReplyDelete
  30. Mau tanya kak,misal dapet nilai E trs di suo kan, nilai ttm msh berlaku kah? Atau harus ngambil mata kuliah ulang biar dapet nilai ttm nya lagi??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dpt nilai E, memang hrs mengulang.. berarti semester depan hrs registrasi mata kuliah tersebut, dan mengikuti TTM lagi..

      Delete
  31. Mau tanya kak, kalau gk hadir saat Jadwal ditentukan ,, gimana kak? Apakah bisa diundur dihari berikutnya?

    ReplyDelete
  32. klu soal 50 benar 16,nilai apa ya,masalah udah lelah rasanya tragis terus ngulang terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tinggal dibagi aja 16/50 x 100 = 32.. kalau tdk ikut TTM atau Tuton berarti nilai akhirnya jg 32 atau kalau dikonversikan menjadi C / D..

      Delete
  33. Tanya dong kemarin saya suo soal 45 benar 19 4 sks kira" sudah lulus belum yaa. Yg tau dan sudah pengalaman mohon di jawab ya trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikut tuton atau TTM ga? kalau ga, berarti nilainya 19/45x100 = 42.. tidak lulus itu kalau dpt E.. jd kalau C atau D masih kategori lulus..

      Delete
  34. Tanya dong kemarin saya suo soal 45 benar 19 4 sks kira" sudah lulus belum yaa. Yg tau dan sudah pengalaman mohon di jawab ya trimakasih

    ReplyDelete
  35. Saya ikuti tuton
    Jd makul PKN saya menulang dans aya mengikuti suo..
    Soalnya 50 dan benar hanya 19
    Kira" dapat nilai apa ya?
    Bantu jawab dong..please😥😥😥

    ReplyDelete
  36. Saya ikut SUO Mata Kuliah Pendidikan Agama ...dari soal 50 yang benar 36 jika dikonversikan dapat nilai berapa ya?

    ReplyDelete
  37. buat teman2 ya nanya, jwbn benar segini dpt nilai brp, tolong dihitung sendiri ya.. rumusnya sederhana kok : jumlah jawaban benar / jumlah soal x 100.. kalau soal 50 benar 19, ya 19 / 50 x 100 = 38.. itu kira2 dpt C / D.. mslhnya sy bukan pihak UT.. jd tdk tahu urusan konversi nilai.. sering kok sy kira sy bakalan dpt C, ternyata dptnya B-.. krn selain nilai SUO, nilai tuton dan TTM jg bs membantu..

    ReplyDelete
  38. mba kalau soal 40 tp betulnya 14 gmn hasilnya D atau E ya?? kok makin susah belajar g ada yang kelua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba gimana nilai nya? Soalnya sy juga cuma benar 14 dari 40

      Delete
  39. Mba klo ujian ulang suo apkah dpt tmbhan nilai ddi TTM? Punya saya ujian ulang suo bnar 22 dari 50 soal apkah kira2 lulus?

    ReplyDelete
  40. Mba klo ujian ulang suo apkah dpt tmbhan nilai ddi TTM? Punya saya ujian ulang suo bnar 22 dari 50 soal apkah kira2 lulus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. TTM-nya dalam semester yg sama dgn SUO? Kalau sama, bisa membantu nilai akhir.. Kalau benar 22 sih masih lulus ya.. Nilai lulus di UT itu di atas E..

      Delete
  41. Kak mau tanya dong, kalau Ujian SUO itu hari apa ya? hari kerja atau Weekend?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman saya beberapa kali ikut SUO, selalu di weekend (Sabtu & Minggu)..

      Delete
  42. Mau tanya dong kak, kmrn kan saya ngulang makul yang dapat e. Saya ikut TTM nilai dapat e lg. Skrg saya ikut suo, benar 20 dari 50 soal. Itukan udh 40 persen kak . Sedangkan nilai tutorial masih berlaku??
    Saya msh bingung kak lulus gak ya?
    Deg degan soalnya ini makul terakhir saya mengulang🙏🙏 mohon bantu jawab kak😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. nilai TTM berlaku per semester.. ada ikut Tuton kah? TUton biasanya membantu.. Nilai SUO terkadang bs tidak sesuai prediksi.. Seringkali saya kira dpt nilai C atau D, tp malah dpt B-.. hehehe. Mudah2an kali ini lulus ya..

      Delete
  43. mau tanya kak apakah benar 10 dalam ujian suo lulus sedangkan jml soalnya 40

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau murni dari nilai SUO, hrsnya tidak lulus. tpi nilai ini bs dibantu dari nilai TTM atau Tuton (jika mengikuti)..

      Delete
  44. Jika mengikuti suo dan tdk ditutorkan dari 50 dan btul 25...kira2 mndaptkan nilai apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada ikut Tuton atau TTM ga? Krn 2 nilai itu membantu nilai akhir.. kalau tdk kemungkinan di range B-C..

      Delete
  45. Nanya nie kmren saya ikutt suo ujul Idak ikut TTM soal 50 benarin nya 25 dapat AP nilai nya iya

    ReplyDelete
  46. Kak saya benar 14 dari 45 soal n nilai ttm sudah tidak ada lagi.. itu lulus gak kk?

    ReplyDelete
  47. Saya ikut ujian suo benar nilai 16 dari 50 soal itu apakah bisa lulus yaa??

    ReplyDelete
  48. Kak mao tanya, sepertiseperti apakah kaka mengerjakan ujian, aoabada metodhe atau cara tepat buat dapat nilai lulus setidaknya dapat c ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada metode khusus.. Kalau saya, saya selalu mengusahakan utk ikut Tuton.. Selain utk menambah ilmu, nilai tuton jg membantu, ketika nilai UAS tidak maksimal.. Mendekati jadwal UAS, saya lbh fokus pada Latihan Mandiri di BPM dan soal2 ujian tahun sebelumnya.. Setidaknya bs menjadi gambaran soal2 yang akan keluar.. Ketika mengerjakan soal essay, saya biasanya lbh dulu mengerjakan soal2 yg bobot nilainya paling besar.. Utk mengantisipasi ketika saya kehabisan waktu..

      Delete
  49. Kak mao tanya, seperti apakah kaka mengerjakan ujian, apa ada metodhe atau cara tepat buat dapat nilai lulus setidaknya dapat nilai c ?

    ReplyDelete
  50. Kak mau nanya saya waktu di suo dari 50 soal saya betul 26 kira kira nanti dapat nilai berapa ya kak.
    Posisi ini tidak ada tambahan nilai dari tuton
    Terima kasih kak

    ReplyDelete
  51. Terima kasih NatlnBali atas semua penjelasan diatas semua sangat bermanfaat walau bukan dari pihak ut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. sama2.. semoga informasi yg sy share bs membantu, terutama utk rekan2 sesama mahasiswa UT..

      Delete
  52. Saya mau tanya Mbak..saya Uda 3 x ngulang dn ne ikut suo benar 9 dari 30 soal...apakah saya lulus y..😥

    ReplyDelete
  53. Sy mau nanya saya ikut SUO, betul 18 dari 50 soal, brp ya nilainya,

    ReplyDelete
  54. Sama sy juga jml 30 betul 9....semoga saja saya tetap lulus

    ReplyDelete
  55. Saya ikut suo aja... 1 mapel MTK.. soal Suo 30 soal benar 11 lulus tidak?? Nilai apa

    ReplyDelete
  56. Saya ikut suo soalnya 45 benar 15 lulus atau tidak tolong dijawab terimakasih

    ReplyDelete
  57. Saya mau tanya soal 50 dan benar 15 kira kira dapat nilai apa ya....

    ReplyDelete
  58. Halo teman2 sesama mahasiswa UT. Mohon maaf saya tdk bisa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan jawaban benar vs nilai. Karena pengalaman saya, beberapa kali, nilai yang saya dapat melebihi ekspektasi. Mungkin krn terbantu dr nilai Tuton.. Untuk perkiraannya, rumusnya msh sama yaitu jumlah jawaban benar dibagi dengan jumlah soal dan dikali 100.. Mslnya jumlah jawaban benar 20, dan jumlah soal 40, jadi perkiraan nilai akhir adalah 50 atau C.. Di UT, nilai E saja yg tidak dianggap lulus..

    ReplyDelete
  59. Assalamualaikum ,saya mahasiswa semester 8 sudah 2 kali ikut suo tapi tetep nilai e .apakah ada jalur lain selain suo biar cepat lulus ?karena kalo ikut suo harus nunggu semester berikutnya .terinakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Maaf saya gagal paham.. hehe.. namanya UAS, SUO atau Non-SUO ya tetap harus menunggu jadwal dari UT di setiap semesternya.. Mungkin jalur lainnya ya harus belajar lebih ekstra supaya bisa menjawab pertanyaan ujian.. untuk membantu nilai ujian, bs juga aktif mengikuti Tuton atau TTM..

      Delete
  60. Mau tanya saya suo benar 17 dari 45 soal kira2 dapat nilai apa ya

    ReplyDelete
  61. Saya mau tanya kalok benar 12 dari 50 soal itu dapet nilai E apa D

    ReplyDelete
  62. Saya mau tanya kalau soal 50 yang benar cuma 16 berapakah nilai nya saya ikut suo.

    ReplyDelete
  63. Min kmrn saya ikut suo soal 50 benar 21...koq nilainya tetap D ya????3 mapel yg saya ikut semua betulnya dia atas 20 tk satupun mengubah nilai tetap D.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau berdasarkan konversi, nilai 40-60 itu adalah D.. Jadi kalau jawaban benar 21, maka nilai D adalah benar..

      Delete
  64. Cara cek nilai sui gunakan yah bro, aku dulu E Tek cek di daftar nilai kok E lagi? Padahal soal 40 saya bener 27

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bisa ditanyakan ke UTnya langsung.. Karena bisa jadi ada kesalahan dalam perhitungan nilai atau jumlah jawaban benar..

      Delete
  65. Assalamu'alaikum
    Kak mau tanya kalau betul 22 dari soal 45 , itu nilainya berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu'alaikum.. Apakah ikut Tuton/TTM? Apabila tidak, kemungkinan C atau B-.

      Delete
  66. Mau nanya kalau nilai E biasa nya jumlah stlah di bagi berapa?dari 100

    ReplyDelete
  67. Mau nanya kalau nilai E biasa nya jumlah stlah di bagi berapa?dari 100

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau berdasarkan aturan secara umum, maka nilai E itu sama dengan 20..

      Delete
  68. Aslm...
    Saya mau tanya. Saya mahasiswa semester lepas. IPK saya blm ada 3.
    Saya cuma ngejar IPK 2,75. Sedangkan IPK saya sekarang baru 2,72. Kurang sedikit lagi.
    Barusan aku ikut SUO dri 50 soal hanya bisa terjawab yg benar 21 Soal . Yang mau saya tanya untuk IPK saya nanti bisa kecapai gak yah 2,75 dengan hasil SUO barusan melihat yg hanya benar 21 Saja.dan itu 2sks matkul prof.keguruan. Mohon jawabannya. Dengan adanya yang mw menjawab semoga membantu kecemasan saya🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Aslm.. Nilai SUO tidak menjadi patokan 100% untuk nilai akhir. Apabila mengikuti Tuton & TTM, maka nilai ini bisa membantu nilai akhir. Apabila benar 21, maka kemungkinan mendapatkan nilai B / C.. Untuk menaikkan IPK, target yang harus dicapai adalah nilai A atau A-.

      Delete
  69. Apakah betul 16 dari 50 soal lulus

    ReplyDelete
  70. Mohon sudi kira menjawab kecemasan akan nilai UAS yang hari ini kami ikuti.dimana saya bingung cara menambahkan/ menggabungkan dengan nilai tuton .. saya dapat nilai tuton 90 .. sedang UAS Nilai betul 17 dari 45 soal .. bila dikonversikan dapat nilai berpa ya kira2 dan rumus menggabungkan uas dan tuton sperti apa .. salam sesama mahasiswa UT

    ReplyDelete
  71. saya mau nnya saya ikut ujian UOMK dari 50soal betul 19 itu dpt b atau c

    ReplyDelete
  72. Saya baru selesai UO,dengan Soal 50 Benarnya 17,untuk nilai aman nggak ya,saya kebetulan Tuton

    ReplyDelete
  73. Hai kak, mau nanya nih, aku ikut suo jawab soal 45 yg bener 9 , ikut tuton, apakah bisa dapat nilai C ?

    ReplyDelete
  74. Saya ikut ujian suo kak, jumlah soal 40 benar 12 apakah saya bisa lulus walaupun nilai d ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kak saya juga dari 40 soal benar 14 tapi degdegan bgt

      Delete
  75. Ka tadi saya ikut SUO dan benar 14 dari 50 soal dan saya hanya ikut tmk, apakah bisa lulus?

    ReplyDelete